Mengenal Pengertian Website Optimization: Apa itu Optimasi Situs Web? Tujuan, Elemen, Perbedaannya dengan SEO dan Kenapa itu Menguntungkan Bisnis Anda?

0
Gambar Pengertian Website Optimization Apa Itu Pengoptimalan Atau Optimasi Situs Web Tujuan Elemen Perbedaannya Dengan SEO Dan Kenapa Itu Dapat Menguntungkan Bisnis Anda
Gambar Pengertian Website Optimization Apa Itu Pengoptimalan Atau Optimasi Situs Web Tujuan Elemen Perbedaannya Dengan SEO Dan Kenapa Itu Dapat Menguntungkan Bisnis Anda

Tahukah Anda, Pengertian Website Optimization, Apa itu Pengoptimalan atau Optimasi Situs Web? Tujuan, Elemen, Perbedaannya dengan SEO dan Kenapa itu Menguntungkan Bisnis Anda? Benar, ini semua mengacu pada Search Enginge Optimization SEO), pengoptimalan situs web alias, web optimization merupakan pendekatan ilmiah untuk meningkatkan kinerja situs web Anda dan juga merupakan bagian penting dari Conversion Rate Optimization (CRO). Idealnya, setiap pelanggan potensial yang mengunjungi situs Anda akan menyukai apa yang mereka lihat atau melakukan sesuatu dengan baik mereka biasanya bersedia menghubungi Anda, mengirimkan formulir, mendaftar dan lain sebagainya.

Perlu kalian ketahui bahwa dalam dunia digital marketing, tindakan ini disebut “conversion atau konversi” dan “conversion rate (rasio tingkat konversi)” Anda adalah persentase pengunjung yang benar-benar melakukan apa yang Anda inginkan. Seperti yang mungkin Anda bayangkan, semakin baik situs web Anda memenuhi kebutuhan orang, semakin besar kemungkinan mereka untuk mengonversi. Jadi, jika Anda dapat mengoptimalkan situs web Anda, Anda bisa mendapatkan lebih banyak nilai dari traffic (lalu lintas pengunjung) Anda. Berkenaan dengan itu, dalam postingan ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu pengertian website optimization. Mari kita simak ulasannya berikut!

Pengertian Website Optimization

Berarti pengoptimalan atau optimasi situs web, istilah website optimisation adalah segala hal yang mencakup semua teknik teknis dan pemasaran yang digunakan untuk memperoleh lalu lintas, menarik pengunjung, dan kemudian mengubahnya menjadi prospek atau pembeli menggunakan metode yang jelas yang memenuhi sejumlah tujuan yang telah ditentukan sebelumnya berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs ABTasty.

Apa itu Pengoptimalan atau Optimasi Situs Web?

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan pengoptimalan atau optimasi situs web? Ya! Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, website optimization (pengoptimalan atau optimasi situs web) adalah proses menggunakan eksperimen terkontrol untuk meningkatkan kemampuan situs web untuk mengarahkan tujuan bisnis.

Dalam menerapkan langkah dan cara melakukan pengoptimalan dan optimasi untuk meningkatkan kinerja website mereka, pemilik situs web biasanya menerapkan pengujian atau A/B testing untuk bereksperimen dengan variasi pada halaman situs web mereka.

Hal tersebut dilakukan untuk menentukan perubahan mana yang pada akhirnya akan menghasilkan lebih banyak konversi dan web performance yang bagus misalnya permintaan demo, peningkatan hasil pencarian organic (organik), lebih banyak sale (pembelian), berkurangnya waktu layanan pelanggan, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Pengertian SERM (Search Engine Reputation Management) dan Fungsinya

Tujuan Website Optimization (Optimasi Situs Web)

Ilustrasi Gambar Tujuan Website Optimization Dalam Membahas Pengertian Pengoptimalan Atau Optimasi Situs Web Dan Artinya
Ilustrasi Gambar Tujuan Website Optimization Dalam Membahas Pengertian Pengoptimalan Atau Optimasi Situs Web Dan Artinya

Dalam membahas mengenai arti website optimization dan artinya, pastinya kita juga harus memahami betul apa sebenarnya maksud dan tujuan dari kegunaannya sendiri.

Perlu kalian ketahui bahwa tujuan situs web akan bervariasi tergantung pada jenis bisnis, target pelanggan bisnis, dan tindakan yang diinginkan oleh audiens (baca pengertian audiens disini) seperti melakukan pembelian, mengisi formulir, atau membaca artikel.

Adapun contoh tindakan dan praktik dari jenis website untuk pengunjung situs web untuk peningkatan konversi, atau membuat jumlah anggota audiens yang menyelesaikan tindakan tertentu serta merupakan bagian dari tujuan website optimization sendiri adalah sebagai berikut:

  • Publikasi online; Mempraktekkan optimasi situs web dengan tujuan konversi untuk meningkatkan jumlah artikel yang dibaca pengunjung.
  • Toko online atau e-commerce; Mengoptimalkan situs web yang bertujuan mendorong penyelesaian checkout dan mengulangi pembelian.
  • Perusahaan software online; Mengoptimalkan situs webnya untuk meningkatkan tingkat pengunjung yang mendaftar (atau mengonversi) trial atau uji coba produk secara gratis.
  • Perusahaan asuransi; Mengoptimalkan situs webnya untuk menangkap lebih banyak calon pelanggan potensial untuk penjualan asuransi.
  • Nirlaba atau kampanye penggalangan dana; Mengoptimalkan bentuk donasi mereka untuk mendorong lebih banyak donasi.

Elemen-Elemen Website Optimization

Setelah mengetahui apa arti dari istilah website optimization, apa itu pengoptimalan atau optimasi situs web dan tujuannya di atas, adalah merupakan hal yang penting bagi Kami untuk juga menjelaskan kepada kalian mengenai apa saja elemen-elemen yang pada umumnya sering digunakan.

Ya! Bergantung pada tujuan perusahaan, website optimization atau pengoptimalan situs web dapat mencakup berbagai macam pengujian, berikut adalah 8 (delapan) elemen yang pada umumnya digunakan dalam penerapannya:

  1. Judul, atau pesan utama yang terkait dengan proposisi nilai dan bidangperusahaan.
  2. Penggunaan media visual, seperti fotografi atau video.
  3. Panjang formulir, memvariasikan jumlah bidang yang diperlukan atau urutan penyelesaian.
  4. Tampilan menonjol studi kasus pelanggan yang menggambarkan keberhasilan mereka menggunakan produk atau layanan Anda.
  5. Gaya visual, teks, dan penempatan tombol ajakan untuk bertindak atau Call to Action (CTA).
  6. Organisasi dan struktur navigasi situs web.
  7. Penempatan fungsi sharing atau berbagi ke media sosial.
  8. Tampilan dan organisasi struktur halaman web untuk pengunjung di perangkat mobile (seluler).

Laman landing (halaman darat yang pertama kali dituju) untuk marketing (pemasaran) juga sering menjadi area situs web yang dapat dioptimalkan (optimized), karena lalu lintas berkualitas tinggi yang dikirim ke sana melalui iklan, e-mail, atau media sosial.

Baca Juga :  Tunggu Dulu, Lakukan 10 Hal Ini Jika Merasa Putus Asa dengan Hidup dan Masa Depan Anda!

Selain itu, pemilik website juga dapat melakukan optimasi situs web pada proses multi-halaman di situs web mereka, seperti pendaftaran trial (percobaan gratis), bagian checkout, atau formulir multi-halaman apa pun.

Perbedaan Website Optimization dengan Search Engine Optimization (SEO)

Kemudian untuk disambiguasi serta perbedaan antara website optimization dan Search Engine Optimization atau SEO, perlu kalian ketahui bahwa pengoptimalan situs web juga kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan praktik peningkatan kemampuan menemukan situs web untuk mesin pencari atau yang lebih kenal dengan sebutan SEO (baca pengertian SEO disini), dengan tujuan akhir meningkatkan peringkat hasil pencarian atau Search Engine Result Page (SERP) untuk istilah pencarian utama.

Faktor penting untuk peringkat utama yang perlu dipertimbangkan ketika melakukan optimasi mesin pencari atau SEO, biasanya meliputi beberapa hal seperti mengubah judul halaman, mengurangi kecepatan memuat halaman, meminimalkan pengalaman pengguna yang buruk, menggunakan keyword (kata kunci) yang tepat dan memproduksi konten yang ditulis dengan baik.

Pengoptimalan (optimasi) situs web juga dapat dihubungkan untuk meningkatkan kecepatan dan keandalan kinerja situs web. Hal ini secara cepat dan relevan dengan tujuan pengoptimalan situs web sebagai penyelesaian tindakan yang diinginkan pada situs web.

Performa situs web yang buruk, seperti latensi atau kesalahan, dapat menghalangi pengunjung untuk mengambil tindakan karena ketidakmampuan untuk menavigasi sebuah situs web.

Kemudian, untuk perbedaannya sendiri website optimization atau pengoptimalan situs web merujuk untuk membuat situs web Anda lebih ramah pengguna atau yang biasa dikenal dengan user friendly

Di sisi lain optimasi SEO dilakukan situs web untuk search engine seperti membuat Google senang dan menunjukkan situs web Anda di atas competitor (pesaing) Anda.

Bagaimana Website Optimization dapat Membantu dan Menguntungkan Bisnis Saya?

Ilustrasi Gambar Bagaimana Website Optimization Atau Pengoptimalan Dan Optimasi Situs Web Dapat Menguntungkan Bisnis
Ilustrasi Gambar Bagaimana Website Optimization Atau Pengoptimalan Dan Optimasi Situs Web Dapat Menguntungkan Bisnis

Dalam menjawab pertanyaan bagaimana website optimization ini dapat membantu dan menguntungkan bisnis (terutama bisnis online) kita, perlu kalian ketahui bahwa ketika situs web Anda tidak ditemukan oleh search engine (mesin pencari), maka bisnis Anda pun hilang karena pada dasarnya penerapan website optimization sangat berkaitan erat dengan SEO.

Layanan SEO profesional atau pembangunan backlink dapat membantu Anda meningkatkan relevansi situs Anda dan, pada gilirannya, menaikkan peringkatnya menjadi lebih tinggi serta menempatkan produk dan layanan Anda lebih dekat dengan pelanggan potensial.

Anda dapat mencoba Jasa SEO Banjarmasin Kalimantan Selatan yang Kami sediakan untuk situs web Anda.

Dengan kemampuannya untuk menghasilkan lebih banyak traffic (lalu lintas pengunjung website) berkualitas ke situs web Anda dengan biaya yang relatif rendah, website optimization atau optimisasi situs web adalah bagian penting dari strategi internet marketing (pemasaran online) Anda.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Clickbait: Apa itu Umpan Klik? Jenis, Ciri, Dampak dan Apakah Salah Menggunakannya?!

Visibilitas mesin pencari juga dapat dicapai dengan menggunakan berbagai macam tools atau alat mesin pencari otomatis, yang secara teratur dapat mengirimkan alamat situs web Anda ke mesin pencari dan direktori nasional dan lokal.

Menggunakan alat-alat ini bersama dengan pengoptimalan dan optimasi situs web dapat secara dramatis mempengaruhi jumlah traffic (lalu lintas pengunjung) ke situs Anda.

Kesimpulan

Baiklah, Kami rasa sudah cukup jelas, jadi dari pembahasan dan penjelasan Pengertian Website Optimization, Apa itu Pengoptimalan atau Optimasi Situs Web? Tujuan, Elemen, Perbedaannya dengan SEO dan Kenapa itu Menguntungkan Bisnis Anda di atas, dapat kita simpulkan bahwa pengoptimalan dan optimasi situs web atau website optimization adalah tentang meningkatkan pengalaman pengguna Anda sehingga orang-orang akan lebih mungkin mengonversi di situs web Anda. Banyak bisnis dan perusahaan mencoba mengoptimalkan user interface (pengalaman pengguna) mereka dengan mendesain ulang situs web mereka sepenuhnya dari waktu ke waktu.

Namun, tidak peduli seberapa baik Anda mengenal audiens target Anda, orang-orang memang tidak dapat diprediksi. Dengan kata lain, jika Anda mencoba untuk mengoptimalkan situs web Anda tanpa data yang baik, pada akhirnya malah mengurangi tingkat konversi Anda alih-alih meningkatkannya.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan dalam postingan yang membahas tentang Pengertian Website Optimization, Apa itu Pengoptimalan atau Optimasi Situs Web? Tujuan, Elemen, Perbedaannya dengan SEO dan Kenapa itu Menguntungkan Bisnis Anda kali ini. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua, terutama bagi teman-teman yang sedang belajar dan memahami istilah-istilah teknologi.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman, kerabat serta rekan bisnis kalian. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar