Mempelajari Pengertian CRO (Conversion Rate Optimization): Apa itu Konversi? Manfaat, Cara Meningkatkan, Mengukur dan Menghitung serta Contohnya!

0
Gambar Pengertian CRO Apa Itu Conversion Rate Optimization Apa Itu Konversi Manfaat Cara Meningkatkan, Mengukur Dan Menghitung Serta Contohnya
Gambar Pengertian CRO Apa Itu Conversion Rate Optimization Apa Itu Konversi Manfaat Cara Meningkatkan, Mengukur Dan Menghitung Serta Contohnya

Tahukah Anda, Pengertian CRO, Apa itu Conversion Rate Optimization? Apa itu Konversi? Manfaat, Cara Meningkatkan, Mengukur dan Menghitung serta Contohnya? Ya, melakukan pelacakan conversion rate memungkinkan Anda untuk mengukur kinerja halaman web dan aplikasi Anda. Memahami berapa persen dari pengguna Anda yang menyelesaikan tujuan yang mendorong bisnis memungkinkan Anda mengukur keberhasilan situs atau aplikasi Anda dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Meningkatkan rasio konversi juga memungkinkan Anda mendapatkan penjualan dengan jumlah traffic yang sama.

Dengan menghabiskan jutaan rupiah lebih per bulan untuk kampanye iklan dan mengarahkan 500 pengunjung ke situs Anda, jika Anda menggandakan tingkat konversi Anda, pada dasarnya Anda menggandakan nilai pengeluaran iklan Anda. Lalu kalian dapat mengurangi pengeluaran iklan Anda dan mendapatkan manfaat yang sama seperti sebelumnya, atau menginvestasikan pendapatan tambahan ke dalam program iklan baru. Terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara detail dan lengkap tentang apa itu pengertian CRO atau Conversion Rate Optimization dalam dunia online marketing. Oke, mari kita simak ulasannya!

Pengertian CRO

Merupakan kepanjangan dari Conversion Rate Optimization, CRO adalah proses sistematis untuk meningkatkan persentase pengunjung situs web yang melakukan tindakan yang diinginkan, baik itu mengisi formulir, menjadi pelanggan, atau sebaliknya berdasarkan simpulan Kami yang mengacu pada sumber dari Situs MOZ.

Proses CRO melibatkan memahami bagaimana pengguna bergerak melalui situs Anda, tindakan apa yang mereka ambil, dan apa yang menghentikan mereka dari menyelesaikan tujuan Anda.

Apa itu Conversion Rate Optimization?

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan Conversion Rate Optimization? Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, Conversion Rate Optimization adalah bagian penting dari strategi pemasaran online. Mereka adalah ilmu dan seni untuk menarik perhatian pengunjung dan mengarahkan mereka lebih dekat ke tujuan yang diinginkan.

Rasio konversi atau yang lebih sering dikenal dengan istilah conversion rate adalah berapa kali pengguna menyelesaikan tujuan dibagi dengan traffic atau lalu lintas situs Anda.

Terkait cara mengukurnya sendiri, adapun jika pengguna dapat mengonversi di setiap kunjungan (seperti dengan membeli produk), bagi jumlah konversi dengan jumlah sesi (jumlah kali pengguna unik datang ke situs Anda). Sedangkan jika Anda menjual subscription (seperti berlangganan surel atau membership berbayar), bagilah jumlah konversi tersebut dengan jumlah pengguna Anda.

Pengoptimalan tingkat konversi terjadi setelah kunjungan ke situs Anda. Ini berbeda dari optimasi konversi untuk SEO atau iklan berbayar yang berfokus pada siapa yang mengklik ke situs Anda dari hasil pencarian organik, berapa banyak klik yang Anda dapatkan, dan kata kunci mana yang mengarahkan lalu lintas.

Apa itu Konversi?

Gambar Apa Itu Conversion Atau Konversi Dalam Penjelasan Pengertian CRO Atau Conversion Rate Optimization
Gambar Apa Itu Conversion Atau Konversi Dalam Penjelasan Pengertian CRO Atau Conversion Rate Optimization

Konversi adalah istilah umum untuk pengunjung yang menyelesaikan sebuah tujuan terutama dari sebuah bisnis online. Tujuan tersebut datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Kata conversion atau convertion (ini adalah kesalahan pengejaan kata conversion karena convertion tidak baku) adalah berbeda.

Terkait jenisnya, adapun jika Anda menggunakan situs web kalian untuk menjual produk, tujuan utama kalian (mereka dikenal sebagai konversi makro) adalah bagi pengguna untuk melakukan pembelian.

Ada konversi yang lebih kecil yang dapat terjadi sebelum pengguna menyelesaikan konversi makro, seperti mendaftar untuk menerima e-mail. Dalam hal ini, mereka disebut dengan konversi mikro.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Call To Action (CTA): Apa itu? Fungsi, Frasa, Cara Membuat, Contoh Kalimat dan Tips Membuatnya agar Efektif!

Manfaat Conversion Rate Optimization (CRO)

Ilustrasi Gambar Manfaat CRO Atau Conversion Rate Optimization Dalam Membahas Pengertian Dan Penjelasan Caranya
Ilustrasi Gambar Manfaat CRO Atau Conversion Rate Optimization Dalam Membahas Pengertian Dan Penjelasan Caranya

Dalam membahas mengenai apa itu arti CRO atau Conversion Rate Optimization, kita juga harus mengenal apa saja manfaat dari praktiknya sendiri.

Manfaat optimasi tingkat konversi praktis dapat dikatakan sebagai tidak terbatas, agar kalian dapat percaya, disini Kami menyaringnya menjadi beberapa keuntungan yang terpenting, dan Kami pribadi pun sudah tahu bahwasanya Anda pasti ingin menerapkan semua ide ini di situs web Anda sendiri.

Oke, berikut ini adalah 12 (dua belas) keuntungan manfaat teratas dari optimasi tingkat konversi atau Conversion Rate Optimization (CRO) yang harus kalian ketahui.

1. Mengenali Pelanggan Anda

Semakin Anda menyelami optimasi tingkat konversi, semakin banyak Anda akan belajar dan lebih mengenali tentang pelanggan Anda. Apa yang mereka inginkan? Apa yang mereka butuhkan? Mengapa mereka mengunjungi situs Anda?

Anda akan menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini terutama melalui pertanyaan, seperti yang telah kami bahas sebelumnya, ini menjadi dasar bagi banyak CRO.

Saat Anda menguji berbagai aspek fungsi situs web Anda, pengguna akan meminjamkan “suara” mereka. Dari hasil itu, Anda dapat menyimpulkan apa yang membuat audiens (baca pengertian audiens disini) target Anda tergerak.

2. Meningkatkan Revenue atau Pendapatan Website

Berbicara tentang revenue atau pendapatan, siapa yang tidak menginginkan lebih banyak penjualan? Semakin banyak uang yang Anda hasilkan, semakin kuat bisnis Anda.

Investasikan sebagian uang itu kembali ke bisnis. Jalankan iklan berdasarkan apa yang Anda pelajari tentang audiens Anda. Buat orang-orang kembali untuk mendapatkan lebih banyak.

Anda juga dapat mulai mengoptimalkan metrik yang saya jelaskan sebelumnya. Apakah Anda ingin meningkatkan nilai pelanggan yang berlangganan? Temukan cara untuk membuat orang-orang menghabiskan lebih banyak uang untuk bisnis Anda.

3. Memanfaatkan Traffic (Lalu Lintas Web) yang Ada

Growth hacking atau pertumbuhan peretasan adalah tentang mengambil keuntungan dari aset Anda yang ada. Traffic atau lalu lintas web Anda adalah salah satunya.

Jika orang sudah mengunjungi situs web Anda, Anda ingin mereka melakukan konversi bukan?

4. Menurunkan Biaya Akuisisi Pelanggan Anda

Nilai seumur hidup pelanggan (seperti pelanggan yang sudah berlangganan) lebih penting daripada yang Anda pikirkan karena lebih murah untuk menggabungkan dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada daripada mendapatkan yang baru.

Selain itu, Anda ingin menghabiskan sesedikit mungkin untuk akuisisi pelanggan dalam membawa pelanggan baru.

5. Meningkatkan Peringkat Website Anda

Manfaat lainnya yaitu untuk meningkatkan peringkat website Anda. Menurut ahli atau pakar digital marketing Neil Patel, dia telah menulis ratusan ribu kata tentang pengoptimalan mesin pencari, atau SEO. Mengapa? Karena hal itu adalah salah satu faktor paling penting untuk bisnis saat ini.

Jika orang tidak dapat menemukan Anda melalui mesin pencari, bagaimana mereka dapat membeli produk atau layanan Anda? Anda perlu fokus pada keyword (kata kunci) utama dan mengoptimalkan setiap halaman situs Anda sehingga Anda tampil lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari.

6. Meningkatkan Nilai Pelanggan

Manfaat berikutnya adalah meningkatkan nilai pelanggan kalian. Anda tahu bahwa seseorang akan kembali ke sini lagi, kan? Ini adalah salah satu metrik paling penting yang pernah Anda ukur.

Tawarkan bundel produk Anda sehingga orang membelanjakan lebih banyak uang. Undang mereka kembali melalui pemasaran e-mail, libatkan mereka di media sosial (Twitter, Facebook, Instagram, Pinterest, YouTube, dan lainnya), dan rilis sebuah produk besar.

Dalam melakukan hal itu, jangan lupa tentang dukungan pelanggan. Jika Anda berada di sana untuk pelanggan Anda, mereka pasti akan kembali.

7. Membuat Keputusan Berdasarkan Data

Dalam hal menghasilkan uang, Kami tidak ingin menebak. Kami ingin tahu! Kami cukup yakin Anda merasakan hal yang sama. Ketika Anda memiliki data (baca pengertian data disini) yang lengkap, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik.

8. Mengambil Lebih Banyak Risiko yang Diperhitungkan

Mengambil lebih banyak resiko yang telah diperhitungkan, ya! Tentu kita tidak bisa berhasil dalam bisnis tanpa mengambil risiko. Namun, kita ingin melindungi nilai taruhan kita sehingga risiko pun terbayar.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Platform: Apa itu Platform? Tujuan dan Fungsi, Jenis serta Apa Saja Macam dan Contohnya!

CRO memungkinkan Anda lebih memahami bisnis dan pelanggan Anda. Anda dapat mengambil risiko yang diperhitungkan karena Anda lebih aman untuk pendapatan yang lebih tinggi serta karena Anda sudah memiliki saluran traffic

atau lalu lintas yang konsisten untuk percobaan.

9. Menjadikan Kampanye Iklan Berbayar Anda Lebih Menguntungkan

Seiring bisnis Anda tumbuh dan CRO (Conversion Rate Optimization) Anda meningkat, Anda kemungkinan akan ingin mulai beriklan agar lebih menguntungkan. Iklan media sosial, khususnya, sangat bermanfaat untuk bisnis di sebagian besar industri. Anda mungkin juga ingin menguji pencarian berbayar.

Berbekal data dari kampanye pemasaran organic atu organik Anda, Anda dapat membuat lebih banyak iklan bertarget. Siklus kesuksesan terus berlanjut.

10. Mendapatkan Lebih Banyak Prospek untuk Bisnis Anda

CRO juga meningkatkan hasil prospek bisnis Anda. Anda akan mendapatkan lebih banyak informasi tentang pengunjung Anda sehingga Anda dapat memasarkannya dari waktu ke waktu.

11. Meningkatkan Trustworthy atau Kepercayaan Website

Trustworthy atau kepercayaan dari sesuatu, terutama situs web Anda hampir seperti mata uang. Jika Anda tidak memilikinya, berarti Anda sudah bangkrut.

12. Meningkatkan SEO atau Search Engine Optimization

Meskipun tidak selalu berkaitan langsung dengan menarik lalu lintas situs web organik atau peringkat pada halaman hasil mesin pencari yang lebih dikenal dengan Search Engine Result Page (SERP), optimasi tingkat konversi memiliki manfaat yang berbeda untuk Search Engine Optimization (SEO).

Beberapa manfaat utama CRO atau Conversion Rate Optimization untuk SEO termasuk seperti wawasan pelanggan yang ditingkatkan, memahami audiens utama Anda, menemukan bahasa atau pesan apa yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka sehingga dapat meningkatkan penerapan optimasi kalian.

Perlu kalian ketahui bahwa pemasaran yang konsisten membangun kepercayaan. Pelanggan Anda akan mengetahui tentang apa yang diharapkan dari Anda, dan Anda tidak pernah mengecewakan mereka.

Cara Meningkatkan Conversion Rate Optimization (CRO) Anda

Seperti yang sudah Kami singgung di atas pada pengertian, proses mengidentifikasi tujuan konversi, menghitung tingkat konversi mereka, dan mengoptimalkan situs atau aplikasi Anda untuk meningkatkan tingkat konversi dikenal sebagai optimasi tingkat konversi atau Conversion Rate Optimization (CRO).

Ini dilakukan dengan merumuskan hipotesis mengapa pengunjung tidak mengonversi dan menghasilkan ide untuk meningkatkan konversi, lalu menguji gagasan tersebut melalui proses yang disebut testing atau pengujian A/B (baca pengertian A/B testing disini), di mana dua versi halaman diuji satu sama lain untuk melihat mana seseorang berkinerja lebih baik.

Dengan secara terus-menerus mengidentifikasi sasaran konversi baru, mengidentifikasi area di mana tingkat konversi Anda dapat ditingkatkan, dan menerapkan pengujian fitur baru, maka Anda pun dapat terus meningkatkan kinerja situs web atau aplikasi Anda.

Berapa CRO atau Conversion Rate (Tingkat Konversi) yang Baik?

Berdasarkan penjelasan apa itu pengertian CRO di atas dan Menurut tujuan akhirnya, nilai tingkat konversi dapat sangat bervariasi sehingga tidak ada standar nyata untuk tingkat konversi yang baik. Namun, jika corong atau saluran konversi serupa dibandingkan, maka beberapa tolak ukurnya pun dapat dibuat.

Jika tingkat konversi e-commerce rata-rata adalah sekitar 3%. Ini berarti bahwa 97% pengunjung meninggalkan situs tanpa menyelesaikan tujuan bisnis Anda atau melakukan pembelian. Namun hal ini tidak berarti bahwa setiap situs ditakdirkan untuk jatuh ke dalam tingkat konversi rata-rata dalam industrinya.

CRO atau Conversion Rate (tingkat konversi) yang baik adalah yang terus tumbuh. Titik awalnya tidak terlalu penting selama evolusi itu positif dan konstan. Secara statistik, 10% situs web populer teratas mengonversi rata-rata sekitar 5 kali lebih baik daripada rata-rata.

Cara Mengukur dan Menghitung Conversion Rate Optimization (CRO) Anda serta Contohnya

Ilustrasi Gambar Cara Mengukur Dan Menghitung CRO Atau Conversion Rate Optimization Serta Contohnya Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya
Ilustrasi Gambar Cara Mengukur Dan Menghitung CRO Atau Conversion Rate Optimization Serta Contohnya Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya

Setelah kita mengetahui arti pengertian Conversion Rate Optimization (CRO), pastinya kita juga haru mengetahui bagaimana mereka diukur dan dihitung serta seperti apa contoh dan praktik menghitungnya bukan?

Baca Juga :  Memahami Pengertian Data Architecture: Apa itu Data Architect? Menurut Para Ahli, Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Komponen serta Kenapa itu Penting!

Perlu kalian ketahui bahwa menghitung konversi sebenarnya cukup mudah. Yang harus Anda lakukan adalah membagi jumlah konversi (CRO) yang Anda dapatkan dalam kerangka waktu tertentu dengan jumlah total orang yang mengunjungi situs atau halaman arahan Anda dan mengalikannya dengan 100%.

Conversion rate = (conversion / total pengunjung) * 100%

Kemudian untuk contoh menghitung CRO sendiri, jika situs Anda memiliki traffic sekitar 3000 pengunjung dan 2.300 konversi bulan lalu, tingkat konversi Anda adalah 76,6%.

Cukup mudah bukan? Faktanya, jika Anda mengatur pelacakan tingkat konversi dengan benar, sebagian besar iklan daring atau online Anda (seperti Google Ads, Facebook Ads) dan platform analytics seperti Google Analytics benar-benar dapat menunjukkan kepada Anda tingkat konversi Anda langsung pada UI atau User Interface (antarmuka) mereka.

Salah satu hal hebat tentang conversion rate atau tingkat konversi adalah Anda bisa spesifik atau seluas dengan tingkat konversi yang Anda inginkan.

Berikut adalah beberapa macam jenis tingkat konversi yang dapat Anda gunakan dan bagaimana cara Anda untuk dapat menggunakan data ini untuk mengukur kinerjanya:

  • Tingkat konversi keseluruhan; Seberapa baik situs web Anda mengubah lalu lintas dari sumber apa pun?
  • Rasio konversi saluran pemasaran; Apakah lalu lintas iklan Google atau lalu lintas iklan Facebook lebih mungkin untuk dikonversi?
  • Tingkat konversi tingkat halaman; Halaman mana yang lebih baik dalam mengonversi lalu lintas web Anda?
  • Tingkat konversi kampanye; Apakah perubahan penargetan Anda meningkatkan sesuatu?
  • Tingkat konversi iklan individual; Apakah kita perlu mengubah iklan kita? Apakah iklan ini mendorong lalu lintas yang lebih berkualitas?
  • Tingkat konversi keyword atau kata kunci; Kata kunci mana yang pantas mendapatkan lebih banyak anggaran?

Sekali lagi Kami tekankan untuk kalian garis bawahi, tingkat konversi adalah metrik yang bagus untuk mengevaluasi kinerja hampir semua aspek pemasaran online Anda. Mengendalikan klik merupakan hal yang bagus, tetapi jika klik itu pada akhirnya tidak melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi bisnis Anda, maka itu pun perlu diubah.

Kesimpulan

Baiklah, jadi berdasarkan pembahasan dan penjelasan Pengertian CRO, Apa itu Conversion Rate Optimization? Apa itu Konversi? Manfaat, Cara Meningkatkan, Mengukur dan Menghitung serta Contohnya di atas, dapat kita simpukan bahwa pengoptimalan tingkat konversi, CRO atau Conversion Rate Optimization adalah proses optimasi pemasaran yang mengikuti kerangka kerja untuk meningkatkan persentase pengunjung yang menyelesaikan tujuan situs web. Tidak ada solusi satu ukuran untuk memperbaiki semua hal yang berhubungan dengan CRO.

Apa yang berfungsi untuk satu jenis situs web tidak akan berfungsi untuk situs Anda. Bahkan pesaing Anda akan memiliki tingkat konversi berbeda yang mereka coba optimalkan. Oleh karena itulah, Anda perlu fokus dalam praktik terbaik untuk conversion rate dan menerapkan apa yang berlaku.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas mengenai Pengertian CRO, Apa itu Conversion Rate Optimization? Apa itu Konversi? Manfaat, Cara Meningkatkan, Mengukur dan Menghitung serta Contohnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan dan wawasan Kita semua terutama untuk mengetahui istilah-istilah teknologi terutama dalam dunia digital marketing.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat serta rekan kerja dan bisnis Anda. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar