Internship: Apa itu Magang? Ini Tujuan dan Fungsi, Manfaat, Jenis, Macam, Tips serta Kenapa itu Penting!

0
Gambar Dari Pengertian Internship Apa Itu Magang Atau Intern Tujuan Dan Fungsi Manfaat Jenis Pengalaman Macam Ciri Karakteristik Tips Cara Menemukan Dan Mendapatkan Serta Pentingnya
Gambar Dari Pengertian Internship Apa Itu Magang Atau Intern Tujuan Dan Fungsi Manfaat Jenis Pengalaman Macam Ciri Karakteristik Tips Cara Menemukan Dan Mendapatkan Serta Pentingnya

Mengenal Pengertian Internship, Apa itu Magang (Intern)? Tujuan, Fungsi, Manfaat, Jenis Pengalaman, Macam Ciri dan Karakteristik, Tips serta Kenapa itu Penting!

Benar, pengalaman menjadi faktor penting bagi pemberi kerja saat memutuskan siapa yang akan bekerja.

Sangat disarankan agar siswa dan lulusan mengambil kesempatan untuk menyelesaikan periode pengalaman kerja untuk memastikan mereka memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan yang lain.

Ya! Di situlah magang dapat membuat perbedaan.

Saat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan lulusan meningkat, siswa perlu memikirkan cara baru untuk membedakan diri mereka dari semua kandidat lain yang memiliki kualifikasi dan keterampilan yang sama.

Lulusan yang memiliki pengalaman kerja yang relevan cenderung lebih dihargai oleh pemberi kerja.

Oke baiklah, terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih lengkap dan detail tentang apa itu pengertian internship atau magang secara lebih detail dan lengkap.

Langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Internship

Berarti magang (dalam bahasa Indonesia), internship adalah istilah yang mengacu pada periode pengalaman kerja yang ditawarkan oleh pemberi kerja untuk memberikan siswa dan lulusan paparan lingkungan kerja.

Internship atau intern seringkali dilaksanakan dalam industri tertentu yang berkaitan dengan bidang studi mereka.

Berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs AllAboutCareers, mereka menjelaskan bahwa kegiatan magang, itu seringkali bisa sesingkat 1 minggu (seminggu) hingga, atau selama 12 (dua belas) bulan.

Orang yang magang, atau anak magang, mereka bisa dibayar atau sukarela, namun, sebelum Anda memulai magang, penting untuk mengetahui hak-hak Anda melakukan pekerjaan sebenarnya terkait dengan pembayaran.

Apa itu Magang (Intern)?

Gambar Apa Itu Magang Atau Intern Serta Tujuan Fungsi Serta Manfaat Dalam Pengertian Dan Melakukan Praktik Internship
Gambar Apa Itu Magang Atau Intern Serta Tujuan Fungsi Serta Manfaat Dalam Pengertian Dan Melakukan Praktik Internship

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan magang atau intern ini?

Benar! Seperti yang sudah Kami sebutkan di atas, istilah ini lebih dikenal dengan sebutan internship dalam dunia bisnis global.

Magang adalah pengalaman kerja jangka pendek yang ditawarkan oleh perusahaan dan organisasi lain untuk orang-orang yang biasanya mahasiswa atau siswa sekolah untuk mendapatkan eksposur tingkat awal ke industri atau bidang tertentu.

Intern atau magang ini merupakan pengalaman belajar sekaligus pekerjaan.

Yup! Idealnya, magang menghabiskan waktu mereka mengerjakan proyek yang relevan, belajar tentang lapangan, membuat koneksi industri dan mengembangkan keterampilan hard (keras) dan soft (lunak) skill.

Magang terkadang bahkan mengarah pada tawaran pekerjaan penuh waktu.

Magang (intern), ini menawarkan kepada pemberi kerja kesempatan untuk membawa ide dan energi baru ke tempat kerja, mengembangkan bakat dan berpotensi membangun jalur untuk karyawan penuh waktu di masa depan.

Tujuan dan Fungsi Internship atau Magang

Agar lebih memahami tentang apa itu pengertian internship atau magang, maka pastinya kita juga harus mengetahui apa tujuan dan fungsinya secara khusus.

Benar, selain daripada apa yang sudah Kami sebutkan di atas, magang juga memungkinkan Anda untuk melihat seperti apa pengaturan pekerjaan dan apakah itu adalah tempat yang dapat Anda bayangkan untuk menghabiskan karier Anda.

Sebagai contoh misalnya jika Anda akan magang di stasiun berita, maka Anda akan dapat menentukan apakah Anda menyukai suasana program berita televisi yang cepat dan aktivitasnya sibuk.

Atau, seperti jika Anda magang (internship) di perpustakaan penelitian (research) atau pada bagian programming (baca pengertian programming disini), Anda mungkin menemukan pekerjaan yang sunyi (hening) dan menyendiri dalam kesehariannya.

Melalui magang, Anda meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda.

Melakukan hal itu memberi Anda kepercayaan diri yang lebih besar dan rasa pencapaian yang akan membuat calon pemberi kerja bersemangat melihatnya.

Saat Anda menyelesaikan magang, Anda juga dapat meningkatkan keterampilan komunikasi, organisasi dan kerja tim yang semuanya akan berguna untuk posisi masa depan Anda.

Tujuan magang juga untuk membantu Anda membuat koneksi yang berguna.

Yup! Orang atau bagian yang mengelola Anda selama magang dapat menjadi mentor, yang dapat memberikan informasi bermanfaat dan yang dapat membantu membimbing Anda selama karier Anda.

Anda dapat menggunakannya sebagai referensi untuk pekerjaan masa depan, karena mereka telah melihat Anda beraksi dan mereka mengetahui kompetensi Anda.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Technopreneur (Teknopreneur): Apa itu Technopreneurship? Sejarah, Ciri dan Karakteristik, Contoh serta Cara Menjadi Teknopreneur yang Sukses!

Kemudian, terkait fungsinya sendiri, perlu kalian ketahui bahwa tugas harian seorang magang (biasanya disebut dengan anak magang di Indonesia) dapat sangat bervariasi, bahkan dalam industri yang sama.

Betul! Ini sebagian besar tergantung pada perusahaan itu sendiri.

Dalam beberapa kegiatan magang, Anda mungkin lebih fokus pada tugas-tugas administratif.

Namun di sisi lain, Anda akan menjadi bagian penting dari tim, memberikan kontribusi besar bagi perusahaan.

Menurut undang-undang pemerintah sendiri, magang seharusnya lebih menguntungkan siswa daripada perusahaan, kecuali jika siswa tersebut dibayar.

Dalam beberapa kasus, magang bahkan dapat mengarah pada posisi yang permanen.

Banyak perusahaan membawa beberapa pekerja magang yang telah mereka gunakan dan mempekerjakan mereka untuk posisi penuh waktu, asalkan mereka memiliki posisi yang tersedia.

Setelah perusahaan mengenal Anda dan melihat bahwa Anda tertarik pada suatu pekerjaan dan Anda terampil, mereka kemungkinan besar akan mempekerjakan Anda untuk tim mereka.

Anda dapat melakukan satu atau beberapa magang untuk mencari tahu apakah karier tepat untuk Anda.

Semakin banyak magang yang Anda lakukan, semakin banyak pengalaman, keterampilan, kepercayaan diri, dan koneksi yang Anda dapatkan.

Ini semua dapat menempatkan Anda di depan kurva saat memasuki pasar kerja, baik saat keluar dari sekolah atau saat berganti karier.

Manfaat Melakukan Internship

Seperti yang sudah Kami jelaskan dalam arti dari internship di atas, sebagai seorang siswa sekolah atau mahasiswa, kalian pastinya sudah dapat melihat berbagai macam manfaat yang akan kalian dapatkan bukan?

Benar! Setelah magang sukses dan berhasil, bukan hal yang aneh bagi pemberi kerja untuk menawarkan pekerjaan penuh waktu kepada magang mereka.

Banyak CEO dan founderfounder startup atau perusahaan terkenal yang menggunakan magang sebagai masa percobaan dan sudah memiliki rencana untuk merekrut secara permanen.

Oleh karena itu, Anda harus membuat kesan yang baik, seperti hadir tepat waktu, menunjukkan sikap antusias dan fleksibilitas, kemampuan beradaptasi serta komitmen Anda.

Hasil dari survei terbaru yang dilakukan menurut para pakar dan ahli membuktikan bahwa magang memang menciptakan lapangan kerja bagi lulusan.

Hal ini menunjukkan bahwa 81% (persen) pekerja magang sekarang bekerja dan 74% (persen) dari mereka bekerja tetap atau dalam kontrak jangka panjang.

Dari jumlah tersebut, 68% (persen) percaya bahwa magang membantu mereka mendapatkan posisi saat ini dan 33% (persen) yang mengesankan masih bekerja dengan organisasi magang.

Menurut pengalaman Kami pribadi, jika Anda bersedia menunjukkan tindakan inisiatif, antusiasme, dan kerja keras, Anda akan diberi kesempatan lebih lanjut untuk dapat lebih berkembang.

Jenis Pengalaman yang Kita Dapatkan dalam Internship

Dalam membahas tentang apa itu arti internship, dalam subbagian ini, Kami juga akan menjelaskan beberapa hal terkait apa saja jenis-jenis pengalaman yang akan kita dapatkan dalam proses dan praktik magang.

Well, terlepas dari kapan magang (internship) berlangsung atau berapa bayarannya, jenis dari pengalaman-pengalaman di bawah ini dapat memberi Anda sejumlah peluang yang tak ternilai, mereka adalah:

  • Mempelajari tentang lingkungan kerja yang berbeda dan rasakan “dunia nyata”.
  • Membangun keterampilan baru dan sesuaikan keterampilan yang sudah Anda miliki.
  • Memperluas jaringan profesional Anda, dapatkan kontak dan pemberi rekomendasi di masa mendatang.
  • Mendapatkan berbagai macam manfaat dari bimbingan pribadi.
  • Memahami apa yang terjadi di beberapa departemen di sebuah perusahaan.
  • Dapat mencoba berkarier tanpa harus membuat komitmen penuh.
  • Memungkinkan untuk mendapatkan kredit dari universitas atau perguruan tinggi (jika magang tidak dibayar).
  • Mengubah magang menjadi peluang kerja penuh waktu setelah lulus kuliah.

Memang, tidak setiap magang itu sama, dan apa yang Anda lakukan sehari-hari dapat sangat bervariasi tergantung pada perusahaan.

Yang paling penting adalah memahami apa yang akan Anda dapatkan dari magang dan memeriksa apakah itu sejalan dengan tujuan karier Anda.

Beberapa di antaranya mungkin memberi Anda lebih banyak pengalaman langsung dan yang lain mungkin memberikan kesempatan untuk membayangi eksekutif kunci atau mengambil bagian dalam pertemuan mingguan.

Satu perusahaan mungkin menawarkan Anda kesempatan untuk mendalami satu proyek dan mempresentasikan temuan Anda kepada pimpinan perusahaan, sedangkan yang lainnya mungkin memberi Anda kesempatan untuk bekerja lintas departemen, memberi Anda eksposur yang luas ke banyak bagian perusahaan sekaligus.

Yup! Menanyakan pada diri sendiri apa yang ingin Anda hasilkan dari magang sangat penting untuk mengetahui apa yang paling cocok untuk Anda.

Macam Ciri dan Karakteristik Internship (Magang) yang Baik

Selain dari pengertian internship dan jenis-jenis pengalamannya di atas, lalu seperti apakah ciri dan karakteristik dari proses atau praktik magang yang baik?

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Peopleware: Apa itu Peopleware? Sejarah, Tujuan dan Contohnya!

Sekali lagi, perlu Kami tekankan disini bahwa magang menawarkan siswa kesempatan langsung untuk bekerja di bidang yang mereka inginkan.

Mereka mempelajari bagaimana program studi mereka berlaku di dunia nyata dan membangun pengalaman berharga yang menjadikan mereka kandidat yang lebih kuat untuk pekerjaan setelah lulus.

Adapun ciri dan karakteristik dari internship atau proses dan praktik magang yang baik dan harus kalian ketahui adalah sebagai berikut:

  • Menjadi pengalaman belajar yang meluas dari ruang kelas hingga industri pilihan Anda, memberi Anda kesempatan untuk menerapkan pengetahuan Anda di tempat kerja
  • Bermanfaat bagi Anda, jadi Anda tidak hanya melakukan tugas-tugas biasa yang menguntungkan perusahaan tempat Anda magang sendiri.
  • Membangun keterampilan yang dapat dipindahtangankan yang akan membantu Anda dalam lingkungan kerja apa pun di masa depan.
  • Memiliki tanggal mulai dan akhir, dan deskripsi pekerjaan yang menguraikan peran Anda.
  • Memiliki tujuan yang jelas yang mendukung program studi Anda.
  • Diawasi oleh seorang profesional dengan keahlian di bidang Anda yang memberikan umpan balik (feedback) rutin tentang pengalaman Anda.
  • Menyediakan sumber daya untuk membantu Anda belajar saat Anda sedang bekerja.

Tips Cara Menemukan dan Mendapatkan Magang (Internship)

Ilustrasi Gambar Tips Cara Menemukan Dan Mendapatkan Kesempatan Magang Serta Kenapa Internship Itu Penting
Ilustrasi Gambar Tips Cara Menemukan Dan Mendapatkan Kesempatan Magang Serta Kenapa Internship Itu Penting

Setelah Anda tahu apa itu arti dan pengertian magang serta jenis pengalaman dan macam-macam ciri internship yang baik dan berkualitas, sekarang Anda pastinya juga mungkin bertanya-tanya bagaimana tips cara menemukan dan mendapatkannya.

Oke langsung saja, berikut 3 (tiga) cara yang dapat kalian gunakan untuk menemukan peluang magang (internship):

1. Menggunakan Sumber Daya Sekolah atau Kampus

Tips cara untuk menemukan dan mendapatkan kesempatan magang pertama yang dapat kalian ikuti yaitu dengan menggunakan sumber daya sekolah atau kampus.

Jika Anda seorang pelajar, kunjungi pusat karier kampus Anda dan cari tahu cara menghadiri pameran karier dan ambil bagian dalam perekrutan di kampus.

Disana mungkin juga ada papan pekerjaan untuk siswa di sekolah atau universitas Anda.

Betul! Para perusahaan ini secara khusus mencari siswa dari sekolah Anda!

Manfaatkanlah koneksi universitas itu sebaik-baiknya dan manfaatkan betapa nyamannya jika mereka (khususnya bagian HRD) mendatangi Anda.

2. Menggunakan Internet

Tips cara berikutnya yaitu dengan menggunakan internet.

Seperti yang mungkin sudah kalian duga, ada banyak sumber daya online di internet (baca pengertian internet disini) juga yang menampilkan postingan pekerjaan dan magang (internship) bersama dengan profil perusahaannya untuk membantu Anda mempelajari organisasi dan budaya mereka.

Memang, menelusurinya secara online dengan menggunakan internet bisa menjadi sangat melelahkan, jadi yang terbaik adalah memikirkan apa yang Anda cari, seperti “magang manajemen produk” atau “magang editorial”.

Well, ini berlawanan dengan intuisi, tetapi semakin Anda mempersempit penelusuran, penelusuran itu akan semakin mudah dikelola.

Anda selalu bisa tetap terbuka untuk peluang lain saat proses berlangsung, tetapi mulailah dengan tujuan yang jelas.

3. Melihat Perusahaan atau Organisasi Favorit

Tips cara mendapatkan dan menemukan kesempatan internship terakhir yang dapat Kami jelaskan disini, yaitu dengan melihat organisasi favorit Anda sendiri.

Betul! Setiap orang memiliki beberapa perusahaan impian mereka.

Jika Anda tidak yakin pasti magang seperti apa yang ingin Anda kejar, arah lain yang dapat Anda tuju adalah memeriksa perusahaan terlebih dahulu.

Buka langsung situs web perusahaan target Anda dan lihat jenis program magang dan peluang apa saja yang ditawarkannya.

Jika Anda menemukan satu yang mungkin cocok, maka segera ajukan!

Bagaimanapun, manfaat (baca pengertian manfaat menurut para ahli disini) utama dari internship adalah membantu Anda mengetahui apa yang ingin Anda lakukan setelah kelulusannya.

Terkait cara mendapatkannya sendiri, adapun proses untuk mendapatkan magang mirip dengan melamar pekerjaan, jadi Anda harus menyiapkan CV (Curriculum Vitae

) Anda dan mempersiapkan wawancara.

Betul! Ini mungkin melibatkan tindakan dalam mencari tahu seperti apa hari rata-rata dalam peran Anda, siapa yang akan mengawasi Anda dan jenis ulasan kinerja apa yang harus Anda harapkan di akhir magang Anda.

Kenapa Internship atau Magang itu Penting?

Jadi, apa yang membuat internship atau magang itu menjadi suatu hal yang penting?

Oke, sebelumnya, khusus bagi kalian yang sedang membaca tulisan Kami disini dan kebetulan sedang bertanya-tanya tentang apa pentingnya, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Kenapa? Tentu saja karena disini Kami juga akan menjelaskannya!

Baca Juga :  Membahas Pengertian Manajemen Media Online: Manfaat, Peran, Elemen dan Tools atau Alatnya!

Oke, sebagai seorang magang, Anda mendapatkan kesempatan untuk bekerja berdampingan dengan profesional industri yang sukses dan mendapatkan ide yang cukup bagus tentang apa yang mungkin diperlukan untuk peran level awal.

Anda tidak hanya akan mendapatkan pengalaman kerja yang nyata, tetapi juga bertemu dan belajar dari para pakar, ahli dan profesional.

Dan juga, Anda akan mulai membangun jaringan Anda sendiri, dari sesama pekerja magang hingga pemimpin berpengalaman.

Satu manfaat lain yang kurang jelas tetapi sama pentingnya dari magang adalah kesempatan untuk mencari tahu apa yang tidak ingin Anda lakukan!

Seringkali sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai bahkan ketika berhubungan dengan pencarian pekerjaan.

Magang memberi Anda kesempatan untuk mencoba beberapa hal tanpa harus berkomitmen.

Jika Anda beruntung, Anda akan menemukan sesuatu yang Anda sukai.

Namun, jika tidak, Anda setidaknya akan tahu apa yang tidak berhasil atau bekerja untuk Anda.

Ketika sampai pada sesuatu yang rumit seperti menemukan karier yang tepat, semakin banyak informasi yang harus Anda kerjakan, maka itu pastinya akan menjadi semakin baik.

Karena magang semakin umum, pemberi kerja berharap untuk dapat melihatnya di resume.

Pelamar dengan pengalaman kerja sebelumnya jauh lebih kompetitif daripada mereka yang hanya memiliki kursus yang relevan.

Magang menawarkan Anda kesempatan untuk tidak hanya membangun keterampilan yang relevan dan belajar tentang bidang tersebut, tetapi untuk menunjukkan keterampilan dan ketajaman industri tersebut di tempat kerja.

Bagi sebagian besar pemberi kerja, yang bahkan sangat mahir dalam mempekerjakan lulusan baru (fresh graduate), tidak ada yang bisa menggantikan pengalaman kehidupan nyata.

Perusahaan juga menggunakan magang sebagai saluran bakat untuk mengisi posisi penuh waktu mereka sendiri.

Singkatnya, magang dapat membantu Anda mencari tahu apa yang ingin Anda lakukan dengan karier Anda dan kemudian membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan penuh waktu pertama Anda di industri itu.

Kesimpulan

Baiklah, Kami pikir sudah cukup jelas untuk pembahasan Pengertian Internship, Apa itu Magang (Intern)? Tujuan, Fungsi, Manfaat, Jenis Pengalaman, Macam Ciri dan Karakteristik, Tips serta Kenapa itu Penting.

Jadi, berdasarkan penjelasan dan penguraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa magang atau internship secara sederhana adalah pengalaman kerja di tempat kerja yang terkait dengan minat karir Anda atau bidang studi saat ini.

Magang dapat dibayar atau bisa juga tidak, dan itu dapat berlangsung selama tahun akademik sekolah atau universitas (kampus) Anda.

Semua magang (intern) bersifat jangka pendek tetapi dapat berlangsung dari satu minggu hingga satu tahun penuh.

Sebagian besar magang berfungsi sebagai peluang pelatihan dan beberapa, terutama yang berlangsung selama tahun ajaran, dan itu dapat menjadi proyek penelitian di mana seorang profesor atau perusahaan menginginkan siswa atau karyawan dan pegawainya untuk mempelajari topik baru yang menarik.

Magang atau internship di Indonesia biasanya ditujukan atau diperuntukkan pada siswa SMK, mahasiswa perguruan tinggi atau pascasarjana.

Ya! Memiliki dan menyelesaikan beberapa kegiatan magang saat kuliah bisa menjadi sesuatu yang sangat mengesankan bagi calon pemberi kerja.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian Internship, Apa itu Magang (Intern)? Tujuan, Fungsi, Manfaat, Jenis Pengalaman, Macam Ciri dan Karakteristik, Tips serta Kenapa itu Penting.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang bisnis.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar