Pengertian Umur (Age): Apa itu Usia Secara Umum dan dari Sudut Pandang Teknologi? Berapa dan Bagaimana Tinggi serta Berat Seseorang dapat Bervariasi dengan itu?

Gambar Dari Pengertian Umur (Age) Apa Itu Usia Secara Umum Dan Dari Sudut Pandang Teknologi Berapa Dan Bagaimana Tinggi Serta Berat Seseorang Dapat Bervariasi Dengan Itu
Gambar Dari Pengertian Umur (Age) Apa Itu Usia Secara Umum Dan Dari Sudut Pandang Teknologi Berapa Dan Bagaimana Tinggi Serta Berat Seseorang Dapat Bervariasi Dengan Itu

Memahami Pengertian Umur (Age): Apa itu Usia Secara Umum dan Teknologi? Berapa dan Bagaimana Tinggi serta Berat Seseorang dapat Bervariasi dengan itu?

Baik, sebelumnya perlu Kami tekankan sebelumnya bahwa tulisan kali ini dibuat berdasarkan banyaknya respon terhadap implementasi aplikasi web perhitungan usia atau umur Kami yaitu Kalkulator Umur.

Terkait dalam perhitungannya, di sini kita akan coba untuk menjelajahi makna yang mendasari dari konsep umur dan bagaimana hal itu mempengaruhi karakteristik fisik individu, seperti tinggi dan berat badan.

Ya! Seperti yang kita ketahui, umur merupakan parameter penting dalam kehidupan setiap individu, menggambarkan perjalanan waktu sejak kelahiran hingga saat ini.

Namun, lebih dari sekadar angka, umur juga menyiratkan banyak aspek lain yang terkait dengan perkembangan dan pengalaman manusia.

Kami akan menyajikan perspektif yang berbeda dari para ahli terkemuka dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk ilmu biologi, psikologi, dan teknologi. Tidak hanya itu, dalam postingan tentang pengertian umur (age) menurut para ahli di sini, Kami juga akan menjelaskan bagaimana tinggi dan berat badan seseorang dapat bervariasi seiring pertambahan usia.

Aspek ini melibatkan faktor genetik, lingkungan, dan kesehatan yang memainkan peran penting dalam proses pertumbuhan dan perubahan fisik sepanjang rentang usia seseorang.

Baiklah langsung saja, mari kita simak ulasannya berikut di bawah ini!

Pengertian Umur (Age)

Umur (age) secara umum yaitu periode waktu yang telah berlalu sejak kelahiran seseorang atau objek tertentu hingga saat ini, di mana ini adalah sama maknanya dengan kata usia.

Memang, kedua istilah tersebut sering digunakan secara bergantian dan serupa dalam arti bahwa keduanya mengacu pada rentang waktu yang telah dilewati sejak kehadiran suatu entitas.

Persamaan kata antara “umur” dan “usia” secara lebih lanjut dapat kita uraikan sebagai berikut:

  • Pengertian; Baik umur maupun usia merujuk pada periode waktu yang telah berlalu sejak kelahiran seseorang atau objek tertentu hingga saat ini. Ini adalah dimensi waktu yang mencerminkan seberapa lama seseorang atau sesuatu telah eksis.
  • Penggunaan; Kedua kata ini digunakan untuk menyatakan berapa tahun, bulan, atau hari sejak suatu peristiwa penting terjadi, yaitu kelahiran individu atau awal keberadaan suatu objek.
  • Keterkaitan; Umur dan usia sering digunakan dalam berbagai konteks, termasuk dalam pengukuran umur manusia, hewan, atau benda mati. Selain itu, keduanya juga dapat digunakan dalam konteks non-biologis, seperti umur dari suatu peradaban, teknologi, atau organisasi.

Selebihnya, berdasarkan kata age yang merupakan terjemahan dari kata umur dalam bahasa Inggris, pengertiannya dalam beberapa konteks, terutama dalam konteks sejarah atau perkembangan suatu peradaban atau kebudayaan, “age” dapat diartikan sebagai zaman, yaitu periode waktu tertentu dengan karakteristik, kecenderungan, atau peristiwa khusus, di mana dalam arti ini, “age” lebih mengacu kepada perkembangan masa lalu atau masa kini daripada usia individu.

Pengertian Umur Menurut Para Ahli

Agar kita dapat lebih memahami terkait apa itu umur atau age, yang juga disebut dengan usia ini, maka tentunya kita juga harus merujuk kepada pendapat para ahli dan pakar.

Pengertian umur (age) dapat berbeda-beda tergantung pada perspektif atau disiplin ilmu yang mengajukan definisi tersebut.

Secara umum, dalam konteks manusia, umur mengacu pada periode waktu sejak kelahiran seseorang hingga saat tertentu.

Baca Juga :  Ini Penjelasan Pengertian Technical Report: Apa itu? Tujuan dan Fungsi, Macam Karakteristik, Contoh serta Tips dan Cara Menulisnya!

Namun, untuk memberikan pengertian yang lebih komprehensif dan ilmiah, berikut adalah beberapa definisi umur menurut beberapa ahli berdasarkan literasi (baca pengertian literasi di sini).

1. Martijn Huisman, Dorly J.H. Deeg, dan Axel Skytthe

Menurut ahli yang bernama Martijn Huisman, Dorly J.H. Deeg, dan Axel Skytthe dalam publikasi mereka yang berjudul “Genetic Influences on the Dynamics of Body Height and on the Change in Body Height with Age” menyatakan bahwa umur adalah parameter penting yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tubuh dan perubahan tinggi badan seiring waktu. (Sumber: Twin Research and Human Genetics, 2015, 18(6), 723-735)

2. Robert S. Feldman

Kemudian, pengertian umur atau age menurut ahli yang bernama Robert S. Feldman dalam bukunya yang berjudul “Development Across the Lifespan” menjelaskan bahwa umur melibatkan proses perkembangan dan perubahan fisik, kognitif, dan sosial yang dialami oleh individu sepanjang hidup mereka. (Sumber: Pearson; 9th edition, 2017)

3. Kenneth F. Ferraro

Berdasarkan sumber dan referensi yang Kami dapatkan, terakhir yaitu menurut ahli bernama Kenneth F. Ferraro dalam publikasi “The Life Course of Aging: Why We Age” mendefinisikan umur sebagai kumpulan pengalaman yang mempengaruhi fungsi biologis dan perilaku individu selama masa hidup mereka, termasuk faktor lingkungan dan genetik yang memainkan peran penting dalam proses penuaan. (Sumber: Sociology of Aging: A Social Problems Perspective, 2018, 221-237)

Apa itu Umur (Age) atau Usia dalam Sudut Pandang Teknologi dan Bidang Terkaitnya?

Dalam konteks dunia teknologi, internet, Artificial Intelligence (AI), Deep Learning (DL), dan Machine Learning (ML), pengertian umur (age) dapat memiliki beberapa interpretasi yang relevan.

Berikut ini Kami jelaskan juga dalam sudut pandang teknologi:

  1. Umur Digital (Digital Age); Umur digital merujuk pada era di mana teknologi digital, khususnya internet, memainkan peran sentral dalam kehidupan manusia. Era ini ditandai oleh konektivitas yang luas, akses ke informasi dalam sekejap, dan transformasi berbagai sektor melalui inovasi digital.
  2. Umur Internet (Internet Age); Umur internet mengacu pada zaman di mana internet telah menjadi jaringan global yang mendominasi berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk komunikasi, perdagangan, pendidikan, dan hiburan. Era ini ditandai oleh konektivitas yang terus-menerus dan akses mudah ke beragam layanan daring.
  3. Umur Artificial Intelligence (AI Age); Umur AI mencerminkan masa di mana kemajuan teknologi AI semakin pesat. AI menjadi bagian integral dari banyak sistem dan aplikasi, mulai dari kendaraan otonom, asisten virtual, hingga analisis data yang kompleks.
  4. Umur Deep Learning dan Machine Learning; Umur deep learning dan machine learning adalah periode di mana metode pembelajaran mesin, khususnya deep learning (pembelajaran mendalam), telah memungkinkan komputer untuk belajar dari data secara otomatis dan mengambil keputusan tanpa perlu diprogram secara eksplisit. Era ini telah membawa kemajuan signifikan dalam bidang seperti pengenalan wajah, pemrosesan bahasa alami, dan pengenalan suara.

Well, perlu Kami jelaskan bahwa dalam sudut pandang teknologi dan ilmu komputer, seringkali umur tidak hanya merujuk pada periode waktu, tetapi juga mencerminkan kemajuan dan perkembangan teknologi yang telah dicapai pada suatu waktu tertentu.

Sehingga, maka dari itu, umur dalam dunia teknologi lebih berkenaan dengan kata “zaman” terkait perkembangan teknologi daripada usia kronologis manusia, di mana penggunaan istilah umur dalam konteks ini mungkin terlihat lebih simbolis daripada bersifat harfiah.

Berapa Usia dan Bagaimana Tinggi serta Berat Seseorang dapat Bervariasi dengan itu?

Gambar Berapa Usia Dan Bagaimana Tinggi Dan Berat Badan Seseorang Bisa Bervariasi Dengan Itu Dalam Membahas Umur Secara Umum Serta Dari Sudut Pandang Teknologi
Gambar Berapa Usia Dan Bagaimana Tinggi Dan Berat Badan Seseorang Bisa Bervariasi Dengan Itu Dalam Membahas Umur Secara Umum Serta Dari Sudut Pandang Teknologi

Kemudian, jadi, berapa dan bagaimana tinggi serta berat dari seseorang dapat bervariasi dengan alat ukur atau metrik itu, dalam konteks perhitungan usia manusia?

Usia pada dasarnya adalah periode seseorang telah hidup, bisa juga usia mayat, tujuan dasarnya adalah untuk memeriksa waktu berada dalam situasi tertentu untuk berapa lama.

Seperti yang kita lihat di museum bahwa mumi berusia 100 (seratus) tahun melalui tahap perkembangan atau titik dalam kehidupan mereka di mana mereka telah tiba.

Baca Juga :  Cyberpreneur: Apa itu Cyberpreneurship? Tujuan dan Fungsi, Macam Keunggulan, Contoh serta Perbedaannya!

Usia, yang biasanya dinyatakan dalam tahun, berfungsi sebagai komponen kunci dari biologi manusia, psikologi, dan struktur sosial.

Umur dihitung dengan menjumlahkan tahun sejak lahir, di mana ini memberikan informasi untuk mengevaluasi perkembangan fisik dan mental individu.

Selain itu, usia dapat membantu kita memahami berbagai tahapan kehidupan seperti bayi, kanak-kanak, remaja, dewasa, dan usia tua.

Penting untuk diingat bahwa budaya dan masyarakat yang berbeda mungkin memiliki pandangan yang berbeda tentang usia dan bahwa pengaturan yang berbeda dapat memberikan bobot yang berbeda pada usia.

Ya! Itu terus menjadi komponen penting dari struktur sosial dan pertumbuhan manusia.

Gagasan lengkap tentang penuaan juga akan dibahas dalam esai ini, bersama dengan pentingnya indeks massa tubuh dan apa yang harus dilakukan.

Di bawah ini kita bahas juga secara lengkap konsep usia, dan menurut indeks massa tubuh perannya dan hal yang harus dilakukan sesuai bertambahnya usia.

Usia di Negara-Negara Asia

Konsep usia di negara-negara Asia memiliki kesamaan dengan pemahaman umum tentang usia, tetapi juga mencakup beberapa aspek budaya yang unik.

Berikut adalah beberapa poin penting mengenai konsep usia di negara-negara Asia.

Menghormati Orang Tua

Ilustrasi Gambar Umur Jenjang Manusia Dalam Membahas Konsep Umur Di Negara Negara Asia
Ilustrasi Gambar Umur Jenjang Manusia Dalam Membahas Konsep Umur Di Negara Negara Asia

Budaya Asia, seperti di Cina, Jepang, Korea, dan India, memberikan penekanan yang kuat pada menghormati dan menghargai individu yang lebih tua.

Usia sering dikaitkan dengan kebijaksanaan, pengalaman, dan senioritas.

Hirarki Usia

Budaya Asia seringkali memiliki struktur hierarkis berdasarkan usia.

Individu yang lebih tua dianggap memiliki status yang lebih tinggi dan diberi wewenang dan kekuatan pengambilan keputusan yang lebih besar dalam keluarga, tempat kerja, atau komunitas.

Umur

Untuk umur di beberapa negara Asia, termasuk seperti negara Cina, Korea Selatan, dan Vietnam, ada sistem perhitungan usia tradisional yang dikenal sebagai usia bulan.

Itu didasarkan pada kalender lunar dan menganggap seseorang berusia satu tahun saat lahir.

Usia bertambah satu pada “Tahun Baru Imlek” daripada pada hari ulang tahun individu.

Usia dan Interaksi Sosial

Usia memainkan peran penting dalam interaksi sosial di negara-negara Asia.

Individu yang lebih muda diharapkan untuk menggunakan bahasa formal dan menunjukkan rasa hormat saat menyapa atau berinteraksi dengan individu yang lebih tua.

Terkait beberapa hal di atas, dalam menghitungnya sendiri secara online, kalkulator umur adalah alat online yang dapat digunakan menghitung usia Anda dengan tepat dalam bulan, hari, jam, menit, dan detik.

BMI (Indeks Massa Tubuh atau Body Mass Index)

Gambar Body Mass Index BMI Atau Indeks Massa Tubuh Dalam Membahas Pengertian Umur Menurur Ahli Serta Konsep Usia
Gambar Body Mass Index BMI Atau Indeks Massa Tubuh Dalam Membahas Pengertian Umur Menurur Ahli Serta Konsep Usia

BMI atau indeks massa tubuh yang disebut dengan body mass index (dalam bahasa Inggris) adalah pengukuran yang umum digunakan untuk memeriksa apakah seseorang memiliki berat badan yang sehat untuk tinggi badan mereka.

Ini dihitung dengan membagi berat badan seseorang dalam kilogram dengan kuadrat tinggi badan mereka dalam meter (BMI = berat dalam Kg / (tinggi dalam meter)2 ).

Di bawah ini adalah tabel rentang BMI dan klasifikasinya agar dapat lebih mudah dimengerti:

Rentang BMIKlasifikasi
Di bawah 16Sangat kurus
16 – 16.9Berat badan kurang
17 – 18.4Agak kurus
18,5 – 24,9Berat Normal
25 – 29.9Kegemukan
30 – 34.9Obesitas (Kelas I)
35 – 39,9Obesitas (Kelas II)
40+Obesitas (Kelas III)

Beberapa Jenis dan Macam Metode Umum untuk Menghitung Usia

Untuk menerangkan subbagian beberapa jenis dan macam metode yang umum digunakan untuk menghitung usia, di sini akan Kami jelaskan dalam bentuk tabulasi sebagai berikut:

MetodeProsedur untuk Menghitung
Usia KalenderIni adalah metode yang paling umum dan ditentukan dengan menghitung jumlah tahun sejak kelahiran seseorang. Misalnya, jika seseorang lahir pada tanggal 1 Januari 1990, dan tanggal hari ini adalah 19 Juli 2023, maka usia kalendernya adalah 33 tahun.
Usia di Tahun ini, Bulan, dan HariMetode ini menghitung umur dengan mempertimbangkan tidak hanya jumlah tahun tetapi juga bulan dan hari sejak lahir. Ini memberikan ukuran usia yang lebih tepat. Misalnya, seseorang yang lahir pada tanggal 1 Januari 1990 akan memiliki usia 33 tahun, 6 bulan, dan 18 hari jika tanggal hari ini adalah 19 Juli 2023.
Usia dalam MingguMetode ini menghitung usia dalam hal jumlah minggu sejak lahir. Ini biasanya digunakan untuk bayi dan anak kecil untuk melacak perkembangan dan tonggak sejarah mereka selama tahap awal kehidupan.
Umur dalam JamMetode ini menghitung usia dengan mempertimbangkan jumlah jam sejak lahir. Ini sering digunakan untuk bayi yang baru lahir untuk melacak usia mereka dan memantau kesehatan mereka pada jam dan hari awal kehidupan.

Tren Tinggi Umum berdasarkan Usia

Lalu, bagaimana tren tinggi pada umumnya jika kalkulasinya berbasis usia?

Baca Juga :  10 Contoh Artificial Intelligence (Produk) yang Anda Gunakan Sehari-Hari

Oke, bagian ini akan dibahas tinggi badan seseorang menurut umur dalam bentuk tabel yang akan sangat mudah untuk menemukan dan membaca kelompok umur Anda:

Kelompok UsiaTinggi
Anak Usia DiniSaat lahir, panjang rata-rata bayi baru lahir cukup bulan adalah sekitar 50 sentimeter (20 inci). Selama tahun pertama, bayi mengalami pertumbuhan yang cepat, dengan pertambahan panjang rata-rata sekitar 25 sentimeter (10 inci).
Masa KecilAntara usia 2 dan 3 tahun, anak-anak biasanya mencapai sekitar setengah dari tinggi badan orang dewasa. Dari usia 4 hingga 10 tahun, anak-anak umumnya tumbuh dengan kecepatan yang relatif stabil, bertambah sekitar 5-7 sentimeter (2-3 inci) per tahun.
Masa RemajaItu terjadi antara usia 9 dan 14 untuk anak perempuan dan 11 dan 16 untuk anak laki-laki, ada percepatan pertumbuhan yang signifikan. Rata-rata, anak perempuan bertambah sekitar 7-8 sentimeter (2,8-3,1 inci) per tahun selama periode ini, sedangkan anak laki-laki tumbuh sekitar 9-10 sentimeter (3,5-3,9 inci) per tahun.
Masa DewasaKebanyakan individu telah mencapai tinggi penuh mereka. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa masih ada beberapa perubahan kecil pada tinggi badan di awal masa dewasa karena faktor seperti postur tubuh, olahraga, dan nutrisi. Ingatlah bahwa ini adalah tren umum, dan pola pertumbuhan individu mungkin menyimpang dari rata-rata ini.

Seperti Apa Contoh Perhitungan Perbedaan Usia?

Oke, untuk pertanyaan terkait dalam menghitungnya, seperti apa contohnya, dalam bagian ini, kami akan memberikan contoh artikel yang menjelaskan tentang perhitungan perbedaan usia antara dua orang.

Ilustrasi Gambar Seperti Apa Serta Bagaimana Cara Menghitung Perbedaan Atau Selisihnya
Ilustrasi Gambar Seperti Apa Serta Bagaimana Cara Menghitung Perbedaan Atau Selisihnya

Perhitungan tersebut akan Kami jelaskan dengan menggunakan contoh kasus sebagai berikut:

a. Contoh 1 (Satu)

Dalam contoh 1 (satu) atau yang pertama, akan dihitung perbedaan usia antara dua orang berdasarkan tanggal lahir mereka.

Tanggal lahir orang pertama: 15-Jan-1998 Tanggal lahir orang kedua: 12-Mei-2003 Hasil perhitungannya adalah:

  • Perbedaan; Selisih Usia = Usia Orang Pertama – Usia Orang Kedua Jumlah Hari = 1943 Selisih umur = 5 tahun 3 bulan 28 hari Elder/Younger = Orang Pertama lebih muda dari Orang Kedua
  • Usia Orang Pertama; Jumlah Hari = 9316 Umur = 25 tahun 6 bulan 4 hari
  • Usia Orang Kedua; Jumlah Hari = 7373 Umur = 20 tahun 2 bulan 7 hari

a. Contoh 2 (Dua)

Dalam contoh 2 (dua) atau yang kedua, mari kita hitung perbedaan usia antara dua orang berdasarkan tanggal lahir.

Tanggal lahir orang pertama: 04-Feb-1994 Tanggal lahir orang kedua: 07-Agu-1996 Hasil perhitungannya adalah:

  1. Perbedaan; Selisih Usia = Usia Orang Pertama – Usia Orang Kedua Jumlah Hari = 915 Selisih umur = 2 tahun 6 bulan 3 hari Elder/Younger = Orang Pertama lebih muda dari Orang Kedua
  2. Usia Orang Pertama; Jumlah Hari = 10757 Umur = 29 tahun 5 bulan 15 hari
  3. Usia Orang Kedua; Jumlah Hari = 9842 Umur = 26 tahun 11 bulan 12 hari

Dengan menggunakan contoh-contoh tersebut, kita dapat memahami bagaimana perhitungan perbedaan usia dihitung berdasarkan tanggal lahir masing-masing individu.

Contoh-contoh di atas diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana cara menghitung usia dan perbedaannya di antara dua orang.

Kesimpulan

Baiklah, Kami pikir sekarang sudah cukup untuk pembahasan terkait Pengertian Umur (Age), Apa itu Usia Secara Umum dan Teknologi? Berapa dan Bagaimana Tinggi serta Berat Seseorang dapat Bervariasi dengan itu.

Dalam pembahasan mengenai arti dan implikasinya pada tinggi serta berat badan seseorang, dapat kita simpulkan bahwa arti dan makna dari kata umur (age) atau usia merupakan parameter penting dalam kehidupan setiap individu, mencerminkan periode waktu sejak kelahiran hingga saat ini.

Umur juga mencakup proses perkembangan dan perubahan fisik, kognitif, dan sosial yang dialami oleh manusia sepanjang hidup mereka.

Perubahan umur berdampak pada tinggi dan berat badan seseorang.

Faktor genetik mempengaruhi pertumbuhan tubuh dan ciri-ciri fisik individu, di mana selain itu, faktor lingkungan, pola makan, dan gaya hidup juga memainkan peran dalam menentukan tinggi dan berat badan seseorang.

Dalam konteks teknologi dan ilmu komputer, istilah umur juga dapat merujuk pada perkembangan teknologi dan perangkat lunak, seperti era umur digital, umur internet, umur kecerdasan buatan, dan umur pembelajaran mendalam, di mana teknologi ini terus berkembang dan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, di mana Kami membahas tentang Pengertian Umur (Age), Apa itu Usia Secara Umum dan Teknologi? Berapa dan Bagaimana Tinggi serta Berat Seseorang dapat Bervariasi dengan itu.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan di sini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang umum dan terkait teknologi secara general.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami di sini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Postingan ini juga tersedia dalam versi:


Tinggalkan Komentar