Penjelasan Konten Duplikat: Apa itu Plagiarisme? Jenis, Tools dan Alat, Tips serta Bagaimana Cara Memperbaikinya dengan Pendekatan SEO Kreatif!

0
Gambar Konten Duplikat Apa Itu Plagiarisme Jenis Tools Dan Alat Pemeriksa Online Tips Serta Bagaimana Cara Memperbaikinya Dengan Pendekatan SEO Kreatif
Gambar Konten Duplikat Apa Itu Plagiarisme Jenis Tools Dan Alat Pemeriksa Online Tips Serta Bagaimana Cara Memperbaikinya Dengan Pendekatan SEO Kreatif

Konten Duplikat, Apa itu Plagiarisme Jenis, Tools dan Alat Pemeriksa Online Tips serta Bagaimana Cara Memperbaikinya dengan Pendekatan SEO Kreatif! Sebelumnya, perlu kalian ketahui bahwa baik itu Google ataupun mesin pencari lainnya tidak memiliki hukuman moneter (terkait masalah uang) untuk duplikat. Namun, Anda harus tahu bahwa Google menyediakan konten yang unik, dan Anda harus tahu bahwa konten yang unik akan menambah banyak nilai pada situs web Anda beserta skor SEO-nya. Ya! Google akan selalu menurunkan dan menunda konten duplikat terkait masalah indeks.

Jika Anda berpikir bahwa Anda dapat mencapai peringkat teratas tanpa menambahkan sesuatu yang unik dalam pekerjaan atau karya Anda, maka Anda benar-benar salah, ditambah itu harus jelas bagi Anda bahwa Anda tidak dapat mengharapkan Google atau mesin pencari apa pun untuk memberi peringkat karya Anda lebih tinggi daripada situs terkenal dan tepercaya lainnya di web! Baiklah, terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini Kami akan membahas tentang apa itu pengertian konten duplikat serta bagaimana cara memperbaikinya dengan pendekatan SEO yang kreatif. Baiklah, berikut adalah ulasannya!

Apa itu Konten Duplikat?

Jadi, apa sebenarnya konten duplikat? Pengertian konten duplikat adalah semua konten yang tersedia di beberapa lokasi di atau di luar situs Anda.

Duplicate content sering berada di URL yang berbeda dan kadang-kadang bahkan di domain yang berbeda.

Memang, ini sebagian besar terjadi secara tidak sengaja atau merupakan hasil dari implementasi teknis sub-par.

Sebagai contoh misalnya, terkait masalah SEO (baca pengertian SEO menurut para ahli disini) situs Anda bisa tersedia di WWW dan non-WWW atau HTTP dan HTTPS (atau keduanya).

Atau mungkin CMS (Content Management System) Anda menggunakan parameter URL dinamis yang berlebihan yang membingungkan search engine atau mesin pencari.

Selain itu juga, bahkan halaman AMP Anda dapat dihitung sebagai konten duplikat jika tidak ditautkan dengan benar.

Ya! Itu ada di mana-mana, namun perlu Kami tekankan disini, pada intinya istilah konten duplikat mengacu pada kemunculan konten yang sama dan konten yang sangat mirip dalam internet.

Apa itu Plagiarisme (Tindakan Plagiat)?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Plagiarisme Atau Tindakan Plagiat
Ilustrasi Gambar Apa Itu Plagiarisme Atau Tindakan Plagiat

Kemudian, apa itu yang dimaksud dengan plagiarisme atau tindakan plagiat ini?

Ya, terkait sejarahnya sendiri, kata ini berasal dari bahasa latin yaitu “plagiarius” yang berarti menculik.

Seperti yang disarankan definisi plagiarisme, ketika seseorang menggunakan karya seniman lain tanpa mengutip sumber atau memberi penghargaan dengan benar, maka itu akan menjadi sebuah contoh plagiarisme.

Plagiarisme adalah pelanggaran yang dapat dihukum, dan itu adalah bentuk pencurian intelektual.

Sangat mudah untuk menjiplak konten atau artikel dari situs web, tetapi pada saat yang sama, hal itu memiliki konsekuensi yang besar.

Plagiarisme juga dapat memengaruhi karier seseorang ke arah yang tidak baik.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Webmaster: Apa itu Webmaster Tools? Fungsi, Jenis dan Macam Skill serta Caranya Menghasilkan Uang!

Contohnya para siswa sering menggunakan bagian-bagian dari sebuah artikel dalam proyeknya tanpa mengkredit sumbernya, oleh karena itu, mereka melakukan plagiarisme.

Khusus bagi para guru, adalah merupakan hal yang penting untuk selalu memperingatkan para siswa tentang plagiarisme.

Plagiarisme juga berlaku untuk menulis atau artikel situs web, tetapi juga berlaku dalam mencuri kekayaan intelektual seperti musik, gambar, video, dan bahkan koreografi tarian.

Jenis Plagiarisme yang Paling Umum!

Setelah kita mengetahui apa itu konten duplikat dan pengertian serta definisi plagiarisme, maka kita juga harus mengetahui jenis dan macamnya yang terbilang paling umum.

Ya, sekarang ini, terutama di tahun 2020, duplikasi konten tidak hanya terdiri dari satu jenis dan macam saja.

Biasanya penulis konten berpikir bahwa Anda dapat menyingkirkan konten yang diduplikasi dan tuduhan terkait masalahnya dengan hanya menghindari upaya yang disengaja untuk menyalin konten langsung dari web.

Tetapi Anda harus tahu bahwa jenis plagiarisme yang paling umum saat ini adalah plagiarisme yang tidak disengaja (ini lebih dikenal dengan accidental plagiarism).

Anda harus berhati-hati dan pandai untuk menghapus plagiarisme yang tidak disengaja dan menghindarinya dari pekerjaan Anda.

Plagiarisme tidak disengaja (unexpected atau accidental) terjadi lebih umum terutama karena adanya sejumlah besar konten yang terdapat di web.

Menurut statistik terbaru, telah terlihat bahwa ada lebih dari 20.000.000.000 (dua puluh miliar) halaman web dengan konten di dalamnya.

Ratusan situs dan halaman baru membanjiri dan bermunculan setiap harinya!

Hal ini berarti Anda akan menemukan jumlah kata yang tidak terbatas di web akhir-akhir ini.

Jadi, berdasarkan laporan dan angka-angka ini Anda dapat dengan mudah mengetahui bahwa ada kemungkinan besar bahwa konten Anda akan cocok dengan penulis lain!

Sekarang, khususnya hari ini kita menyatakan beberapa poin yang paling umum terjadi.

Atau dilain sisi, haruskah kita melakukan pendekatan yang Anda dapat lakukan dengan mudah untuk menyingkirkan segala jenis duplikasi dari pekerjaan serta karya Anda!

Tools dan Alat Pemeriksa Plagiarisme Online yang dapat Anda Coba

Dalam membahas apa itu konten duplikat, arti plagiarisme serta bagaimana cara memperbaikinya dengan pendekatan SEO kreatif, dalam subbagian ini Kami akan menjelaskan tentang tools dan alat pemeriksa atau pengecek plagiarisme online yang dapat Anda coba.

Benar! Kalian semua pasti pernah mendengar tentang pemeriksa plagiarisme dan situs web di internet.

Nah, pengecek atau pemeriksa plagiarisme online ini dapat memeriksa tindakan plagiat dengan cukup mudah, tetapi Anda harus tahu bahwa tidak semua alat serta situs di web yang ada dapat menyediakan algoritma pengecekan yang akurat.

Untungnya, khusus bagi Anda, Kami pribagi telah banyak meneliti tentang masalah ini dan telah menyatakan rincian salah satu alat terbaik di web di bawah bagian ini!

Pemeriksa plagiarisme oleh duplichecker.com adalah salah satu alat yang terbilang paling andal di web.

Anda harus tahu bahwa pemeriksa berhak cipta ini memiliki banyak fitur menarik yang menjadikannya salah satu pemeriksa plagiarisme terbaik di web terutama di Indonesia.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Bing: Apa itu Bing? Sejarah, Fitur dan Perbedaan Bing dengan Google!

Anda harus menggunakan alat ini untuk diri Anda pribadi jika Anda ingin menikmati layanannya dan menyingkirkan plagiarisme untuk selamanya.

Beberapa hal penting dari alat ini disebutkan di bawah ini, jadi simak terus artikel Kami ya!

Tips untuk Membantu Anda Menghilangkan dan Menghapus Plagiarisme atau Tindakan Plagiat

Ilustrasi Gambar Apa Saja Tips Untuk Menghilangkan Dan Menghapus Plagiarisme Atau Tindakan Plagiat
Ilustrasi Gambar Apa Saja Tips Untuk Menghilangkan Dan Menghapus Plagiarisme Atau Tindakan Plagiat

Terlepas dari pada apa yang sudah Kami jelaskan di atas, lalu apa saja tips yang dapat Anda lakukan untuk membantu menghilangkan dan menghapus tindakan plagiat atau plagiarisme?

Oke langsung saja, berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkannya dari konten Anda:

  • Kiat dan tips pertama untuk setiap penulis konten di dunia adalah Anda harus selalu mencoba dan menulis konten unik dengan tangan Anda. Ya! Konten tulisan tangan sangat dapat diterima oleh mesin pencari.
  • Anda harus tahu bahwa Anda tidak boleh bergantung pada konten yang sudah diterbitkan di web. Plagiarisme verbal adalah jenis plagiarisme yang paling berbahaya.
  • Anda akan menemukan ratusan alat dan layanan di seluruh web yang akan memberi Anda opsi untuk teks pemintalan (word spinning) yang sudah diterbitkan di web. Anda harus tahu bahwa alat-alat ini dapat dengan mudah mengurutkan kembali semua konten dan mengubahnya menjadi yang baru, tetapi hal terbesar dari situs-situs dan alat-alat tersebut yaitu mereka membuat konten robot dan buatan yang tentunya mudah ditolak oleh mesin pencari!
  • Anda tidak boleh membuat halaman tipis (dalam artian hanya beberapa kata) yang menambahkan sangat sedikit nilai kepada pengguna di halaman Anda!
  • Kurangi ekspektasi crawling atau perayapan untuk Googlebot! Anda harus tahu bahwa semakin sedikit bot yang diharapkan dari situs Anda dan semakin mudah bagi Anda untuk mengelola dan bertahan di daftar pencarian!
  • Gunakan kutipan. Sekarang, ini sangat penting jika Anda ingin menyingkirkan masalah yang terkait dengan duplikasi konten. Jika Anda mengambil ide atau bahkan referensi dari artikel yang diterbitkan, maka wajar jika Anda memberikan kredit yang layak kepada penulis asli. Menurut para ahli web, ini adalah yang paling bisa Anda lakukan untuk menghilangkan duplikasi.
  • Anda juga dapat menggunakan konsol Google Search untuk menyelesaikan semua masalah terkait dengan konten duplikat.

Cara Memperbaiki Konten Duplikat dengan Pendekatan SEO Kreatif

Baiklah, lalu bagaimana cara memperbaiki duplikasi konten dengan pendekatan SEO kreatif?

Tidak diragukan lagi bahwa, banyak hal yang berubah tentang SEO, bidang ini jauh lebih terintegrasi dengan aspek-aspek lain dari pemasaran online daripada sebelumnya.

Kami pribadi menolak gagasan bahwa SEO modern yang efektif tidak memerlukan keahlian teknis, menguraikan daftar fantastis elemen teknis yang perlu diketahui oleh SEO sekarang ini agar benar-benar efektif.

Perlu kalian ketahui bahwa Google tidak memiliki hukuman konten yang telah diduplikasi.

Google menghargai konten unik dan sinyal yang terkait dengan nilai tambah.

Mereka memfilter konten duplikat di SERPS (Search Engine Result Page).

Maka dari itu jangan berharap mendapat peringkat tinggi di Google dengan konten yang ditemukan di situs lain yang lebih tepercaya.

Berikut ini adalah beberapa pendekatan SEO kreatif yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi konten yang diduplikasi:

  1. Jangan menambahkan konten ke halaman Anda, dari apa yang telah ditemukan di halaman lain yang ada dalam web.
  2. Jangan melakukan spinning atau mengacak teks pada halaman di situs Anda.
  3. Terapkan elemen tautan rel= "canonical" di semua halaman di situs Anda untuk meminimalkan duplikatnya.
  4. Terapkan 301 redirect permanen jika perlu.
  5. Gunakan alat penanganan parameter URL di Google Search Console jika perlu.
  6. Jangan blokir Google dari konten duplikat Anda, cukup kelola dengan lebih baik.
  7. Situs dengan URL seluler terpisah hanya boleh dipindah ke desain responsif.
  8. Minimalkan konten serupa di halaman Anda
  9. Google tidak menggunakan link rel-next dan prev sama sekali. Anda dapat menggunakannya jika Anda mau, tetapi jangan hanya mengandalkan itu saja.
  10. Blokir Google dari merayapi halaman yang tidak kaya akan konten dari hasil pencarian internal.
  11. Periksa konten di situs Anda yang menduplikasi konten di bagian laman yang lain.
  12. Cara mudah untuk menemukan konten duplikat adalah menggunakan pencarian Google menggunakan “kutipan”
Baca Juga :  Memahami Pengertian Market Share: Jenis, Dampak, Contoh, Cara Mengukur, Mengetahui dan Meningkatkannya !

Kesimpulan

Bagaimana sekarang cukup jelas bukan? Baiklah berdasarkan penjelasan dan pembahasan Konten Duplikat, Apa itu Plagiarisme Jenis, Tools dan Alat Pemeriksa Online Tips serta Bagaimana Cara Memperbaikinya dengan Pendekatan SEO Kreatif di atas, konten duplikat merupakan konten yang mirip atau persis menyalin konten di situs web lain atau pada halaman berbeda di situs web yang sama. Memiliki konten yang ada duplikasinya dalam jumlah besar di situs web dapat berdampak negatif pada peringkat Google.

Konten duplikat mengacu pada blok konten yang benar-benar identik satu sama lain (duplikat persis) atau sangat mirip, juga dikenal sebagai duplikat umum atau hampir-duplikat. Konten hampir duplikat mengacu pada dua bagian konten yang hanya memiliki sedikit perbedaan. Anda dapat menggunakan alat pengecek plagiarisme Duplichecker untuk mengatasi masalahnya.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas tentang Konten Duplikat, Apa itu Plagiarisme Jenis, Tools dan Alat Pemeriksa Online Tips serta Bagaimana Cara Memperbaikinya dengan Pendekatan SEO Kreatif. Semoga apa yang telah Kami sampaikan disini dapat bermanfaat serta menambah wawasan kalian semua dalam bidang SEO atau Search Engine Optimization.

Jangan lupa like, share dan subscribe blog dan YouTube Kami untuk informasi teknologi dan informasi yang mengedukasi lainnya. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar