Business Technology: Pengertian, Apa itu Teknologi Bisnis dan Digital? Sejarah, Jenis, Macam Manfaat serta Cara Deploy-nya!

0
Gambar Dari Pengertian Business Technology Apa Itu Teknologi Bisnis Dan Digital Sejarah Jenis Macam Manfaat Serta Cara Deploy Meluncurkan Dan Menerapkannya
Gambar Dari Pengertian Business Technology Apa Itu Teknologi Bisnis Dan Digital Sejarah Jenis Macam Manfaat Serta Cara Deploy Meluncurkan Dan Menerapkannya

Mengenal Pengertian Business Technology, Apa itu Teknologi Bisnis dan Digital? Sejarah, Jenis, Macam Manfaat serta Cara Deploy, Meluncurkan dan Menerapkannya!

Benar, seperti yang sudah kita ketahui, teknologi (baca pengertian teknologi disini), ini merupakan sebuah inti dari perubahan dalam bisnis dan masyarakat.

Pesawat, komputer layar sentuh (touch screen) dan kereta magnet adalah beberapa contoh dari teknologi yang ada saat ini.

Adapun fungsi teknologi saat ini, yaitu mereka harus bekerja bersama semua bidang bisnis untuk membuat keterampilan mereka tersedia.

Hal itu tentunya sambil merangkul disiplin fokus pelanggan, peningkatan pendapatan, dan pengembangan produk dari bagian lain organisasi.

Memang, ini bukan hanya untuk marketer (pemasar) saja, misalnya, perlu merangkul keterampilan manajemen teknologi yang tersedia bagi mereka untuk mencegah biaya yang tidak terkendali atau implementasi solusi yang tidak dapat berinteraksi dengan orang lain di seluruh ekosistem internal.

Berkenaan dengan hal itu, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas tentang apa itu pengertian business technology secara detail dan lengkap.

Oke langsung saja, berikut ini ulasannya!

Pengertian Business Technology

Berarti teknologi bisnis (dalam bahasa Indonesia), BT atau business technology adalah strategi untuk mengatur dan mengoordinasikan manajemen teknologi di seluruh bisnis, organisasi atau perusahaan.

Seperti yang dijelaskan berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs ManageBT, teknologi bisnis atau business technology merupakan seperangkat praktik manajemen, alat, struktur organisasi, dan tata kelola teknologi yang dirancang untuk memastikan bahwa penggunaan teknologi dioptimalkan di seluruh perusahaan dengan tujuan menyeluruh untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.

Sebagian besar bisnis, organisasi atau perusahaan memahami bahwa mereka perlu menantang tidak hanya pesaing mereka tetapi juga diri mereka sendiri untuk terus meningkatkan pandangan pelanggan mereka dan kemampuan mereka untuk memenuhi permintaan pasar.

Betul! Business Technology (BT) merupakan ketergantungan yang terus meningkat pada teknologi informasi (baca pengertian teknologi informasi disini) oleh bisnis dari semua jenis untuk menangani dan mengoptimalkan proses bisnis mereka.

Apa itu Teknologi Bisnis?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Teknologi Bisnis Dan Digital Business Technology Dalam Membahas Arti Pengertian Dan Sejarahnya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Teknologi Bisnis Dan Digital Business Technology Dalam Membahas Arti Pengertian Dan Sejarahnya

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan teknologi bisnis?

Benar, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, ini lebih dikenal dengan istilah, atau akronim business technology secara global.

Teknologi bisnis mengacu pada aplikasi ilmu pengetahuan, data, teknik, dan informasi untuk tujuan bisnis, seperti pencapaian tujuan ekonomi dan organisasi.

Benar! Elemen utama teknologi adalah ide perubahan, dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi bisnis dan masyarakat.

Bagi kebanyakan orang, masalah kejutan di masa depan berkembang ketika perubahan teknologi terjadi begitu cepat sehingga menyebabkan individu tidak dapat mentolerir akan adanya perubahan atau menangani konsekuensinya.

Sebagai contoh misalnya, kakek-nenek Anda mungkin akan terkejut di masa sekarang ini ketika berhadapan dengan ponsel cerdas (smartphone), tablet, dan internet.

Apa itu Teknologi Bisnis Digital (Digital Business Technology)?

Lalu, apa itu yang dimaksud dengan teknologi bisnis digital atau digital business technology?

Ya, ini adalah strategi teknologi bisnis dengan memanfaatkan teknologi digital.

Terkait platformnya sendiri, ini merupakan kombinasi teknologi yang memungkinkan bisnis, organisasi atau perusahaan untuk memberikan kemampuan bisnis digital.

Secara umum, dapat Kami katakan bahwa ini adalah sistem saraf perusahaan modern, menyerap data streaming, menganalisisnya, dan mengambil tindakan langsung dan waktu nyata pada acara bisnis penting.

Platform (baca pengertian platform disini) dalam digital business technology mengintegrasikan infrastruktur Information Technology (IT) dan aset bisnis yang ada untuk membuat dan bertukar layanan.

Memiliki semuanya yang dikelola melalui satu platform pusat memberikan manfaat besar dalam skalabilitas, efektivitas operasional, kesadaran situasional, dan banyak lagi.

Sejarah Awal Business Technology (BT)

Agar kita dapat lebih memahami tentang apa itu arti dan pengertian business technology atau teknologi bisnis, maka kita juga harus mengetahui paling tidak sedikit terkait sejarah awalnya.

Oke, adapun jika ada satu orang yang dapat dikreditkan dengan penciptaan teknologi bisnis, yaitu adalah seorang pakar atau ahli yang bernama George Colony, seorang CEO di Cambridge.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Run Rate: Apa itu Rasio Proses? Fungsi dan Tujuan, Macam Resiko, Contoh, Cara Hitung serta Kenapa itu Penting!

Dia merupakan seorang konsultan yang berbasis di Mass Forrester Research Inc., yang telah menganjurkan istilah ini sejak tahun 2007 bahwa departemen perusahaan yang dikenal dengan kemampuan teknologinya harus dirubah menjadi Business Technology (BT).

Menurut George Colony serta juga beberapa pakar atau ahli lainnya, mereka berpendapat bahwa perubahan istilah tidak hanya mengakui penyebaran teknologi saja di perusahaan tetapi juga akan membantu mendefinisikan kembali hubungan antara Information Technology dan bisnis.

Selain itu, perlu kalian ketahui bahwa Business Technology (BT) ini sangat erat kaitannya dengan 2 (dua) istilah lain yang umumnya diasosiasikan dengan hubungan yang berfluktuasi dan tidak nyaman antara TI dan bisnis yaitu adalah IT dan Business Alignment dan Consumerization of IT dimana mereka terus berkembang hingga tahun 2021 sekarang ini, dimana teknologi informasi menembus organisasi dari sudut yang semakin banyak.

Tren ini akan terus meningkat, departemen teknologi tradisional tidak lagi dapat bertindak sebagai satu-satunya penjaga gerbang teknologi organisasi.

Jenis Business Technology (Tipe, Model)

Ilustrasi Gambar Jenis Dan Macam Macam Manfaat Business Technology Dalam Membahas Arti Dan Pengertian Dari Teknologi Bisnis
Ilustrasi Gambar Jenis Dan Macam Macam Manfaat Business Technology Dalam Membahas Arti Dan Pengertian Dari Teknologi Bisnis

Setelah mengetahui tentang apa itu teknologi bisnis serta arti dan pengertian dari digital business technology, dalam subbagian ini, kita juga akan membahas terkait apa saja jenis-jenisnya.

Betul! Ada banyak jenis teknologi bisnis yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari.

Adapun beberapa jenis dari business technology yang paling umum digunakan adalah sebagai berikut.

1. Komputer Desktop dan Laptop

Jenis teknologi bisnis yang pertama yaitu komputer desktop dan laptop.

Ya, bagi sebagian besar perusahaan, ini merupakan peralatan yang paling berguna, juga yang paling dipahami.

Komputer desktop yang sarat dengan paket perangkat lunak kantor dan produktivitas memungkinkan pekerja menulis surat, menganalisis informasi keuangan, mengirim dan menerima email, dan merancang presentasi penjualan.

2. Perangkat Lunak dan Alat Produktivitas

Berikutnya yaitu perangkat lunak dan alat produktivitas.

Seperti yang sudah kita ketahui, perangkat lunak dimuat ke komputer untuk menyediakan jenis fungsionalitas tertentu.

Alat produktivitas, sebagai contoh misalnya seperti Microsoft Word yang merupakan paket pengolah kata, dan Microsoft Excel, sistem spreadsheet keuangan, mereka dapat melakukan banyak tugas paling umum yang dibutuhkan bisnis kecil.

Juga, seperti Microsoft PowerPoint atau Apple Keynote memungkinkan pengguna menyiapkan presentasi penjualan yang terlihat profesional dengan cepat dan mudah.

Yup, ada jutaan lainnya yang tersedia, masing-masing dikembangkan untuk melakukan tugas tertentu.

3. Jaringan Komputer dan Printer

Jenis ke-3 (tiga) business technology yang akan Kami jelaskan disini yaitu jaringan komputer dan printer.

Komputer sering dihubungkan untuk membentuk jaringan atau computer network (baca pengertian computer network disini).

Ini dapat memungkinkan orang-orang dalam suatu organisasi untuk berbagi dokumen atau informasi, menyediakan repositori pusat untuk menyimpan dokumen, atau bagi orang-orang untuk berkomunikasi menggunakan e-mail di dalam lingkup kerja mereka.

Selain itu, mereka juga memungkinkan beberapa komputer untuk berbagi printer atau perangkat penyimpanan.

Dengan jenis teknologi bisnis jaringan ini, mereka dapat dibatasi pada komputer di dalam kantor bersama, atau menjangkau beberapa kantor dan lokasi.

4. Sistem Telepon dan Pesan Suara

Meskipun Anda mungkin tidak menganggap telepon kantor sebagai bagian dari jenis teknologi bisnis, perlu kalian ketahui bahwa sistem telepon dan pesan suara dalam bisnis saat ini cukup kompleks.

Jenis sistem telepon yang paling umum terdiri dari unit perangkat keras yang menggunakan perangkat lunak untuk membagi saluran telepon perusahaan di antara handset individu.

Sistem ini sering menyertakan petugas otomatis yang membantu penelepon menemukan karyawan yang mereka cari dan sebagian besar juga menyertakan sistem pesan suara untuk pesan.

Selain itu, saat ini telepon Voice Over Internet Protocol (VOIP) juga menjadi lebih populer.

Telepon VOIP tidak memerlukan saluran telepon, melainkan mengarahkan semua lalu lintas (traffic) melalui internet ke handset atau perangkat khusus.

5. Sistem Akuntansi Keuangan

Lalu, ada juga sistem akuntansi keuangan.

Perangkat lunak atau software sistem akuntansi sangat penting, terlebih karena mereka berperan dalam bisnis apa pun.

Sistem akuntansi melacak setiap dolar yang dihabiskan perusahaan bersama dengan setiap rupiah pendapatan.

6. Sistem Kontrol Inventaris

Jika bisnis Anda menjual barang, Anda mungkin ingin menjelajahi sistem pengendalian persediaan atau sistem kontrol inventaris yang dikenal dengan inventory control system.

Betul! Sistem ini melacak setiap item dalam inventaris Anda, memastikan Anda tidak kehabisan stok, atau sebaliknya apakah Anda memesan dan mengambil terlalu banyak stok.

Ketika inventaris baru tiba, sistem diperbarui untuk mencerminkan penambahan dan ketika dijual, itu dikurangkan dari total.

Baca Juga :  Inilah Pengertian Brainware: Fungsi, Jenis, Komponen, Perannya dalam Bisnis serta Contohnya!

7. Sistem Manajemen Hubungan Pelanggan

Sistem manajemen hubungan pelanggan atau yang dikenal dengan Customer Relationship Management (CRM) merupakan jenis, tipe atau model dari digital business terakhir yang akan Kami jelaskan disini.

Ya, ini melacak pelanggan sepanjang pengalamannya dengan perusahaan Anda.

Mulai dari saat Anda memperoleh informasi tentang pelanggan, sistem CRM akan melacak interaksi mereka dengan Anda.

Sebagai contoh misalnya, jika pelanggan menelepon untuk memesan produk atau layanan, atau meminta bantuan atau pertanyaan teknis, sistem CRM akan memberi tahu perwakilan layanan saat barang dikirim, apa yang dipesan kembali, dan percakapan lain yang mungkin dilakukan pelanggan dengan Anda.

Yup! Sistem CRM membantu membangun hubungan dengan pelanggan dengan mengumpulkan semua informasi yang dikumpulkan perusahaan Anda dari pelanggan di satu tempat untuk digunakan, ditinjau, dan ditanggapi secara proaktif.

Macam-Macam Manfaat Business Technology (BT)

Sekarang Anda tahu apa itu teknologi bisnis, pertanyaan selanjutnya adalah apa saja macam dari manfaat yang diberikannya?

Secara umum, Anda, bisnis, organisasi atau perusahaan pastinya akan menemukan banyak manfaat yang didapat dari mengadopsi teknologi bisnis, termasuk:

  • Komunikasi yang ditingkatkan (enhanced communication).
  • Keamanan tambahan (additional security).
  • Peningkatan efisiensi dan produktivitas (Increased efficiency and productivity).
  • Mengurangi biaya (reduced cost).

Mari kita bahas lebih lanjut terkait manfaat daripada teknologi bisnis khususnya digital business technology di bawah ini.

a. Komunikasi

Seperti yang dapat kalian lihat, peningkatan komunikasi atau communication di lingkup kerja adalah salah satu dari berbagai macam manfaat terbaik dari teknologi bisnis.

Ya! Berkat aplikasi pesan instan, e-mail, dan perangkat lunak konferensi, terhubung dengan karyawan menjadi lebih mudah dari sebelumnya.

Mampu mendapatkan tanggapan waktu nyata atau secara real-time tentunya dapat membantu mengatasi masalah apa pun dengan cepat, serta meningkatkan kolaborasi (collaboration).

b. Keamanan

Manfaat penting lainnya adalah dari segi keamanan atau security.

Dalam membahas tipe dari business technology, perlu Kami tekankan disini bahwa seiring dengan berkembangnya teknologi, begitu pula kemampuan para hacker dalam melakukan aktivitas hacking (baca pengertian hacking disini).

Risiko serangan dunia maya adalah konstan, jadi memiliki sistem keamanan dan perangkat lunak adalah kunci untuk memastikan Anda tidak menjadi korban.

Perangkat lunak keamanan harus diperbarui dan dipelihara secara teratur untuk memberikan perlindungan yang konsisten.

c. Efisiensi dan Produktivitas

Selain itu, teknologi yang tepat juga dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas atau efficiency and productivity.

Ada berbagai bagian dari bisnis perangkat lunak otomatis yang dapat digunakan/

Ini tentunya akan membantu mempercepat operasi, sekaligus mengurangi kesalahan manusia dan meningkatkan efisiensi yang pada gilirannya, itu membantu meningkatkan produktivitas.

d. Biaya

Yang terakhir yaitu teknologi bisnis juga dapat membantu mengurangi biaya atau cost.

Ini adalah keuntungan yang bisa didapatkan semua bisnis.

Tidak hanya dapat menghemat uang Anda, tetapi peningkatan produktivitas dan efisiensi juga dapat membantu Anda menghasilkan lebih banyak uang.

Ini hanya beberapa alasan mengapa teknologi bisnis itu penting.

Jika bisnis Anda belum memanfaatkan berbagai jenis teknologi yang ditawarkan, itu bisa sangat ketinggalan dan tertinggal dari competitor (pesaing) Anda.

Namun, ketika memilih teknologi yang tepat untuk ditambahkan ke bisnis, penting untuk disadari bahwa Anda tidak memerlukan segalanya.

Hanya berinvestasi dalam teknologi yang pastinya secara aktif akan menguntungkan bisnis.

Cara Bisnis, Organisasi atau Perusahaan Men-Deploy atau Meluncurkan dan Menerapkan Teknologi Bisnis atau Business Technology

Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Bisnis Organisasi Atau Perusahaan Men Deploy Atau Meluncurkan Dan Menerapkan Business Technology Atau Teknologi Bisnis Dan Digital
Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Bisnis Organisasi Atau Perusahaan Men Deploy Atau Meluncurkan Dan Menerapkan Business Technology Atau Teknologi Bisnis Dan Digital

Jadi, bagaimana cara bisnis, organisasi atau perusahaan men-deploy atau meluncurkan dan menerapkan Business Technology (BT) ini?

Teknologi informasi secara luas didefinisikan sebagai penggunaan komputer untuk menyimpan, menerima, mengirimkan dan memanipulasi data lainnya, dan untuk melakukan tugas-tugas operasional yang memerlukan sumber daya komputasi seperti daya pemrosesan, dan lain sebagainya.

Teknologi informasi mencakup berbagai hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan produk jaringan dan peralatan yang dimanfaatkan organisasi untuk memberikan layanan Information Technology (IT), dimana aset ini akan membentuk infrastruktur organisasi teknologi.

Salah satu tantangan pertama yang dihadapi organisasi sehubungan dengan teknologi bisnis adalah bagaimana men-deploy, meluncurkan dan menerapkannya.

Ya, infrastruktur IT apa yang akan digunakan untuk menampung, mengelola, dan memelihara aplikasi atau layanan?

Secara umum, organisasi perusahaan memiliki 3 (tiga) opsi tentang bagaimana mereka akan mengakses infrastruktur IT untuk menerapkan teknologi bisnis atau business technology sebagai berikut.

1. Infrastruktur IT Lokal (On-Premises)

Beberapa dekade yang lalu, ketika bisnis, organisasi atau perusahaan pertama kali mengadopsi teknologi informasi dan mengintegrasikannya ke dalam model bisnis inti mereka, penyebaran lokal di tempat atau on-premises deployment adalah satu-satunya pilihan yang tersedia untuk mengembangkan infrastrukturnya.

Baca Juga :  Memahami Onboard: Apa Itu On Board? Tujuan dan Fungsi, Contoh Teknologi, Perbedaan serta Letaknya pada Komputer!

Perangkat lunak lokal terletak di dalam pusat data fisik yang dimiliki atau disewa dan dioperasikan oleh perusahaan itu sendiri, bukan di-host di server luar ataupun di cloud.

Manfaat utama dari infrastruktur IT lokal atau di tempat adalah bahwa organisasi mempertahankan kontrol penuh dan total atas manajemen, konfigurasi, dan keamanan infrastruktur perangkat keras dan perangkat lunak dan aplikasi apa pun yang di-hosting (baca pengertian hosting disini) di dalamnya.

Kelemahan utamanya yaitu bahwa mengembangkan infrastruktur IT di tempat bisa jadi terbilang cukup mahal dan bahkan sangat mahal bagi bisnis, organisasi atau perusahaan yang lebih kecil.

Bisnis, organisasi atau perusahaan yang menerapkan cara deploy (baca apa itu deploy disini) business technology on-premises (di tempat) mengambil banyak jenis dan macam biaya, termasuk:

  • Membeli atau menyewa pusat data (data center).
  • Manajemen fasilitas, termasuk daya, pendinginan, kontrol suhu, keamanan fisik, pemulihan bencana, dan banyak lagi tanggung jawab terkait lainnya.
  • Membeli perangkat keras dan peralatan jaringan, termasuk server, disk penyimpanan, dan item lainnya.

2. Hosting Pihak Ke-3 (Tiga)

Sebagai alternatif untuk mengembangkan infrastruktur teknologi informasi atau TI sendiri, perusahaan dapat membuat kontrak dengan penyedia hosting pihak ke-3 (tiga) untuk menyediakan infrastruktur IT yang meng-host aplikasi atau layanan tertentu.

Dalam model ini, bisnis, organisasi atau perusahaan tidak perlu menginvestasikan modal dalam pengembangan infrastrukturnya sendiri.

Sebagai gantinya, mereka mungkin membayar biaya bulanan atau tahunan untuk server khusus yang menampung aplikasi atau layanan yang diinginkan.

Selain itu, penyedia hosting pihak ke-3 (tiga) juga dapat menangani penyimpanan data dan tugas administratif seperti pemantauan keamanan dan pembaruan aplikasi.

3. Teknologi Komputasi Awan (Cloud Computing)

Teknologi komputasi awan atau cloud computing technology adalah cara terbaru yang dipilih organisasi perusahaan untuk mengakses infrastruktur IT.

Komputasi awan atau cloud computing merupakan model pengiriman teknologi informasi atau TI di mana layanan komputasi (penyimpanan data, kekuatan pemrosesan, dan lain sebagainya) ditawarkan melalui internet.

Benar! Ada tiga model deploy layanan cloud yang umumnya tersedia untuk semua bisnis, organisasi atau perusahaan saat ini seperti private cloud, public cloud dan hybrid cloud.

Kesimpulan

Baik, Kami pikir sudah cukup jelas sekarang untuk pembahasan terkait Pengertian Business Technology, Apa itu Teknologi Bisnis dan Digital? Sejarah, Jenis, Macam Manfaat serta Cara Deploy, Meluncurkan dan Menerapkannya.

Berdasarkan penjelasan di atas, secara keseluruhan dapat kita simpulkan bahwa teknologi bisnis atau business technology adalah teknologi informasi yang digunakan dalam konteks bisnis.

Memang, banyak perusahaan sukses yang tidak menggunakan teknologi untuk meningkatkan produktivitas, berkomunikasi lebih efisien dan melacak pelanggan dan barang.

Namun faktanya, sebagian besar organisasi yang sukses mengandalkan teknologi untuk hampir setiap aspek bisnis mereka.

Meskipun ada banyak jenis teknologi yang tersedia, mendigitalkan bisnis, organisasi atau sebuah perusahaan tidak harus mengintimidasi para pemilik bisnis.

Yup! Itu semua dapat dipecah menjadi potongan-potongan fungsionalitas yang dapat dimengerti.

Teknologi bisnis menjadi semakin bergantung pada komputasi awan (cloud computing), terlebih karena organisasi memigrasikan aplikasi yang ada dan meluncurkan yang baru ke lingkungan cloud pribadi, publik, dan hibrida.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian Business Technology, Apa itu Teknologi Bisnis dan Digital? Sejarah, Jenis, Macam Manfaat serta Cara Deploy, Meluncurkan dan Menerapkannya.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam teknologi dan bisnis.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar