Pengertian SM Bus (SMBus Controller): Sejarah dan Fungsinya pada Komputer

0
Gambar SMBus Pengertian SM Bus Sejarah SM Bus Fungsi System Management Bus Controller Pada Komputer
Gambar SMBus Pengertian SM Bus Sejarah SM Bus Fungsi System Management Bus Controller Pada Komputer

Apa itu pengertian SM Bus? SM Bus (SMBus Controller) adalah singkatan dari System Management Bus, SMBus atau SM Bus Controller ini pertama kali dikembangkan oleh Intel pada tahun 1995 sebagai pemisahan dari I2C. SMBus memerlukan konvensi listrik dan protokol yang lebih ketat dan memungkinkan motherboard komputer Anda untuk berkomunikasi dengan periferal kecepatan rendah seperti baterai pada komputer laptop.

Jika SMBus ditampilkan di Device Manager dengan kesalahan, ini merupakan indikasi bahwa driver chipset motherboard Anda belum diinstal atau tidak ditemukan selama instalasi Windows dan untuk mengatasinya Anda bisa langsung kontak dan hubungi Manufacture perangkat Komputer Anda.

Pengertian SM Bus (SMBus Controller)

SM Bus Controller, juga dikenal sebagai SMBus atau System Management Bus. SM Bus (SMBus Controller) adalah rangkaian sirkuit terintegrasi, atau chipset, yang terletak di dalam komputer pribadi. Ini menyediakan antarmuka dua kawat yang memungkinkan sistem dan komponen yang berhubungan dengan daya untuk berkomunikasi dengan bagian lain dari komputer berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Techwalla.

SMBus memonitor tegangan dan suhu dan dapat mengirim sejumlah pesan kesalahan saat terjadi masalah. Pemilik komputer biasanya tidak perlu khawatir tentang perangkat keras tingkat rendah ini kecuali jika berhenti berfungsi.

Sejarah SM Bus (SMBus Controller) dan Supportnya

Dalam membahas mengenai pengertian SM Bus (SMBus Controller), kita tentu harus mengetahui sejarah dari SM Bus (SMBus Controller) ini. SMBus dikembangkan oleh Intel Corporation pada pertengahan 1990-an untuk menyediakan perangkat komunikasi murah untuk motherboard. Bus itu awalnya tersedia pada chip Xeon Intel. Desainnya didasarkan pada I²C atau I2C (Inter-Integrated Circuit yang diucapkan I-squared-C) yaitu sebuah bus tua yang dikembangkan pada awal 1980-an oleh Philips Semiconductor.

Baca Juga :  Pengertian SMS: Apa Itu SMS, Fungsi dan Manfaat Short Message Service

SMBus didasarkan pada I²C dan umumnya kompatibel dengan itu, tetapi ada beberapa perbedaan utama dalam spesifikasi listrik, protokol dan perangkat lunak pendukung. Perangkat SMBus didukung oleh sistem operasi Linux dan Windows. Mereka juga digunakan pada sistem Mac berbasis Intel, di mana mereka disebut sebagai System Management Controller (SMC).

Fungsi SM Bus (SMBus Controller)

Ilustrasi Gambar Pengertian SM Bus Sejarah SM Bus Fungsi System Management Bus Controller Pada Komputer
Ilustrasi Gambar Pengertian SM Bus Sejarah SM Bus Fungsi System Management Bus Controller Pada Komputer

Mengacu pada pengertian SM Bus (SMBus Controller) di atas, kita sudah tahu bahwa SM Bus (SMBus Controller) adalah antarmuka dua kawat tempat chip sederhana yang berhubungan dengan daya dapat berkomunikasi dengan seluruh sistem. Ia menggunakan I2C sebagai tulang punggungnya.

Dengan SMBus, perangkat dapat memberikan informasi pabrik, memberi tahu sistem apa model atau nomor komponennya, menyimpan kondisinya untuk Program yang ditangguhkan, melaporkan berbagai jenis kesalahan, menerima parameter kontrol, dan mengembalikan statusnya.

Protokol SMBus

Protokol komputer adalah seperangkat aturan yang disepakati yang digunakan untuk komunikasi antara perangkat elektronik. Pesan yang ditransmisikan oleh SMBus terdiri dari serangkaian 1s dan 0s yang diurutkan sesuai dengan protokol SMBus. Perangkat SMBus dan beberapa perangkat I²C yang mematuhi protokol ini dapat terhubung ke bus. Perangkat khusus yang terhubung ke SMBus, seperti baterai pintar dan pengisi daya baterai pintar, tidak diharuskan untuk mengimplementasikan semua perintah dalam protokol SMBus, tetapi hanya yang diperlukan untuk sistem sederhana mereka sendiri.

Masalah Umum pada SM Bus (SMBus Controller)

Sistem operasi komputer berkomunikasi dengan Pengendali Bus SM melalui perangkat lunak yang dikenal sebagai driver. Untuk sistem operasi Windows, menerapkan pembaruan atau memutakhirkan ke versi yang lebih baru dapat menyebabkan Driver SM SM dihapus. Dalam hal ini, Anda kemungkinan besar akan menerima pesan kesalahan sistem yang mengatakan perangkat keras SM Bus Controller tidak dapat diinstal.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Google: Apa itu Google? Sejarah, Tujuan dan Manfaatnya!

Untuk memecahkan masalah dengan perangkat keras Pengendali Bus SM, periksa status perangkat di dialog Device Manager. Anda dapat menjalankan dialog dari Panel Kontrol Windows atau dengan mengetik “Device Manager” di bidang pencarian di bagian bawah menu Start. Dalam dialog Device Manager, perluas “System Devices” dan cari SM Bus Controller.

Tanda seru yang ditampilkan pada entri SM Bus (SMBus Controller) menunjukkan kondisi kesalahan. Klik kanan pada entri dan pilih “Perbarui Driver.” Petunjuk untuk menginstal perangkat lunak driver harus ditampilkan. Jika ini tidak menyelesaikan masalah, kunjungi situs web dukungan pelanggan untuk produsen komputer Anda.

Mengatur Ulang atau Me-Reset SM Bus (SMBus Controller) pada Mac

System Management Controller pada Mac mengontrol kipas, lampu latar keyboard, lampu indikator baterai dan sensor tutup. Masalah dengan fitur-fitur ini dapat berarti bahwa SMC perlu diatur ulang. Pertama, coba matikan komputer dan hidupkan kembali. Jika masalah tetap ada, kunjungi situs web Dukungan Pelanggan Apple untuk detail tentang mengatur ulang SMC pada Mac.

Kesimpulan

Jadi, dari pembahasan mengenai pengertian SM Bus (SMBus Controller) di atas, dapat kita simpulkan bahwa System Management Bus (disingkat SMBus atau SMB) adalah bus dua kawat sederhana dengan satu ujung untuk tujuan komunikasi yang ringan. Paling umum ditemukan di motherboard komputer untuk komunikasi dengan sumber daya untuk instruksi ON/OFF.

Penutup

Demikianlah ulasan Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian SM Bus (SMBus Controller), Sejarah SM Bus (SMBus Controller), Fungsi SM Bus (SMBus Controller) beserta pembahasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Silahkan berikan pendapat Anda pada kolom Komentar di bawah ini atau Hubungi Kami pada halaman Kontak untuk informasi lebih lanjut. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar