Memahami Pengertian Viewport: Apa itu Mobile Viewport? Tujuan dan Fungsi, Jenis Meta Tag, Cara Menggunakannya serta Kenapa itu Penting!

0
Gambar Dari Pengertian Viewport Apa Itu Layar Area Pandang Mobile Viewport Tujuan Dan Fungsi Jenis Macam Meta Tag Cara Menggunakannya Serta Kenapa Itu Penting Untuk SEO
Gambar Dari Pengertian Viewport Apa Itu Layar Area Pandang Mobile Viewport Tujuan Dan Fungsi Jenis Macam Meta Tag Cara Menggunakannya Serta Kenapa Itu Penting Untuk SEO

Tahukah Kalian, Pengertian Viewport, Apa itu Mobile Viewport? Tujuan dan Fungsi, Jenis Macam Meta Tag, Cara Menggunakannya serta Kenapa itu Penting untuk SEO!

Ya, dalam bidang mobile development, istilah viewport mengacu pada ukuran jendela atau area yang terlihat di layar.

Secara umum, istilah ini digunakan untuk merujuk pada tampilan di perangkat seluler seperti smartphone (ponsel cerdas) dan tablet.

Arti yang lebih spesifik dari istilah viewport mengacu pada elemen meta di HTML5 (baca pengertian HTML5 disini), yang memainkan peran penting dalam mengoptimalkan perangkat seluler.

Tag meta ini membuat dimensi konten yang ditampilkan sedemikian rupa sehingga ukuran layar dapat digunakan secara efektif.

Dalam hal ini, fungsinya memastikan bahwa semua konten ditampilkan dalam keterbacaan dan akurasi yang sama pada layar dengan ukuran berbeda.

Meta tag viewport menyesuaikan halaman web dengan panjang dan lebar layar sehingga browser seluler dapat menampilkan semua konten dengan benar.

Oke, terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu pengertian viewport.

Baiklah langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Viewport

Berarti layar, area pandang (dalam bahasa Indonesia), viewport adalah istilah untuk area tampilan halaman pada device atau perangkat tampilan.

Ini sering digunakan dalam desain kode dan analog sebagai cara untuk merujuk ke layar tampilan dan bagaimana layout (tata letak) cocok dengan layar itu, dimana simpulan ini juga sesuai berdasarkan definisi yang bersumber dari Situs Technopedia.

Secara khusus, layar, area pandang atau meta viewport ini merupakan area halaman web yang terlihat oleh pengguna atau end user (baca selengkapnya pembahasan end user disini).

Benar! Ini adalah bagian yang dapat Anda lihat dari perangkat atau monitor Anda dan itu terletak di tag <head> pada HTML.

Apa itu Mobile Viewport?

Gambar Apa Itu Layar Area Pandang Mobile Viewport Pada Device Atau Perangkat Serta Tujuan Dan Fungsinya
Gambar Apa Itu Layar Area Pandang Mobile Viewport Pada Device Atau Perangkat Serta Tujuan Dan Fungsinya

Kemudian, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan mobile viewport atau layar dan area pandang seluler ini?

Yup, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas tentang definisi dan artinya, istilah ini lebih sering dikenal dengan “viewport” saja secara global.

Kami pribadi sering mendapatkan beberapa pertanyaan dari pengembang atau web developer lain tentang apa itu viewport serta apa fungsinya?

Yang terpenting, mobile viewport adalah visibilitas area dari pengguna berupa tag meta yang dicari dan digunakan bot mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, Yandex dan lain sebagainya saat menentukan apakah situs Anda mobile friendly (ramah seluler).

Jika bot search engine seperti Google tersebut tidak menemukan meta tag ini, maka situs web Anda tidak akan lulus tes Google Mobile Friendly, dimana itu dapat berdampak negatif pada posisi Anda di hasil pencarian seluler.

Tujuan dan Fungsi Menggunakan Viewport

Dalam membahas tentang apa itu arti viewport, adalah merupakan hal yang penting juga bagi Kami untuk menjelaskan terkait tujuan dan fungsi penggunaannya secara khusus.

Oke, untuk tujuan utamanya, perlu kalian ketahui bahwa layar, area pandang atau viewport memastikan situs ditampilkan dengan baik di semua device atau perangkat (ponsel, tablet, komputer, dan bahkan layar yang lebih besar).

Baca Juga :  Pengertian WINS (Windows Internet Naming Service) dan Cara Kerjanya

Singkatnya, viewport memainkan peran penting dalam merancang situs web yang responsif dan ramah seluler.

Dari sudut pandang fungsional, viewport seluler menyetel tingkat zoom awal halaman web, saat dilihat dengan jenis, tipe dan model perangkatnya.

Tanpa layar atau area pandang ini, perangkat akan merender laman dengan lebar layar desktop biasa tanpa diskalakan agar pas dengan layar.

Hal tersebut berarti situs web atau website (baca selengkapnya tentang arti website disini) Anda, bila dilihat melalui ponsel, akan menjadi versi kecil tata letak situs web Anda yang tidak terbaca.

Ya, seperti yang sudah Kami singgung di atas, layar atau area pandang seluler harus ada di setiap halaman situs web Anda di bagian <head>.

Perlu Kami tekankan disini bahwa salah satu aspek utama untuk dipahami adalah bahwa tag meta mobile viewport ini, mereka diabaikan oleh browser desktop.

Ya! Memasukkan tag meta ini, bagi pengguna browser desktop tidak akan mengubah tampilan apapun di situs Anda.

Terkait fungsi utamanya sendiri, viewport atau mobile viewport ini paling berguna saat digunakan dalam skema desain situs web yang responsif atau yang lebih dikenal dengan istilah responsive web design (baca pengertian responsive web design disini).

Jenis-Jenis Meta Tag Viewport

Gambar Jenis Dan Macam Meta Tag Elemen Viewport Dan Bagaimana Cara Menggunakannya Untuk Responsive Web Design atau Desain Website Responsif
Gambar Jenis Dan Macam Meta Tag Elemen Viewport Dan Bagaimana Cara Menggunakannya Untuk Responsive Web Design atau Desain Website Responsif

Dalam membahas mengenai arti dan pengertian viewport, berkenaan dengan penerapannya dalam kode HTML, pastinya hal tersebut tidak terlepas daripada apa saja jenis dan macam tag meta viewport ini bukan?

Oke, sebelumnya, mari kita ingat-ingat terlebih dahulu di awal-awal datangnya internet, perlu kalian ketahui bahwa halaman web dirancang hanya untuk layar komputer dengan desain dan ukuran tetap.

Kemudian, saat perangkat mobile (seluler) dengan browser pun diperkenalkan, dimana halaman statis menjadi terlalu besar untuk layar seluler.

Untuk mengatasinya, perangkat seluler mulai merender halaman di jendela virtual, kemudian mengecilkan hasil yang diberikan agar sesuai dengan layar seluler.

User (pengguna) kemudian dapat memperbesar untuk mengakses berbagai bagian halaman web.

Ya! Terkait website optimization (baca selengkapnya apa itu website optimization disini), viewport ini juga diterapkan serta dilakukan untuk mencegah kerusakan situs web yang tidak dioptimalkan untuk device atau perangkat seluler.

Karena perangkat baru memiliki ukuran layar yang sangat berbeda, layar atau area pandang telah menjadi pertimbangan utama dalam desain responsif.

Para engineer (insinyur) harus mencari cara untuk menyesuaikan halaman web ke dalam viewport kecil untuk smartphone atau perangkat seluler tradisional.

Bahkan tablet cenderung lebih kecil dari layar komputer tradisional.

Desainer dapat menggunakan tag meta viewport dalam HTML dan tools (alat) di Cascading Style Sheets (CSS) untuk menyetel parameter viewport seperti tinggi dan lebar serta skala dan resolusinya.

Di HTML5, tag meta baru diperkenalkan untuk mengontrol perilaku ini dengan cara yang lebih elegan, yaitu:

<meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0">

Jadi apa saja jenis dan macam meta tag viewport ini? Oke langsung saja mari kita lihat di bawah ini.

a. Width

Jenis macam tag meta pertama pada tag viewport yaitu adalah width.

Baca Juga :  Pengertian TWAIN: Apa Itu TWAIN? Sejarah, Tujuan dan Istilahnya

Properti width ini mengendalikan ukuran daripada layar atau area pandangnya seperti yang dapat kalian lihat pada gambar-gambar Kami di atas.

b. Initial-Scale

Berikutnya yaitu adalah initial-scale, ini merupakan meta tag yang mengontrol atau mengendalikan tingkat atau zoom level ketika webpage (halaman web) mulai dimuat oleh suatu device atau perangkat.

Cara Menggunakan Viewport agar Website Responsif

Gambar Dari Penjelasan Tentang Viewport Pada Device Atau Perangkat
Gambar Dari Penjelasan Tentang Viewport Pada Device Atau Perangkat

Kemudian, bagaimana cara menggunakan dan menerapkan viewport untuk responsive web design atau desain website responsif?

Baiklah, sebelumnya, perlu Kami tekankan terlebih dahulu bahwa menggunakan tag meta viewport adalah bagian penting dari pencocokan halaman yang cocok dengan layar perangkat.

Biasanya, para desainer atau web designer melihat semua teks, gambar, dan fungsionalitas dalam sebuah halaman dan menatanya sesuai dengan apa yang dapat ditangani viewport dan ketika mereka memasukkan batasannya, ini menyediakan sekumpulan parameter teknis untuk dapat dikerjakan.

Dalam penggunaannya sendiri, ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan untuk mengonfigurasi layar, area pandang atau mobile viewport untuk situs web Anda.

Jika Anda memiliki desain dinamis, Anda harus membuat seluruh halaman terpisah untuk menyajikan versi yang berbeda dan memberi tahu setiap user-agent (agen pengguna) apa yang harus diakses dari URL yang sama.

Anda akan membutuhkan lebih banyak sumber daya development (pengembangan) dengan pendekatan ini.

Pada dasarnya, Anda harus membangun situs web baru dari awal dan menyimpannya di subdomain seperti www.m.example.com.

Namun, tidak hanya itu saja, jika dikaitkan dengan Search Engine Optimization (SEO) Anda harus membuat anotasi untuk perangkat www.m.example.com seluler dan www.m.example.com desktop untuk membantu mesin telusur memahami mobile URL yang terpisah.

Ini adalah cara termudah untuk membuat situs web yang ramah seluler atau yang lebih sering dikenal dengan akronim “mobile-friendly“.

Yup! Faktanya, Google sendiri merekomendasikan pendekatan tersebut.

Berbicara tentang penerapan dan cara menggunakannya sendiri, dalam kode HTML, cukup tambahkan kode berikut ini dalam halaman web Anda:

<meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0">

Letakkan kode tersebut di bagian atas HTML tepatnya pada elemen <head> untuk memberikan petunjuk kepada browser tentang cara mengontrol penskalaan dan dimensi halaman pada perangkat yang berbeda.

Kenapa Viewport Penting untuk Search Engine Optimization (SEO)?

Jadi, mengapa tag meta viewport ini penting ketika merujuk kepada SEO?

Sebelumnya, bagi kalian yang masih belum memahami tentang apa itu SEO, kalian dapat membaca lebih lanjut mengenai SEO dan definisinya menurut ahli.

Benar! Google sendiri merekomendasikan untuk menyertakan layar, area pandang atau meta viewport di bagian atas dokumen.

Bahkan lebih jauh lagi mereka juga menguraikan beberapa pedoman SEO dasar tentang desain web responsif.

Hal ini sudah cukup menunjukkan betapa pentingnya mengonfigurasi area pandang seluler situs Anda sekarang ini terutama di tahun 2020, dimana mesin pencari lebih mengoptimalkan akses dari perangkat mobile (seluler).

Hal ini juga sesuai berdasarkan apa yang dikatakan oleh Google tentang viewport:

“Halaman yang dioptimalkan untuk berbagai perangkat harus menyertakan tag meta viewport di bagian atas dokumen yang memberikan petunjuk kepada browser tentang cara mengontrol dimensi dan penskalaan halaman”

Terjemahan Dari Salah Satu Tweet Di Twitter Google

Jadi, bagaimana Anda bisa memastikan bahwa situs web Anda ditampilkan dengan cara yang terbilang mobile friendly (ramah seluler)?

Baca Juga :  Memahami Pengertian Serial Port: Apa itu Port COM dan Parallel? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Macam Komponen, Cara Identifikasi serta Dimana Letaknya pada Komputer!

Oke, dalam postingan ini Kami juga akan membagikan sedikit tipsnya, yaitu:

  • Hindari menggunakan nilai lebar absolut di CSS Anda. Pertimbangkan agar jangan menggunakan px, pt, cm, mm, in, atau pc. Nilai absolut dapat menyebabkan elemen situs web Anda dimuat lebih lebar daripada area pandang Anda. Sebaliknya, gunakan nilai lebar relatif seperti ch, rem, vw, em, ex, vh vmin,%, dan vmax.
  • Hindari merender situs web Anda dengan lebar tertentu; Lebar bervariasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya, sebagai contoh misalnya, lebar sebuah smartphone berbeda dengan lebar tablet ataupun laptop.

Kesimpulan

Bagaimana? Sudah cukup jelas bukan? Oke baiklah, berdasarkan penjelasan dan pembahasan mengenai Pengertian Viewport, Apa itu Mobile Viewport? Tujuan dan Fungsi, Jenis Macam Meta Tag, Cara Menggunakannya serta Kenapa itu Penting untuk SEO di atas, dapat kita simpulkan bahwa layar, area pandang atau viewport adalah sebuah tag meta yang biasanya dideskripsikan sebagai area yang terlihat di halaman web.

Ini berubah berdasarkan ukuran perangkat yang digunakan untuk mengakses halaman.

Sebagai contoh misalnya seperti komputer desktop, tablet dan smartphone, dimana semuanya memiliki viewport yang berbeda.

Dengan adanya viewport, situs di perangkat seluler tidak ditampilkan dengan cara yang sama seperti di layar desktop.

Pengguna tidak perlu memperbesar, tetapi dapat melihat konten halaman dengan cara yang sesuai dengan layar kecil.

Area pandang sebagai elemen meta (dikombinasikan dengan desain web responsif) membantu browser memecahkan halaman dan mengumpulkannya di layar kecil sehingga pengguna bisa mendapatkan gambar yang bermakna serta dapat dibaca.

Dengan cara ini, viewport berfungsi untuk mencegah masalah tampilan dengan menentukan format keluaran yang disesuaikan dengan mobile device yang dimaksud oleh webmaster.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan dalam tulisan artikel kali ini, dimana Kami membahas tentang Pengertian Viewport, Apa itu Mobile Viewport? Tujuan dan Fungsi, Jenis Macam Meta Tag, Cara Menggunakannya serta Kenapa itu Penting untuk SEO.

Semoga apa yang Kami coba untuk sampaikan disini dapat bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan kalian semua dalam memahami arti dan istilah dalam dunia teknologi terutama bidang teknologi dan mobile.

Jangan lupa like, share atau bagikan artikel Kami disini kepada teman, kerabat juga partner kerja dan bisnis Anda serta subscribe juga untuk Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar