Contoh Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan/Pembelajaran dan Pengembangan, Dampak, serta Pentingnya Teknologi Kecerdasan Buatan!

Gambar Dari Apa Saja Jenis Macam Contoh Artificial Intelligence AI Dalam Bidang Pendidikan Pembelajaran Dan Pengembangan Development Dampak Serta Pentingnya
Gambar Dari Apa Saja Jenis Macam Contoh Artificial Intelligence AI Dalam Bidang Pendidikan Pembelajaran Dan Pengembangan Development Dampak Serta Pentingnya

Apa Saja Jenis Macam Contoh Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan/Pembelajaran dan Pengembangan (Development), Dampak, serta Pentingnya?

Betul, hari ke hari, perlu kalian ketahui bahwa kini mayoritas perusahaan besar dan kecil (seperti perusahaan rintisan atau startup) sudah mulai berinvestasi di sektor kecerdasan buatan dalam pembelajaran dan pengembangannya.

Peningkatan efisiensi dalam programnya terbukti membantu meningkatkan keterlibatan, mengurangi biaya, dan meningkatkan hasil keluarannya.

Dengan investasi yang tepat dalam teknologi AI, seluruh proses untuk pendidikan, pembelajaran, dan pengembangan dapat sangat ditingkatkan seefektif mungkin.

Memang, Artificial Intelligence (AI) adalah subjek yang banyak dibahas di kalangan bisnis di semua tingkatan.

Mayoritas pakar dan analis bisnis mengklaim bahwa kecerdasan buatan adalah masa depan kita.

Namun, perlu Kami tekankan bahwa AI itu adalah masa kini, khususnya semenjak bergesernya dunia industri menjadi industri 4.0!

Contohnya seperti adanya Siri, Alexa, dan Asisten Google dalam meningkatkan pengalaman pengguna mereka, walaupun, tentu saja mereka dalam tahap dasar pengembangannya.

Baik, terkait hal tersebutlah, dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lebih lanjut terkait apa saja jenis macam contoh AI dalam pendidikan/pembelajaran dan pengembangan.

Langsung saja, mari kita simak ulasannya berikut ini!

Artificial Intelligence (AI) dan Pendidikan

Sebelum kita mulai membahas apa saja jenis macam contoh AI dalam pendidikan/pembelajaran dan pengembangan, mari kita singgung terlebih dahulu terkait dunia AI dan pendidikan.

Yup! Sistem dan struktur pendidikan pastinya harus menantang, kompetitif, dan memenuhi standar nasional hingga internasional.

Kecerdasan buatan dapat mengubah pengetahuan menjadi sistem komprehensif yang menggunakan alat dan simulasi Augmented Reality (AR).

Salah satu manfaat menggunakan kecerdasan buatan adalah otomatisasi pekerjaan administrasi.

Seperti yang sudah Kami terangkan dalam pembahasan peran teknologi pendidikan dalam menghadapi tantangan di industri 4.0, para tenaga pengajar, dosen, ataupun guru, kini dapat fokus pada keterlibatan yang lebih besar dengan siswa sementara proses dokumen diotomatisasi.

Dari penerimaan sekolah hingga penilaian ujian, teknologi sangat membantu di sini dengan menghemat waktu dan energi.

Manfaat lain dari otomatisasi adalah aksesibilitas yang lebih besar terhadap pendidikan berkualitas dalam hal konten cerdas (smart content).

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Smart Technology: Apa itu Teknologi Pintar? Tujuan, Manfaat, Contoh dan Perkembangannya!

Guru dapat membuat bahan belajar mereka sendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa di berbagai daerah.

Format baru termasuk kuliah online dan konferensi video.

Yup! Selain beberapa hal di atas, kecerdasan buatan pastinya juga dapat membantu siswa untuk mengidentifikasi dan merampingkan pilihan karir mereka.

Contoh-Contoh Artificial Intelligence (AI) di dalam Bidang Pendidikan atau Pembelajaran dan Development atau Pengembangan

Gambar Contoh Contoh Terkait Implementasi Atau Penerapan Kecerdasan Buatan Artificial Intelligence AI Dalam Dunia Pendidikan Pembelajaran Atau Bidang Pengembangan Development
Gambar Contoh Contoh Terkait Implementasi Atau Penerapan Kecerdasan Buatan Artificial Intelligence AI Dalam Dunia Pendidikan Pembelajaran Atau Bidang Pengembangan Development

Benar, tidak dapat dipungkiri lagi, kecerdasan buatan sudah ada di mana-mana di masa sekarang, khususnya seperti yang bisa kita lihat di tahun 2022 sekarang.

Kini, pastinya bukan hal yang sulit untuk menemukan solusi dan alat yang didukung teknologi kecerdasan buatan atau AI-powered tools di hampir setiap industri.

Dengan begitu, AI memainkan peran penting dalam cara perusahaan beroperasi.

Berikut ini adalah apa saja jenis dan macam-macam contoh Artificial Intelligence (AI) di dalam bidang pendidikan atau pembelajaran dan development atau pengembangan yang harus kita ketahui:

  • Adaptive Learning (Pembelajaran Adaptif); Di sini, AI digunakan untuk mengajarkan keterampilan dasar dan lanjutan kepada mahasiswa, siswa, atau murid dengan menilai tingkat keterampilan mereka saat ini dan menciptakan pengalaman instruksional terpandu yang membantu mereka menjadi lebih handal.
  • Assistive Technology atau Teknologi Bantu; AI dapat membantu mahasiswa, siswa, atau murid berkebutuhan khusus mengakses pendidikan yang lebih setara, sebagai contoh misalnya dengan membacakan bacaan untuk siswa tunanetra (sebagai contoh misalnya dengan menggunakan teknologi Deep Learning dan Machine Learning pada Image Captioning).
  • Early Childhood Education atau Pendidikan Anak Usia Dini; Di sektor ini, AI digunakan untuk mendukung permainan interaktif yang mengajarkan keterampilan akademik dasar dan banyak lagi kepada anak-anak.
  • Data and Learning Analytics atau Analisis Data dan Pembelajaran; AI saat ini digunakan oleh guru dan administrator pendidikan untuk menganalisis dan menafsirkan data, memungkinkan mereka membuat keputusan yang lebih tepat.
  • Scheduling atau Penjadwalan; Membantu administrator untuk menjadwalkan kursus dan individu untuk mengelola jadwal harian, mingguan, bulanan, atau tahunan mereka.
  • Facilities Management atau Manajemen Fasilitas; Kecerdasan buatan memang terbilang efektif dalam memantau status layanan listrik, Wi-Fi, dan air, mereka dapat memperingatkan pekerja manajemen fasilitas ketika masalah muncul.
  • Overall School Management atau Manajemen Sekolah Secara Keseluruhan; AI saat ini digunakan untuk mengelola seluruh sekolah, mendukung sistem pencatatan siswa, transportasi, TI, pemeliharaan, penjadwalan, penganggaran, dan lain sebagainya.
  • Writing and Proofreading atau Menulis dan Pengoreksian; AI sudah sangat bekerja membantu siswa meningkatkan keterampilan menulis mereka. Kami pribadi, harus Kami akun juga sering menggunakan aplikasi tata bahasa dan penggunaan untuk membantu dalam menulis artikel.
Baca Juga :  Privilege: Pengertian, Jenis, Macam Contoh, dan Perbedaannya dalam Bidang Ilmu Komputer dan Sosial!

Selain di atas, beberapa penggunaan AI saat ini dalam pendidikan atau pembelajaran meliputi hal-hal berikut di bawah ini:

  • Manajemen kelas/perilaku
  • Rencana pembelajaran
  • Kelas audio-visual
  • Pembelajaran bahasa
  • Persiapan ujian
  • Penilaian
  • Sistem manajemen pembelajaran
  • Gamifikasi untuk engagement (keterlibatan) siswa yang ditingkatkan
  • Penjadwalan pegawai, karyawan, staf, dan manajemen pengganti
  • Pengembangan profesional
  • Angkutan
  • Pemeliharaan
  • Keuangan
  • Keamanan siber (cyber)
  • Keselamatan dan keamanan kerja
  • Pelatihan tutorial (baca apa pengertian dari kata tutorial di sini) oleh tutor
  • Dan lainnya

Sedangkan untuk contoh bagaimana kecerdasan buatan saat ini digunakan di pendidikan tinggi meliputi:

  • Deteksi plagiarisme
  • Integritas ijian
  • Chatbot atau robot chat untuk pendaftaran dan retensi
  • Sistem manajemen pembelajaran
  • Transkripsi kuliah fakultas
  • Papan diskusi online yang disempurnakan
  • Menganalisis metrik keberhasilan siswa
  • Riset akademik
  • Kampus yang saling terhubung

Kenapa Artificial Intelligence (AI) Penting untuk Bidang Pendidikan atau Pembelajaran dan Pengembangan (Development)?

Ilustrasi Gambar Kenapa Artificial Intelligence AI Itu Penting Untuk Bidang Pendidikan Atau Pembelajaran Dan Pengembangan Development
Ilustrasi Gambar Kenapa Artificial Intelligence AI Itu Penting Untuk Bidang Pendidikan Atau Pembelajaran Dan Pengembangan Development

Baik, jadi mengapa kecerdasan buatan itu penting untuk pendidikan/pembelajaran dan pengembangan atau development?

Yup, para ahli di bidang pendidikan/pembelajaran dan development atau pengembangan pada dasarnya dituntut agar harus mengikuti teknologi yang berkembang pesat dan menggunakannya untuk meningkatkan proses pembelajaran.

Dalam hal ini, yaitu Artificial Intelligence (AI), para pakar tentunya harus mengeksplorasi dan menerapkan peningkatan AI untuk mengembangkan strategi dan teknik pelatihan baru.

Menurut sumber dari perusahaan riset dan penasihat terkemuka yang bernama Gartner, mereka memperkirakan bahwa pada akhir tahun 2020 sekitar 80% layanan pelanggan akan dilakukan oleh mesin (bot), bukan manusia.

Studi dan laporan lainnya juga mengklaim bahwa sekitar 15% dari materi pelatihan akan diproduksi oleh AI.

Berdasarkan hal itu, dengan demikian, AI akan memiliki pengaruh besar pada sektor pendidikan/pembelajaran atau pengembangan (development).

Spesialis bidang tersebut perlu melacak sejumlah besar informasi menggunakan perangkat lunak AI dan pembelajaran mesin (Machine Learning atau ML).

Informasi ini akan memberi para ahli dan pakar wawasan yang akan membantu mereka mengembangkan program baru untuk pembelajaran yang efektif.

Kesimpulan

Oke, di atas adalah pembahasan terkait Apa Saja Jenis Macam Contoh Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan/Pembelajaran dan Pengembangan (Development), Dampak, serta Pentingnya.

Sekali lagi, perlu Kami tekankan bahwa kecerdasan buatan atau yang dikenal dengan istilah AI adalah cabang ilmu komputer yang menyatukan berbagai disiplin ilmu, dengan tujuan menciptakan mesin pintar, di mana perangkat dan sistemnnya mampu melakukan tugas kompleks yang seringkali membutuhkan kecerdasan manusia, tetapi dengan cara yang setara atau melebihi kemampuan manusia.

Baca Juga :  Pengertian IT Adalah: Perspektif, Infrastruktur dan Ruang Lingkupnya

Beberapa kegunaannya termasuk seperti asisten virtual atau chatbots dan ini diimplementasikan juga di bidang pertanian, kendaraan otonom, pesawat terbang, perdagangan online (e-commerce), keamanan dan pengawasan, manufaktur dan produksi, analisis pencitraan kesehatan dan medis.

Selain beberapa contoh di atas yang sudah Kami terangkan, optimisme lainnya yang cukup besar seputar gagasannya yaitu adalah bahwa, karena kecerdasan buatan menjadi bagian yang lebih integral dari kelas, guru akan lebih siap untuk menawarkan pengalaman belajar individual bagi setiap siswa.

Menurut sebuah paper atau makalah ilmiah, kecerdasan buatan memiliki potensi untuk “meningkatkan kemampuan tenaga pengajar manusia untuk menyesuaikan pelajaran bagi setiap murid tanpa membuat jadwal kelas mereka keluar jalur” hingga pada akhirnya, AI dapat “membantu guru memahami siswa mereka dengan lebih akurat, lebih efektif”.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan dalam tulisan pada artikel kali ini, dimana Kami membahas mengenai Apa Saja Jenis Macam Contoh Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan/Pembelajaran dan Pengembangan (Development), Dampak, serta Pentingnya.

Semoga apa yang Kami coba jelaskan disini dapat bermanfaat serta bisa menambah wawasan kalian semua dalam memahami bidang teknologi dan transformasi digital dalam pendidikan, khususnya di institusi, lembaga, sekolah, dan universitas-universitas yang ada di Indonesia.

Silahkan share atau bagikan artikel dan tulisan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan bisnis Anda semua jika kalian rasa ini bermanfaat. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar