Apa itu Application (Aplikasi)? Ini Pengertian, Tujuan, Cara Kerja, Jenis, Perbedaannya dengan Software dan Program serta Kenapa itu Penting!

0
Gambar Pengertian Application Apa Itu Aplikasi Dan Application Software Tujuan Cara Kerja Mekanisme Jenis Perbedaannya Dengan Software Dan Program Serta Kenapa Itu Penting
Gambar Pengertian Application Apa Itu Aplikasi Dan Application Software Tujuan Cara Kerja Mekanisme Jenis Perbedaannya Dengan Software Dan Program Serta Kenapa Itu Penting

Tahukah Kalian, Pengertian Application, Apa itu Aplikasi dan App? Tujuan, Cara Kerja (Mekanisme), Jenis, Perbedaannya dengan Software dan Program serta Kenapa itu Penting? Ya, seperti yang mungkin sudah kalian ketahui, jika seorang user (pengguna) berinteraksi langsung dengan perangkat lunak, maka itu biasa disebut dengan software application. Contohnya misalnya seperti Microsoft Word atau Excel yang merupakan perangkat lunak aplikasi, sama halnya seperti peramban atau web browser umum seperti Firefox atau Google Chrome.

Untuk kategori aplikasi mobile (seluler), itu termasuk aplikasi komunikasi seperti WhatsApp atau game seperti Candy Crush Saga. Ada juga versi aplikasi dari layanan umum seperti yang menyediakan informasi cuaca atau transportasi atau aplikasi bagi pelanggan untuk berinteraksi dengan perusahaan. Aplikasi mobile berbeda dengan system software yang berinteraksi dengan perangkat lunak atau perangkat keras lainnya. Oke, terkait hal itu, dalam postingan kali ini Kami akan membahas tentang apa itu pengertian application (aplikasi). Langsung saja, berikut ini ulasannya!

Pengertian Application

Berarti aplikasi (dalam bahasa Indonesia), ini juga dikenal dengan istilah app, application adalah paket perangkat lunak komputer yang melakukan fungsi spesifik secara langsung untuk pengguna akhir atau, dalam beberapa kasus, untuk aplikasi lain berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Techtarget.

Aplikasi dapat berjalan secara mandiri atau bersamaan dengan sekelompok program. Program ini adalah serangkaian operasi yang menjalankan aplikasi untuk pengguna.

Perlu kalian ketahui bahwa application juga sering disebut sebagai software application dan program application atau desktop application.

Apa itu Aplikasi?

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan aplikasi? Ya, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, ini lebih dikenal dengan istilah application dalam istilah global.

Seringkali disebutkan sebagai program aplikasi atau perangkat lunak aplikasi, ini adalah program atau serangkaian program yang memungkinkan end-user (pengguna akhir) untuk melakukan fungsi tertentu.

Sebagai contoh misalnya, perusahaan e-commerce (baca pengertian e-commerce disini) menyediakan aplikasi kepada pelanggan untuk memfasilitasi pembelian dan layanan.

Contoh aplikasi termasuk pengolah kata, yaitu Ms. Word, database program seperti DBMS, web browser, tools (alat) pengembangan, editor gambar dan platform komunikasi.

Aplikasi menggunakan sistem operasi atau Operating System (OS) dan program pendukung lainnya, biasanya perangkat lunak sistem, agar berfungsi.

Aplikasi meminta service (layanan) dari dan berkomunikasi dengan teknologi lain melalui antarmuka pemrograman aplikasi atau yang lebih dikenal dengan Application Programming Interface (API).

Ingat, aplikasi yang Kami bahas disini bukanlah aplikasi untuk pekerjaan yang berarti dokumen bisnis standar yang (telah) disiapkan dengan pertanyaan serta permintaan yang dianggap relevan atau berkaitan oleh pemberi kerja.

Apa itu System Software?

Kemudian, ada juga system software, di atas, tidak seperti software application (perangkat lunak aplikasi), ini adalah program perangkat lunak sistem yang beroperasi di latar belakang dan tidak secara langsung berinteraksi dengan pengguna komputer.

Perangkat lunak sistem mengelola pengoperasian komputer atau (sering disebut dengan istilah instance) dan biasanya mencakup OS, hypervisor dan driver.

Ini umumnya adalah program tingkat rendah atau dasar dibandingkan dengan aplikasi menghadap pengguna akhir.

Application atau aplikasi menggunakan system software untuk mengakses sumber daya hardware (perangkat keras) dasar, seperti memori (Harddisk, RAM, dan lainnya), storage atau penyimpanan, dan utilitas lainnya.

Contohnya misalnya seperti aplikasi yang bergantung pada perangkat lunak sistem untuk akses ke file system atau sistem file untuk mengelola dan menyimpan file.

Tujuan Application (Aplikasi)

Ilustrasi Gambar Tujuan Application Dan Cara Kerja Atau Mekanisme Aplikasi Dalam Penjelasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Tujuan Application Dan Cara Kerja Atau Mekanisme Aplikasi Dalam Penjelasan Pengertiannya

Dalam membahas mengenai pengertian application dan apa itu aplikasi atau app, adalah merupakan hal yang penting bagi kita, untuk juga mengenal tujuannya bukan?

Baca Juga :  Teknologi dalam Keperawatan: Perkembangan, Jenis Alat serta Kelebihan dan Kekurangannya

Ya, seorang pengembang aplikasi smartphone atau mobile (seluler) menulis kode mereka sebagai aplikasi native, web, atau hybrid (hibrid) dan istilah ini juga dapat menjelaskan aplikasi desktop.

Mereka membuatnya untuk berjalan dapat digunakan oleh pengguna perangkat keras tertentu, seperti kamera atau GPS, dan dalam bahasa pemrograman yang sama dengan OS yang mendasarinya.

Misalnya seperti aplikasi foto pada Mac OS X yang ditulis dalam bahasa pemrograman Objective-C.

Pengguna akhir biasanya mengakses aplikasi web melalui browser web, seperti Google Chrome.

Selain itu, developers atau pengembang juga dapat menulis aplikasi web dalam beberapa bahasa, termasuk JavaScript, CSS, dan HTML, tetapi mereka tidak dapat mengakses hardware tempat aplikasi diinstal.

Aplikasi hybrid biasanya memiliki API yang dapat mengakses sumber daya perangkat, mirip dengan aplikasi native (asli), tetapi biasanya juga ditulis dalam bahasa seperti HTML dan CSS.

Selain itu, mereka (para pengembang) sering membuat kode aplikasi seluler untuk bekerja pada platform perangkat tertentu.

Pengembang atau tim pengembang dapat membuat aplikasi untuk pasar vertikal tertentu. Aplikasi vertikal biasanya melayani kebutuhan industri atau departemen tertentu, seperti sistem penagihan medis.

Sebaliknya, aplikasi horizontal, seperti pengolah kata atau browser web berlaku untuk berbagai industri.

Sebagai contoh misalnya seperti program aplikasi pengolah kata, program basis data, browser web, program menggambar, melukis, mengedit gambar, komunikasi dan lain sebagainya.

Apa yang membuat application (aplikasi) unik adalah bahwa dia dirancang dan bertujuan untuk berinteraksi dengan pengguna akhir komputer (baca apa itu pengertian komputer disini) atau perangkat.

Ini juga berfungsi dalam membantu pengguna melakukan tugas-tugas tertentu.

Karena aplikasi dibuat untuk pengguna, mereka memiliki antarmuka pengguna grafis atau Graphical User Interface (GUI) yang merupakan tempat pengguna berinteraksi dengan aplikasi.

Oleh karena itulah tujuan utama dari adanya aplikasi adalah untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Cara Kerja (Mekanisme) Application

Setelah kita mengetahui, apa itu application (aplikasi) dan software app serta tujuannya di atas, kita juga harus mengetahui bagaimana cara kerja mereka.

Seperti yang sudah Kami jelaskan sebelumnya, developers (pengembang) memiliki banyak opsi berbeda untuk memberikan aplikasi mereka kepada pengguna akhir.

Dalam beberapa dekade terakhir sebelumnya, hampir semua aplikasi diinstal langsung pada Personal Computer (PC) dan server pengguna.

Saat ini terutama di tahun 2020 sekarang, banyak aplikasi dibuat dan dijadikan sebagai aplikasi web.

Ya, kode untuk aplikasi ini berada di web server, dan pengguna mengakses aplikasi melalui browser.

Contoh umum aplikasi web termasuk e-mail berbasis web atau web-mail, platform media sosial, Wiki, lelang online, editor grafis dan lain sebagainya.

Terlepas daripada hal itu, Anda mungkin pernah mendengar orang berbicara tentang menggunakan program, aplikasi, atau aplikasi.

Ketika Anda membuka aplikasi, itu berjalan di dalam Operation System (OS) atau sistem operasi sampai Anda menutupnya.

Dalam sebagian besar waktu, Anda akan membuka lebih dari satu aplikasi secara bersamaan, yang dikenal dengan multi-tasking.

Setiap komputer dan perangkat seluler akan datang dengan beberapa aplikasi yang sudah ada di dalamnya, seperti browser web dan pemutar media.

Namun, Anda juga dapat membeli dan menginstal aplikasi baru untuk menambahkan lebih banyak fungsi di dalamnya.

Namun itu berbeda dengan cara kerja atau mekanisme kerja dari “web app” atau web application (aplikasi web), yaitu:

  1. Ini dimulai saat user (pengguna) mengakses aplikasi web melalui browser web atau aplikasi seluler, kemudian memicu permintaan ke server web melalui internet.
  2. Lalu, web server meneruskan permintaan ke server dari aplikasi web dan melakukan tugas yang diminta (seperti meminta database atau memproses data) kemudian menghasilkan output atau hasil dari data yang diminta.
  3. Server aplikasi web pun kemudian mengirimkan hasilnya kembali ke server web.
  4. Dan pada akhirnya, server web mengirimkan informasi yang diminta ke klien (desktop, perangkat seluler, tablet dan lainnya) hingga informasi tersebut muncul di layar pengguna.
Baca Juga :  Tips Pencarian Google Search yang Efektif untuk Menemukan Pencarian Anda

Jenis-Jenis Application

Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Dan Macam Application Dalam Membahas Apa Itu Pengertian Aplikasi Dan Perbedaannya Dengan Software Dan Program
Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Dan Macam Application Dalam Membahas Apa Itu Pengertian Aplikasi Dan Perbedaannya Dengan Software Dan Program

Agar lebih memahami tentang apa itu pengertian application (aplikasi) maka kita juga harus mengetahui apa saja jenis-jenis dan macamnya bukan?

Benar, application ini dapat bervariasi dalam banyak hal, termasuk bagaimana mereka dibangun, platform (baca pengertian platform disini) apa yang mereka jalankan, apakah itu open source, proprietary atau untuk pasar mana mereka digunakan.

Istilah kata “app” lebih umum digunakan ketika merujuk ke aplikasi seluler di smartphone atau tablet, sedangkan aplikasi lebih sering digunakan saat menjelaskan aplikasi desktop.

Namun, istilah ini dapat digunakan secara bergantian. Thread atau inti umumnya adalah bahwa mereka dirancang untuk interaksi pengguna.

Aplikasi juga dapat dikelompokkan ke dalam kategori berdasarkan gaya lisensi.

Program perangkat lunak propietary, seperti Adobe Photoshop adalah aplikasi propietary yang berdasarkan hak cipta.

Pengguna akhir dapat membeli atau melisensikan aplikasi eksklusif melalui vendor yang menyediakan perangkat lunak.

Mereka tidak dapat memodifikasi aplikasi ini, mereka hanya dapat menambahkan fungsionalitas melalui add-on pihak ketiga.

Aplikasi open source, seperti WordPress, menyediakan kode sumber untuk pengguna akhir dan pengembang untuk dapat digunakan serta dimodifikasi.

Perusahaan perangkat lunak dan pengembang individu biasanya membuat aplikasi open source tersedia secara bebas di bawah lisensi generik atau publik, seperti lisensi GNU.

Perbedaan lebih lanjut antara jenis aplikasi adalah perbedaan antara aplikasi mobile (seluler) dan aplikasi web. Aplikasi seluler dirancang untuk diinstal dan digunakan pada perangkat seluler.

Sebaliknya, aplikasi web disimpan di server jauh dan diakses melalui browser internet (baca pengertian internet disini).

Sementara “web app” atau aplikasi web tidak akan berfungsi tanpa akses internet, aplikasi seluler dapat bekerja tanpa koneksi internet karena mereka bergantung pada sumber daya sistem perangkat seluler tempat mereka diinstal.

Jenis aplikasi lainnya adalah seperti aplikasi perangkat lunak layanan atau Software-as-a-Service (SaaS). Ini bisa berbasis seluler atau web, tetapi menyimpan data pengguna cloud.

Apa yang membedakan aplikasi SaaS adalah sebagian besar dari mereka mengenakan biaya berlangganan untuk menggunakan aplikasi dan lingkungan cloud-nya.

Contoh-contoh terkenal dari aplikasi SaaS termasuk seperti Microsoft Office 365, dan Netflix.

Perbedaan Application dengan Software dan Program

Lalu, apa yang membedakan istilah kata application (aplikasi) dengan software (perangkat lunak) dan program?

Benar, akronim atau jargon tersebut sering digunakan bersamaan atau bahkan dipertukarkan.

Perlu kalian ketahui, meskipun istilah-istilah ini terkait, namun mereka bukan hal yang sama.

Program adalah sekumpulan instruksi yang memberi tahu komputer apa yang harus dilakukan. ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman, seperti Python, PHP, Java, dan banyak lainnya.

Sebuah perangkat lunak atau software mengacu pada program yang digunakan oleh komputer.

istilah ini digunakan untuk menggambarkan cara kerja komputer yang bukan hardware (perangkat keras) atau firmware.

Sedangkan sebuah application (aplikasi) mengandalkan system software (perangkat lunak sistem) yang merupakan program untuk berinteraksi dengan komputer, tentunya karena mereka tidak dapat berjalan sendiri.

Aplikasi juga merupakan jenis dari software atau perangkat lunak, dan pada kenyataannya, sehingga kadang-kadang disebut application software (perangkat lunak aplikasi).

Seperti perangkat lunak lain, aplikasi terbuat dari suatu program, atau serangkaian program, tetapi tidak setiap jenis software (perangkat lunak) atau program adalah application (aplikasi).

Kenapa Menggunakan Application (Aplikasi) Penting?

Jika kalian yang sedang membaca postingan Kami disini dan kebetulan sedang bertanya-tanya apa pentingnya dalam menggunakan sebuah application (aplikasi), maka kalian berada di tempat yang tepat, karena disini Kami juga akan menjelaskan tentang pentingnya apliasi.

Baca Juga :  Inilah Pengertian Version Control: Apa itu VCS? Tujuan, Cara Kerja, Jenis, Manfaat dan Contohnya serta Kenapa itu Penting?

Perlu kalian ketahui, application adalah fondasi ekonomi mobile (seluler) saat ini, terutama sejak kedatangan iPhone pada tahun 2007 dan App Store pada tahun 2008.

Aplikasi telah menjadi cara utama pengguna memanfaatkan revolusi smartphone (baca pengertian smartphone disini).

Pentingnya aplikasi terutama untuk perusahaan salah satunya dapat dilihat bahwa dengan adanya aplikasi, ini telah membantu menciptakan sejumlah industri multi-miliar uang.

Sebagai contoh misalnya, mobile atau game seluler sekarang menghasilkan pendapatan lebih dari $30 miliar per tahun.

Sementara aplikasi dari perusahaan media sosial seperti Facebook secara besar-besaran berkontribusi pada pendapatan multi-miliar dolar mereka setiap kuartal.

Peningkatan popularitas besar-besaran ini telah berdampak besar bagi advertiser (pengiklan).

Penggunaannya yang kian meluas membuat semakin penting bagi perusahaan untuk menggunakan ponsel sebagai saluran iklan utama.

Baik perusahaan yang menghasilkan bisnis melalui aplikasi atau yang beriklan di perangkat mobile atau seluler, aplikasi telah menjadikan iklan seluler industri yang berharga dalam skala global.

Aplikasi seluler juga penting karena fleksibilitasnya, adapun beberapa macam contoh aplikasi populer adalah seperti:

  • Entertainment dan news; Seperti aplikasi yang dibuat oleh MNC Indonesia, Youtube atau Netflix.
  • Travel; Seperti aplikasi penerbangan, hotel dan lain sebagainya.
  • Game; Seperti game PC, game kasual dan lainnya.
  • Social network; Misalnya seperti Facebook Messenger, Reddit, dan Twitter.
  • Business dan finance atau fintech; Misalnya aplikasi perbankan online seperti PayPal dan Dana.
  • Utility; Seperti Google Translate atau Find My Device.
  • Health dan fitness; Misalnya, aplikasi meditasi Headspace, Sleep cycle dan aplikasi Alodokter.
  • E-commerce; Seperti BukaLapak, Tokopedia, Lazada dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Oke, Kami rasa sudah cukup jelas untuk sekarang. Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan Pengertian Application, Apa itu Aplikasi dan App? Tujuan, Cara Kerja (Mekanisme), Jenis, Perbedaannya dengan Software dan Program serta Kenapa itu Penting di atas, dapat kita simpulkan bahwa aplikasi atau application adalah program perangkat lunak yang berjalan di komputer Anda. Browser web, program e-mail, pengolah kata, game, dan utilitas semuanya adalah macam-macam dari bentukaplikasi.

Sederhananya, ini adalah jenis perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk melakukan tugas tertentu. Aplikasi untuk komputer desktop atau laptop kadang-kadang disebut aplikasi PC (desktop), sedangkan aplikasi untuk perangkat seluler disebut aplikasi mobile (seluler).

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas mengenai Pengertian Application, Apa itu Aplikasi dan App? Tujuan, Cara Kerja (Mekanisme), Jenis, Perbedaannya dengan Software dan Program serta Kenapa itu Penting. Semoga apa yang sudah Kami sampaikan disini bermanfaat serta dapat manambah wawasan kita semua terutama dalam mengetahui dan memahami istilah-istilah teknologi.

Silahkan share dan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja kalian semua jika kalian rasa ini bermanfaat. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar