Membahas Pengertian NFC: Apa itu Near Field Communication? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Cara Menggunakan, Contoh serta Perbedannya dengan Bluetooth dan Wi-Fi!

0
Gambar Pengertian NFC Apa Itu Near Field Communication Sejarah Tujuan Dan Fungsi Cara Kerja Jenis Cara Menggunakan Contoh Serta Perbedaannya Dengan Bluetooth Dan Wi-Fi
Gambar Pengertian NFC Apa Itu Near Field Communication Sejarah Tujuan Dan Fungsi Cara Kerja Jenis Cara Menggunakan Contoh Serta Perbedaannya Dengan Bluetooth Dan Wi-Fi

Tahukah Anda, Pengertian NFC, Apa itu Near Field Communication? Sejarah, Cara Kerja, Tujuan dan Fungsi, Cara Menggunakan, Contoh serta Perbedaannya dengan Bluetooth dan Wi-Fi! Ya, secara teori, teknologi NFC dapat disematkan ke apa saja. Misalnya, praktik penggunaan tag NFC dapat dipakai di menu restoran untuk membuat versi yang paling baru tersedia segera di ponsel Anda. Betul! Yang perlu Anda lakukan adalah membawa smartphone (ponsel cerdas) Anda ke dalam kedekatan dengan menu fisik.

Dengan itu, maka Anda sudah dapat berpotensi menelusuri informasi yang lebih terperinci tentang item menu tertentu, seperti nilai gizi atau bahan dan lainnya. Untuk penggunaan pribadi, tag NFC juga dapat diatur untuk mengontrol perangkat dari ponsel Anda, misalnya memindai tag dengan ponsel Anda dapat mem-boot PC Anda serta banyak lagi hal lainnya. Berkenaan akan hal itu, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara detail dan lengkap tentang pengertian NFC (Near Field Communication). Mari simak ulasannya berikut ini!

Pengertian NFC

Merupakan singkatan dari Near Field Communication, NFC adalah teknologi nirkabel jarak pendek yang membuat smartphone, tablet dan device (perangkat) yang dapat dikenakan seperti kartu pembayaran, dan perangkat lainnya menjadi lebih canggih.

Near Field Communication atau Komunikasi jarak dekat adalah yang terbaik dalam bidang konektivitas.

Dengan NFC, Anda dapat mentransfer informasi (baca pengertian informasi disini) antar perangkat dengan cepat dan mudah dengan satu sentuhan saja, baik itu membayar tagihan, menukar kartu nama, mengunduh kupon, atau berbagi makalah penelitian.

Apa itu Near Field Communication?

Jadi apa sebenarnya itu yang dimaksud dengan Near Field Communication? Ya, seperti yang sudah Kami sebutkan di atas, istilah ini lebih dikenal dengan akronim “NFC” saja.

Sederhananya, NFC adalah metode transfer data nirkabel yang mendeteksi dan kemudian memungkinkan teknologi (selengkapnya tentang pengertian teknologi disini) dalam jarak dekat untuk berkomunikasi tanpa perlu koneksi internet.

Near Field Communication merupakan bentuk kemudahan, kecepatan, dan itu bekerja secara otomatis.

Near Field Communication (NFC) adalah seperangkat standar yang memungkinkan smartphone dan perangkat lain untuk berkomunikasi melalui sinyal radio ketika mereka berada dalam jarak dekat.

NFC bekerja mirip dengan RFID, meskipun NFC memiliki jangkauan yang jauh lebih pendek daripada RFID.

Adapun kisaran jarak yang digunakan oleh NFC yaitu sekitar 4cm, dimana hal tersebut membuatnya lebih sulit untuk didengarkan (terkait sinyalnya).

Ini teknologi yang dikembangkan untuk transfer data yang sangat dekat (hampir menyentuh level).

Mirip seperti Bluetooth tetapi bekerja untuk jarak yang sangat dekat.

Apa itu NFC Tag?

Kemudian ada juga NFC tag, ini adalah perangkat pasif, yang berarti bahwa mereka beroperasi tanpa daya sendiri dan bergantung pada perangkat aktif untuk mencapai jangkauan sebelum diaktifkan.

Perangkat-perangkat ini tidak dapat benar-benar memproses sendiri, alih-alih mereka hanya digunakan untuk mentransfer informasi ke perangkat aktif, seperti smartphone.

Sejarah NFC (Near Field Communication)

Agar lebih memahami tentang apa itu pengertian Near Field Communication (NFC), tentunya kita juga harus mengetahui sejarah awal dari hadirnya teknologi ini bukan?

Ya, Near Field Communication melacak akarnya kembali ke identifikasi frekuensi radio atau Radio Frequency Identification (RFID).

Memang, NFC sebenarnya adalah bagian dari RFID dengan jangkauan komunikasi yang lebih pendek untuk tujuan security (keamanan).

Pada tahun 2004, Nokia, Sony, dan Philips berkumpul untuk membentuk forum NFC.

Grup ini didedikasikan untuk mempromosikan keamanan, kemudahan penggunaan, dan popularitas komunikasi lapangan dekat yang lebih dikenal dengan istilah near field.

Ini bertujuan untuk mengedukasi bisnis tentang teknologi dan menjunjung tinggi standar yang memungkinkan NFC untuk beroperasi di antara berbagai perangkat.

Mereka yang ingin membuat perangkat yang sesuai dengan NFC harus memenuhi standar ini yang ditetapkan oleh forum NFC.

Hal ini memastikan bahwa setiap pengguna dengan perangkat NFC apa pun dapat menggunakannya dengan perangkat NFC lain atau tag NFC.

Meskipun forum NFC (Near Field Communication) tersebut dibentuk pada tahun 2004, kemudian pada tahun 2006 kelompok tersebut baru dapat menghasilkan set spesifikasi pertama untuk tag NFC.

Baca Juga :  Apa Itu Property dan Value? Ini Pengertian, Syntax (Sintaksis) dan Contohnya dalam Deklarasi atau CSS Declaration!

NFC tag adalah benda kecil, seperti stiker, yang berisi informasi yang dapat disadap oleh perangkat yang kompatibel dengan NFC, seperti smartphone (baca selengkapnya tentang apa itu smartphone disini), ketika melewati tag NFC.

Informasi pada tag tersebut biasanya memiliki format read-only (hanya dapat dibaca), tetapi tag tertentu memungkinkan perangkat membacanya untuk menulis informasi baru atau mengubah informasi lama pada tagnya.

Pada tahun 2006, spesifikasi untuk poster “smart” pun dibuat.

Smart poster menyimpan informasi yang dapat dibaca oleh perangkat yang kompatibel dengan NFC saat melewatinya.

Ini dapat memberikan semua informasi, seperti informasi tentang karya seni terkenal yang tergantung di museum atau biografi singkat kehidupan orang terkenal di poster dengan gambar mereka di atasnya.

Ponsel yang kompatibel dengan NFC (Near Field Communication) pertama, yaitu adalah Nokia 6131.

Seiring berlalunya waktu, semakin banyak spesifikasi yang muncul dan teknologi tumbuh dari metode pembayaran hingga berbagi video, tautan, dan undangan game antara telepon pintar dan perangkat NFC lainnya.

Android memproduksi ponsel NFC pertamanya, yaitu adalah Samsung Nexus S, pada tahun 2010.

Saat ini pasar teknologi NFC paling dominan berada di Eropa, Asia, dan Jepang, meskipun Amerika Serikat juga melihat pertumbuhan yang cepat di bidang ini.

Diperkirakan bahwa NFC akan segera berkembang menjadi bentuk pembayaran dan teknologi pertukaran data yang populer di Amerika Serikat terutama di tahun 2020 sekarang dan yang akan datang.

Tujuan dan Fungsi NFC

Kemudian, dalam membahas arti apa itu Near Field Communication atau NFC, penting bagi kita untuk juga mengetahui terkait tujuan dan fungsinya.

Seperti yang sudah Kami singgung di atas, meskipun komunikasi NFC mungkin mirip dengan Bluetooth dan Wi-Fi, salah satu pembeda utamanya yaitu adalah bahwa NFC memiliki jarak transmisi sangat terbatas kurang lebih sekitar 4cm.

Meskipun ini mungkin awalnya terdengar seperti kerugian, transmisi jarak dekat ini sangat ideal untuk security (keamanan) dan transfer data person-to-person (orang ke orang) dimana hal tersebut merupakan tujuan utama dari NFC.

Near Field Communication tidak hanya nyaman, tetapi juga intuitif untuk perangkat yang didukung, secara inheren aman karena transmisi jarak pendek yang terbatas dan dapat dioperasikan dengan teknologi tanpa kontak lainnya seperti RFID.

Lalu, untuk fungsinya sendiri, adapun beberapa fungsi umum NFC (Near Field Communication) yang harus kalian ketahui adalah sebagai berikut:

  • Dapat mengirim nomor telepon.
  • Juga bisa mengirim gambar.
  • Mengirimkan document (dokumen).
  • Pengguna juga dapat mengirim petunjuk arah.
  • Memasang dan menjalankan (meluncurkan) aplikasi di ponsel orang lain.
  • Melakukan pembayaran (ini merupakan fungsi yang sering digunakan)
  • Serta dapat terhubung dengan NFC tag.

Cara Kerja NFC atau Near Field Communication

Ilustrasi Gambar Cara Kerja NFC Dan Jenis Jenis Mode Near Field Communication Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya
Ilustrasi Gambar Cara Kerja NFC Dan Jenis Jenis Mode Near Field Communication Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya

Setelah kita mengetahui apa pengertian dan arti NFC atau Near Field Communication, pada subbagian ini, Kami akan menjelaskan tentang seperti apa prinsip dan cara kerja teknologi ini.

Adapun teknologi yang terlibat disini terbilang relatif sangat sederhana yaitu berevolusi dari teknologi identifikasi frekuensi radio atau Radio Frequency Identification (RFID).

RFID merupakan sebuah chip NFC beroperasi sebagai salah satu bagian dari tautan nirkabelnya.

Setelah diaktifkan oleh chip lain, sejumlah kecil data (baca pengertian data disini) antara kedua perangkat dapat ditransfer ketika dipegang beberapa sentimeter dari satu sama lain.

Tidak perlu memasangkan kode untuk menghubungkan dan karena menggunakan chip yang beroperasi pada daya yang sangat rendah (atau pasif yang menggunakan lebih sedikit daya), hal ini jauh lebih hemat daya daripada jenis komunikasi nirkabel lainnya.

Pada intinya, NFC berfungsi untuk mengidentifikasi kita dengan kartu dan perangkat yang diaktifkan (dan dengan ekstensi, rekening bank atau informasi pribadi lainnya).

Benar, kalau Kami jelaskan seperti itu, maka pada dasarnya cara kerjanya adalah sama seperti Bluetooth dan Wi-Fi, dan segala macam sinyal nirkabel lainnya.

NFC bekerja berdasarkan prinsip pengiriman informasi melalui gelombang radio.

Kepanjangan Near Field Communication dari singkatan NFC ini adalah standar lain untuk transisi data nirkabel.

Hal itu berarti bahwa setiap device (perangkat) harus mematuhi spesifikasi tertentu untuk dapat saling berkomunikasi dengan benar.

Frekuensi transmisi untuk data lintas NFC adalah 13,56 Megahertz.

Dengan itu, Anda dapat mengirim data pada 106, 212, atau 424 KyloBite (KB) per detik.

Benar, itu terbilang cukup cepat untuk serangkaian transfer data dari detail kontak hingga pertukaran gambar dan musik.

Baca Juga :  Ini Penjelasan Processor: Sejarah, Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Komponen dan Tips Memilih Merknya!

Jenis-Jenis Mode Near Field Communication (NFC)

Selain membahas tentang pengertian dan apa itu Near Field Communication, Kami juga akan menjelaskan tentang apa saja jenis dan macam mode yang digunakan dalam NFC terkait operasi dan transfer datanya.

Perlu untuk diketahui bahwa NFC (Near Field Communication) ini dapat berjalan melalui 3 (tiga) mode, yaitu adalah sebagai berikut.

a. Peer-To-Peer

Jenis mode NFC atau Near Field Communication yang pertama adalah peer-to-peer.

Untuk menentukan jenis informasi apa yang akan dipertukarkan antar perangkat, standar NFC saat ini memiliki beberapa mode operasi yang berbeda.

Mungkin yang paling umum digunakan dalam smartphone adalah mode peer-to-peer, ini memungkinkan 2 (dua) perangkat berkemampuan NFC untuk saling bertukar informasi antara satu sama lain.

Dalam mode ini kedua perangkat beralih antara active (aktif) saat mengirim data dan passive (pasif) saat menerima.

b. Read and Write

Jenis mode operasi serta transfer data Near Field Communication selanjutnya yaitu adalah mode read and write.

Mode NFC ini dapat memungkinkan perangkat untuk membaca informasi yang disimpan pada tag NFC yang biasanya disematkan pada label serta smart poster (poster pintar).

c. Card Emulation

Mode operasi Near Field Communication terakhir yaitu adalah card emulation atau emulasi kartu.

Perangkat NFC dapat berfungsi sebagai kartu kredit cerdas atau tanpa kontak dan melakukan pembayaran atau memanfaatkan sistem transportasi umum.

Cara Menggunakan NFC (Near Field Communication)

Lalu, bagaimana cara untuk menggunakan NFC atau Near Field Communication ini?

Oke, selain membagikan konten dengan perangkat berkemampuan NFC lainnya, Anda juga dapat menggunakan NFC untuk mengonfigurasi pengaturan ponsel atau tablet Anda hanya dengan satu ketukan.

Anda dapat melakukan ini dengan mengetuk perangkat berkemampuan NFC terhadap NFC tag yang diprogram.

Tag NFC merupakan chip NFC yang tidak berdaya (pasif), yang cukup kecil untuk disematkan pada item seperti poster, film, kartu nama, botol obat, stiker, gelang, dan banyak lagi yang lainnya.

Sebuah microchip dapat menyimpan potongan kecil data, yang dapat dibaca oleh perangkat berkemampuan NFC.

Tag NFC yang berbeda memiliki kapasitas memori yang berbeda.

Anda dapat menyimpan berbagai tipe data pada tag NFC, seperti URL, info kontak, atau bahkan perintah dan pengaturan yang dapat dijalankan oleh perangkat yang membaca saat kontak.

Untuk membaca data dari atau menulis data ke tag NFC tersebut, Anda memerlukan aplikasi membaca tag NFC atau menulis tag, seperti aplikasi Trigger.

Tag yang diprogram menggunakan aplikasi ini hanya dapat dibaca oleh perangkat yang memasang aplikasi yang sama dengannya.

Anda dapat memprogram tag NFC untuk melakukan tugas-tugas seperti membuka halaman web, mengkonfigurasi pengaturan telepon, atau bahkan mengirim teks hanya dengan mengetuk perangkat terhadap tag.

Jadi, misalnya, Anda mungkin ingin memprogram tag NFC untuk digunakan ketika Anda mencapai kantor, di mana Anda perlu ponsel Anda diatur ke mode getaran, Wi-Fi diaktifkan, dan Bluetooth tidak aktifkan.

Cukup ketuk kembali perangkat Anda terhadap tag yang diprogram, dan perangkat akan melakukan tugas yang diprogram ke dalam tag.

Contoh NFC (Near Field Communication)

Ilustrasi Gambar Contoh NFC Atau Near Field Communication Dalam Membahas Pengertian Medan Komunikasi Dekat
Ilustrasi Gambar Contoh NFC Atau Near Field Communication Dalam Membahas Pengertian Medan Komunikasi Dekat

Agar lebih melengkapi pemahaman kita tentang arti NFC atau Near Field COmmunication ini, maka kita juga harus mengetahui seperti apa contohnya.

Ya, software (perangkat lunak) seperti Android Beam menggunakan NFC untuk memungkinkan pemasangan dan membuat koneksi Bluetooth saat melakukan transfer file dan kemudian menonaktifkan Bluetooth di kedua perangkat setelah selesai.

Nokia, Samsung, BlackBerry dan Sony juga telah menggunakan teknologi NFC ini untuk memasangkan headset Bluetooth, pemutar media dan speaker dengan satu ketukan.

Berikut adalah beberapa contoh NFC (Near Field COmmunication) dan penggunaan NFC tag-nya yang unik dan menarik:

  1. Programmable Samsung TecTile NFC Tag; Ini adalah tag NFC pintar yang dapat Anda program untuk melakukan banyak hal berbeda.
  2. Sony Xperia Smart Tags; Ini sepenuhnya dapat diprogram, memberi Anda kesempatan untuk mengatur ponsel Anda untuk membisukan di kamar tidur atau ruang rapat, menyalakan alarm atau pengingat, menghidupkan atau mematikan Wi-Fi.
  3. Nokia; Nokia mempromosikan penggunaan NFC pada ponselnya melalui tag di arena publik. Misalnya, seperti ketuk tampilan produk di toko dan kemudian lihat apa baju apa yang muncul atau unduh trailer atau cuplikan film dari poster serta dapatkan petunjuk arah ke restoran dari iklan yang interaktif.
  4. NFriendConnector; Ini memungkinkan integrasi transaksi sosial offline pengguna dengan jaringan sosial online mereka menggunakan ponsel.
Baca Juga :  10 Teknologi Otomotif Terbaik dan Terbaru Tahun 2019

Perbedaan NFC dengan Bluetooth dan Wi-Fi

Kemudian, bagaimana cara membandingkan NFC (Near Field COmmunication) dengan teknologi nirkabel seperti Bluetooth atau Wi-Fi yang lainnya?

Anda mungkin berpikir bahwa NFC sedikit tidak perlu, mengingat Bluetooth telah tersedia secara luas selama bertahun-tahun.

Namun, ada beberapa perbedaan teknologi penting antara keduanya yang memberi NFC beberapa manfaat signifikan dalam keadaan tertentu.

Argumen utama yang mendukung NFC yaitu bahwa dia membutuhkan konsumsi daya yang jauh lebih sedikit daripada Bluetooth.

Hal ini membuat NFC sempurna untuk menjadi perangkat passive (pasif), seperti tag dalam poster iklan yang disebutkan sebelumnya, karena mereka dapat beroperasi tanpa sumber daya utama.

Teknologi yang digunakan dalam NFC didasarkan pada gagasan RFID (Radio Frequency Identification) yang lebih lama, dimana mereka menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirimkan informasi.

Hal ini menandai satu perbedaan utama antara NFC denga Bluetooth dan Wi-Fi.

Ini dapat digunakan untuk menginduksi arus listrik dalam komponen pasif serta hanya mengirim data saja.

Mereka bisa ditenagai oleh medan elektromagnetik yang dihasilkan oleh komponen NFC yang active (aktif) ketika datang ke dalam jangkauannya.

Sayangnya, teknologi NFC tidak memerintahkan induktansi yang cukup untuk mengisi daya smartphone kita, tetapi pengisian daya dalam teknologi QI Charge didasarkan pada prinsip yang sama.

Memang, penghematan daya ini memang memiliki beberapa kelemahan utama.

Terutama, jangkauan transmisi jauh lebih pendek daripada Bluetooth.

Sementara NFC memiliki jangkauan yang kurang lebih sekitar 10 cm dan hanya beberapa inci saja, koneksi Bluetooth dapat mengirimkan data hingga 10 meter atau lebih dari sumbernya.

Kelemahan lainnya adalah NFC sedikit lebih lambat dari Bluetooth.

Ini mentransmisikan data pada kecepatan maksimum hanya 424 Kbit/s, dibandingkan dengan 2.1 Mbit/s dengan Bluetooth 2.1 atau sekitar 1 Mbit/s dengan Bluetooth Low Energy.

Terlepas daripada hal itu, NFC memiliki satu keunggulan utama lainnya yaitu konektivitas yang lebih cepat.

Karena penggunaannya yang induktif, dan tidak adanya pemasangan manual, dibutuhkan kurang dari sepersepuluh detik untuk membuat koneksi antara dua perangkat.

NFC sangat berguna untuk skenario tertentu terutama pembayaran seluler atau mobile payment.

Samsung Pay, Android Pay, dan bahkan Apple Pay menggunakan teknologi NFC.

Namun tetap, Bluetooth bekerja lebih baik untuk menghubungkan perangkat bersama-sama untuk transfer file, berbagi koneksi ke speaker, dan banyak lagi lainnya.

Kami pribadi menganggap bahwa NFC akan selalu mendapat tempat di dunia ini berkat pembayaran seluler teknologi yang dapat dikatakan berkembang dengan pesat.

Kesimpulan

Bagaimana, sudah cukup jelas bukan? Oke baiklah, berdasarkan penjelasan pembahasan Pengertian NFC, Apa itu Near Field Communication? Sejarah, Cara Kerja, Tujuan dan Fungsi, Cara Menggunakan, Contoh serta Perbedaannya dengan Bluetooth dan Wi-Fi di atas, dapat kita simpulkan bahwa komunikasi medan dekat Near Field Communication atau NFC adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan perangkat berbagi informasi hanya dengan menempatkannya di samping perangkat antara satu sama lainnya.

Anda dapat menggunakan NFC untuk mengirim file, foto, dan video, mentransfer kontak, berbagi aplikasi, dan melakukan pembayaran tanpa kontak antara perangkat seluler berkemampuan NFC. Ini menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirim dan menerima data melalui gelombang radio dengan kecepatan tinggi ketika memegang smartphone yang berdekatan.

Penutup

Demikianlah tulisan yang dapat Kami bagikan dalam postingan kali ini, dimana Kami membahas tentang Pengertian NFC, Apa itu Near Field Communication? Sejarah, Cara Kerja, Tujuan dan Fungsi, Cara Menggunakan, Contoh serta Perbedaannya dengan Bluetooth dan Wi-Fi. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan Kita semua terutama yang terpenting dalam memahami Istilah-Istilah teknologi yang harus dipahami dalam pembelajaran teknologi informasi.

Jangan lupa share artikel atau tulisan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan dan partner kerja kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar