Privilege: Pengertian, Jenis, Macam Contoh, dan Perbedaannya dalam Bidang Ilmu Komputer dan Sosial!

Gambar Dari Pengertian Privilige Apa Itu Hak Istimewa Dalam Bidang Ilmu Komputer Dan Sosial Jenis Macam Contoh Serta Perbedaannya
Gambar Dari Pengertian Privilige Apa Itu Hak Istimewa Dalam Bidang Ilmu Komputer Dan Sosial Jenis Macam Contoh Serta Perbedaannya

Memahami Pengertian Privilege, Apa itu Hak Istimewa dalam Bidang Ilmu Komputer dan Sosial? Jenis, Macam Contoh, dan Perbedaannya!

Oke, sebelumnya, dalam beberapa waktu saat kita masuk ke media sosial (baca apa arti media sosial di sini) atau menonton berita, Anda mungkin sering mendengar kata “Privilige” digunakan.

Memang, perlu kalian ketahu bahwa bagi kebanyakan orang, istilah ini bisa menjadi konsep yang membingungkan untuk dipahami.

Belajar tentang hak istimewa akan memungkinkan kita untuk menjadi lebih berpikiran terbuka, dan bergerak menuju dunia yang lebih inklusif dan berempati terhadap tantangan orang lain

Dalam hal ini, Kami akan memcoba untuk menguraikan maksud dari kata privilige ini dengan menganalogikannya dengan istilah yang ada dalam komputer.

Seperti yang kita lihat, secara bahasa, di mana kalian dapat menerjemahkannya sendiri dengan menggunakan Google Translate, bahwa ini berarti “Hak Istimewa”.

Lalu? Apa yang membuatnya menjadi begitu rumit untuk dipahami untuk orang awam?

Baiklah, terkait hal itu, dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lebih detail terkait pengertian privilige dalam ilmu komputer dan jenis macam contohnya, serta perbedaannya dalam konteks sosial.

Mari kita simak ulasannya berikut di bawah ini!

Pengertian Privilige

Berarti hak istimewa (dalam bahasa Indonesia), istilah privilege, khususnya dalam konteks keamanan komputer (computer security), adalah konsep yang hanya mengizinkan pengguna untuk melakukan hal-hal tertentu.

Berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs PCMag, contohnya dapat kita lihat dalam hirarki pengguna seperti untuk pengguna biasa, mereka biasanya dicegah untuk mengubah file sistem operasi, sementara administrator sistem biasanya diizinkan untuk melakukannya, karena ini adalah bagian dari maintenance (pemeliharaan) sistem komputer.

Mempertahankan hak istimewa pengguna biasanya dicapai melalui penggunaan akun administratif, izin file, dan Access Control List (ACL).

Selain itu, privilege juga digunakan dalam konteks sosial (yang viral di media sosial), di mana pengertiannya “keistimewaan” dalam arti umum mengacu pada keuntungan sosial tertentu, manfaat, atau derajat, dan rasa hormat yang dimiliki seseorang berdasarkan milik kelompok identitas sosial tertentu.

Mengutip sumber dari Situs Rider University, contoh penggunaannya dapat kita lihat pada masyarakat Amerika dan masyarakat Barat lainnya, di mana identitas sosial yang diistimewakan ini yaitu dari orang-orang yang secara historis menduduki posisi dominan atas orang lain termasuk kulit putih, pria, heteroseksual, kristen, dan orang kaya.

Apa itu Hak Istimewa?

Gambar Apa Itu Hak Istimewa Keistimewaan Atau Privileges Jenis Macam Contohnya Dalam Bidang Ilmu Komputer Dan Sosial
Gambar Apa Itu Hak Istimewa Keistimewaan Atau Privileges Jenis Macam Contohnya Dalam Bidang Ilmu Komputer Dan Sosial

Jadi, apa itu yang dimaksud dengan hak istimewa ini?

Benar! Seperti yang sudah Kami jelaskan dalam pengertian istilahnya di atas, kata hak istimewa ini lebih dikenal dengan akronim “Privilege” dalam berbagai macam jenis konteks, baik itu ilmu komputer, ilmu sosial, dan lain sebagainya.

Sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu kita koreksi terlebih dahulu, karena beberapa generasi milenial, website, dan situs berita lokal, serta nasional yang menyebutnya dengan sebutan “Previlege” bukan dengan kata baku bahasa Inggrisnya yaitu “Privilege”.

Oke, khusus dalam bidang teknologi keamanan komputer, hak istimewa (privilege) akan muncul secara otomatis ketika tidak ada persyaratan untuk memiliki izin untuk melakukan suatu tindakan.

Baca Juga :  7+ Cara Memudahkan Proses Data Collection (Pengumpulan Data) Management dan Tipsnya yang Baik!

Ini dapat kita lihat, semisal pada sistem di mana orang diharuskan login (masuk) ke sistem untuk menggunakannya.

Sedangkan jika mereka logout (keluar), maka mereka tidak akan memerlukan hak istimewa.

Sama seperti kita memilih untuk menginstal Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1, 10, dan 11, sistem yang tidak menerapkan perlindungan file seperti MS-DOS pada dasarnya memberikan privilege atau hak istimewa yang tidak terbatas untuk melakukan tindakan apa pun pada file (baca apa pengertian file di sini).

Hak istimewa yang diberikan ada sebagai hasil dari pemberian beberapa kredensial kepada otoritas pemberi hak istimewa.

Ini biasanya dilakukan dengan masuk ke sistem dengan nama pengguna dan kata sandi (username dan password), dan jika nama pengguna dan kata sandi yang diberikan benar, pengguna diberikan hak istimewa tambahan.

Jenis-Jenis dari Privilige (Hak Istimewa)

Setelah kita memahami pengertian dari privilege, dalam postingan kali ini Kami juga akan membagikan apa saja jenis mereka dalam konteks ilmu komputer.

Berikut ini adalah beberapa jenis privilege terkait sistem operasi yang harus kalian ketahui.

a. Unix

Tipe atau jenis pertama yaitu dalam Unix.

Pada sistem mirip Unix atau Unix-like, ada hirarki tertinggi yang dikenal dengan sebutan “Superuser” atau yang pada umumnya dikenal sebagai “root”.

Di sini, tipe pengguna ini memiliki semua hak istimewa.

Yup! Pengguna biasa (ordinary) hanya diberikan izin yang cukup untuk menyelesaikan tugas mereka yang paling umum.

Secara lebih spesifik, pengguna yang tidak memiliki hak istimewa (unprivileged) biasanya tidak dapat melakukan beberapa hal di bawah:

  • Melakukan penyesuaian untuk opsi kernel.
  • Mengubah file sistem, atau file pengguna lain.
  • Mengubah pemilik file apa pun.
  • Membuat node perangkat (device).
  • Membuat atau menghapus pengguna atau grup.
  • Mount atau unmount harddisk (volume), meskipun menjadi umum untuk memungkinkan pengguna biasa (tanpa privilege) untuk memasang dan melepas media yang dapat dilepas atau removable media (baca pengertian removable media di sini)
  • Dan lain sebagainya.

b. Windows

Pada sistem berbasis Windows, hak istimewa juga didelegasikan dalam berbagai derajat.

Access level (tingkat akses) yang dimiliki akun pengguna (dikenal dengan user accounts) ditentukan oleh grup mana pengguna tersebut berada.

Setiap pengguna dapat menjadi anggota satu grup atau lebih pada saat yang bersamaan.

Adapun untuk serangkaian aturan yang diterapkan ke grup kemudian akan diterapkan langsung ke pengguna dalam grup tertentu.

Hak istimewa (privilege) yang ditentukan oleh grup ini memungkinkan pengguna mengubah pengaturan tertentu dan mengontrol OS atau operating system mereka, atau memberi tahu mereka bahwa mereka tidak memiliki akses yang diperlukan dan harus masuk menggunakan akun yang sesuai.

Secara khusus, jenis dan macam-macam user privilege yang terdapat pada OS Windows berdasarkan tingkatannya yaitu sebagai berikut:

  1. Standard user
  2. Administrative user
  3. Power user
  4. Child user
  5. Backup operators
  6. Cryptographic operators
  7. Hyper-V administrators
  8. IIS_IUSRS account
  9. Network configuration operators
  10. Remote Desktop users

Selain itu, perlu juga kalian ketahui bahwa dalam Windows, process (proses) yang ditingkatkan akan berjalan dengan hak penuh pengguna, bukan hak penuh sistem.

Meski begitu, hak istimewa pengguna mungkin masih lebih dari apa yang diperlukan untuk proses tertentu, sehingga tidak sepenuhnya menjadi privilege (hak istimewa).

Windows ME berbasis DOS, Windows 98, Windows 95, dan versi non-NT Windows sebelumnya hanya beroperasi pada sistem file FAT dan tidak mendukung izin sistem file, sehingga oleh karena itu hak istimewa secara efektif dikalahkan dalam sistem berbasis Windows NT yang tidak menggunakan sistem file NTFS .

Baca Juga :  Image Captioning (Caption Generation): Apa itu? Tujuan, Cara Kerja, Jenis, Macam, Contoh, dan Bagaimana Contoh Cara Implementasinya dengan Deep Learning!

Macam-Macam Privilige dan Contohnya

Agar lebih memahami terkait apa pengertian privilege, kita pastinya juga harus mengetahui seperti apa macam dan contohnya bukan?

Oke, adapun beberapa macam contoh aplikasi atau penerapan dari maksud istilah privilege yaitu sebagai berikut.

1. Bidang Teknologi

Macam-macam dan contoh privilege pertama yaitu dalam bidang teknologi.

Khususnya ilmu komputer, privilege atau hak istimewa diterapkan baik oleh program yang dijalankan yang mengeluarkan permintaan untuk hak istimewa lanjutan, atau dengan menjalankan beberapa program untuk mengajukan hak istimewa tambahan.

Contoh pengguna yang mengajukan hak istimewa tambahan disediakan oleh perintah “sudo” di Unix untuk menjalankan perintah sebagai pengguna “root” dan lain sebagainya.

Selain itu, seperti arsitektur prosesor modern yang memiliki mode CPU yang memungkinkan OS berjalan pada tingkat hak istimewa yang berbeda.

Beberapa prosesor tersebut memiliki 2 (dua) level berbeda seperti user dan supervisor.

Prosesor i386+ memiliki 4 atau empat level (#0 dengan paling banyak, #3 dengan hak istimewa paling sedikit).

Task atau tugasnya ditandai dengan tingkat hak istimewa seperti resource (segmen, halaman, port, dan lainnya) serta instruksi istimewa ditandai dengan tingkat hak istimewa yang diminta.

Ketika tugas mencoba menggunakan sumber daya, atau menjalankan instruksi istimewa, prosesor menentukan apakah dia memiliki izin (jika tidak, interupsi “kesalahan perlindungan” dihasilkan) dengan tujuan mencegah tugas pengguna merusak OS atau satu sama lainnya.

2. Bidang Sosial

Kemudian, yaitu contohnya aplikasi istilah privilege dalam bidang sosial.

Well, beberapa cara seseorang dapat memanfaatkan hak istimewa mereka adalah melakukan percakapan berani dengan keluarga dan teman, mengadvokasi orang-orang tanpa hak istimewa yang sama, dan menggunakan teknik intervensi pengamat untuk mendukung seseorang yang Anda lihat dilecehkan karena identitas mereka.

Beberapa contoh privilege (hak istimewa) sehari-hari dapat yaitu seperti orang yang berbadan sehat dapat membuat rencana untuk mengunjungi tempat baru tanpa mempedulikan bagaimana trotoar dipelihara atau jika bangunan tersebut memiliki dukungan mobilitas seperti lift atau landai yang berfungsi.

Ini adalah contoh hak istimewa yang mampu untuk melakukan sesuatu!

Orang kulit putih dan berkulit terang dapat dengan mudah menemukan dan membeli produk seperti perban, rias wajah, yang cocok dengan warna kulit mereka dibandingkan dengan kulit sawo matang atau hitam.

Betul! Ini adalah contoh hak istimewa kulit putih.

Dalam lingkup bisnis dan kantoran, contohnya yaitu seperti seseorang yang dapat mengharapkan jadwal liburan kerja atau sekolah mereka untuk mencerminkan hari libur keagamaan yang mereka rayakan memiliki hak istimewa keagamaan.

Begitu seseorang mengakui hak istimewa mereka, mereka dapat bergerak maju dalam memanfaatkan hak istimewa itu untuk menghadapi diskriminasi sosial dan institusional.

Apa Perbedaan Privilige dalam Ilmu Komputer dengan Sosial?

Ilustrasi Gambar Apa Yang Membedakan Arti Privilege Atau Privileges Dalam Konteks Keistimewaan Hak Akses Istimewa Teknologi Komputer Dan Sosial
Ilustrasi Gambar Apa Yang Membedakan Arti Privilege Atau Privileges Dalam Konteks Keistimewaan Hak Akses Istimewa Teknologi Komputer Dan Sosial

Jadi, apa yang membedakan kata privilege dalam ilmu komputer dengan sosial?

Privilege, dalam keamanan komputer, berarti mendelegasikan wewenang untuk melakukan perubahan pada sistem komputer.

Pada banyak sistem, ada pemisahan antara pengguna “normal” tanpa otoritas untuk membuat perubahan pada sistem dan pengguna “administratif” dengan akses penuh ke sistem.

Sekarang, khususnya di tahun 2022 sekarang, OS atau sistem operasi modern menyertakan alat untuk mempertahankan hak istimewa.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian Linux dan Materi Tentang Linux Lengkap

Izin file menentukan siapa yang diizinkan untuk melihat dan memodifikasi file tertentu dan eskalasi hak istimewa memungkinkan pengguna biasa menjadi pengguna administratif saat mereka memberikan kata sandi.

Ya! Begitu juga dengan bidang sosial, keistimewaan atau privileges adalah seperangkat manfaat diterima diterima yang diberikan kepada orang-orang dalam kelompok sosial tertentu.

Memiliki hak istimewa tidak berarti bahwa hidup Anda tidak sulit!

Itu hanya berarti bahwa aspek identitas Anda tidak membuat hidup Anda lebih sulit.

Aspek identitas Anda ini meliputi ras, jenis kelamin, status ekonomi, ukuran, jenis kelamin, seksualitas, kemampuan, agama, dan sebagainya.

Kesimpulan

Bagaimana? Sudah cukup jelas bukan?

Oke, Kami pikir demikian untuk pembahasan terkait Pengertian Privilege, Apa itu Hak Istimewa dalam Bidang Ilmu Komputer dan Sosial? Jenis, Macam Contoh, dan Perbedaannya.

Jadi berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa pengertian hak istimewa atau privilege dapat diuraikan sebagai berikut:

  1. Dalam bidang komputer; Privilege merupakan pengecualian yang terkait dengan pelanggaran instruksi yang diistimewakan dapat disebabkan ketika sebuah larik telah diakses di luar batas atau penunjuk yang tidak valid telah direferensikan ketika lokasi memori yang tidak valid yang dirujuk adalah lokasi yang diistimewakan, seperti satu perangkat pengontrol input atau output. Ini terutama lebih mungkin terjadi dalam bahasa pemrograman seperti C yang menggunakan aritmatika pointer atau tidak memeriksa batas array secara otomatis.
  2. Dalam bidang sosial; Merupakan akses tanpa dukungan khusus atau keuntungan yang diberikan kepada kelompok orang tertentu karena keanggotaan mereka dalam kelompok sosial. Hak istimewa tidak berarti bahwa Anda tidak bekerja keras atau mendapatkan kesuksesan Anda. Itu hanya berarti bahwa hak istimewa mungkin telah memberi Anda awal yang baik pada peluang-peluang itu untuk berhasil. Memahami hak istimewa itu penting karena membantu kita mempelajari perjuangan orang lain, dan bagaimana kita dapat menggunakan hak istimewa kita untuk mengangkat orang lain dan menciptakan dunia yang lebih baik dan lebih adil.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, di mana Kami membahas tentang Pengertian Privilege, Apa itu Hak Istimewa dalam Bidang Ilmu Komputer dan Sosial? Jenis, Macam Contoh, dan Perbedaannya.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang umum, teknologi dan social media.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar