Mengenal Pengertian SM Bus: Apa itu System Management Bus Controller? Sejarah, Fungsi, Protokol dan Cara Mengatasi Masalah Umumnya pada Komputer!

0
Pengertian SM Bus Apa Itu System Management Bus Controller Sejarah Tujuan Dan Fungsi Protokol Serta Cara Mengatasi Masalah Umumnya Pada Komputer
Pengertian SM Bus Apa Itu System Management Bus Controller Sejarah Tujuan Dan Fungsi Protokol Serta Cara Mengatasi Masalah Umumnya Pada Komputer

Tahukah Anda, Pengertian SM Bus, Apa itu System Management Bus Controller? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Protokol serta Cara Mengatasi Masalah Umumnya pada Komputer! Ya, seperti yang kita ketahui motherboard komputer merupakan papan sirkuit tercetak yang mengoordinasikan proses sistem dan memasok daya ke komponen sistem lainnya. Sebelumnya, perlu Kami tekankan bahwa dalam istilah komputer, kata bus adalah serangkaian koneksi kabel paralel antar perangkat, ini membawa informasi tentang alamat komputer, data, dan kontrol.

Perlu kalian ketahui bahwa SMBus terletak di motherboard dan melakukan komunikasi ringan dengan baterai yang dapat diisi ulang, atau Smart Battery System (SBS), dan dengan sensor suhu dan tegangan, bersama dengan perangkat lain seperti sakelar tutup dan jam internal. Perangkat SMBus termasuk Processor Information ROM (PIROM) yang digunakan untuk menyimpan data hanya-baca tentang fitur-fitur komputer. Terkait hal itu, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas tentang pengertian SM Bus secara lebih detail dan lengkap. Langsung saja, berikut ini ulasannya!

Pengertian SM Bus (Controller)

SM Bus controller, juga dikenal sebagai SMBus atau System Management Bus, ini adalah rangkaian sirkuit terintegrasi, atau chipset, yang terletak di dalam komputer pribadi atau Personal Computer (PC).

Ini menyediakan antarmuka 2 (dua) kawat yang memungkinkan sistem dan komponen yang berhubungan dengan daya untuk berkomunikasi dengan bagian lain dari komputer berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Techwalla.

SMBus memonitor tegangan dan suhu dan dapat mengirim sejumlah pesan kesalahan saat terjadi masalah.

Owner atau pemilik komputer biasanya tidak perlu khawatir tentang hardware (perangkat keras) tingkat rendah ini kecuali jika berhenti berfungsi.

Apa itu System Management Bus Controller?

Gambar Apa Itu System Management Bus Controller Atau SMBus Serta Sejarahnya
Gambar Apa Itu System Management Bus Controller Atau SMBus Serta Sejarahnya

Jadi, apa itu yang dimaksud dengan System Management Bus sebenarnya? Benar, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, ini lebih dikenal dengan sebutan SM Bus.

Ya, SM Bus (SMBus controller) adalah singkatan dari System Management Bus, ini awal-awalnya dikembangkan oleh vendor yang terbilang sangat terkenal dalam dunia komputer yaitu Intel pada tahun 1995 sebagai pemisahan dari I2C (bus komunikasi serial).

SMBus memerlukan konvensi listrik dan protokol yang lebih ketat dan memungkinkan motherboard komputer (baca pengertian komputer disini) Anda untuk berkomunikasi dengan perangkat periferal yang memiliki kecepatan rendah seperti baterai pada komputer laptop.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Website: Apa itu Situs Web? Menurut Para Ahli, Sejarah, Unsur, Jenis dan Contoh Website!

Dalam Operating System (OS) Microsoft Windows, jika SMBus ditampilkan dalam device manager dengan kesalahan (warning atau error), ini merupakan indikasi bahwa driver chipset motherboard Anda belum diinstal atau tidak ditemukan selama instalasi Windows.

Dimana beberapa langkah dan cara untuk mengatasinya Anda bisa langsung kontak dan hubungi manufacture perangkat komputer Anda.

Sejarah SM Bus atau System Management Bus Controller

Dalam membahas mengenai pengertian SM Bus (System Management Bus Controller), kita tentu harus mengetahui sedikit sejarah awal dari SM Bus ini bukan?

Benar, seperti yang sudah Kami singgung sebelumnya, SMBus dikembangkan oleh Intel Corporation pada pertengahan tahun 1990-an ini digunakan untuk menyediakan perangkat komunikasi yang terbilang murah untuk motherboard.

Namun, harus kalian ketahui bahwa bus tersebut pada awalnya hanya tersedia pada chip Xeon Intel.

Desainnya didasarkan pada I²C atau I2C (Inter-Integrated Circuit yang biasanya diucapkan dengan I-squared-C) yaitu sebuah bus tua yang dikembangkan pada awal tahun 1980-an oleh Philips Semiconductor.

Benar, SMBus didasarkan pada I²C dan umumnya kompatibel dengan itu, tetapi ada beberapa perbedaan utama dalam spesifikasi listrik, protokol dan software (perangkat lunak) pendukung.

Perangkat SMBus ini juga didukung oleh sistem operasi Linux dan Windows.

Selain itu, mereka juga digunakan pada sistem Mac berbasis Intel, di mana mereka disebut sebagai System Management Controller (SMC).

Tujuan dan Fungsi SM Bus (Controller)

Ilustrasi Gambar Tujuan Dan Fungsi SM Bus Atau System Management Bus Controller Serta Cara Mengatasi Masalah Umumnya Pada Komputer
Ilustrasi Gambar Tujuan Dan Fungsi SM Bus Atau System Management Bus Controller Serta Cara Mengatasi Masalah Umumnya Pada Komputer

Setelah kita mengetahui apa itu arti SM Bus dan sejarah System Management Bus Controller di atas, adalah merupakan hal yang penting juga bagi Kami untuk menjelaskan apa saja tujuan dan fungsi terutama terkait penggunaannya sendiri.

Seperti yang sudah Kami singgung di atas, kita sudah tahu bahwa SM Bus (System Management Bus Controller) ini merupakan interface atau antarmuka 2 (dua) kawat tempat chip sederhana yang berhubungan dengan daya dapat berkomunikasi dengan seluruh sistem.

Bus ini menggunakan I2C sebagai backbone atau tulang punggungnya, dan bertujuan sebagai alat perangkat komunikasi dalam hardware (baca pengertian hardware disini) yang hemat daya.

Terkait fungsi utamanya sendiri, yaitu dengan SMBus, device atau perangkat tersebut pun dapat memberikan informasi pabrik, memberi tahu sistem apa model atau nomor komponennya.

Itu juga menyimpan kondisi sebelumnya untuk program

yang ditangguhkan, melaporkan berbagai jenis error (kesalahan), menerima parameter kontrol, dan mengembalikan statusnya serta lain sebagainya.

Protokol SM Bus (System Management Bus Controller)

Oke selanjutnya, dalam subbagian ini, kita juga akan membahas sedikit tentang protokol SM Bus.

Baca Juga :  Daftar Istilah Teknis dalam Bidang Teknologi yang Harus Diketahui!

Sebelumnya, perlu kalian ketahui bahwa protokol komputer adalah seperangkat rule (aturan) yang disepakati yang digunakan untuk komunikasi antara device (perangkat) elektronik.

Pesan yang ditransmisikan oleh SMBus terdiri dari serangkaian 1s dan 0s yang diurutkan sesuai dengan protokol SMBus.

Perangkat SMBus dan beberapa perangkat I²C yang mematuhi protokol ini dapat terhubung ke bus.

Perangkat khusus yang terhubung ke SMBus, seperti smart battery (baterai pintar) dan smart charger atau pengisi daya baterai pintar, tidak diharuskan untuk mengimplementasikan semua perintah dalam protokol SMBus, tetapi hanya yang diperlukan untuk sistem sederhana mereka sendiri.

Cara Mengatasi Masalah Umum pada SM Bus dan SMC

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi warning, error atau masalah umum yang biasanya sering terjadi pada SM Bus atau System Management Bus Controller ini?

Ya, perlu kalian ketahui bahwa operating system atau sistem operasi komputer berkomunikasi dengan pengendali bus melalui perangkat lunak yang dikenal sebagai driver.

Untuk sistem operasi Windows (10, 8.1, 8 dan 7), menerapkan pembaruan atau memutakhirkan (update) ke versi yang lebih baru dapat menyebabkan driver SM bus dihapus.

Dalam hal ini, Anda kemungkinan besar akan menerima pesan kesalahan sistem yang mengatakan hardware atau perangkat keras SM Bus controller tidak dapat diinstal.

Untuk memecahkan dan mengatasi masalah dengan perangkat keras SM Bus controller, periksa status perangkat di jendela dialog device manager dan ikuli langkah berikut ini:

Anda dapat menjalankan dialog dari control panel di Windows atau dengan mengetik “device manager” di bidang pencarian di bagian bawah menu “start”.

Dalam dialog jendela device manager, expand atau perluas bagian system devices dan cari SM Bus controller.

Tanda seru yang ditampilkan pada entri SM Bus (SMBus Controller) menunjukkan kondisi error atau kesalahan.

Klik kanan pada entrinya dan pilih update driver petunjuk untuk menginstal perangkat lunak driver harus ditampilkan.

Jika ini tidak menyelesaikan masalah, kunjungi situs web dukungan pelanggan untuk produsen komputer Anda.

Kemudian khusus produk Apple, System Management Bus Controller pada desktop atau laptop Mac mereka biasanya mengontrol kipas, lampu latar keyboard, lampu indikator baterai dan sensor tutup.

Jika ada masalah dengan fitur-fitur tersebut dapat berarti bahwa SMC perlu diatur ulang atau di-reset.

Berikut ini adalah cara mengatur ulang atau me-reset SM Bus (System Management Bus Controller) pada komputer Mac:

Baca Juga :  Memahami Pengertian CSS3: Apa itu Cascading Style Sheets Level (Versi) 3? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Manfaat, Module, Fitur serta Perbedaannya dengan CSS2!

Langkah dan cara pertama, coba restart atau matikan komputer dan kemudian hidupkan kembali.

Jika masalahnya tetap ada, silahkan mengunjungi situs web dukungan pelanggan atau support Apple untuk detail masalah tentang mengatur ulang SMC pada Mac.

Kesimpulan

Bagaimana, sudah cukup jelas bukan? Baiklah, jadi berdasarkan pembahasan dan penjelasan mengenai Pengertian SM Bus, Apa itu System Management Bus Controller? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Protokol serta Cara Mengatasi Masalah Umumnya pada Komputer di atas, dapat kita simpulkan bahwa System Management Bus Controller, SMB atau SM Bus adalah bus 2 (dua) kawat sederhana dengan satu ujung untuk tujuan komunikasi yang ringan dan paling umum ditemukan di motherboard komputer untuk komunikasi dengan sumber daya dalam instruksi on/off.

Benar, sederhananya ini SM Bus merupakan 2 (dua) kawat sederhana yang digunakan untuk komunikasi dengan perangkat bandwidth rendah yang terletak pada motherboard, terutama chip yang berhubungan dengan daya seperti subsistem baterai isi ulang laptop, perangkat lain mungkin termasuk sensor suhu dan sakelar tutup seperti pada Mac. Untuk menginstal driver Intel Chipset cukup kunjungi situs vendor komputer anda.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas mengenai Pengertian SM Bus, Apa itu System Management Bus Controller? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Protokol serta Cara Mengatasi Masalah Umumnya pada Komputer. Semoga apa yang sudah Kami sampaikan disini dapat bermanfaat serta bisa menambah wawasan kita semua terutama dalam memahami perangkat komputer. Silahkan berikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini atau hubungi Kami melalui halaman kontak untuk informasi lebih lanjut.

Jangan lupa like, share dan subscribe blog serta YouTube Kami untuk berbagai macam teknologi dan informasi yang mengedukasi lainnya Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar