Memahami Pengertian End User: Apa itu Pengguna Akhir? Tujuan, Fungsi, Tipe dan Contoh serta Perbedaannya dengan Customer!

0
Gambar Pengertian End User Apa Itu Pengguna Akhir Tujuan Fungsi Tipe Dan Contoh Serta Apa Perbedaannya Dengan Customer Atau Pelanggan
Gambar Pengertian End User Apa Itu Pengguna Akhir Tujuan Fungsi Tipe Dan Contoh Serta Apa Perbedaannya Dengan Customer Atau Pelanggan

Tahukah Anda, Pengertian End User, Apa itu Pengguna Akhir? Tujuan, Fungsi, Tipe dan Contoh serta Perbedaannya dengan Customer (Pelanggan)!

Ya, perlu kalian ketahui, secara umum, end user merupakan orang yang benar-benar menggunakan produk.

Sebagai contoh misalnya, seorang wanita akan membeli parfum untuk dirinya sendiri yang merupakan pengguna akhir.

Para pria membeli pisau cukur dan silet agar bisa bercukur di pagi hari.

Benar, merupakan penting bagi pemasar perusahaan kecil untuk mengidentifikasi dengan benar pengguna akhir produk mereka, sehingga mereka dapat menciptakan produk dan layanan yang mereka butuhkan.

Pengguna akhir juga orang atau bahkan hewan yang mengonsumsi produk.

Misalnya, seorang wanita akan sering membelikan sembako untuk keluarganya yang makan selama seminggu.

Selain itu, pemilik hewan peliharaan akan membeli makanan anjing untuk anjingnya, pengguna akhir.

Akibatnya, pengguna akhir tidak selalu menjadi orang yang membeli produk atau layanan.

Orang membeli hadiah untuk orang lain, pengguna akhir. Seorang ayah dapat membawa putranya untuk memotong rambut.

Organisasi dan perusahaan kecil biasanya perlu membedakan antara pembeli atau pengguna akhir untuk tujuan bisnis.

Terkait ha itu, dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lebih lengkap dan detail mengenai apa itu end user.

Oke baiklah langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian End User

Berarti pengguna akhir (dalam bahasa Indonesia), end user adalah orang yang dirancang untuk menggunakan program perangkat lunak (software) atau perangkat keras (hardware).

Istilah ini didasarkan pada gagasan bahwa “tujuan akhir” dari produk perangkat lunak atau perangkat keras adalah untuk berguna bagi konsumen, dimana hal ini juga sesuai dengan penjelasan dari sumber Situs Techterms.

Dalam dunia computing, pengguna akhir dapat dikontraskan dengan pengembang atau pemrogram produk.

End user atau pengguna akhir juga berada dalam grup terpisah dari penginstal atau administrator produk.

Apa itu Pengguna Akhir (End User)?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Pengguna Akhir Serta Tujuan Dan Fungsinya Dalam Pengertian End User
Ilustrasi Gambar Apa Itu Pengguna Akhir Serta Tujuan Dan Fungsinya Dalam Pengertian End User

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan pengguna akhir ini?

Ya, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, istilah ini lebih dikenal dengan jargon end user secara global.

Sederhananya, pengguna akhir adalah orang yang menggunakan produk, perangkat lunak atau perangkat keras setelah sepenuhnya dikembangkan, dipasarkan, dan dipasang.

Umumnya, istilah “user” dan “end user” memiliki arti yang sama.

Untuk menciptakan produk atau layanan yang sukses, orang yang membuat, mengembangkan, menguji, dan memasarkannya harus memikirkan bukan tentang kebutuhan mereka sendiri, tetapi tentang pengguna akhir.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Server: Sejarah, Cara Kerja, Fungsi, Jenis dan Karakteristiknya!

Contohnya misalnya dalam dunia computing, seorang programmer komputer yang merancang platform (baca pengertian platform disini) perangkat lunak untuk perdagangan mata uang asing perlu memikirkan tentang tingkat kecanggihan antarmuka dan langkah-langkah yang diambil oleh end user atau pengguna akhir.

Mulai dari, bagaimana mereka akan mendekati tindakan perdagangan, apa yang perlu dia lihat, bagaimana dia akan melakukannya.

Kemudian juga seperti mengakses data dan informasi, bagaimana dia akan melakukan perdagangan tersebut, serta apa yang harus dia lakukan pasca dilakukannya perdagangan.

Tujuan Pengguna Akhir

Setelah kita mengetahui apa itu end user dan arti pengguna akhir di atas, maka kita juga harus tahu apa tujuan dan fungsi mereka.

Benar! Delivery atau pengiriman ke pengguna akhir adalah langkah terakhir setelah semua proses yang disebutkan di atas selesai, dan tujuannya adalah untuk memberdayakan pengguna akhir untuk mencapai sesuatu yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan.

Ya, perlu kalian ketahui bahwa end user atau pengguna akhir ini adalah istilah yang bertujuan dan digunakan untuk orang-orang yang benar-benar menggunakan produk.

Ini sering kali secara konstan atau teratur, sebagai bagian dari pekerjaan mereka sendiri.

Pengguna akhir layaknya tangan pelanggan yang bekerja secara langsung dengan berbagai produk dan alat untuk mencapai tujuan bisnis organisasi mereka sendiri.

Fungsi End User (Pengguna Akhir)

Setelah kita mengetahui tujuan dan maknanya, dalam membahas tentang arti end user, pastinya kita juga harus mengetahui apa fungsi mereka bukan?

Ya! Terkait fungsi utamanya sendiri, adapun karena mereka bekerja sangat dekat dengan produk, pengguna akhir dianggap sebagai salah satu sumber informasi terbaik mengenai seberapa baik suatu produk sebenarnya berfungsi dan seberapa besar nilai yang diberikannya.

Salah satu kecendrungan dan nilai utama yang diberikan oleh pengguna akhir adalah bahwa mereka biasanya tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang asumsi apa pun yang digunakan dalam pembuatan produk dan sering kali menemukan cacat atau kekurangan yang sebelumnya tidak dikenali oleh tim pengembang.

Karena end user sering mencari cara inovatif untuk memecahkan masalah menggunakan perangkat lunak dan alat yang ada, mereka juga memiliki pemahaman yang baik tentang peningkatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan nilai keseluruhan produk yang mereka gunakan.

Ada beberapa peran fungsional dalam tim pengembangan yang dapat mendekati peran pengguna akhir.

Pemilik produk yang dimaksudkan untuk menjadi suara pelanggan seringkali merupakan agregator feedback (umpan balik) pengguna akhir.

Meskipun putaran umpan balik ini memberikan wawasan yang berharga kepada pemilik produk tentang pengalaman pengguna akhir, pemilik produk sering kali berfokus pada perluasan pengiriman dan penjualan di masa mendatang, bukan pada produk yang sudah ada.

Baca Juga :  Line For PC Versi Terbaru: v5.23.0 Full Gratis untuk Desktop Windows dan MacOS Download!

Demikian pula, dokumentasi, pengalaman pengguna, dan staf jaminan kualitas kadang-kadang akan berfungsi dalam peran pengguna akhir yang terbatas.

Namun, anggota tim ini hanya dapat berfungsi sebagai proxy untuk pengguna sebenarnya, karena mereka biasanya tidak menggunakan perangkat lunak dalam skenario dunia nyata secara teratur, seperti yang dilakukan oleh end user.

Tipe dan Contoh End User atau Pengguna Akhir

Ilustrasi Gambar Contoh End User Atau Pengguna Akhir Dan Apa Perbedaannya Dengan Customer Atau Pelanggan
Ilustrasi Gambar Contoh End User Atau Pengguna Akhir Dan Apa Perbedaannya Dengan Customer Atau Pelanggan

Kemudian, dalam subbagian kali ini, Kami juga akan menjelaskan sedikit terkait tipe dan contoh daripada end user (pengguna akhir) terutama agar kita lebih memahaminya.

Perlu Kami tekankan disini, terkait jenis dan tipenya sendiri, selain konsumen, makhluk seperti hewan peliharaan, atau keluarga, bisnis dapat menjadi end user atau pengguna akhir.

Sebagai contoh misalnya, desainer web sering kali membuat situs website (baca pengertian website disini) untuk pelanggan bisnis yang merupakan end user.

Perusahaan riset marketing (pemasaran) sekunder, yang berurusan dengan data industri, menjual laporan mereka kepada pelanggan bisnis.

Pelanggan bisnis, pada gilirannya, membaca dan mempelajari informasi, kemudian menggunakan informasi tersebut untuk berbagai strategi pemasaran.

Untuk contoh end user atau pengguna akhir lainnya akan Kami jelaskan sebagai berikut:

John membutuhkan AC baru di kantornya. Dia mengajukan permintaan tersebut kepada atasannya. Bosnya menyetujuinya dan permintaan dikirim ke departemen pengadaan. Perusahaan memesan AC dan pemasang disewa untuk memperbaiki dan menguji. Setelah AC berfungsi, John menjadi pelanggan akhir produk tersebut.
Bob membeli sebatang cokelat dalam perjalanan dari kantor untuk putrinya, Nana. Meski Bob yang membeli cokelat itu, Nana yang justru mengonsumsi cokelat itu. Jadi, dia adalah konsumen akhir.

Benar! Istilah ini juga seringkali digunakan dalam teknologi informasi dan computing untuk merujuk pada orang-orang yang benar-benar dapat menggunakan suatu software (perangkat lunak) atau hardware (perangkat keras) daripada yang memungkinkan mereka untuk menggunakannya.

Perbedaan End User dengan Customer (Pelanggan)

Jadi, apa yang membedakan antara end user dengan customer ini?

Sebelumnya, jika kalian yang sedang membaca postingan Kami disini namun kebetulan sedang bertanya-tanya tentang bedanya, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat!

Mengapa? Tentu saja karena Kami juga akan menjelaskannya disini!

Oke, seperti yang dinyatakan, istilah end user atau pengguna akhir adalah merupakan hal umum dalam hal teknologi dan computing.

Sebaliknya, customer atu pelanggan adalah orang yang melakukan transaksi pembelian teknologi atau hasil dari computing tersebut.

Di suatu tempat bisnis, contohnya misalnya, seorang kepala atau bos mungkin adalah orang yang membeli komputer, jadi dia adalah pelanggannya, tetapi salah satu karyawannya akan menjadi end user (pengguna akhir).

Kapan End User dan Customer (Pelanggan) Berbeda?

Ada kalanya end user (pengguna akhir) berbeda dengan customer atau pelanggan.

Baca Juga :  Mari Memahami Pengertian Cartridge: Jenis, Fungsi dan Urutan Isi Warna Tinta Printernya!

Ini biasanya merupakan sebuah hal yang benar dalam bisnis dan keluarga.

Dalam bisnis, biasanya ada satu orang yang melakukan semua pemesanan dan pembelian bahan dan peralatan.

Sedangkan dalam keluarga, saat berbelanja, biasanya hanya satu orang yang akhirnya melakukan “checkout”.

Untuk lebih memahami artinya, bayangkan saja sebuah keluarga berbelanja bahan makanan bersama.

Sementara istri, suami, dan anak-anak semuanya menambahkan barang ke kereta, hanya satu orang yang pada akhirnya membayar semuanya.

Istri disini adalah sebagai pelanggan, dia juga akan menjadi pengguna akhir jika dia menggunakan beberapa item.

Orang lain dalam keluarga juga merupakan pengguna akhir tetapi bukan pelanggan toko bahan makanan.

Kesimpulan

Oke baiklah, Kami rasa sudah cukup jelas sekarang untuk penjelasan dan pembahasan Pengertian End User, Apa itu Pengguna Akhir? Tujuan, Fungsi, Tipe dan Contoh serta Perbedaannya dengan Customer (Pelanggan) di atas. Jadi, dapat kita simpulkan bahwa final, ultimate atau end user adalah individu (pengguna) yang menggunakan produk setelah sepenuhnya dikembangkan dan dipasarkan.

Dalam dunia computing dan programming (baca pengertian programming disini) istilah ini berguna karena membedakan 2 (dua) kelas pengguna, pertama yaitu pengguna yang membutuhkan produk yang bebas bug dan menjadi pengguna akhir, dan pengguna yang mungkin menggunakan produk yang sama untuk tujuan pengembangan.

Oleh karena itu, istilah end user atau pengguna akhir biasanya menyiratkan individu dengan tingkat keahlian komputer yang relatif rendah.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan dalam postingan kali ini, dimana Kami membahas tentang Pengertian End User, Apa itu Pengguna Akhir? Tujuan, Fungsi, Tipe dan Contoh serta Perbedaannya dengan Customer (Pelanggan).

Semoga apa yang sudah Kami terangkan disini dapat bermanfaat serta menambah wawasan kalian semua, terutama dalam mempelajari bidang programming, computing dalam teknologi informasi.

Silahkan bagikan artikel atau ulasan Kami disini kepada teman, kerabat, serta rekan kerja dan bisnis kalian semua jika kalian rasa ini bermanfaat. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar