Inilah Pengertian Milenial: Apa itu Millenials? Siapa, Jenis, Ciri dan Apa Saja Generasinya!

0
Gambar Pengertian Milenial Apa Itu Millenials Ciri Ciri Jenis Dan Generasi X Y Z Baby Boomers Dan Silent Generation
Gambar Pengertian Milenial Apa Itu Millenials Ciri Ciri Jenis Dan Generasi X Y Z Baby Boomers Dan Silent Generation

Tahukah Kalian, Pengertian Milenial, Apa itu Millenials? Siapa, Jenis, Ciri dan Generasi X, Y, Z, Baby Boomers dan Silent Generation? Benar sekali! Dalam zaman seperti sekarang ini, terutama di tahun 2020 ini, setiap generasi memiliki label mereka masing-masing. Dimana label tersebutlah yang menentukan generasi apa mereka, serta seperangkat atribut apa yang melekat pada mereka. Apa? Ya! Sebagai contoh misalnya seperti generasi millenial yang sering dianggap sebagai generasi yang “berhak” melakukan segalanya.

Milenial atau yang sering dikenal dengan istilah millenials dapat memberikan yang terbaik yang mereka dapatkan, kadang seperti mengungkapkan kekecewaan mereka dalam cara yang tidak dilakukan oleh generasi sebelumnya. Terlepas dari pendapat kuat antara kelompok umur, sering kali ada cukup banyak kebingungan mengenai klasifikasi generasi mana yang secara teknis dimiliki semua orang. Berkenaan dengan hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas tentang apa itu pengertian milenial atau millenials secara lebih detail dan lengkap. Mari kita simak ulasannya!

Pengertian Milenial

Dikenal dengan istilah millenials, milenial adalah istilah yang paling dikenal orang, yang umumnya dikaitkan dengan mereka yang dilahirkan antara tahun 1980 atau bulan sebelum pertengahan tahun 1990-an atau awal tahun 2000-an, begitu banyak orang dewasa muda saat ini akan mendefinisikannya dengan sebutan milenium berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Thesun.

Perlu kalian ketahui bahwa generasi ini sangat dipengaruhi oleh resesi, karena menyebabkan rekor pengangguran, mempengaruhi orang-orang muda yang bergabung dengan tempat kerja, serta periode ketidakstabilan ekonomi.

Apa itu Millenials?

Lalu, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan millenials? Berarti milenial (juga disebut dengan generasi milenial atau generasi y) adalah frasa yang digunakan untuk menggambarkan secara umum seseorang yang mencapai usia dewasa di awal abad ke-21 dan mencakup generasi orang yang lahir antara tahun 1980 dan 2000.

Seringkali, para peneliti dan berbagai penulis dan publikasi menggunakan ungkapan untuk menggambarkan mereka yang tahun 1970-an hingga awal 90-an sebagai tahun kelahirannya, dan yang lainnya menggunakan tahun 2004 sebagai tahun kelahiran akhir mereka.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian BTX (Balanced Technology Extended), Sejarah, Fungsi dan Tujuannya

Dalam penggunaan awal frasa, kata tersebut hanya digunakan untuk menggambarkan hanya mereka yang akan lulus sekolah menengah pada tahun 2000. Meskipun masih ada pandangan yang berbeda mengenai tanggal kelahiran awal dan akhir milenium yang merupakan generasi milenial, versi yang diterima oleh kebanyakan orang secara umumnya adalah orang yang lahir setelah tahun 1980-an yang merupakan generasi pertama yang mulai dewasa pada tahun 2000.

Berdasarkan laporan biro sensus di negara amerika serikat, mereka mendefinisikan kata “milenium” sebagai seseorang yang lahir antara tahun 1982 dan 2000.

Siapa itu Milenium?

Di negara indonesia, studi dan kajian terkait tentang generasi milenial masih belum banyak dilakukan, padahal secara jumlah populasi penduduk indonesia yang berusia antara 15-34 tahun, saat ini sudah terbilang sangat besar, yaitu 34,45%.

Pada tahun 2018 memang, terdapat sebuah majalah swasta yang tajuk utamanya membahas generasi milenial, akan tetapi cukup disayangkan, cover atau lingkup liputanya masih sebatas kaitannya saja dengan generasi milenial dan dunia pemasaran, namun masih belum masuk ke ruang lingkup kehidupan mereka secara menyeluruh secara substansi.

Generasi milenial ini memang terbilang unik, berdasarkan hasil riset yang dirilis dari Pew Researh Center contohnya, secara terang-terangan disana, mereka mengungkapkan keunikan generasi milenial dibanding generasi-generasi sebelumnya.

Adapun hal yang mencolok daripada generasi milenial ini dibanding generasi sebelumnya yaitu adalah soal penggunaan teknologi (baca penjelasan apa itu teknologi disini) serta budaya pop atau musik. Kehidupan generasi milenial ini, memang tidak dapat terlepas dari penggunaan teknologi terutama internet, entertainment atau hiburan, yang telah menjadi kebutuhan pokok untuk generasi ini.

Oleh karena itu, dapat kita katakan bahwa, milenium adalah mereka yang tumbuh menggunakan perangkat elektronik komputer, internet, dan komunitas sosial online. Menurut Digital Marketing Ramblings, generasi milenial ini setidaknya, menghabiskan 18 jam per minggu untuk smartphone mereka.

Selain itu, beberapa fakta lain yang diberikan oleh Pew Research Center di atas, menunjukkan bahwa kaum milenial atau para millenials ini cenderung merupakan lulusan perguruan tinggi dan generasi yang paling mungkin untuk cukup hanya tinggal di rumah antara usia 25 dan 35 tahun.

Jenis Generasi Milenial

Dalam membahas mengenai arti milenial atau millenials, tentunya kita juga harus mengetahui apa saja jenis-jenis generasi bukan?

Ya! Adapun beberapa jenis dari generasi milenial seperti yang telah di bahas oleh Situs Todays Line yang perlu kalian ketahui adalah:

  1. Millenials kekinian
  2. Millenials gadget addict
  3. Millenials diam-diam menghanyutkan
  4. Millenials aktif
  5. Millenials tukang nyinyir
  6. Millenials baperin cinta-cintaan
Baca Juga :  Pengertian Technopreneur: Apa itu Technopreneurship dan Contohnya?

Ciri Generasi Milenial

Gambar Ciri Ciri Generasi Milenial Atau Millenials Dalam Membahas Pengertiannya
Gambar Ciri Ciri Generasi Milenial Atau Millenials Dalam Membahas Pengertiannya

Setelah mengetahui tentang milenial atau millenials dan penjelasannya di atas, kita juga harus mengetahui apa saja karakteristik dan ciri generasi milenial ini.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri generasi milenial yang perlu kalian ketahui:

  1. Mudah bosan pada barang yang mereka beli.
  2. Biasanya, “no gadget no life” adalah istilah yang melekat pada mereka.
  3. Hobi melakukan pembayaran non-cash.
  4. Suka dengan yang serba cepat dan instan.
  5. Memilih pengalaman daripada aset.
  6. Berbeda perilaku dalam grup satu dan yang lain.
  7. Jago multitasking.
  8. Kritis terhadap fenomena sosial.
  9. Suka melakukan posting.
  10. Suka share terutama dalam media sosial.

Generasi X, Y, Z, Baby Boomers dan Silent Generation

Ilustrasi Gambar Dari Generasi X Y Z Dan Baby Boomers Serta Silent Generation Dalam Pengertian Milenial Atau Millenials
Ilustrasi Gambar Dari Generasi X Y Z Dan Baby Boomers Serta Silent Generation Dalam Pengertian Milenial Atau Millenials

Selain generasi milenial, ada juga istilah generasi X, Y, Z, baby boomers dan silent generation. Untuk generasi milenial sendiri, mereka dikenal dengan sebutan generasi Y yang merupakan kelompok demografis yang mengikuti generasi X.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai generasi X, Y dan Z, baby boomers serta silent generation yang harus ketahui.

A. Generasi X (Generasi X, Generasi MTV)

Yang pertama adalah generasi X. Generasi ni adalah sebutan untuk mereka yang lahir antara tahun 1960 hingga akhir tahun kelahiran awal 1980-an.

B. Generasi Y (Milenium)

Berikutnya adalah generasi Y, generasi ini biasanya merupakan sebutan untuk mereka lahir antara tahun 1980 dan 2000.

C. Generasi Z (Gen-Z, Post-Milenial, Centennials)

Untuk generasi Z sendiri, para peneliti biasanya menggunakan tahun kelahiran mulai dari akhir 1990-an hingga pertengahan 2000-an.

D. Baby boomers

Kemudian adalah baby boomers. Ini adalah istilah untuk mereka yang lahir pada awal tahun 1940-an dan mengakhiri tahun kelahiran pada tahun 1964.

E. Silent generation

Yang terakhir yaitu adalah silent generation. Generasi ini adalah orang-orang yang merupakan bagian dari generasi pendiam dengan ciri lahir dari pertengahan hingga akhir tahun 1920-an hingga awal hingga pertengahan 1940-an.

Apakah Anda Milenial?

Sementara istilah kata “milenial” biasanya dianggap berlaku untuk individu yang mencapai usia ketika mereka dewasa sekitar pergantian abad ke-21, penggambaran yang tepat dapat bervariasi dari satu sumber ke sumber lainnya.

Adapun beberapa sumber yang menjelaskan apakah seseorang dapat dikatakan milenial adalah sebagai berikut:

  • Berdasarkan salah satu perusahaan riset konsumen, milenium pertama lahir pada tahun 1978.
  • Majalah Newsweek melaporkan bahwa generasi milenium lahir antara tahun 1977 dan 1994.
  • Dalam artikel terpisah juga disebutkan oleh New York Times mematok istilah millennials adalah pada 1976-1990 dan 1978-1998.
  • Sedangkan, artikel dari majalah populer Time, disana mereka menulis untuk menempatkan millennials pada tahun 1980-2000.
Baca Juga :  Memahami Pengertian Clickbait: Apa itu Umpan Klik? Jenis, Ciri, Dampak dan Apakah Salah Menggunakannya?!

Kesimpulan

Jadi, dari penjelasan mengenai Pengertian Milenial, Apa itu Millenials? Siapa, Jenis, Ciri dan Generasi X, Y, Z, Baby Boomers dan Silent Generation di atas, dapat kita simpulkan bahwa millenials atau milenial adalah identitas yang diberikan kepada sekelompok orang yang didefinisikan secara luas dan samar-samar. Ada dua istilah “millennial” yang sering diperselisihkan artinya satu sama lain yaitu adalah generasi Y (orang yang lahir antara tahun 1981-1991) dan generasi Z (orang yang lahir antara tahun 1991-2001).

Orang-orang dari generasi Y sering memiliki karakteristik yang mirip dengan generasi X, itulah sebabnya generasi Z akan membingungkan generasi Y dengan generasi X dan kemudian mengklaim sebagai generasi yang mewakili generasi “milenial” walaupun pada kenyataannya, tahun kelahiran untuk rentang millenial adalah dari sekitar tahu 1981- 2001, sama seperti kelahiran untuk baby boomers yang berkisar antara tahun 1946-1964.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas mengenai penjelasan Pengertian Milenial, Apa itu Millenials? Siapa, Jenis, Ciri dan Generasi X, Y, Z, Baby Boomers dan Silent Generation. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan serta wawasan kita semua.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman dan kerabat kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar