Mengenal Pengertian Emulator: Apa itu Emulation? Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Contoh serta Perbedaannya dengan Simulator!

0
Gambar Pengertian Emulator Apa Itu Emulation Fungsi Cara Kerja Jenis Macam Dan Contoh Serta Perbedaannya Dengan Simulator
Gambar Pengertian Emulator Apa Itu Emulation Fungsi Cara Kerja Jenis Macam Dan Contoh Serta Perbedaannya Dengan Simulator

Tahukah Kalian, Pengertian Emulator, Apa itu Emulation? Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Contoh serta Perbedaannya dengan Simulator!

Benar, terkait tujuannya sendiri, software atau perangkat lunak emulasi ini memungkinkan Anda menggunakan sistem operasi yang berbeda dengan host Anda.

Contohnya misalnya, Anda dapat menjalankan emulator Windows 7 di mesin Windows 10 Anda. Ya! Tentu saja Anda masih dapat menggunakan Windows 10, tetapi Anda juga masih dapat masuk ke Windows 7 sesuai keperluan.

Perlu kalian ketahui, banyak orang menggunakan emulator setiap hari, untuk menguji software ataupun hardware (baca pengertian hardware disini), mencoba sistem operasi baru, atau menjalankan konsol permainan video lama.

Tapi pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara kerja alat emulasi tersebut? Alat apa itu sebenarnya?

Oke baiklah, berdasarkan hal tersebut, dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lengkap dan detail tentang apa itu pengertian emulator.

Oke baiklah, berikut ini adalah ulasannya. Mari kita simak!

Pengertian Emulator

Alat emulasi, pengemulasi atau emulator adalah hardware (perangkat keras) atau program perangkat lunak yang memungkinkan satu sistem komputer (juga dikenal sebagai host) meniru fungsi sistem komputer lain (dikenal sebagai tamu atau guest).

Tujuan utamanya yaitu memungkinkan sistem host untuk menjalankan perangkat lunak, alat, perangkat periferal, dan komponen lain yang dirancang untuk sistem tamu.

Emulator dapat terdiri dari berbagai jenis, mereplikasi hal-hal seperti perangkat keras, perangkat lunak, OS, atau CPU sebagaimana penjelasan yang bersumber dari Situs Technopedia.

Namun, dalam banyak kasus, arsitektur hardware (perangkat keras) emulated atau diemulasi untuk menyediakan lingkungan yang mirip dengan sistem guest atau tamu tersebut.

Apa itu Emulation (Emulasi)?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Emulation Serta Fungsi Dan Bagaimana Cara Kerja Emulasi Dari Emulator
Ilustrasi Gambar Apa Itu Emulation Serta Fungsi Dan Bagaimana Cara Kerja Emulasi Dari Emulator

Jadi apa itu yang dimaksud dengan emulation atau emulasi ini?

Ya! Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, alat yang digunakan untuk melakukan tindakan emulation (emulasi) ini dikenal dengan emulator secara global.

Akronim, istilah kata emulasi (dalam bahasa Indonesia) atau emulation dalam konteks software (perangkat lunak) adalah penggunaan program aplikasi atau perangkat untuk meniru perilaku program atau perangkat lain.

Adapun tujuan, karakteristik serta kegunaan umum dari emulation (emulasi) meliputi:

  • Emulator menjalankan Operating System (OS) pada platform (baca pengertian platform disini) perangkat keras yang awalnya tidak direkayasa.
  • Menjalankan game berbasis arcade atau konsol di komputer desktop.
  • Menjalankan aplikasi lama di perangkat selain yang dikembangkan.
  • Menjalankan program aplikasi pada sistem operasi yang berbeda selain yang aslinya dibuat.

Selain itu, adapun contoh umum dari jenis emulasi terakhir adalah menjalankan aplikasi Windows di komputer Linux.

Perlu kalian ketahui bahwa virtual PC adalah contoh lain dari emulator yang memungkinkan Mac menjalankan Windows XP, meskipun penambahan Boot Camp ke Mac berbasis Intel generasi berikutnya telah menghilangkan kebutuhan akan aplikasi tersebut di lingkungan Macintosh di masa mendatang.

Dalam virtualisasi server, emulasi atau emulation adalah sinonim untuk lingkungan virtual.

Lingkungan virtual juga dapat disebut sebagai partisi, tamu, instance, atau wadah.

Dalam perangkat keras, emulasi atau emulation adalah penggunaan perangkat keras untuk meniru fungsi perangkat keras lain dengan tujuan menghubungkan perangkat satu sama lain atau menghubungkan ke komputer mainframe.

Fungsi Emulator

Agar lebih memahami tentang apa itu arti dan pengertian emulator, tentunya kita juga harus mengetahui apa fungsi atau kegunaannya secara khusus bukan?

Benar, perangkat lunak cenderung khusus untuk platform, itulah sebabnya developers atau para pengembang membuat aplikasi terpisah untuk Android, iOS, Windows, dan Mac.

Jika Anda pengguna Mac dan ingin menggunakan aplikasi yang hanya tersedia untuk Windows, satu-satunya pilihan Anda (selain membeli komputer Windows) adalah menggunakan emulator.

Emulator juga memainkan peran penting dalam pengawetan digital.

Adapun program yang disimpan dalam format outdate (usang), seperti kartrid game atau permainan lama, dapat diunduh sebagai file ROM (Read Only Memory) dengan menggunakan perangkat khusus.

ROM tersebut, mereka kemudian dapat dimainkan menggunakan emulator untuk sistem game asli yang dirancang untuk mereka.

Berkenaan dengan fungsi dan kegunaan utama dari emulator tersebut meregenerasi lingkungan komputer asli dengan bantuan perangkat lunak dan perangkat keras.

Proses pembuatan emulator otentik itu rumit dan memakan waktu.

Baca Juga :  Memahami Pengertian User Flow: Apa itu Alur Pengguna? Tujuan dan Manfaatnya, Peran, Contoh serta Bagaimana Cara Meningkatkannya!

Tapi begitu dibuat, ini memberikan keaslian environment atau lingkungan komputer asli (objek digital) tanpa memerlukan sistem asli.

Betul! Teknik emulation atau emulasi tersebut diterapkan untuk menciptakan kembali lingkungan perangkat keras dan perangkat lunak sistem komputer pada mesin yang berbeda.

Setelah emulator selesai digunakan, user (pengguna) dapat mengakses aplikasi atau OS pada sistem yang diemulasi dan perangkat lunak asli dapat berjalan di sistem host.

Bagi pengguna, User Experience (UX) atau pengalamannya sama seperti saat mereka menggunakan sistem guest asli.

Selain itu, untuk komponennya sendiri, perlu untuk diketahui bahwa emulator biasanya terdiri dari 3 (tiga) komponen:

  1. Emulator CPU (ini merupakan bagian paling kompleks).
  2. Emulator memory sub-system atau sub-sistem memori.
  3. Emulator perangkat input atau output yang berbeda.

Cara Kerja Emulator

Setelah kita mengetahui arti dan pengertian emulator, adalah juga merupakan hal yang penting bagi Kami untuk menjelaskan terkait prinsip dan bagaimana cara kerjanya.

Ya! Seperti yang sudah Kami singgung sebelumnya di atas, berbagai jenis emulator menggunakan berbagai teknik emulation (emulasi), tetapi tujuan akhirnya selalu sama, yaitu untuk mereplikasi pengalaman menggunakan perangkat keras atau perangkat lunak asli.

Beberapa emulator bahkan melebihi kinerja produk aslinya serta juga menyertakan fitur tambahan.

Emulasi membutuhkan banyak sumber daya komputasi, ini berarti jika laptop, komputer atau PC Anda memiliki spesifikasi yang rendah, maka emulator Anda akan berjalan lambat.

Karena “persaingan” aplikasi seperti sekarang di tahun 2020 ini, banyak dari tipenya yang tertinggal dari rekan-rekan mereka di dunia nyata dalam hal kinerja.

Karena biasanya dibuat oleh pemrogram tidak berbayar (seringkali open source), software development atau pengembangan emulator membutuhkan waktu lama.

Untuk cara kerjanya sendiri, proses emulasi pada emulator sangat erat kaitannya dengan konsep virtualisasi dalam VM atau Virtual Machine (baca selengkapnya pengertian Virtual Machine disini).

Mesin virtual merupakan jenis emulator yang dapat berjalan di hardware yang mendasari sistem host.

Oleh karena itu, tidak ada emulasi, tetapi mesin virtual memiliki kemampuan yang terbatas dibandingkan dengan mesin aslinya.

Agar kalian dapat lebih memahami prinsip dan cara kerjanya, mari kita pikirkan tentang apa yang memengaruhi kinerja emulation atau emulasi menggunakan contoh dunia nyata.

Seperti yang kalian ketahui, permainan atau game PlayStation tidak akan berjalan dan berfungsi di sistem Windows Anda karena game tersebut tidak dirancang untuk berjalan di komputer biasa.

Perangkat PlayStation sangat spesifik dalam riasan fisiknya, berisi perangkat keras unik yang Windows atau sistem operasi komputer lainnya tidak tahu bagaimana cara menggunakannya.

Yup! Itulah mengapa Anda membutuhkan emulator.

Perangkat lunak emulasi bertujuan untuk menjalankan program yang dirancang untuk satu jenis sistem pada sistem lain.

Program yang mewujudkannya dikenal sebagai emulator.

Meskipun detail dan cara kerja bagian dalam emulator berbeda-beda, pada akhirnya, emulator berusaha mencapai hasil yang sama yakni untuk membuat perangkat lunak berjalan pada perangkat keras yang berbeda.

Jenis-Jenis dan Contoh Emulator

Gambar Jenis Jenis Macam Dan Contoh Emulator Serta Perbedaannya Dengan Simulator
Gambar Jenis Jenis Macam Dan Contoh Emulator Serta Perbedaannya Dengan Simulator

Dalam membahas mengenai apa itu emulator dan pengertian serta artinya, selanjutnya dalam subbagian ini, Kami juga akan menjelaskan jenis-jenis macam dan contohnya.

Memang, ada banyak emulator komersial dan open-source yang tersedia untuk setiap sistem operasi utama.

Berikut beberapa jenis-jenis dan macamnya:

  • Emulator seperti BlueStacks memungkinkan untuk menggunakan aplikasi Android di Windows dan Mac.
  • Program seperti Xcode dapat menjalankan iOS di Mac dan Windows.
  • Appetize.io adalah emulator berbasis browser yang memungkinkan Anda menggunakan aplikasi iOS di PC mana pun.
  • WINE menjalankan aplikasi Windows di OS Linux.
  • Emulator seperti Nestopia dapat memainkan game Nintendo di Linux.
  • Emulator konsol seperti SNES Classic adalah perangkat keras mandiri yang memungkinkan gamer memainkan video game lama di televisi HD modern.

Yikes! Banyak emulator untuk PlayStation Portable memungkinkan pengguna memainkan game untuk konsol lain di sistem seluler Sony.

Untuk contoh dari emulator yang dapat melakukan fungsi emulasi lainnya adalah sebagai berikut.

a. Emulator Android

Contoh alat pengemulasi yang pertama yaitu emulator Android, ini adalah alat yang membuat perangkat Android virtual (dengan perangkat lunak dan perangkat keras) di komputer Anda.

Emulator untuk Android (baca pengertian Android disini) berupa program (proses yang berjalan di sistem operasi komputer Anda).

Tools atau alat ini bekerja dengan meniru arsitektur perangkat guest atau tamu.

b. Emulator PUBG

Contoh selanjutnya yaitu emulator PUBG, ya! Tencent (sang developer) baru saja merilis emulator PC resmi untuk PUBG Mobile di platform Tencent Gaming Buddy.

Baca Juga :  Memahami Pengertian VPN: Sejarah, Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Manfaat serta Kelebihan dan Kekurangannya!

Disini, kontrol dan grafik disesuaikan dengan penggunaan mouse dan keyboard, tetapi masih tidak dapat dibandingkan dengan PUBG aslinya.

Emulator ini masih dalam versi beta, tetapi permainan cross (silang) antara PC dan pemain seluler kini sudah tersedia.

Tidak diragukan lagi, ada kegemaran battle royale yang melanda dunia game.

Pengembang berebut untuk menemukan pangsa pasar dan sekarang itu sudah menyebar ke pasar mobile (seluler).

c. Terminal Emulator

Kemudian ada terminal emulator, ini merupakan aplikasi perangkat lunak yang mereplikasi fungsi terminal komputer klasik.

Terminal ini terdiri dari monitor dan keyboard, dan digunakan terutama untuk mengakses komputer lain, seperti komputer mini atau mainframe.

Emulator terminal melakukan fungsi yang sama dalam perangkat lunak.

Emulator terminal memungkinkan komputer host mengakses komputer lain, termasuk komputer jarak jauh, baik melalui antarmuka baris perintah atau grafis.

Adapun komunikasi yang dimungkinkan di dalamnya yaitu menggunakan protokol seperti Telnet dan SSH.

Emulator terminal memungkinkan komputer host untuk menggunakan atau menjalankan aplikasi di komputer jarak jauh (remote), serta mentransfer file di antara keduanya.

Ya! Ke-2 (dua) sistem tersebut tidak perlu menjalankan sistem operasi yang sama.

d. Limbo PC Emulator

Contoh alat pengemulasi lainnya yaitu seperti Limbo PC emulator, ini merupakan emulator berbasis QEMU, memungkinkan pengguna menjalankan berbagai sistem operasi di perangkat mereka.

Jika Anda ingin menjalankan beberapa perangkat lunak Windows lawas (khususnya dari era 9x), Anda mungkin senang mengetahui bahwa emulator QEMU yang dirancang untuk Android ada di Google Play Store yang disebut Limbo PC Emulator.

Betul! Ini tersedia secara gratis untuk diunduh dan digunakan untuk tujuan komersial dan non-komersial.

e. My Boy! GBA Emulator

Contoh terakhir yang akan Kami jelaskan yaitu seperti aplikasi Android My Boy! GBA emulator.

Ini merupakan aplikasi yang berjalan di perangkat berbasis Android (.apk).

Ya! Sesuai namanya, kalian dapat menjalankan permainan Game Boy Advance (GBA) di smartphone kalian!

Perbedaan Emulator dan Simulator

Ilustrasi Gambar Apa Perbedaan Dari Emulator Dan Dengan Simulator
Ilustrasi Gambar Apa Perbedaan Dari Emulator Dan Dengan Simulator

Lalu, apa yang membedakan antara emulator dengan simulator itu?

Ya, sebelumnya, jika kalian sedang bertanya tentang apa hal yang membedakannya, maka dapat Kami katakan disini bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Mengapa? Tentu saja karena Kami juga akan menjelaskan perbedaan emulator dan simulator disini!

Adapun fakta yang sering diterangkan bahwa emulator dan simulator memiliki tujuan yang sama tidak berarti bahwa ke2 (dua) dari mereka bekerja dengan cara yang sama.

Perlu untuk diketahui bahwa ada perbedaan mendasar di antara mereka.

Seperti yang sudah Kami jabarkan di atas, emulator berupaya meniru semua fitur hardware dari lingkungan produksi, serta fitur software.

Terkait hal teknis, untuk melakukannya, Anda biasanya perlu menulis emulator menggunakan bahasa Assembly.

Sebaliknya, simulator dirancang untuk membuat lingkungan yang berisi semua variabel dan konfigurasi perangkat lunak yang akan ada di lingkungan produksi aplikasi yang sebenarnya.

Namun, simulator tidak berusaha meniru hardware (perangkat keras) real atau sebenarnya yang akan menjadi tuan rumah aplikasi dalam tahap produksi.

Karena simulator hanya membuat lingkungan software (selengkapnya tentang apa itu software disini), simulator dapat diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi.

Jadi, untuk perbedaannya, terutama dalam arti tertentu, Anda dapat menganggap emulator menempati jalan tengah antara simulator dan perangkat nyata.

Sementara simulator hanya meniru fitur lingkungan yang dapat dikonfigurasi atau ditentukan menggunakan perangkat lunak, emulator meniru fitur perangkat keras dan perangkat lunaknya.

Tentu saja, karena emulator mungkin tidak melakukan pekerjaan yang sempurna untuk meniru perangkat keras dan perangkat lunak lingkungan produksi, mereka bukanlah pengganti untuk pengujian perangkat nyata.

Mereka hanya memungkinkan Anda menyiapkan lingkungan yang lebih mirip dengan yang Anda miliki di perangkat nyata.

1. Kapan Simulator Digunakan?

Jadi, kapan kita harus menggunakan simulator?

Biasanya, simulator adalah yang terbaik untuk skenario testing atau pengujian perangkat lunak yang Anda fokuskan untuk memastikan bahwa aplikasi bekerja seperti yang diharapkan saat berinteraksi dengan aplikasi atau lingkungan eksternal.

Sebagai contoh misalnya, Anda mungkin ingin menguji kemampuan aplikasi untuk mengirim data ke aplikasi lain.

Lingkungan simulasi biasanya cukup untuk ini, karena konfigurasi perangkat keras yang mendasarinya kemungkinan tidak akan banyak berdampak pada transaksi data untuk aplikasi Anda.

Demikian pula, jika Anda ingin memastikan bahwa antarmuka aplikasi ditampilkan dengan benar pada resolusi layar yang berbeda, lingkungan pengujian simulasi sudah sesuai.

2. Kapan Emulator Digunakan?

Lalu, kapan kita perlu menggunakan emulator?

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian Riser Card, Fungsi dan Pemasangannya pada Motherboard

Yup! Di sisi lain, emulator paling berguna saat Anda perlu menguji bagaimana perangkat lunak berinteraksi dengan perangkat keras yang mendasarinya, atau kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak.

Apakah Anda ingin tahu apakah pembaruan firmware akan menyebabkan masalah pada aplikasi Anda?

Emulator dapat membantu Anda mengetahuinya!

Atau mungkin Anda perlu mengetahui bagaimana kinerja aplikasi Anda menggunakan berbagai jenis CPU atau processor (baca pengertian processor disini) atau alokasi memori yang berbeda. Ini juga merupakan skenario di mana emulator berguna.

Secara umum, dapat Kami katakan bahwa simulator menyediakan cara yang cepat dan mudah untuk mengatur lingkungan perangkat lunak untuk tujuan pengujian aplikasi tanpa meniru perangkat keras yang sebenarnya.

Emulator mengambil langkah lebih jauh dengan mengemulasi perangkat lunak serta konfigurasi perangkat keras.

Ke-2 (dua) jenis platform pengujian ini berguna saat Anda perlu menguji kode dengan cepat di berbagai variasi.

Tapi tidak ada pengganti yang lengkap untuk pengujian perangkat nyata, yang juga harus Anda lakukan pada titik kritis, seperti sebelum merilis perangkat lunak ke dalam produksi.

Kenapa Orang-Orang Menggunakan Emulation Tools atau Alat Emulasi?

Mengapa orang-orang menggunakan emulator?

Oke, disini Kami juga akan menjelaskan terkait pertanyaan seperti ini.

Memang, setiap jenis komputer dan sistem operasi itu unik.

Ini sering kali berarti bahwa program atau aplikasi yang bekerja di satu sistem tidak akan berfungsi di sistem lain.

Ini terutama benar ketika membandingkan sistem operasi seperti Windows dan MacOS, atau perangkat yang sama sekali berbeda seperti laptop dan PlayStation.

Di sinilah peran emulator, mereka dapat menjembatani kesenjangan antara perangkat ini, memungkinkan program untuk bekerja pada semua jenis perangkat keras.

Sebagai contoh misalnya seperti ketika Anda memiliki aplikasi Windows yang perlu dijalankan di MacBook, Anda dapat mengunduh emulator Parallels.

Software aplikasi Parallels akan, dalam arti tertentu, membuat komputer Windows di dalam MacBook Anda.

Ini akan memungkinkan Anda menjalankan aplikasi Windows apa pun yang Anda butuhkan.

Beberapa emulator bahkan dapat meningkatkan perangkat keras yang disimulasikan.

Misalnya, video game lama yang dibuat untuk televisi 4:3 dapat ditingkatkan untuk berjalan dalam resolusi layar lebar, serta pada frekuensi gambar yang lebih tinggi.

Jika Anda adalah seseorang yang ingin menjalankan semua programnya di mana saja, kapan saja, maka emulator adalah yang Anda butuhkan.

Kesimpulan

Bagaimana, sudah cukup jelas bukan? Oke, jadi berdasarkan penjelasan dan pembahasan Pengertian Emulator, Apa itu Emulation? Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Contoh serta Perbedaannya dengan Simulator di atas, dapat kita simpulkan bahwa dalam dunia komputer, emulator adalah perangkat keras atau software seperti program yang berpura-pura menjadi perangkat atau program tertentu yang diharapkan berinteraksi dengan komponen lain.

Emulator disediakan ketika perangkat keras populer menjadi outdate (usang) dan tidak lagi dipasarkan tetapi ada aplikasi lama yang masih perlu berkomunikasi dengan perangkat lama.

Praktik menggunakan emulator untuk membuat program yang lebih lama bekerja dengan perangkat pengguna akhir yang baru disebut emulation atau emulasi terminal.

Sekarang, di tahun 2020 ini, emulator game perangkat lunak juga menjadi semakin populer dan memungkinkan gamer memainkan game arcade, game konsol, atau game lama yang dirancang untuk platform lain.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan dalam postingan kali ini, dimana Kami membahas mengenai Pengertian Emulator, Apa itu Emulation? Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Contoh serta Perbedaannya dengan Simulator. Semoga apa yang sudah Kami sampaikan disini dapat bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan kalian semua dalam memahami dan mempelajari dunia teknologi komputer dan desktop.

Silahkan like, share kepada teman, kerabat serta rekan bisnis kalian semua dan jangan lupa juga untuk subscribe Blog Kami dengan e-mail serta YouTube Kami. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar