Ini Dia 4+ Tips Download Semua Jenis Macam File Secara Aman di Internet, Baik Saat di Tempat Kerja atau di Rumah!

Gambar Dari Apa Saja Tips Dalam Mengunduh Atau Download Semua Jenis Macam File Secara Aman Di Internet Saat Di Tempat Kerja Atau Di Rumah
Gambar Dari Apa Saja Tips Dalam Mengunduh Atau Download Semua Jenis Macam File Secara Aman Di Internet Saat Di Tempat Kerja Atau Di Rumah

Apa Saja Tips dalam Mengunduh atau Download Semua Jenis Macam File Secara Aman di Internet, Saat di Tempat Kerja atau di Rumah?

Di era serba internet sekarang ini, seperti yang dapat kita lihat di tahun 2022 sekarang ini, aktivitas download telah menjadi sebuah gaya hidup. Jarang melihat seseorang tanpa smartphone, dan karena begitu banyak dari kita memiliki perangkat digital, kita sering mengunduh sesuatu aplikasi, dokumen, atau file (baca pengertian dari kata file di sini) apapun itu tanpa berpikir 2 (dua) kali.

Sebagai contoh misalnya, semua aplikasi yang Anda miliki di ponsel dan TV pintar Anda, perangkat lunak yang diinstal di laptop Anda, atau gambar dan video yang telah Anda unduh ke tablet Anda.

Ya! Seperti halnya apa pun itu yang menjadi rutinitas, itu dapat dengan mudah mengabaikan langkah-langkah keamanan yang telah dicoba dan benar saat mengunduh file dari internet yang seharusnya tidak demikian.

Sama seperti Anda akan mengambil tindakan pencegahan untuk belanja online yang aman, Anda juga harus berhati-hati saat mengunduh file ke perangkat Anda.

Virus, malware, dan Trojan (malware yang menyesatkan) lebih merajalela dari sebelumnya, sehingga Anda perlu berhati-hati sebelum mengunduh sesuatu.

Berkenaan dengan hal itulah, dalam postingan ini Kami akan membagikan tips download segala macam jenis file secara aman di internet, saat di tempat kerja atau di rumah.

Baiklah langsung saja, mari kita simak berikut ini!

Kiat, Jenis, dan Macam-Macam Hal yang Harus Anda Lakukan Sebelum Ketika Mengunduh (Download) Sesuatu di Internet

Kiat Jenis Dan Macam Macam Hal Yang Perlu Serta Harus Anda Lakukan Sebelum Ketika Mengunduh Download Sesuatu Di Internet
Kiat Jenis Dan Macam Macam Hal Yang Perlu Serta Harus Anda Lakukan Sebelum Ketika Mengunduh Download Sesuatu Di Internet

Oke, tanpa berbasa-basi, berikut adalah beberapa kiat, tips, jenis, dan macam-macam hal yang harus diterapkan segera ke dalam rutinitas digital harian Anda untuk membantu Anda tetap aman saat berikutnya Anda mengunduh atau download sesuatu secara online.

1. Download Hanya dari Website, Situs, dan Sumber Tepercaya

Pertama, yaitu adalah dengan hanya mengunduh atau men-download dari website, situs, dan sumber terpercaya saja.

Jika kedengarannya terlalu sederhana untuk dilakukan, ya, itu mungkin juga benar.

Aktivitas hacking (baca pengertian dari istilah hacking di sini) yang dilakukan oleh para hacker atau peretas memanfaatkan fakta bahwa orang menginginkan sesuatu dengan segera dan gratis dengan membujuk mereka untuk mengunduh hal-hal seperti musik atau film baru sebelum orang lain.

Jika ragu, waspadalah terhadap situs mana pun yang menawarkan unduhan film gratis atau apa pun yang seharusnya tidak tersedia bagi konsumen selama beberapa bulan atau tanpa berbayar!

Untuk memverifikasi apakah sebuah situs memiliki reputasi baik, periksa halaman “Tentang” atau “Hubungi Kami” yang terdapat pada halaman situs web untuk memverifikasi keabsahan situs.

Baca Juga :  Inilah 9 Tips Membuat Video Tutorial yang Baik dan Benar!

Cari nomor telepon, alamat fisik, liputan berita, atau tanda lain bahwa ini adalah situs web yang dapat dipercaya.

Jika alamat e-mail yang tidak dikenal mengirimi Anda attachment atau lampiran untuk diunduh, jangan buka atau unduh tanpa mengonfirmasi dengan pengirim apa itu.

Keamanan Komputer dan kenyamanan bukanlah hal yang berjalan Bersebelahan

Rifqi Mulyawan

Sederhananya, semakin banyak Anda memiliki sesuatu, semakin sedikit Anda akan mendapatkan dari yang lainnya.

Agar tetap terlindung dari unduhan berbahaya, penting bagi Anda untuk tidak mengutamakan kenyamanan daripada kebiasaan keamanan online yang cerdas.

2. Scan atau Pindai File dari Virus Sebelum Mengunduhnya

Tips, kiat-kiat, jenis, dan macam-macam hal yang perlu kalian lakukan untuk download file berikutnya yaitu adalah dengan melakukan scan atau memindai file sebelum mengunduhnya.

Yup! Satu langkah yang harus selalu Anda ambil sebelum mengunduh apa pun adalah memindai virus.

Mayoritas perangkat lunak anti-virus memungkinkan Anda memindai file untuk maksud jahat jika Anda mengklik kanan pada file yang Anda coba unduh.

Orang lain akan meminta Anda untuk membuka perangkat lunak Anda terlebih dahulu, sebelum memindai file yang baru saja Anda unduh.

Jika Anda mengunduh file sebelum memindai virus, pastikan untuk tidak menempatkannya di drive utama kalian, atau membuka, serta menjalankan file tersebut hingga Anda memastikannya clean (dalam artian bersih dari virus).

Sebagai langkah pencegahan plus-plus, tambahan, atau ekstra, jalankan perangkat lunak anti-virus Anda setelah mengunduh file Anda, untuk memastikan bahwa tidak ada yang dapat mencuri data Anda yang lolos dari celah yang ada.

3. Perhatikan Extension (Ekstensi) File

Selain memindai file sebelum Anda mengunduh atau menjalankannya, tips download semua jenis macam file lainnya yaitu dengan memperhatikan extension atau ekstensi dari file yang akan kalian download.

Benar! Itu adalah huruf yang muncul setelah nama file, sebagai contoh misalnya berkas.zip (untuk ektensi Zip), berkas.pdf (untuk ekstensi PDF), dan lain sebagainya/

Biasanya, file yang dapat dieksekusi seperti .exe (kalian dapat membaca lebih lanjut terkait definisi maksud dari Exe di sini) atau .scr sering dianggap berbahaya dan harus dihindari, terlebih jika kalian malah mendapatkan file berekstensi Exe ketika seharusnya kalian mendapatkan file .mp3 ketika mengunduh lagu.

Jika Anda mengunduh file dengan salah satu ekstensi di atas dari situs web yang Anda percayai atau kontak e-mail yang dikenal, pastikan untuk memindai file terlebih dahulu untuk memastikan tidak menimbulkan ancaman.

4. Backup atau Cadangkan Perangkat Anda

Jika Anda akhirnya harus mengunduh sesuatu yang berbahaya ke perangkat Anda, terlebih karena keperluan mendesak, Kami pribadi lebih merekomendasikan untuk mencadangkan perangkat Anda untuk melindungi file, foto, dan data Anda.

Perangkat digital dapat menyimpan sejumlah barang berharga termasuk foto, nomor telepon, dan lainnya, dan segala jenis macam virus dan malware tertentu dapat membuat perangkat Anda tidak berguna, sehingga tidak memungkinkan untuk mengakses apa pun.

Jika Anda memang menjadi mangsa virus, maka Kami sarankan agar Anda segera melakukan System Restore atau Reset untuk menyetel ulang perangkat dan memulihkan cadangan untuk mencegah peretas mencuri data Anda atau mengunci Anda darinya.

Baca Juga :  Software Engineering: Apa itu Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)? Sejarah, Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Macam serta Caranya!

Bagaimana Cara Aman Mengunduh (Download) File di Internet, Baik di Tempat Kerja ataupun Ketika di Rumah?

Ilustrasi Gambar Warning Browser Pada File Yang Memiliki Virus Atau Malware Dan Bagaimana Cara Aman Mengunduh Download File Di Internet Saat Di Tempat Kerja Ataupun Ketika Di Rumah
Ilustrasi Gambar Warning Browser Pada File Yang Memiliki Virus Atau Malware Dan Bagaimana Cara Aman Mengunduh Download File Di Internet Saat Di Tempat Kerja Ataupun Ketika Di Rumah

Baik, saya janji akan menerapkan beberapa jenis macam kiat di atas ketika sebelum mengunduh (download) file, sekarang bagaimana langkah atau cara amannya?

Yup! Seperti yang sudah Kami singgung di atas, bagi banyak orang, mengunduh sesuatu dari internet serta berbagi file adalah bagian dari tugas sehari-hari mereka.

Jika ini adalah sesuatu yang Anda lakukan secara teratur, Anda perlu mengetahui risiko yang terlibat serta mengetahui apa yang harus Anda waspadai.

Ada banyak jenis serangan dunia maya yang dimulai dengan mengklik tautan yang menginfeksi yang mungkin terlihat seperti tautan asli yang Anda cari.

Penjahat dunia maya mencoba menipu orang agar mengunduh file yang mengandung virus dan itu adalah sesuatu yang tidak Anda inginkan untuk bisnis atau komputer pribadi Anda.

Sebelum Anda mengklik tombol unduh apa pun, gunakan tips-tips cara aman untuk mengunduh (download) semua jenis macam file di internet berikut untuk memastikan bahwa tautannya aman dan terlindungi.

  1. Waspadalah peringatan terhadap “Sumber Tidak Dikenal atau Tidak Tepercaya” yang biasanya muncul berupa warning atau peringatan; Jika Anda mengunduh file dari internet, Anda perlu memastikan bahwa Anda mengetahui sumbernya dan mempercayainya sebelum mengunduh apa pun. Jangan buka file yang berasal dari orang yang tidak Anda kenal. Jika Anda mendapatkan tautan file dari seseorang yang Anda kenal tetapi tidak terduga, mintalah mereka untuk memastikan bahwa mereka mengirimkannya. Penjahat dunia maya juga suka berpura-pura sebagai orang sungguhan yang mungkin sudah Anda percayai.
  2. Jangan buka dan klik link (tautan) yang mencurigakan; Jika Anda memiliki tautan yang mencurigakan atau tidak dikenal, jangan klik tautan tersebut, terutama jika tautan tersebut akan memulai pengunduhan, jikapun kalian sudah sangat penasaran, saran Kami yaitu dengan menyalin alamat link tersebut, lalu buka di tab samaran browser kalian. Yup, tautan tersebut bahkan mungkin lebih pendek sebagai cara bagi para penjahat untuk menyembunyikan ke mana arahnya sebenarnya.
  3. Jauhi software atau perangkat lunak bajakan dengan harga murah, diskon dengan harga sangat murah seperti crack atau nulled; Lebih sering daripada tidak, perangkat lunak yang bajakan sebenarnya adalah tidak sah. Perangkat lunak dapat berisi virus atau bajakan. Jika Anda diminta untuk mengunduh perangkat lunak atau memperbarui perangkat lunak di komputer kerja Anda, jauhi penawaran diskon apa pun selain dari sumber aslinya.
  4. Hindari program atau aplikasi yang tidak sah (unauthorized); Jika Anda menemukan versi perangkat lunak yang tidak sah atau disalin secara ilegal pada sistem berbagi file online, kemungkinan besar mereka terinfeksi malware. Perangkat lunak yang tidak sah biasanya tidak didukung oleh pengembang dan Anda tidak dapat memperoleh dukungan teknis apa pun jika Anda mengalami masalah. Bisnis Anda juga bisa menjadi bertanggung jawab atas tuntutan hukum yang mahal atau pelanggaran hak cipta, antara lainnya.
  5. Tetap waspada ketika Anda harus memasukkan berbagai macam informasi selain e-mail; Jika Anda dimintai banyak informasi tentang Anda bahkan sebelum Anda dapat mengakses tautan unduhan, itu adalah tanda bahaya besar. Anda tidak boleh memberikan informasi pribadi atau password (kata sandi). Selain itu juga, sebelum Anda memberikan sesuatu, tinjau izin dan kebijakan privasi mereka untuk melihat apakah itu normal.
  6. Jangan matikan atau nonaktifkan Firewall komputer Windows, Linux, atau Mac Anda; Meskipun mungkin terjadi bahwa unduhan file yang sah membutuhkan Anda untuk menonaktifkan Firewall (baca pengertian dari istilah Firewall di sini) Anda, ini sangat jarang terjadi dan itu membuka Anda untuk peretas lain dalam prosesnya. Anda ingin tetap mengaktifkan ini setiap saat, meskipun tautan unduhannya sah.
  7. Perhatikan, amati, dan rasakan kesenjangan yang ada ketika mengunduh file; Seperti biasa, Anda harus memercayai insting Anda tetapi selalu waspada terhadap kemungkinan peretas atau tautan palsu. Anda harus berlatih meminta izin sebelum mengunduh apa pun di perangkat dan hanya mengunduh hal-hal yang Anda yakini aman.
Baca Juga :  Download Lucky Patcher ROOT dan NO ROOT dan Cara Menggunakannya

Kesimpulan

Di atas adalah penjelasan dan pembahasan tentang Apa Saja Tips dalam Mengunduh atau Download Semua Jenis Macam File Secara Aman di Internet, Saat di Tempat Kerja atau di Rumah.

Sekarang Anda pasti telah mengetahui bagaimana cara aman ketikan men-download sesuatu di internet.

Sebagai tambahan saat mengunduh file, kalian dapat mencoba copy atau salin tautan unduhan file.

Itu adalah link langsung untuk mendownload filenya (unduhan akan berjalan saat Anda mengkliknya), bukan hanya alamat halaman download filenya saja.

Gambar Website VirusTotal Sebagai Tips Plus Tambahan Untuk Download Semua Jenis Macam File Di Internet
Gambar Website VirusTotal Sebagai Tips Plus Tambahan Untuk Download Semua Jenis Macam File Di Internet

Setelah itu, buka VirusTotal.com (alat Google yang dikembangkan sejak tahun 2012) di browser web Anda, paste (tempel) tautannya lalu lihat hasil scan atau pemindaiannya.

Penutup

Demikianlah tulisan yang dapat Kami bagikan kali ini, di mana Kami membahas mengenai Apa Saja Tips dalam Mengunduh atau Download Semua Jenis Macam File Secara Aman di Internet, Saat di Tempat Kerja atau di Rumah.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi Kita semua serta juga dapat menambah wawasan Kita semua, khususnya dalam bidang teknologi terkait keamanan internet.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian semua. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar