Memahami Pengertian Dashboard: Apa itu Dasbor? Tujuan dan Fungsi, Manfaat, Jenis, Macam, Contoh serta Kenapa itu Penting!

0
Gambar Dari Pengertian Dashboard Apa Itu Dashbor Tujuan Dan Fungsi Manfaat Jenis Macam Contoh Serta Kenapa Itu Penting
Gambar Dari Pengertian Dashboard Apa Itu Dashbor Tujuan Dan Fungsi Manfaat Jenis Macam Contoh Serta Kenapa Itu Penting

Tahukah Anda, Pengertian Dashboard, Apa itu Dasbor? Tujuan dan Fungsi, Manfaat, Jenis, Macam, Contoh serta Kenapa itu Penting!

Sebelumnya, izinkan Kami bertanya terlebih dahulu, seberapa nyaman Anda mengemudikan mobil tanpa dapat melihat seberapa cepat Anda melaju, atau seberapa banyak bahan bakar yang Anda miliki?

Atau menerbangkan pesawat tanpa instrumen yang akan mengingatkan Anda jika ada sesuatu yang salah?

Well, saat mengelola project dengan ukuran berapa pun, salah satu fitur terpenting dari perangkat lunak manajemen proyek Anda adalah dashboard.

Seperti halnya mobil dan pesawat yang memiliki dasbor untuk memantau cara kerja internal mereka, proyek juga harus memiliki dasbor untuk mengukur metrik utama.

Ada banyak jenis dasbor, beberapa memerlukan pengaturan, dan lainnya yang bekerja secara otomatis di belakang layar.

Tapi mereka semua memiliki satu kesamaan, yaitu adalah alat manajemen proyek yang penting untuk manajer mana pun.

Terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih lengkap dan detail tentang apa itu pengertian dashboard (dasbor).

Oke langsung saja, berikut adalah ulasannya!

Pengertian Dashboard

Berarti dasbor (dalam bahasa Indonesia), dashboard adalah alat yang digunakan untuk manajemen informasi dan intelijen bisnis.

Sama seperti dasbor mobil, dasbor data mengatur, menyimpan, dan menampilkan informasi penting dari berbagai sumber data menjadi satu tempat yang mudah diakses.

Dengan menggunakan visualisasi atau data visualization, dasbor mengomunikasikan metrik secara visual untuk membantu pengguna memahami hubungan yang kompleks dalam datanya.

Apa itu Dasbor?

Ilusrtasi Gambar Apa Itu Dasbor Tujuan Dan Fungsi Serta Manfaat Dari Menggunakannya
Ilusrtasi Gambar Apa Itu Dasbor Tujuan Dan Fungsi Serta Manfaat Dari Menggunakannya

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan dasbor ini?

Ya! Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, istilah ini lebih dikenal dengan istilah dashboard secara global.

Benar! Dashboard atau dasbor adalah tampilan visual dari semua data (baca pengertian data disini) Anda.

Meskipun dapat digunakan dengan berbagai cara, tujuan utamanya adalah untuk memberikan informasi sekilas, seperti misalnya tampilan Key Performance Indicator (KPI).

Dasbor biasanya berada di halamannya sendiri dan menerima informasi dari database yang ditautkan.

Dalam banyak kasus, ini dapat dikonfigurasi, dimana hal itu memungkinkan Anda untuk memilih data mana yang ingin Anda lihat dan apakah Anda ingin menyertakan bagan atau grafik untuk memvisualisasikan angka-angkanya.

Di dasbor atau data dashboard, akan lebih mudah untuk menarik kesejajaran antara metrik yang berbeda namun terkait, mengidentifikasi trend (tren), dan menghindari potensi tantangan yang tersembunyi dalam data organisasi.

Dengan berkembangnya teknologi, terutama di tahun 2020 sekarang ini, dengan bantuan smartphone, tablet, dan teknologi seluler lainnya, dasbor juga digunakan untuk menyampaikan informasi yang relevan kepada khalayak kapan saja dan di mana saja.

Dasbor terbaik merupakan yang sudah disesuaikan, diamankan, dan dibagikan dengan pengguna akhir atau end user yang dituju.

Tujuan dan Fungsi Dashboard atau Dasbor

Agar lebih memahami tentang apa arti dari kata dashboard, pastinya kita juga harus mengetahui apa sebenarnya tujuan dan fungsi dasbor bukan?

Terkait tujuan utamanya sendiri, perlu kalian ketahui bahwa ada beberapa sasaran yang dapat Anda targetkan dengan menggunakan dashboard (dasbor), yaitu:

  • Komunikasi berbasis fakta; Bisnis, organisasi atau perorangan menggunakan dasbor untuk mendapatkan atau memberikan visi yang jelas tentang apa yang saat ini terjadi di organisasi atau departemen kita. Dengan menempatkan beberapa indikator sederhana, Anda ingin mengikuti bagaimana bisnis Anda berjalan, berkembang dan akhirnya siapa yang berkontribusi pada kinerja keseluruhan ini. Sebagai contoh misalnya, Anda ingin mengikuti evolusi pendapatan Anda. Tujuan Anda kemudian di sini untuk mengkomunikasikan angka-angka tersebut dan kinerja terkait kepada manajemen Anda, diri Anda sendiri (pemantauan aktivitas) atau kepada staf Anda.
  • Pengambilan keputusan berbasis bukti; Kita juga menggunakan dasbor untuk memahami apa yang saat ini terjadi di organisasi atau departemen kita. Dengan membantu Anda mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang Anda miliki tentang aktivitas Anda, dasbor akan membantu Anda mengambil keputusan yang lebih tepat, berdasarkan fakta dan bukti.
Baca Juga :  Inilah Pengertian Digital Signature: Apa itu Tanda Tangan Digital? Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Contoh dan Bagaimana Cara Membuatnya?!

Selanjutnya, untuk fungsi utama dashboard (dasbor) yaitu adalah sebagai solusi software (perangkat lunak) yang mengatur dan menyajikan sekumpulan informasi tertentu sedemikian rupa sehingga informasi menjadi mudah diakses, dibaca, dianalisis, dan dipahami.

Manfaat Menggunakan Dashboard

Setelah kita mengetahui arti dari pengertian dashboard dan apa itu dasbor serta tujuan dan fungsinya di atas, adalah juga merupakan hal yang penting bagi Kami disini untuk menjelaskan terkait manfaat dan keuntungan dalam menggunakannya.

Benar! Perlu Kami tekankan sekali lagi bahwa dasbor, ini merupakan bagian integral dari menjalankan project (proyek) dan digunakan oleh berbagai departemen dalam organisasi.

Manfaatnya terbilang sangat banyak dan beragam, sebagai contoh misalnya seperti berbagai jenis dasbor dan widget yang dapat ditampilkan.

Oke baiklah, berikut ini adalah beberapa alasan utama yang harus kalian ketahui mengapa dashboard (dasbor) adalah alat manajemen proyek yang sangat berguna.

1. Visibilitas

Manfaat menggunakan dashboard yang pertama yaitu visibilitas.

Benar! Mampu melihat bagaimana kinerja proyek Anda, terutama dalam waktu nyata, merupakan manfaat nomor 1 (satu) dari dashboard (dasbor).

Anda tidak akan pernah memiliki cukup data untuk mendorong pengambilan keputusan yang baik, dan dasbor melakukan mining (penambangan), menghitung dan menampilkan informasi tersebut.

Adanya dasbor akan memberi tahu Anda jika Anda berada di jalur yang benar dan, jika tidak, di mana masalahnya.

Kemudian Anda bisa menyelesaikannya sebelum menjadi problem (masalah).

2. Hemat Waktu dan Biaya

Manfaat selanjutnya yaitu hemat waktu dan biaya.

Dasbor dirancang untuk memantau kinerja proyek secara efisien.

Tanpa dashboard, Anda harus membuat laporan, yang memakan waktu dan menarik Anda dari pengelolaan proyek yang sebenarnya.

Jika Anda mendapati bahwa diri Anda berulang kali kembali membuat laporan tentang suatu aspek proyek, maka widget yang terdapat di dasbor Anda sangat bagus untuk menghilangkan kesibukan kerja dari meja Anda.

Setelah widget dibuat, Anda dapat memeriksanya kapan pun Anda mau, tanpa perlu file atau dokumen.

3. Data yang Terpusat

Kemudian yaitu adalah data yang terpusat.

Benar, efisiensi lain dalam menggunakan dasbor adalah semua data proyek yang perlu Anda pantau agar tetap pada jalurnya dikumpulkan dan ditampilkan di satu tempat dalam artian terpusat.

Anda tidak perlu berpindah dari satu platform (baca pengertian platform disini) ke platform yang lainnya, menggunakan banyak tools (alat) atau tersimpangkan dengan membuat laporan unik.

Ya! Semuanya ada di satu tempat, tempat Anda bisa mendapatkan data yang Anda butuhkan untuk mengelola laporan Anda dengan cepat.

4. Pengambilan Keputusan Berdasarkan Data

Manfaat lainnya yaitu seperti pengambilan keputusan berdasarkan data.

Dasbor atau dashboard tidak akan memberi Anda pendapat atau mengaburkan temuan mereka karena prasangka yang ada.

Dengan adanya dasbor, Anda mendapatkan pandangan proyek yang jelas dan tidak bias, yang merupakan satu-satunya cara untuk membuat pilihan yang tepat yang akan membantu kinerja Anda.

Dasbor akan memberikan hasil yang lebih baik, karena Anda mengukur proyek secara akurat dan dapat menjadwalkannya sesuai rencana.

Betul! Hal ini berarti produktivitas yang lebih besar dan berkurang stres.

5. Akuntabilitas

Yang terakhir yang akan Kami jelaskan dan terangkan disini yaitu adalah akuntabilitas.

Dasbor bukan hanya tools (alat) pasif yang hanya menunjukkan apa yang terjadi.

Ini juga merupakan sarana untuk menyoroti apa saja bagian yang tidak berhasil.

Meskipun mendapatkan data yang menyatakan bahwa Anda berada di jalur yang benar itu bagus, penting juga untuk melihat di mana letak masalahnya.

Baca Juga :  Memahami Pengertian HTML Attribute: Apa itu Atribut HTML? Tujuan dan Jenis, Karakteristik serta Bagaimana Tips Cara Menggunakannya yang Baik!

Dashboard meminta tim bertanggung jawab atas tindakan mereka yang baik maupun yang buruk dan itu akan memberi mereka info yang mereka butuhkan untuk ditingkatkan.

Jenis-Jenis Dashboard (Dasbor)

Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Dan Macam Serta Contoh Dari Dashboard Dan Kenapa Dasbor Penting
Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Dan Macam Serta Contoh Dari Dashboard Dan Kenapa Dasbor Penting

Selain membahas tentang pengertian dari dashboard (dasbor), dalam postingan ini Kami juga akan menjelaskan apa saja jenis-jenisnya.

Seperti yang sudah Kami singgung sebelumnya di atas, dasbor melayani banyak industri dan departemen dalam organisasi, dan mereka dapat dibuat dan disesuaikan dengan cara yang tidak terbatas tergantung pada kebutuhan mereka yang menggunakannya.

Maka dari itulah, sebagian besar jenis dashboard atau dasbor termasuk dalam 3 (tiga) kategori berikut ini.

a. Operasional

Jenis dashboard yang pertama yaitu dasbor operasional.

Kebanyakan dasbor yang ada adalah tipe ini.

Yup! Mereka memperbarui data secara real time, dan merekam kinerja proyek saat tim berkembang.

b. Analitis

Dasbor analitis memanfaatkan data historis untuk menemukan tren yang akan membantu menginformasikan pengambilan keputusan tentang proyek yang akan datang.

Karenanya, dasbor sebagian besar digunakan oleh analis database, yang memerlukan lebih banyak pelatihan dalam memahami angka-angkanya.

c. Strategis

Seperti namanya, yaitu strategis, dasbor ini membantu menjaga proyek tetap selaras dengan strategi keseluruhan organisasi.

Ini dilakukan dengan melacak Key Performance Indicator (KPI), dan sering dibagikan dengan semua orang di organisasi untuk memotivasi mereka.

Macam-Macam Dashboard serta Contohnya yang Populer

Setelah kita mengetahui apa itu arti dashboard, tujuan dan fungsi serta apa saja jenis dasbor, maka kita juga harus mengetahui apa saja macam dan contohnya yang populer.

Oke, langsung saja, berikut ini adalah beberapa macam-macam konfigurasi dashboard dan contohnya yang populer.

1. Project Dashboard

Jenis dan macam konfigurasi contoh dasbor yang pertama yaitu project dashboard atau dasbor proyek.

Ini terdiri dari widget yang menampilkan Key Performance Indicator (KPI) yang terkait dengan suatu proyek.

Dalam lingkup bisnis, ini seringkali digunakan oleh manajer proyek untuk memastikan mereka memenuhi persyaratan rencana proyek mereka karena itu mencerminkan jadwal, ruang lingkup dan biaya proyek.

2. Report Dashboard

Report Dashboard atau dasbor laporan tidak jauh berbeda dengan dasbor proyek.

Ini sebenarnya hanyalah laporan kemajuan yang disiapkan untuk membaca data langsung dan menampilkannya.

Meskipun laporan dapat dikirim sebagai teks atau dalam bentuk spreadsheet, dasbor laporan selalu ditampilkan sebagai jenis grafik untuk membantu membedakan data dengan cepat dan mudah.

3. KPI Dashboard

KPI dashboard ini dirancang untuk mendapatkan wawasan tentang indikator kinerja utama, yang mengkomunikasikan informasi (baca pengertian informasi disini) paling penting kepada mereka yang membutuhkan data tersebut untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Seperti dasbor apa pun, varian Key Performance Indicatior (KPI) sering digunakan untuk mendapatkan informasi yang diperlukan untuk memenuhi tujuan bisnis.

4. Business Dashboard

Konfigurasi dasbor dan contohnya yang ke-4 (empat) yaitu adalah business dashboard.

Berbicara tentang bisnis, ada dasbor bisnis, yang merupakan tampilan grafik KPI lainnya.

Kalian semua juga pasti akan mulai melihat kesamaan yang ada di antara dasbor ini.

Kembali ke analogi mobil, truk, mobil, sepeda motor seperti yang sudah Kami terangkan sebelumnya, mereka semua memiliki dashboard, walaupun dengan sedikit perbedaan.

Ya! Dasbor bisnis melacak data yang memengaruhi bisnis tertentu.

5. Data Dashboard

Konfigurasi dasbor dan contohnya yang ke-5 yaitu data dashboard.

Perlu kalian ingat bahwa data hanyalah cara lain untuk melacak dan menganalisis KPI secara visual, yang digunakan untuk menjalankan bisnis dengan lebih baik.

Seperti dasbor lainnya, data yang dapat dikumpulkan berada di seluruh spektrum yang dipersempit untuk mengatasi masalah penting yang terkait dengan apa yang Anda kelola.

6. WordPress Dashboard

Yang terakhir yang akan Kami jelaskan dan terangkan disini yaitu WordPress dashboard.

Ya! Dasbor WordPress adalah layar pertama yang akan terlihat ketika Anda masuk ke area administrasi blog Anda yang akan menampilkan gambaran umum situs web.

Baca Juga :  Ini Dia Cara Crimping Rj45 ke Kabel LAN Straight dan Cross yang Benar!

Pada dasarnya, ini merupakan kumpulan yang memberikan informasi dan memberikan gambaran umum tentang apa yang terjadi dengan blog Anda.

Kenapa Memiliki dan Menggunakan Dasbor itu Penting?

Jadi, mengapa mempunyai, memiliki dan menggunakan dashboard (dasbor) itu merupakan hal yang penting?

Dalam manajemen proyek atau yang lebih dikenal project management, dashboard adalah alat yang mengumpulkan data tentang indikator kinerja utama atau Key Performance Indicator (KPI) pada berbagai aspek proyek dan menampilkannya untuk referensi cepat.

KPI ini biasanya mencakup kinerja dan kemajuan (diukur dalam waktu dan biaya), tetapi mungkin juga mencakup beban kerja dan metrik proyek lainnya.

Seringkali, konfigurasi dasbor harus dibuat dari awal dan meskipun sebagian besar penawaran perangkat lunak manajemen proyek sekarang ini, rata-rata sudah menyertakan fitur ini.

Dasbor memungkinkan semua jenis profesional kemampuan untuk memantau kinerja, membuat laporan, dan menetapkan perkiraan dan target untuk pekerjaan di masa mendatang.

Seperti SEO expert atau specialist (baca pengertian SEO specialist disini) adanya dashboard akan menjadi sesuatu yang sangat berguna ketika mereka melakukan kontrol on-page terhadap situs website yang merupakan project mereka.

Keuntungan lain dan pentingnya menggunakan dashboar termasuk seperti:

  • Representasi visual dari kinerja, seperti dengan bagan dan grafik.
  • Kemampuan untuk mengidentifikasi tren.
  • Cara mudah untuk mengukur efisiensi.
  • Cara untuk menghasilkan laporan rinci dengan satu klik.
  • Kapasitas untuk membuat keputusan yang lebih tepat.
  • Visibilitas total semua sistem, campaign (kampanye), dan tindakan.
  • Identifikasi cepat pencilan dan korelasi data.

Kesimpulan

Bagaimana sudah cukup jelas bukan? Oke, jadi berdasarkan penjelasan dan pembahasan Pengertian Dashboard, Apa itu Dasbor? Tujuan dan Fungsi, Manfaat, Jenis, Macam, Contoh serta Kenapa itu Penting di atas, dapat kita simpulkan bahwa dalam dunia teknologi informasi, dasbor atau dashboard adalah antarmuka pengguna yang (dapat dikatakan) agak mirip dengan dasbor mobil, mengatur dan menyajikan informasi dengan cara yang mudah dibaca kepada penggunanya.

Kurang lebih seperti itu, dasbor dalam komputer lebih cenderung menjadi interaktif daripada dasbor mobil (kecuali jika juga berbasis komputer).

Untuk batas tertentu, sebagian besar antarmuka pengguna grafis atau Graphical User Interface (GUI) sekarang juga sudah menyerupai dasbor.

Dasbor dapat menyajikan sekumpulan data terpadu tentang serangkaian topik yang berbeda.

Sebagai contoh misalnya, dasbor data security mungkin menyertakan informasi tentang perangkat di jaringan, ancaman yang dikarantina, dan solusi pencegahan yang diterapkan di seluruh jaringan.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan dalam tulisan pada artikel kali ini, dimana Kami membahas mengenai Pengertian Dashboard, Apa itu Dasbor? Tujuan dan Fungsi, Manfaat, Jenis, Macam, Contoh serta Kenapa itu Penting.

Semoga apa yang Kami coba jelaskan disini dapat bermanfaat serta bisa menambah wawasan kalian semua dalam memahami bidang bisnis dan teknologi.

Jangan lupa berikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini atau hubungi Kami secara langsung pada halaman kontak untuk informasi lebih lanjut.

Silahkan share atau bagikan artikel dan tulisan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan bisnis Anda semua jika kalian rasa ini bermanfaat. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar