Begini Cara Mengganti Proxy Server Google Chrome di Windows dan Mac!

0
Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Mengganti Proxy Server Browser Google Chrome Di Windows Dan Mac Serta Cara Disablenya
Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Mengganti Proxy Server Browser Google Chrome Di Windows Dan Mac Serta Cara Disablenya

Bagaimana Cara Mengganti Proxy Server pada Browser Google Chrome dan Cara Disablenya di Windows dan Mac? Seperti yang kita ketahui, aplikasi Chrome menggunakan pengaturan proxy sistem komputer Anda untuk terhubung ke jaringan. Mengubah pengaturan ini akan memengaruhi Google Chrome serta Internet Explorer atau program lain yang terhubung ke Internet.

Server proxy seperti jembatan bagi komputer Anda dan internet, proksi memungkinkan Anda online di bawah identitas alamat IP yang berbeda. Terkait hal tersebut di atas, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas mengenai cara setting dan menggantinya di browser Google Chrome serta cara disable-nya. Langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Apa itu Proxy Server?

Proxy Server adalah perantara antara komputer Anda dan internet, sering digunakan untuk menyembunyikan lokasi Anda yang sebenarnya dan memungkinkan Anda untuk mengakses situs web atau website yang seharusnya diblokir (tidak bisa dibuka). Namun, tidak semua proxy menawarkan perlindungan privasi yang sama dengan VPN (baca pengertian VPN disini).

Server proxy bertindak sebagai gerbang antara Anda dan internet. Ini adalah server perantara yang memisahkan pengguna akhir dari situs web yang mereka telusuri. Server proxy menyediakan berbagai tingkat fungsionalitas, keamanan, dan privasi tergantung pada kasus penggunaan Anda, kebutuhan, atau kebijakan perusahaan.

Jika Anda mengalami masalah saat menghubungkan ke Internet dengan menggunakan browser Anda, maka, biasanya ada kemungkinan koneksi Anda telah di-setting untuk menggunakan server proxy. Jika teman-teman masih belum paham dan masih bingung dengan penjelasan di atas, kalian dapat membaca lebih lanjut tentang Proxy Server disini.

Baca Juga :  Tips Pencarian Google Search yang Efektif untuk Menemukan Pencarian Anda

Cara Setting dan Mengganti Proxy Server Browser Google Chrome di Windows/Mac serta Cara Disablenya

Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Setting Dan Mengganti Proxy Server Pada Browser Google Chrome Di Windows Dan Mac Serta Cara Disablenya
Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Setting Dan Mengganti Proxy Server Pada Browser Google Chrome Di Windows Dan Mac Serta Cara Disablenya

Jika Anda menggunakan server proxy, lalu lintas internet mengalir melalui server proxy dalam perjalanan ke alamat tujuan yang Anda minta. Permintaan tersebut kemudian kembali melalui server proxy yang sama (ada pengecualian untuk aturan ini), dan kemudian server proxy meneruskan data yang diterima dari situs web kepada Anda.

a. Windows

Server proxy modern melakukan lebih dari sekedar hanya meneruskan permintaan web, semuanya atas nama keamanan data dan kinerja jaringan. Mereka juga bertindak sebagai firewall dan filter web, menyediakan koneksi jaringan bersama, dan menyimpan data untuk mempercepat permintaan umum.

Di bawah ini adalah cara setting dan mengganti proxy server Google Chrome pada Windows.

1. Buka Setting pada Toolbar Browser

Pada Toolbar Browser Anda pilih setting, maka akan muncul Bagian dan Jendela baru seperti Gambar Kami di bawah ini:

Gambar Screenshoot Membuka Settings Google Chrome Browser Kemudian Klik Dan Pilih Advanced Dan Pilih System Lalu Pilih Open Proxy Settings
Gambar Screenshoot Membuka Settings Google Chrome Browser Kemudian Klik Dan Pilih Advanced Dan Pilih System Lalu Pilih Open Proxy Settings

Lanjutkan dengan klik dan pilih:

Advanced (pada bagian kiri)>system>open proxy settings

2. Buka LAN Settings

Setelah mengikuti langkah pertama di atas, maka akan muncul bagian dan jendela internet properties seperti Gambar Kami di bawah ini. Pada bagian dan jendela Internet Properties, pilih:

Tab connections>LAN settings
Gambar Screenshoot Jendela Internet Properties Pilih Connections Klik Dan Pilih LAN Settings
Gambar Screenshoot Jendela Internet Properties Pilih Connections Klik Dan Pilih LAN Settings

Maka, kalian akan masuk ke bagian dan jendela local area connections atau LAN. Pada bagian Local Area Connections (LAN) ini, hilangkan centang automatically detect settings.

Kemudian, pada bagian bawah yaitu Proxy Server, centang use a proxy server for your LAN, ada juga dapat melakukan bypass proxy server for local address (Kami sarankan untuk mencentangnya juga agar Alamat Lokal Anda dapat di-Bypass). Lalu pilih advanced.

Gambar Screenshoot Pada Bagian Dan Jendela LAN Hilangkan Centang Automatic Pilih Dan Centang Proxy Server Dan Bypass Proxy Server
Gambar Screenshoot Pada Bagian Dan Jendela LAN Hilangkan Centang Automatic Pilih Dan Centang Proxy Server Dan Bypass Proxy Server

3. Ganti Proxy Server pada Proxy Settings

Selanjutnya setelah langkah ke-2 (dua) di atas, akan muncul bagian dan jendela proxy settings masukkan IP address (alamat IP) dan port proxy Anda seperti gambar di bawah ini.

Gambar Screenshoot Pada Bagian Dan Jendela Proxy Settings Isi Dan Masukkan Alamat IP Dan Port Anda Dalam Cara Mengganti Proxe Server Di Browser Google Chrome Windows Dan MAC
Gambar Screenshoot Pada Bagian Dan Jendela Proxy Settings Isi Dan Masukkan Alamat IP Dan Port Anda

Pada kedua kolom tersebut di atas, kalian dapat mengisi proxy server dan port yang kalian miliki, jika kalian tidak mempunyai Proxy Server sendiri, maka salah satu cara untuk mendapatkannya yaitu dengan langsung masuk ke situs Freeproxylists.

Baca Juga :  Begini Cara Mengatasi Sinyal Sering Hilang, Silang, Lemah dan Lemot pada HP atau Smartphone!

Disana, kalian akan melihat ada banyak proxy gratis yang disediakan, Kalian cukup memilih proxy yang ingin digunakan dengan copy IP address dan port dan paste di kedua kolom yang ada pada gambar di atas.

Gambar Screenshoot Tampilan Situs Website Free Proxy Lists
Gambar Screenshoot Tampilan Situs Website Free Proxy Lists

Setelah Anda mengisi dan mengganti Proxy Server Anda. Klik apply kemudian OK, selesai.

b. Mac

Di bawah ini adalah cara setting dan mengganti proxy server Google Chrome pada Mac.

1. Buka Settings pada Toolbar Browser

Pada bagian setting, pilih:

Advanced>Oopen proxy settings

Maka Anda akan langsung dialihkan pada bagian network.

2. Ganti Proxy Server pada Proxies

Pada bagian network>wifi, Anda dapat mengganti dan memasukkan proxy server Anda. Centang bagian proxy server requires password, jika Proxy Server yang Anda miliki memiliki password.

Gambar Screenshoot Mengganti Proxy Server Setting Di Browser Google Chrome Pada Mac
Gambar Screenshoot Mengganti Proxy Server Setting Di Browser Google Chrome Pada Mac

Lalu klik apply kemudian OK. Selesai.

Cara Disable Proxy Server Browser Google Chrome di Windows dan Mac

Cara disable proxy server pada Windows ini adalah sangat mudah, Anda dapat memulainya dengan cara masuk ke:

Settings>advanced>open proxy settings

Kemudian akan muncul bagian dan jendela internet options. Pada bagian Internet Options, buka dan masuk ke:

Tab connections>LAN settings

Kemudian, hilangkan centang automatically detect settings dan semua yang ada pada bagian dan jendela tersebut. Selesai, Klik apply kemudian OK selesai.

Sedangkan untuk Mac, cara disable proxy server-nya yaitu dengan cara masuk ke:

Settings>advanced>open proxy settings

Kemudian, hilangkan semua centang yang ada pada bagian dan jendela tersebut. Klik apply kemudian OK.

Kesimpulan

Di atas adalah Cara Mengganti Proxy Server pada Browser Google Chrome dan Cara Disablenya di Windows dan Mac yang dapat Anda coba sekarang juga untuk membuka blokir koneksi internet Anda. Sekarang ketika Anda menjelajahi situs web, Anda akan berselancar dengan menggunakan Proxy Server.

Baca Juga :  Begini Cara Membuat Windows 10 Menjadi Lebih Ringan atau Tidak Lemot!

Untuk berhenti menggunakan proxy server, cukup ikuti langkah disable proxy server pada browser Google Chrome untuk Windows dan Mac di atas.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini yang membahas mengenati Cara Mengganti Proxy Server pada Browser Google Chrome dan Cara Disablenya di Windows dan Mac. Semoda tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian semua dan selamat mencoba.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini serta jangan lupa meninggalkan komentar Anda di bawah ini. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar