Google Knowledge Panel: Pengertian, Apa itu? Ini Cara Membuat dan Mendapatkannya untuk Bisnis atau Personal!

0
Gambar Dari Google Knowledge Panel Pengertian Apa Itu Panel Pengetahuan Dan Graph Serta Cara Membuat Dan Mendapatkannya Untuk Bisnis Atau Personal
Gambar Dari Google Knowledge Panel Pengertian Apa Itu Panel Pengetahuan Dan Graph Serta Cara Membuat Dan Mendapatkannya Untuk Bisnis Atau Personal

Mengenal Google Knowledge Panel, Pengertian, Apa itu Panel Pengetahuan dan Graph? Serta Cara Membuat dan Mendapatkannya untuk Bisnis atau Personal!

Sebelumnya, pernahkah Anda mencari seseorang seperti artis, musik atau bisnis (brand) di Google, lalu melihat serta menemukan panel di sebelah kanan yang menawarkan berbagai link atau tautan tentang merek, biografi, gambar, dan lainnya?

Yup, itu disebut dengan panel knowledge atau pengetahuan Google dan merupakan kebutuhan mutlak jika Anda mewakili merek profesional atau entitas perusahaan secara online.

Panel pengetahuan Google tidak hanya menyediakan “kartu nama” yang terlihat profesional untuk brand atau merek Anda, tetapi juga membantu meningkatkan SEO (Search Engine Optimization), karena Google mengumpulkan informasi dari berbagai sumber online dan menambahkannya ke graph (grafik) pengetahuan mereka tentang suatu entitas.

Terkait hal itulah, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih lanjut tentang apa itu pengertian Google knowledge panel serta bagaimana cara membuat dan mendapatkannya untuk bisnis, orang (pribadi atau personal).

Langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Google Knowledge Panel

Berarti panel pengetahuan Google (dalam bahasa Indonesia), Google knowledge panel adalah kotak informasi yang muncul di hasil pencarian Google ketika Anda melakukan pencarian terhadap sebuah entity atau entitas seperti orang, tempat, organisasi, objek) yang ada dalam grafik pengetahuan yang juga dikenal dengan knowledge graph.

Seperti yang juga dijelaskan oleh Google, panel ini dimaksudkan untuk membantu Anda mendapatkan ringkasan informasi mengenai suatu topik berdasarkan pemahaman Google tentang konten yang tersedia di web.

Apa itu Panel Pengetahuan Google?

Gambar Apa Itu Pengertian Panel Pengetahuan Google Dan Knowledge Graph Serta Bagaimana Membuat Dan Mendapatkan Google Knowledge Panel Untuk Bisnis Atau Orang Atau Personal
Gambar Apa Itu Pengertian Panel Pengetahuan Google Dan Knowledge Graph Serta Bagaimana Membuat Dan Mendapatkan Google Knowledge Panel Untuk Bisnis Atau Orang Atau Personal

Jadi, apa sebenanya yang disebut dengan panel pengetahuan Google itu?

Inia dalah basis pengetahuan yang digunakan Google dan berbagai macam jenis layanan mereka untuk meningkatkan hasil pencarian dengan data yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

Well, perlu kalian ketahui bahwa ini secara global lebih dikenal dengan sebutan Google knowledge panel.

Terkait sejarah Google knowledge panel sendiri, selama beberapa dekade, fokus pencarian telah mencocokkan kata kunci atau keyword (baca pengertian keyword disini) dengan kueri.

Kemudian, pada tahun 2012, Google memperkenalkan model cerdas tersebut yang memahami “entitas dunia nyata dan hubungannya satu sama lain”.

Benar! Sekarang Google dapat memahami penelusuran untuk berbagai hal, orang, dan tempat.

Tidak hanya dapat membantu Anda menemukan hal yang benar, pencarian Google juga dapat memberikan ringkasan terbaik, memungkinkan pencari untuk pergi lebih luas dan lebih dalam.

Model yang diperkenalkan Google beberapa tahun lalu dikenal sebagai grafik pengetahuan (knowledge graph).

Ya! Inilah yang menggerakkan panel pengetahuan (Google knowledge panel), meskipun banyak pemasar konten menggunakan kedua istilah tersebut secara bergantian.

Panel pengetahuan Google tersebut muncul di sisi kanan hasil pencarian saat Anda mencari orang, lokasi, tempat, objek, merek, peristiwa, sejarah, dan lain sebagainya.

Google mengumpulkan data ini dari sumber publik, termasuk Wikipedia dan The CIA World Factbook, dengan jutaan objek dan miliaran fakta relasional.

Panel pengetahuan berisi banyak detail yang terkait dengan kueri penelusuran Anda.

Sebagai contoh misalnya, saat Anda menelusuri Google, Anda akan mendapatkan hasil seperti gambar di bawah ini:

Gambar Dari Tampilan Google Knowledge Panel Dan Graph Untuk Query Atau Kueri Penelusuran Atau Pencarian Di Mesin Pencari Dalam Membahas Pengertian Dan Cara Membuatnya
Gambar Dari Tampilan Google Knowledge Panel Dan Graph Untuk Query Atau Kueri Penelusuran Atau Pencarian Di Mesin Pencari Dalam Membahas Pengertian Dan Cara Membuatnya

Detailnya termasuk seperti niche atau ceruk bisnis, deskripsi singkat, riwayat, CEO, tautan ke situs web perusahaan, dan detail lain yang diperlukan.

Seperti yang dapat kalian lihat, informasinya juga mencakup seperti link atau tautan ke profil sosial serta lainnya seperti “orang-orang juga mencari” pada bagian bawahnya.

Contoh lainnya seperti saat Anda menelusuri selebritas, informasi yang tersedia di panel pengetahuan Google juga bertambah, sebagai contoh misalnya panel akan menampilkan kutipan (dari selebritas) dan film yang juga melibatkan selebritas yang dicari.

Untuk manfaat lainnya memiliki panel pengetahuan Google, seperti peningkatan penemuan organik di Google dan reputasi merek, untuk beberapa nama.

Ya, pikirkan panel pengetahuan sebagai halaman Wikipedia untuk brand atau merek Anda, namun mereka muncul di halaman hasil pencarian Google!

Apa itu Google Knowledge Graph (Grafik Pengetahuan)?

Kemudian apa itu Google knowledge graph?

Ya, grafik pengetahuan Google adalah basis data yang berisi miliaran fakta tentang orang, tempat, dan berbagai hal.

Hasil penelusuran Google terkadang menampilkan informasi yang berasal dari knowledge graph tersebut.

Grafik pengetahuan memungkinkan Google untuk menjawab pertanyaan faktual seperti “berapa tinggi menara Eiffel?” atau “di mana piala dunia tahun 2021?”.

Baca Juga :  Inilah Pengertian Kemasan: Apa itu Pengemasan? Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenis, Manfaat, Tips Mengemas dan Distribusinya!

Tujuan grafik pengetahuan atau Google knowledge panel adalah agar sistem Google dapat menemukan dan memunculkan informasi faktual yang diketahui publik, terlebih apabila mereka dianggap berguna.

Fakta yang terdapat dalam grafik pengetahuan tersebut berasal dari berbagai sumber yang menyusun informasi faktual.

Selain sumber publik, Google juga melisensikan data untuk memberikan informasi seperti skor olahraga, harga saham, dan prakiraan cuaca.

Seperti yang dijelaskan langsung oleh Google, mereka juga menerima informasi faktual langsung dari pemilik konten dalam berbagai cara, termasuk dari mereka yang menyarankan perubahan pada panel pengetahuan yang mereka klaim (claimed panel).

Bagaimana Membuat dan Mendapatkan Google knowledge panel untuk Bisnis atau Orang (Personal)?

Jadi bagaimana cara untuk membuat dan mendapatkan panel pengetahuan Google untuk brand, merek, bisnis atau orang (pribadi atau personal)?

Well, perlu kalian ketahui, menurut Google, panel pengetahuan dihasilkan secara otomatis saat mencari entitas yang ada di Google knowledge graph.

Panel tersebut tentunya terus diperbarui secara otomatis terutama saat informasi yang terdapat di web berubah.

Ya, apa yang kita bicarakan di sini adalah cara untuk membuatnya menjadi lebih mudah dan lebih memungkinkan agar panel pengetahuan itu muncul.

Sebelum kita mulai penjelasan langkah-langkah cara membuat dan mendapatkan Google knowledge panel, pertama-tama, periksalah terlebih dahulu Search Engine Result Page (SERP) untuk melihat apakah mereka sudah ada dan tersedia untuk organisasi, bisnis, perusahaan, orang, pribadi atau personal Anda.

Jika ya, maka kalian tidak perlu repot-repot untuk mendapatkannya, cukup klik tombol own this business pada link atau tautan di panel sehingga Anda dapat mengklaimnya.

Yup! Proses verifikasinya pun terbilang cukup sederhana.

Biasanya, Google dapat mengaitkan entitas panel pengetahuan dengan salah satu akun seperti YouTube, Google Search Console, Twitter, Facebook.

Jika tidak, Anda harus memberikan informasi tambahan untuk memverifikasi bahwa Anda adalah perwakilan resmi dari entitas tersebut.

Terlepad dari pada itu semua, kalian juga dapat menggunakan jasa personal branding Kami khususnya untuk membuat dan mendapatkan peluang ditampilkannya Google knowledge panel Anda.

Untuk membuatnya sendiri, maka ada beberapa hal yang minimal harus kalian buat dan dapatkan terlebih dahulu untuk dapat memiliki Google knowledge panel pada hasil query atau kueri pencarian terkait bisnis atau personal (pribadi) Anda sebagai berikut.

a. Website

Poin pertama yang harus kalian miliki untuk dapat mempunyai panel pengetahuan Google yaitu adalah dengan memiliki situs website resmi.

Betul! Tidak ada informasi terbaik yang dapat didapatkan oleh Google knowledge graph selain dari website official (seperti halaman tentang, kontak dan lain sebagainya) Anda sendiri bukan?

Ya, oleh karena itulah, ini merupakan hal penting yang perlu kalian miliki terlebih dahulu.

b. Wikipedia

Hal pertama yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan Google knowledge panel yaitu adalah dengan mempunyai laman Wikipedia.

Betul, perlu kalian ketahui Wikipedia adalah sumber informasi utama bagi Google saat membuat panel pengetahuan.

Jadi, Anda harus membangun kehadiran online Anda untuk mendapatkan Google knowledge panel khususnya di platform (baca pengertian platform disini) Wikipedia.

Bagaimana Cara Membuat Halaman Wikipedia untuk Bisnis atau Personal (Pribadi)?

Untuk dapat membuatnya, kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Membuat Akun Wikipedia

Langkah pertama yaitu dengan membuat akun Wikipedia.

Caranya mudah saja, cukup kunjungi halaman Wikipedia mana pun dan klik create account yang terletak di sudut kanan atas browser Anda.

Jika sudah, lanjutkan dengan memberikan detail yang diperlukan seperti:

  • Nama pengguna (username)
  • Kata sandi (password)
  • Alamat e-mail

Setelah Anda mengisi semua bidang tersebut, klik create your account dan selesai!

2. Menjadi Confirmed User

Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan yaitu dengan menjadi confirmed user atau pengguna yang telah dikonfirmasi.

Setelah Anda sudah membuat akun dan berhasil masuk ke platform Wikipedia, maka Anda harus menjadi pengguna Wikipedia yang terkonfirmasi secara otomatis untuk dapat berkontribusi membuat halaman baru.

Yup! Adapun salah satu cara terbaik untuk menjadi confirmed user di Wikipedia yaitu adalah dengan mengedit halaman di Wikipedia yang sudah kadaluarsa.

Benar! Saran Kami Anda harus menghabiskan waktu setidaknya 1 (satu) bulan pertama untuk mengedit halaman Wikipedia lama (outdated page).

3. Buat Halaman Anda

Setelah Anda menjadi pengguna Wikipedia yang terkonfirmasi, mulailah bekerja dan melanjutkannya untuk membuat halaman Anda.

Namun, perlu Kami tekankan bahwa kalian harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  • Menggunakan tata bahasa yang benar
  • Memperhatikan tingkat keterbacaan
  • Membuat tulisan konten yang kaya informasi

Selain ini, kalian juga harus memperhatikan penulisan quote (kutipan) serta Anda juga harus menyediakan sumber untuk mendukung konten Anda.

Adapun untuk sumber-sumber yang akan memenuhi syarat ketika membuat halaman di Wikipedia antara lain adalah sebagai berikut:

  • Buku
  • Koran
  • Majalah
  • Jurnal

Dan untuk sumber yang tidak terlalu relevan dalam memenuhi syaratnya yaitu seperti:

  • Media sosial
  • Siaran pers
  • Blog profesional atau pribadi
4. Submit atau Mengirimkan Halaman Anda

Setelah Anda selesai membuat konten untuk laman Anda, lanjutkan dengan mengirim atau mempublikasi ke situs web di situs Wikipedia.

Wikipedia kemudian akan menganalisis halaman dan kutipan Anda untuk menentukan apakah informasi tersebut kredibel atau tidak.

Setelah Wikipedia menganggap kontennya dapat diandalkan, maka laman Anda akan segera diposting di platform tersebut.

Baca Juga :  Pengertian SEA (Search Engine Advertising): Cara Kerja dan Manfaatnya
5. Melakukan Pembaruan Teratur

Langkah terakhir yang harus kalian lakukan ketika sudah mempunyai halaman Wikipedia, saran Kami pribadi yaitu adalah dengan melakukan pembaruan teratur.

Ya! Jangan pernah berhenti memperbarui halaman Wikipedia Anda.

Tidak ada yang lebih berbahaya bagi data brand atau merek Anda, Wikipedia, dan Google Anda, selain informasi kadaluarsa, usang atau outdated.

c. Wikidata

Untuk membuat atau mengedit Wikidata, Anda tentunya dapat merujuk ke panduan langkah demi langkah dalam mengedit data Wikidata tersebut.

Untuk panduan memasukkan data pada platform Wikidata sendiri, silahkan buka linknya disini.

d. Media Sosial

Cara membuat dan mendapatkan Google knowledge panel (graph), yaitu dengan memperhatikan serta aktif di media sosial (baca pengertian media sosial disini).

Ya! Profil media sosial Anda juga tercantum di panel pengetahuan seperti yang dapat kalian lihat dalam bagian pembahasan apa itu pengertian Google knowledge panel (graph) di atas.

Selain itu, mereka membantu Google mempelajari lebih lanjut tentang brand atau merek Anda, layanannya, dan cara kerjanya.

Kehadiran online tersebut juga Anda membantu visibilitas dan memungkinkan pengguna menemukan profil sosial Anda dengan mudah.

e. Schema Markup

Poin penting lainnya yaitu adalah skema atau schema markup.

Menerapkan data terstruktur di situs web Anda memungkinkan Google mempelajari konten situs Anda secara efisien.

Ini juga membantu mesin pencari mempelajari bagaimana konten situs web kalian disusun.

Selain itu, implementasi markup skema juga dapat meningkatkan visibilitas online dan CTR atau Click-Through Rate juga.

Selanjutnya, berikan detail sebanyak mungkin tentang situs web Anda melalui meta tag.

Optimalkan tag meta tersebut, termasuk deskripsi meta dan judul dengan kata kunci utama serta tambahkan detail tentang penulis yang valid.

Jika kalian menggunakan WordPress, kalian dapat menggunakan Yoast SEO untuk memasukkan data organisasi atau personal (pribadi) di situs website kalian.

f. Direktori Lokal

Toko atau direktori lokal pastinya juga tercantum di panel pengetahuan Google.

Jadi, untuk memperolehnya untuk bisnis lokal Anda, Anda harus membuat profil Google Bisnisku atau yang lebih dikenal dengan Google My Business secara global.

Anda harus membuat dan memverifikasi akun Google Bisnisku terlebih dahulu.

Jika bisni Anda lokal, pastinya tetap merupakan hal yang masuk akal untuk melakukan ini, karena itu memungkinkan bisnis Anda terdaftar di Google Maps serta memungkinkan pengguna untuk meninggalkan ulasan.

Yup! Itu semua merupakan dasar-dasar dari lokal atau local SEO, dimana salah satu contohnya adalah seperti gambar di bawah ini.

Gambar Dari Tampilan Google Knowledge Panel Dan Graph Untuk Query Atau Kueri Penelusuran Google My Business Atau Bisnisku Lokal
Gambar Dari Tampilan Google Knowledge Panel Dan Graph Untuk Query Atau Kueri Penelusuran Google My Business Atau Bisnisku Lokal

Bagaimana Cara Membuat Profil Google My Business atau Bisnisku?

Untuk dapat membuat profil Google untuk bisnis, adapun beberapa langkah yang dapat kalian lakukan adalah sebagai berikut.

1. Masuk ke Google Bisnisku
Gambar Tampilan Awal Dari Situs Web Google My Business Atau Bisnisku Dan Bagaimana Cara Membuatnya Untuk Mendapatkan Google Knowledge Panel Atau Graph
Gambar Tampilan Awal Dari Situs Web Google My Business Atau Bisnisku Dan Bagaimana Cara Membuatnya Untuk Mendapatkan Google Knowledge Panel Atau Graph

Buka halaman Google Bisnisku dan masuk dengan akun Google yang ingin Anda tautkan dengan cantuman lokal bisnis Anda.

2. Masukkan Nama Brand, Merek atau Bisnis Anda

Hal pertama yang diminta Google kepada Anda adalah memasukkan nama brand, merek atau bisnis Anda.

Silahkan lanjutkan dengan mengisinya dengan nama bisnis Anda.

3. Pilih Kategori Brand, Merek atau Bisnis Anda

Setelah kalian melakukan langkah ke-2 (dua) di atas, selanjutnya Google akan menyuguhkan Anda dengan pilihan kategori.

Pilih kategori paling akurat yang terkait dengan bisnis Anda.

Yup! Ini adalah informasi penting yang memungkinkan Google mencantumkan bisnis Anda ke audiens (baca pengertian audiens disini) yang tepat.

Klik berikutnya untuk memberikan detail tentang layanan Anda.

4. Tentukan Detail Brand, Merek atau Bisnis Anda

Setelah memasukkan kategori, maka kalian harus menentukan detail brand, merek atau bisnis kalian.

Untuk menentukan informasi penting lainnya yang terkait dengan merek Anda, mereka termasuk seperti:

  • Lokasi
  • Area layanan dan pengiriman

Berdasarkan pilihan Anda, Google akan melanjutkan prosesnya.

Jika Anda memilih ya, akan membuka jendela baru akan muncul, di mana Anda harus menyediakan area layanan di luar lokasi bisnis Anda.

Apabila kalian memilih tidak, maka Google akan membawa Anda langsung ke jendela di mana Anda harus memasukkan detail kontak Anda.

Pilih opsi yang paling layak untuk bisnis Anda.

5. Verifikasi Google My Business atau Bisnisku Milik Anda

Benar! Langkah terakhir untuk membuat profil Google My Business atau Bisnisku adalah memverifikasi cantuman lokal Anda.

Cara Meningkatkan Peluang Anda untuk Menampilkan dan Memperoleh Panel Pengetahuan atau Google Knowledge Panel

Berkenaan dengan apa yang sudah Kami jelaskan di atas tentang pengertian Google knowledge panel dan apa itu panel grafik atau graph-nya, selanjutnya disini Kami akan menjelaskan bagaimana cara meningkatkan peluang untuk mendapatkannya.

Dalam membuat panel pengetahuan Google, banyak digital marketer diluar sana yang sering mencoba berbagai macam hack serta trik baru untuk mendapatkannya.

Mulai dari pengguna yang mencoba menjadi seorang musisi (musician) untuk mendapatkan panelnya, hingga berbagai macam cara lainnya.

Dalam postingan kali ini, Kami akan berusaha menjelaskan caranya secara logika dan berdasarkan pengalaman Kami pribadi untuk meningkatkan peluangnya.

Adapun beberapa hal yang perlu kalian lakukan untuk meningkatkan peluang bisnis, personal atau pribadi Anda masuk dalam Google knowledge panel adalah sebagai berikut.

1. Membuat Brand Account atau Akun Merek Google

Langkah pertama untuk mendapatkan panel pengetahuan Google adalah memiliki brand account atau akun merek Google khusus untuk brand, merek, bisnis atau personal (pribadi) Anda.

Benar! Akun merek berbeda dari akun standar, karena akun merek dapat ditautkan (dikelola atau dikelola) oleh banyak pengguna (akun pengguna).

Baca Juga :  Mengenal Pengertian BYOD: Apa itu? Ini Dia Definisi, Tujuan, Cara Kerja, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan serta Kenapa itu Penting!

Hal ini sering dilakukan untuk berbagi hak administratif antara beberapa individu dalam mengelola akun Google.

Silahkan kalian klik link ini untuk melihat akun merek di bawah akun Google yang saat ini Anda masuki.

Jika Anda belum pernah membuat akun merek, silahkan kalian klik link ini untuk melihat langkah-langkah membuat brand account atau akun merek Google.

Note: Perlu Kami tekankan bahwa sejak bulan april tahun 2019, akun Google+ tidak digunakan lagi. Namun, brand account atau akun merek Google akan tetap ada, dan juga dapat dikaitkan ke saluran atau channel YouTube.

2. Perbarui Brand Accrount atau Akun Merek Google Anda dengan Informasi Detail

Gambar Tampilan Detail Brand Account Atau Akun Merek Google Pada Bagian Tentang Saya Atau About Me
Gambar Tampilan Detail Brand Account Atau Akun Merek Google Pada Bagian Tentang Saya Atau About Me

Setelah Anda memiliki brand account atau akun merek Google, selanjutnya Anda harus meng-update atau memperbaruinya dengan sebanyak mungkin informasi yang relevan.

Ya! Ini mencakup semua profil sosial, URL situs web, biografi, dan banyak lagi yang lainnya.

Saat mengajukan permohonan untuk panel pengetahuan Google yang terverifikasi, Google tentunya akan melihat kuantitas, kualitas, dan keabsahan informasi yang diberikan di akun Merek Google Anda.

Betul! Ini merupakan sebagian informasi yang akhirnya ditambahkan ke grafik pengetahuan Google.

Pada titik ini, Google akan mencari untuk mengkonfirmasi indikator utama seperti:

  • Apakah Anda memiliki situs web?
  • Apakah bisnis Anda memiliki akun media sosial?
  • Jika Anda seorang musisi atau band, apakah Anda memiliki link atau tautan ke musik Anda di Spotify atau iTunes serta Google Play Music dan lain sebagainya?
  • Apakah nama merek Anda muncul dalam siaran pers (press release) atau artikel terkenal?

Yup! Proses penambahan tautan ini tentunya akan membedakan brand atau merek yang siap maupun tidak siap untuk memiliki panel pengetahuan Google.

Pastikan semua informasi di akun merek Anda disetel ke publik, sehingga Google dapat mengaksesnya secara publik.

3. Hal-Hal Lainnya yang Perlu Kalian Optimasi

Selain itu, adapun beberapa hal lainnya yang harus kalian optimalkan adalah sebagai berikut:

  1. Buat konten yang berpusat pada pengguna; Membuat konten yang berpusat pada pengguna meningkatkan peluang Anda untuk memperoleh panel pengetahuan Google, khususnya untuk bisnis Anda. Anda harus mempelajari maksud pengguna (user intent) di balik pencarian dan mengoptimalkan konten Anda sesuai dengan itu. Pengguna yang puas dengan hasilnya pastinya akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat di panel pengetahuan Google.
  2. Bangun review atau ulasan pengguna; Ulasan pengguna dapat membantu Google lebih memahami bisnis Anda. Mesin pencari menganalisis ulasan untuk menentukan apakah merek yang dipermasalahkan menerima panel pengetahuan atau tidak.
  3. Tingkatkan domain dan website authority atau otoritas situs Anda; Otoritas situs yang lebih tinggi berarti peluang yang lebih tinggi untuk memperoleh panel pengetahuan. Dan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan otoritas situs adalah melalui pembuatan tautan yang lebih dikenal dengan backlink. Ya, bersahabatlah dengan situs web yang memiliki otoritas tinggi dan cari peluang postingan tamu. Setelah Anda terpilih sebagai penulis tamu, buat artikel dan tautkan kembali ke situs Anda.

Kesimpulan

Di atas, adalah penjelasan tentang Google Knowledge Panel, Pengertian, Apa itu Panel Pengetahuan dan Graph? Serta Cara Membuat dan Mendapatkannya untuk Bisnis atau Personal.

Untuk membuatnya kalian dapat langsung mempraktikkan berbagai macam jenis langkah yang sudah Kami jelaskan di atas.

Ya! Mengikuti praktik ini dapat membantu memperoleh panel pengetahuan untuk bisnis atau pribadi Anda.

Terkait prosesnya, Anda tentunya harus menyiapkan strategi efektif yang membantu Anda membuat konten yang berpusat pada pengguna dan juga membangun tautan berkualitas untuknya.

Panel pengetahuan Google telah benar-benar meningkatkan pengalaman pencarian pengguna.

Yup! Mendapatkan informasi penting adalah proses yang cepat dan mudah bagi mereka.

Selain pengguna, itu juga menguntungkan bisnis, kecil dan besar, dalam meningkatkan visibilitas dan otoritas mereka.

Saran Kami pribadi terkait kiat-kiat atau tips utamanya yaitu jika Anda meningkatkan kepercayaan Google tentang kualitas data yang diterimanya tentang entitas Anda, Anda pastinya akan meningkatkan peluang untuk ditampilkan di panel informasi tersebut.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Google Knowledge Panel, Pengertian, Apa itu Panel Pengetahuan dan Graph? Serta Cara Membuat dan Mendapatkannya untuk Bisnis atau Personal.

Semoga dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi khususnya bisnis dan optimasi mesin pencari atau SEO.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar