Ini 5 Tips dan Trik Cara Membuat Template Presentasi (Presentation Template) yang Baik dan Benar!

Gambar Dari Apa Saja Tips Trik Cara Membuat Template Presentation Template Baik Dan Benar
Gambar Dari Apa Saja Tips Trik Cara Membuat Template Presentation Template Baik Dan Benar

Apa Saja Tips dan Trik Cara Membuat Template Presentasi (Presentation Template) yang Baik dan Benar?

Oke, sebelumnya, perlu kalian ketahui bahwa dalam membuatnya, itu dibutuhkan nyali dan tekad yang kuat untuk merancang presentasi yang benar-benar mengagumkan.

Ya! Ada begitu banyak hal yang bisa membuat Anda salah saat membuat slide presentasi yang sempurna.

Sehingga, Anda harus berhati-hati saat mencoba membuat presentasi, baik itu menggunakan alat seperti Visme, Prezi, Keynote, Slides, Slidebean, Zoho Show, Google Slides, Canva, Beautiful.ai, Microsoft Sway, atau lainnya.

Tentu saja, Anda memiliki template (baca pembahasan template di sini) yang dapat dirancang dengan baik sangat penting untuk kesuksesan Anda.

Namun, alih-alih goyah dengan rancangan Anda dan putus asa untuk mendapatkan presentasi yang terlihat bersih dan profesional, perlu untuk diketahui bahwa Ada beberapa kebenaran mendasar untuk membuat presentation template yang luar biasa.

Yup! Berdasarkan hal tersebutlah, dalam postingan kali ini Kami akan membahas terkait apa saja kiat-kiat atau tips dan cara yang baik dan benar dalam membuat template presentasi.

Oke langsung saja, berikut ini ulasannya!

5 Kiat-Kiat, Tips, dan Cara Membuat Template Presentasi (Presentation Template) yang Hebat, Bagus, Baik, dan Benar

Ilustrasi Gambar Presentasi Seminar Offline Dalam Membahas Tips Trik Cara Membuat Template Presentation Template Baik
Ilustrasi Gambar Presentasi Seminar Offline Dalam Membahas Tips Trik Cara Membuat Template Presentation Template Baik

Gimana? Sudah penasaran dengan kiat-kiatnya?

Oke langsung saja, mari kita simak beberapa, tips, trik, dan cara membuatnya di bawah ini.

1. Membeli Template dari Desainer Profesional

Baik, kita mulai dengan yang pertama, yaitu adalah membeli template dari desainer professional.

Terutama jika Anda memiliki anggaran yang ketat, Anda mungkin tergoda untuk melakukannya sendiri dan berhadapan langsung dengan PowerPoint, Photoshop, serta beberapa alat yang sudah Kami sebutkan di atas sebelumnya, lalu mendesain template dari awal.

Masalahnya di sini adalah bahwa jika Anda adalah orang yang sibuk dan Anda memiliki proyek lain untuk dikerjakan, kemungkinan besar template slide (baca pengertian dan maksud slide di sini) apa pun yang Anda buat tidak ada di suatu tempat.

Well, mungkin font yang Anda pilih akan gagal untuk mencocokkan dengan benar.

Mungkin warna Anda terlihat seperti dipilih oleh orang awam yang tidak tahu seperti apa perpaduan warna yang baik.

Mungkin juga Anda memakukan kedua elemen itu tetapi Anda merusak template slide Anda dengan elemen pengalih perhatian yang tidak perlu yang mengambil dari titik fokus utama slide Anda.

Hmmm, serta, mungkin juga pemformatan Anda tidak cocok.

Apa pun itu, audiens Anda pastinya akan memperhatikannya.

Mengapa tidak menghemat waktu Anda dari kekhawatiran dan menyerahkan dasar-dasarnya kepada seorang profesional yang terlatih?

Banyak desainer grafis berspesialisasi dalam membuat slide PowerPoint, Google Slide, dan lainnya yang indah dan mulus, dan tidak memerlukan banyak biaya untuk mempekerjakan seseorang untuk melakukan desain yang berat untuk Anda.

Sumber daya yang hebat dan bahkan lebih baik lagi, gratis jika ada!

Untuk menelusuri template presentasi yang luar biasa mengagumkan adalah Graphic River, yang menawarkan penawaran hebat pada template presentasi slide selain berfungsi sebagai sumber daya umum yang berguna untuk berkonsultasi jika Anda memutuskan untuk melakukannya sendiri dan buat presentasi Anda sendiri dari awal.

Baca Juga :  Begini Cara Mendapatkan Sofware Secara Gratis (Jenis Apapun) serta Tips dalam Mencarinya!

Seperti kata beberapa banyak pakar, seniman terhebat adalah yang paling banyak mencuri!

Memang, Anda tidak perlu sepenuhnya menjiplak desain orang lain, tetapi jika Anda melihat elemen tertentu yang sangat Anda sukai, seperti tekstur cantik atau gradien indah yang menambah kedalaman pada sebuah image, Anda selalu dapat melakukan yang terbaik untuk mengubah apa yang Anda lihat.

Tapi serius lho, dengan tambahan puluhan ribu saja adalah investasi yang cukup bagus bagi Anda untuk mempertimbangkan beberapa template cantik yang sudah jadi di luar sana.

Ada desain yang sesuai dengan hampir semua selera, topik, dan nada, dari retro hingga korporat dan segala sesuatu di antaranya.

2. Memilih Tema Warna yang Sesuai

Kiat, tips, dan cara membuat template presentasi yang baik dan benar berikutnya adalah dengan memilih tema warna yang sesuai.

Yup! Warna adalah salah satu aspek besar yang membuat atau menghancurkan slide presentasi yang perlu Anda perhatikan.

Idealnya, warna yang Anda pilih akan cocok secara harmonis, secara umum, dan Anda dapat menggunakan naluri Anda untuk memastikan apakah kombinasi warna primer, sekunder, dan tersier yang Anda gunakan cocok.

Betul! Akan tetapi, pasti ada sumber daya lain yang dapat diandalkan jika Anda tidak yakin warna mana yang pergi ke mana.

Untuk memberi Anda gambaran tentang seperti apa harmoni warna, mari kita simak terus di bawah ini.

Oke, pertama-tama, Kami memilih warna primer yang kuat tanpa terlalu berlebihan atau norak agar kelihatas estetik.

Sebagai contoh misalnya seperti warnar hijau sejuk yang indah, seperti laut saat matahari terbit dan bersinar kuat, memberikan nada yang santai dan menyenangkan.

Warna oranye, secara teknis, di antara oranye dan sienna yang terbakar tersebut akan memainkan kesejukan yang terdapat pada warnar hijau serta memberikan sedikit kehangatan visual pada komposisi, yang tentunya akan menarik perhatian.

Pada akhirnya, warna abu-abu arang melengkapi ketiganya dan memberikan detail kecil untuk mengimbangi apa yang seharusnya menjadi pengaturan dua dimensi dan membosankan.

Untuk tulisannya, warna putih adalah warna utama untuk font itu sendiri, dan Anda akan melihat bahwa saya juga memasukkan putih ke dalam gambar pensil.

Menggunakan warna yang sama antara 2 (dua) elemen berbeda memperkuat integritas visual slide dan memberikan motif halus yang dimaksudkan untuk menyatukan desain secara keseluruhan.

Selanjutnya, Anda akan melihat dua area slide di mana nuansa berbeda dari warna yang sama digunakan.

Mulai dari kiri ke kanan, ada partisi diagonal di mana latar belakang hijau berubah dari gelap ke terang.

Juga, bagian bawah pensil tampak lebih gelap dari bagian atas.

Yup! Kedua gradasi warna ini digunakan untuk memberikan desain datar sedikit efek popping.

Tanpa itu, slide akan tampak sedikit lebih 2 (dua) dimensi daripada yang diinginkan.

3. Sembunyikan Elemen yang Mengganggu

Ilustrasi Gambar Menyembunyikan Elemen Atau Item Yang Mengganggu Dalam Membahas Tips Trik Cara Membuat Template Presentation Template Baik
Ilustrasi Gambar Menyembunyikan Elemen Atau Item Yang Mengganggu Dalam Membahas Tips Trik Cara Membuat Template Presentation Template Baik

Salah satu aspek terpenting dalam membuat template presentasi yang indah adalah menjaga hal-hal sesederhana mungkin.

Itulah mengapa sangat penting untuk menyembunyikan elemen pengganggu yang pada dasarnya tidak berguna kecuali untuk mengacaukan bidang visual slide Anda.

Baca Juga :  Inilah Pengertian Multichannel Marketing: Apa itu Pemasaran Multi Saluran? Tujuan, Manfaat dan Cara Membuat dan Perbedaannya dengan Omnichannel!

Dalam desain slide, lebih sedikit selalu lebih banyak, dan Anda harus mengikuti prinsip ini dengan kuat.

Yup! Slide perlu (layaknya) bernafas!

Mereka tidak perlu berantakan dengan memaksakan memasukkan salah satu dari berikut:

  • Logo perusahaan (terlepas dari halaman pertama, mungkin lebih baik).
  • Logo klien (juga bagus untuk disertakan sekali tetapi tidak lebih).
  • Alamat situs web (sertakan ini di slide cover, sampul, atau di slide “Hubungi Kami”).
  • Pertanyaan survei yang panjang (slide presentasi harus menghindari apa pun yang akan membuat orang tertidur, dan ini ada di urutan teratas daftar itu).

Jadi, pada saat Anda ingin mendesain templat presentasi yang bagus, jangan membuat kesalahan dengan berlebihan dan mencoba memasukkan gambar yang tampak pintar namun tidak perlu seperti logo atau foto atau apa pun di luar hal-hal penting.

Jika Anda benar-benar harus menyertakan banyak kekacauan visual, pertimbangkan untuk membuat lebih banyak slide dan menyebarkan gambar di atasnya dengan cara yang tidak terlalu terkonsentrasi.

Tidak ada yang salah dengan memiliki lebih banyak slide dengan lebih sedikit elemen.

Benar! Pasti akan ada masalah jika Anda memiliki lebih sedikit slide dengan lebih banyak elemen di dalamnya.

Di sisi lain, jika Anda juga perlu memiliki beberapa elemen visual yang keren di slide Anda.

4. Menggunakan Font yang Bagus untuk Dilihat

Kiat, tips, dan trik membuat template presentasi yang baik dan benar ke-4 (empat) yang akan Kami jelaskan di postingan kali ini adalah dengan memilih dan menggunakan font yang bagus untuk dilihat pastinya.

Ya! Anda tidak sekolah seperti di SMA, atau ketika saat kuliah lagi.

Anda tidak perlu menulis semuanya dalam font Times New Roman, Arial, atau Kalibri, serta Comic Sans.

Hal ini terutama berkaitan dengan pembuatan slide presentasi yang elegan dan enak dilihat.

Sebenarnya tidak sulit untuk menemukan font yang indah dan minimalis, dan Anda biasanya tidak perlu membayar apa pun untuk mengunduhnya.

Salah satu sumber terbaik untuk menemukan font adalah di situs Font Squirrel, yang memungkinkan Anda menelusuri koleksi besar font yang dirancang khusus oleh beberapa desainer grafis terbaik di luar sana.

Yang terbaik dari beberapa di antaranya, tidak ada biaya untuk mengunduh font di sana dan kemudian menerapkannya ke dalam slide presentasi Anda, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk memastikan bahwa slide Anda terlihat terbaik.

Alasan mengapa Anda ingin menggunakan font yang terlihat bagus dalam slide presentasi Anda adalah karena tidak peduli seberapa bagus ide Anda, jika disajikan dengan latar belakang putih polos dan di Helvetica saja, Anda akan kehilangan audiens (baca arti dan maksud kata audiens di sini) karena kebosanan yang menghancurkan.

Tetapi sebelum Anda menjadi terlalu kreatif, pertimbangkan juga bahwa menggunakan lebih dari dua font bukanlah ide yang baik.

Lebih dari itu tentunya akan menyebabkan “inkonsistensi” visual utama dalam desain Anda.

Saran Kami pribadi, pilihlah cukup 2 (dua) font saja yang saling melengkapi secara visual.

Sebagai contoh misalnya, gunakan sesuatu yang berani dan menarik untuk tajuk, dan jika Anda memiliki beberapa poin kecil di bawahnya, gunakan font yang elegan, ramping, dan mudah dibaca.

Baca Juga :  Memahami Pengertian HTML Attribute: Apa itu Atribut HTML? Tujuan dan Jenis, Karakteristik serta Bagaimana Tips Cara Menggunakannya yang Baik!

Anda juga harus memastikan bahwa font Anda tidak bertentangan satu sama lain.

Ini terjadi ketika Anda memilih font yang hampir identik atau dua font yang berbeda jauh, dan terlalu berbeda satu sama lain.

5. Jaga Semuanya Agar Tetap Selalu Konsisten

Kiat-kiat dalam membuat template presentasi yang baik terakhir yang dapat Kami bagikan di sini yaitu dengan menjaga semuanya agar tetap selalu terlihat konsisten.

Sangat bagus untuk memiliki berbagai tingkat kontras dalam pekerjaan Anda, tetapi ada hal seperti memiliki terlalu banyak variasi dalam slide presentasi Anda.

Ketika hal ini terjadi, itu terlihat seperti orang yang mencoba bersepeda satu arah melawan lalu lintas sambil menyeimbangkan membawa mangkuk di pangkuannya dan memainkan harmonika!

Dengan kata lain, itu tidak terlihat bagus tentunya!

Yup! Inkonsistensi dapat terjadi dalam satu slide, atau terkadang terjadi di seluruh presentasi, dari satu slide ke slide lainnya.

Ada banyak kesalahan umum yang diabaikan orang saat mereka membuat slide presentasi.

Kesimpulan

Baik, di atas adalah Apa Saja Tips dan Trik Cara Membuat Template Presentasi (Presentation Template) yang Baik dan Benar.

Sekarang Anda seharusnya memiliki gambaran yang cukup bagus tentang seperti apa tampilan slide yang baik dan benar, misalnya seperti yang tidak konsisten misalnya.

Yup! Jadi cobalah untuk tidak membuat kesalahan yang sama saat Anda mendesain presentasi berikutnya.

Selain itu, sekarang kalian pastinya juga sudah tahu apa yang diperlukan untuk membuat template presentasi yang sempurna, Kami harap Anda menangani presentasi besar berikutnya dengan penuh percaya diri.

Pertimbangkan untuk pergi ke situs yang banyak tersedia di internet seperti Graphic River dan pertimbangkan juga untuk mengambil template yang sudah jadi, atau sekarang setelah Anda mengetahui caranya, coba buat sendiri.

Tapi sebelum Anda melakukannya, izinkan Kami bertanya dulu, saat Anda membuat slide presentasi, apakah Anda memiliki sumber daya masuk yang Anda gunakan untuk memilih font, skema warna, atau template yang tepat?

Yup! Beritahu Kami, kita selalu bisa belajar lebih banyak!

Penutup

Demikianlah ulasan singkat yang dapat Kami ulas kali ini yang membahas mengenai Apa Saja Tips dan Trik Cara Membuat Template Presentasi (Presentation Template) yang Baik dan Benar.

Semoga tulisan ini dapat berguna dan dapat menambah wawasan kita semua terutama dalam merancang desain presentasi kalian, baik itu di tempat kerja maupun lainnya.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kmai disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman, kerabat dan rekan bisnis Anda sekalipun. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

2 Komentar

Tinggalkan Komentar