Ini Dia 5+ Tips Cara Melacak Orang Lewat atau dengan Melalui Alamat E-Mail Address!

Gambar Dalam Kiat Tips Cara Melacak Mencari Menemukan Orang Seseorang Semua Orang Siapa Pun Di Internet Lewat Atau Dengan Melalui Alamat E Mail Address
Gambar Dalam Kiat Tips Cara Melacak Mencari Menemukan Orang Seseorang Semua Orang Siapa Pun Di Internet Lewat Atau Dengan Melalui Alamat E Mail Address

Apa Saja Kiat, Tips, dan Cara Melacak Orang, Seseorang, atau Semua Orang Siapa Pun di Internet Lewat atau dengan Melalui Alamat E-Mail Address?

Baik, seperti yang sudah sering Kami bahas sebelumnya, khususnya di postingan terkait pembahasan mengenai dari e-mail, sebuah e-mail, surat, atau pos elektronik merupakan sarata dalam mengantar surat melalui jalur jaringan komputer.

Berbeda dengan cara manual atau konvensionalnya, yaitu dengan menggunakan surat asli surat elektronik atau e-mail umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan internet.

Yup! Seringkali ada banyak kejadian, skenario, dan waktu yang berbeda ketika kita benar-benar perlu mencari informasi tentang seseorang, tetapi yang kita ketahui tentang orang tersebut hanyalah alamat e-mail saja.

Jelas, cara termudah untuk mengetahui pengirim e-mail (lihat selengkapnya pengertian e-mail di sini) adalah dengan bertanya langsung kepada orang tersebut siapa mereka.

Baiklah, berkenaan akan hal tersebutlah, dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang bagaimana kiat, tips, dan cara yang dapat kita coba untuk melacak, mencari, menemukan orang dengan e-mail sebagai berikut.

Apa itu Pencarian Alamat E-Mail?

Sebelum kita memulai pembahasan tips dan trik caranya, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan pencarian alamat e-mail ini.

Pencarian e-mail mengacu kepada proses mendapatkan data pemiliknya, seringkali berupa profil atau alamat.

Untuk metodenya, seringkali ini dimungkinkan dengan menggunakan layanan pencarian e-mail terbalik atau yang lebih dikenal dengan istilah reverse e-mail lookup.

Itu merupakan layanan yang membantu orang mengetahui identitas dan latar belakang orang melalui alamat e-mail mereka.

Cara kerjanya yaitu, sistemnya akan meminta Anda untuk memasukkan alamat e-mail orang dan kemudian menunjukkan hasil yang cocok.

Aplikasi tersebut akan mengetahui nomor telepon alternatif dan akun media sosialnya yang akan mengarah pada identitas asli orang tersebut.

Ini membantu Anda mengetahui tentang siapa pun yang melecehkan Anda melalui e-mail atau perusahaan mana pun yang menanyakan detail pribadi Anda.

Selain itu, sebelum memercayai seseorang dengan dokumen atau informasi pribadi Anda, Anda perlu melakukan pencarian e-mail pada mereka.

Terkait dengan hal itu, ada juga istilah lainnya seperti e-mail tracking dan finder.

E-mail tracking adalah cara memantau pembukaan dan klik e-mail untuk menindaklanjuti prospek, pelamar kerja, dan mitra yang juga dapat disebut sebagai memeriksa metrik kampanye pemasaran e-mail Anda untuk meningkatkan kualitas dan efisiensinya.

Baca Juga :  Soft Copy: Apa itu Salinan Lunak dan Hard Copy? Fungsi dan Tujuan, Macam Perbedaan serta Cara Membuat Filenya!

Sedangkan pencari atau e-mail finder adalah alat yang memungkinkan memperoleh alamat e-mail yang pernah dipublikasikan di internet untuk tujuan penjangkauan.

Cara kerjanya biasanya mem-parsing atau parse halaman web HTML berarti memungkinkan memperoleh alamat e-mail yang pernah dipublikasikan di internet untuk tujuan penjangkauan.

5+ Kiat, Tips, dan Cara Melacak, Mencari, Menemukan Orang, Seseorang, Semua Orang Siapa Pun di Internet Lewat atau Melalui Alamat E-Mail Address

Ilustrasi Gambar Dalam Kiat Tips Cara Melakukan Pelacakan Pencarian Untuk Mengetahui Orang Seseorang Semua Orang Siapa Pun Di Internet Lewat Atau Dengan Melalui Alamat E Mail Address
Ilustrasi Gambar Dalam Kiat Tips Cara Melakukan Pelacakan Pencarian Untuk Mengetahui Orang Seseorang Semua Orang Siapa Pun Di Internet Lewat Atau Dengan Melalui Alamat E Mail Address

Oke langsung saja, mari kita lihat beberapa kiat, tips, dan cara mencari, atau menemukan orang lewat atau dengan melalui e-mail yang sudah Kami rangkum dengan penjelasan masing-masing metodenya di bawah ini.

1. Melakukan Analisis atau Menganalisa Alamat E-Mail Address

Oke, adapun cara untuk melacak orang, seseorang, atau semua orang di internet dengan melalui atau lewat alamat e-mail address pertama yang akan Kami jelaskan di sini yaitu dengan melakukan analisa atau menganalisa alamat e-mail address tersebut.

Sebelum memulai proses pencarian atau penyelidikan Anda, luangkan beberapa detik untuk menganalisis alamat e-mail dan lihat apakah Anda dapat menemukan petunjuk dari sana.

Orang mana pun itu, mereka sering menetapkan alamat e-mail dengan informasi seperti nama mereka, nama pengguna media sosial, atau nomor telepon.

Setiap informasi yang Anda temukan dari alamat e-mail tersebut dapat membantu mempersempit pencarian Anda.

Sebagai contoh misalnya alamatnya adalah [email protected], maka dapat kita katakan bahwa kemungkinan pemilik e-mail tersebut adalah orang yang berada di kota Amuntai, begitu juga jika ada kata Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jakarta, Yogyakarta, dan lain sebagainya.

Benar! Jadi jangan lupa untuk melihatnya terlebih dahulu.

Namun, jika alamat e-mail sangat abstrak (dalam artian susah dipahami), dan tidak ada cara untuk mengidentifikasi orang tersebut, baca terus dan cari tahu cara mendapati, mencari, menemukan, dan mengetahui orang atau siapa pun itu melalui alamat e-mail.

2. Gunakan Pencarian Reverse E-Mail Lookup

Cara berikutnya untuk menemukan semua orang, siapa pun itu melalui e-mail adalah dengan menggunakan pencari reverse e-mail lookup.

Menemukan orang secara online bisa sangat memakan waktu dan membingungkan, terutama jika yang Anda ketahui tentang orang itu hanyalah alamat e-mail.

Cara termudah dan paling efisien lainnya yang dapat kalian lakukan untuk mengetahui siapa yang memiliki alamat e-mail tersebut adalah seperti yang sudah Kami bahas sebelumnya di atas, yaitu dengan layanan pencarian surat elektronik terbalik khusus seperti BeenVerified, PeopleLooker, Spokeo, atau PeopleFinders.

Untuk caranya, pertama-tama kalian kunjungi terlebih dahulu situs website tersebut, lalu buat akun (jika diperlukan) dan mulai memasukkan alamat pos elektronik yang ingin kalian cari.

3. Telusuri Alamat E-Mail Address dengan Google (Googling)

Gambar Cara Melacak Mencari Atau Menemukan Orang Seseorang Atau Semua Orang Siapa Pun Dengan Menelusurinya Di Mesin Pencari Google Atau Googling
Gambar Cara Melacak Mencari Atau Menemukan Orang Seseorang Atau Semua Orang Siapa Pun Dengan Menelusurinya Di Mesin Pencari Google Atau Googling

Cara ke-3 (tiga) yang akan Kami jelaskan di postingan kali ini yaitu dengan menelusuri alamat e-mail address dengan Google atau Googling.

Ya! Google (baca selengkapnya pengertian Google di sini) tidak diragukan lagi adalah mesin pencari paling populer di dunia.

Baca Juga :  Penjelasan Pengertian Wearable: Apa itu Wearable Technology? Fungsi, Jenis dan Contoh, Dampak serta Kelebihan dan Kekurangannya!

Dalam hal ini, mereka dapat menjadi alat pencarian e-mail terbalik yang kuat, hebat, dan gratis tanpa akun yang mungkin membantu Anda melacak pengirim e-mail misterius.

Cukup cari alamat e-mail dengan Google dan itu akan mengambil hasil termasuk alamat e-mail jika ada yang pernah menyebutkannya secara online.

Kiat-kiat atau beberapa cara berikut (seperti gambar di atas) pastinya dapat berguna saat Anda melakukan penelusuran Google:

  • Letakkan tanda kutip di sekitar alamat e-mail orang tersebut.
  • Anda dapat coba mencari, seperti “[email protected]” dan Google pun akan mengembalikan hasil dengan alamat e-mail yang tepat dan menyaring yang tidak jelas.

Jika Anda mengetahui informasi lain tentang orang tersebut, seperti nama orang tersebut, tempat kerja, kota sekolah tempat tinggalnya, atau nomor telepon, pastikan Anda menambahkan informasi tersebut ke dalam kueri penelusuran.

Betul! Hal Ini akan membantu mempersempit pencarian Anda dan memberi Anda hasil yang lebih tepat.

Google kemungkinan akan memunculkan halaman web di mana alamat e-mail itu disebutkan.

Perlu Kami tekankan, jika orang tersebut tidak pernah menggunakan alamat e-mail di forum publik, metode ini mungkin akan mengecewakan Anda.

4. Cek, Lihat, dan Periksa Platform Media Sosial

Kemudian yaitu dengan mengecek, melihat, dan memeriksa berbagai macam platform social media atau media sosial di internet.

Meskipun tentu saja ada berbagai macam informasi online, tidak ada satu metode sederhana yang akan memberikan semuanya kepada Anda.

Menemukan seseorang secara online membutuhkan kesabaran dan usaha.

Jika pencarian Google Anda tidak berakhir dengan baik, Anda mungkin ingin memeriksa situs media sosial utama seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn untuk melihat apakah Anda dapat menemukan profil yang terhubung ke alamat e-mail.

Memang, tidak semua platform media sosial memungkinkan Anda mencari profil berdasarkan alamat e-mail.

Tapi jangan khawatir, cobalah ketikkan di pencariannya, dan lihat apa yang akan kalian temukan, sebagai contoh misalnya seperti gambar di bawah ini ketika Kami mencoba menuliskan “[email protected]”.

Gambar Hasil Pencarian Pada Platform Social Media Atau Media Sosial
Gambar Hasil Pencarian Pada Platform Social Media Atau Media Sosial

5. Lacak Alamat IP Address Pengirim

Kemudian, cara alternatif lainnya yang dapat kalian coba dalam kiat, tips, dan cara melacak, mencari, atau menemukan orang lewat atau dengan melalui e-mail adalah dengan melacak alamat IP address sender atau pengirim.

Secara teknis, header e-mail berisi informasi perutean dan metadata e-mail.

Yup! Ini merupakan informasi yang biasanya tidak Anda pedulikan, khususnya sebagai orang awam, tetapi sangat penting untuk menelusuri sumber e-mail.

Jika Anda telah menerima pesan elektronik dari pengirim yang tidak dikenal, lihat header e-mail dan cari alamat IP pengirimnya.

Proses pemeriksaan header e-mail lengkap di klien e-mail yang berbeda mungkin berbeda.

Untuk tutorial ini, Kami akan menunjukkan cara menemukan alamat IP pengirim di Gmail.

Mulai dengan membuka e-mail yang ingin Anda lacak, klik menu tarik-turun di sudut kanan atas, lalu pilih tampilkan asli dari menu, seperti gambar berikut.

Baca Juga :  Cara Download Lagu (Spotify, iTunes, YouTube Music, SoundCloud dan Lainnya) Gratis dengan Telegram!
Cara Pertama Melihat IP Pengirim E Mail Dengan Melihat Original Version Atau Versi Aslinya
Cara Pertama Melihat IP Pengirim E Mail Dengan Melihat Original Version Atau Versi Aslinya

Kemudian, pilih alamat Internet Protocol (IP) pengirim pada bagian seperti gambar di bawah ini.

Selanjutnya Maka Alamat IP Pengirim E Mail Akan Dapat Dilihat
Selanjutnya Maka Alamat IP Pengirim E Mail Akan Dapat Dilihat

Salin alamat IP dan tempel ke alat pencarian alamat IP, seperti pencarian alamat IP atau Cek WHOIS gratis Kami.

Meskipun Anda tidak akan dapat menemukan informasi mendetail tentang pemilik akun e-mail (misalnya, nama, info kontak) dari hasil, Anda dapat mengetahui perkiraan lokasi asal pengirim tersebut.

Kesimpulan

Oke baiklah, seperti yang sudah kalian baca, di atas adalah beberapa Kiat, Tips, dan Cara Melacak Orang, Seseorang, atau Semua Orang Siapa Pun di Internet Lewat atau dengan Melalui Alamat E-Mail Address.

Beberapa metode dan langkah di atas, pastinya dapat kalian coba untuk praktikkan sekarang juga untuk mengetahui siapa pun orang yang mengirim pesan elektronik atau e-mail ke akun, kotak masuk, atau inbox kalian.

Jika Anda telah menerima e-mail dari alamat e-mail yang tidak Anda kenal dan Anda ingin tahu lebih banyak tentang pengirimnya sebelum melanjutkan percakapan, mulailah penyelidikan Anda dengan pencarian gratis di Google dan media sosial untuk melihat apakah Anda dapat menemukannya pada profile (profil) atau bio yang ditautkan dengan alamat e-mail tersebut.

Selebihnya, jika Anda tidak mendapatkan hasil atau Anda kewalahan dengan hasil pencarian yang tidak jelas, kalian dapat mencoba menghubungi provider penyedia akun e-mail atau menggunakan jasa atau layanan pencarian alamat e-mail profesional untuk melacak orang tersebut secara efisien.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Kiat, Tips, dan Cara Melacak Orang, Seseorang, atau Semua Orang Siapa Pun di Internet Lewat atau dengan Melalui Alamat E-Mail Address.

Semoga tips dan trik yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi, social media, dan internet.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar