Memahami Pengertian Cinta: Menurut Ahli dan Macam-Macam Maknanya!

0
Gambar Pengertian Cinta Apa Itu Cinta Menurut Para Ahli Dan Macam Macam Maknanya
Gambar Pengertian Cinta Apa Itu Cinta Menurut Para Ahli Dan Macam Macam Maknanya

Apa Pengertan Cinta, Menurut Para Ahli dan Macam-Macam Maknanya? Secara umum, cinta mewakili sebuah perasaan yang diberikan oleh Tuhan pada sepasang manusia untuk saling saling mencintai, saling memiliki, saling memenuhi, saling pengertian. Cinta itu sendiri sama sekali tidak dapat dipaksakan, cinta hanya dapat berjalan apabila kedua belah pihak ikhlas, cinta tidak dapat berjalan apabila mereka mementingkan diri sendiri.

Dalam hubungan, pasangan kita pasti menginginkan suatu perhatian lebih dan itu hanya bisa di dapat dari pengertian pasangannya. Maka dari itu adalah hal yang penting bagi kita untuk mengetahui arti cinta. Dalam postingan kali ini, Kami akan membahas tentang apa itu yang disebut dengan cinta secara detail dan lengkap. Langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Cinta

Cinta adalah serangkaian emosi, perilaku, dan keyakinan yang kompleks yang terkait dengan perasaan kasih sayang, perlindungan, kehangatan dan rasa hormat yang kuat terhadap orang lain berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Goodtherapy.

Cinta juga dapat digunakan untuk diterapkan pada hewan non-manusia, pada prinsip, dan pada kepercayaan religius. Sebagai contoh, seseorang mungkin mengatakan dia mencintai kucingnya, mencintai kebebasan, atau mencintai Tuhan (cinta dalam Agama).

Cinta Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Berdasarkan KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi kata cinta adalah sebagai berikut:

cin.ta

  1. cinta = suka sekali; sayang benar pada orang tuaku; kepada kami semua; kepada sesama makhluk
  2. cinta = kasih sekali; terpikat (antara laki-laki dan perempuan): sebenarnya dia tidak (cinta) kepada lelaki itu, tetapi hanya menginginkan hartanya
  3. cinta = ingin sekali; berharap sekali; rindu: makin ditindas makin terasa betapa (cinta) nya akan kemerdekaan
  4. a kl cinta = susah hati (khawatir); risau: tiada terperikan lagi (cinta)nya ditinggalkan ayahnya itu

Pengertian Cinta Menurut Para Ahli

Ilustrasi Gambar Cinta Dalam Membahas Mengenai Arti Dan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Cinta Dalam Membahas Mengenai Arti Dan Pengertiannya

Agar kita semua lebih memahami tentang apa itu cinta, maka kita dapat merujuk kepada pendapat para ahli terkait definisi dan pengertian mereka tentang cinta.

Baca Juga :  Inilah Pengertian Milenial: Apa itu Millenials? Siapa, Jenis, Ciri dan Apa Saja Generasinya!

Berikut ini adalah beberapa pengertian cinta menurut para ahli yang dapat kita rujuk.

a. Jalaluddin Rumi

Menurut Jalaluddin Rumi, makna dari cinta adalah sumber dari segala sesuatu dan juga esensi dari semua bentuk kehidupan yang ada di dunia ini, karena dunia dan sebuah kehidupan muncul karena kekuatan yang disebut cinta.

b. Scott Peck

Menurut Scott Peck tentang makna cinta, adalah keinginan pada manusia untuk mengembangkan diri dengan maksud mempertahankan pertumbuhan spiritual sendiri atau perkembangan spiritual orang lain.

c. Quraish Shihab

Menurut Quraish Shihab, definisi dan pengertian cinta adalah kecenderungan hati manusia untuk sesuatu karena suatu kesenangan atau manfaat yang dapat diperoleh terhadap orang yang dicintai.

d. Abdullah Nashih ‘Ulwan

Menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan, Makna Cinta adalah perasaan jiwa dan gejolak hati manusia yang mendorong seseorang untuk mencintai kekasihnya dengan kelembutan, gairah, dan kasih sayang.

e. Musfir bin Said az-Zahrani

Menurut Musfir bin Said Az-Zahrani, menurutnya definisi Cinta adalah emosi yang paling penting dalam kehidupan manusia dan merupakan faktor yang paling penting dalam menyatukan perasaan dari manusia dan kemudian pembentukan kasih sayang di antara sesama manusia.

f. Erich Fromm

Menurut Erich Fromm, terkait makna cinta dan pengertiannya adalah perasaan simpati kepada manusia yang melibatkan emosi yang mendalam. Menurutnya, ada lima syarat dalam upaya mewujudkan cinta, yaitu;

  • Perkenalan/pengenalan
  • Perasaan
  • Rasa Bertanggung jawab
  • Rasa Perhatian
  • Rasa Saling menghormati

Macam-Macam Makna Cinta

Gambar Macam Macam Makna Cinta Dalam Membahas Pengertiannya
Gambar Macam Macam Makna Cinta Dalam Membahas Pengertiannya

Cinta memberikan kasih sayang bukannya rantai (yang mengikat). Cinta, ia juga tidak bisa dipaksakan dan datangnya pun kadang secara tidak di sengaja. Cinta itu memang indah namun kepedihan yang ditinggalkannya kadang berlangsung lebih lama dari cinta itu sendiri.

Baca Juga :  10 Contoh Artificial Intelligence (Produk) yang Anda Gunakan Sehari-Hari

Batas yang ada pada cinta dan benci juga amat tipis tapi dengan cinta dunia yang kita jalani serasa lebih indah harum dan bermakna.

Adapun beberapa macam-macam makna cinta secara lengkap yang perlu kalian ketahui adalah sebagai berikut.

1. Cinta Adalah Perasaan Seseorang terhadap Lawan Jenisnya

Karena dalam ketertarikan terhadap sesuatu yang dimiliki oleh lawan jenisnya (misalnya sifat, wajah dan lain lain). Namun juga diperlukan pengertian dan saling memahami untuk dapat melanjutkan hubungan, haruslah saling menutupi kekurangan dan mau menerima pasangannya apa adanya, tanpa pemaksaan oleh salah satu pihak. Berbagi suka maupun duka bersama.

2. Cinta Itu Murni, Putih, Tulus dan Suci

Cinta adalah sesuatu timbul tanpa adanya paksaan atau adanya sesuatu yang dibuat buat menurut saya pribadi cinta itu dapat membuat orang itu dapat termotivasi untuk melakukan perubahan yang lebih baik/mulia daripada sebelum ia mengenal cinta itu.

Cinta itu merupakan sesuatu yang suci dan janganlah kita menodai cinta yang suci itu dengan keegoisan, kemunafikan kita yang hanya menginginkan enaknya buat diri sendiri. 

3. Cinta Adalah Perasaan Hangat

Cinta adalah sesuatu yang mampu membuat kita menyadari betapa berharganya kita, dan adanya seseorang yang begitu berharga untuk kita lindungi. Cinta itu tidaklah sebatas kata-kata saja, karena cinta jauh lebih berharga daripada harta yang melimpah, termahal di dunia pun.

Saat seseorang memegang tanganmu dan bilang Aku cinta kamu, pasti menjadi perasaan hangat yang istimewa, karena itu, saat kamu sudah menemukan seseorang yang begitu berharga buat kamu, jangan pernah lepaskan dia! Namun juga adakalanya cinta begitu menyakitkan, maka berhati hatilah jangan pernah coba-coba untuk bermain cinta.

4. Cinta Adalah Sesuatu yang Tidak ada tahu kapan datangnya

Cinta merupakan sebuah perasaan yang tidak ada seorangpun bisa mengetahui kapan datangnya, bahkan sang pemilik perasaan sekalipun. Jika kita sudah mengenal apa itu cinta, kita akan menjadi orang yang paling berbahagia di dunia ini.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Definisi: Menurut Ahli, Tujuan, Ciri, Macam, Jenis dan Syaratnya!

Akan tetapi, bila apa itu yang disebut cinta pada kita tak terbalas, kita akan merasa bahwa kita adalah orang paling malang dan kita akan kehilangan gairah hidup. Dengan cinta ini kita bisa belajar untuk menghargai sesama, serta berusaha untuk melindungi orang yang kita cintai.

5. Cinta Adalah Anugerah

Cinta juga merupakan anugerah yang tak ternilai harganya dan itu di berikan kepada makhluk yang paling sempurna, manusia. Cinta, ia tidak dapat diucapkan dengan kata-kata, tidak dapat dideskripsikan dengan bahasa apapun.

Cinta, ia hanya bisa dibaca dengan bahasa cinta dan juga dengan perasaan. Cinta adalah perasaan yang didalam sanubari lubuk hati yang tedalam yang bisa membawa kita melayang kedunia yang penuh dengan mimpi indah.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan Pengertan Cinta, Menurut Para Ahli dan Macam-Macam Maknanya di atas, dapat kita simpulkan bahwa Cinta adalah sesuatu yang dikembangkan antara dua orang dan tumbuh seiring berjalannya waktu, dengan mengenalnya dan mengalami banyak pasang surut kehidupan bersama. Hal ini melibatkan komitmen, waktu, rasa saling percaya, dan penerimaan.

Penutup

Itulah sedikit ulasan mengenai Pengertan Cinta, Menurut Para Ahli dan Macam-Macam Maknanya beserta pembahasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua.

Silahkan bagikan tulisan atau artikel ini, jika kalian rasa bermanfaat untuk kalian. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar