Memahami Pengertian Growth Hacking: Apa itu Growth Hacker? Tujuan, Cara Kerja, Manfaat, Strategi, Contoh dan Bagaimana Cara Memulainya?

0
Gambar Pengertian Growth Hacking Apa Itu Peretasan Pertumbuhan Dan Growth Hacker Tujuan Cara Kerja Manfaat Strategi Dan Contohnya Serta Bagaimana Cara Memulainya
Gambar Pengertian Growth Hacking Apa Itu Peretasan Pertumbuhan Dan Growth Hacker Tujuan Cara Kerja Manfaat Strategi Dan Contohnya Serta Bagaimana Cara Memulainya

Tahukah Anda, Pengertian Growth Hacking, Apa itu Peretasan Pertumbuhan dan Growth Hacker? Tujuan, Cara Kerja, Manfaat, Strategi, Contoh dan Bagaimana Cara Memulainya? Memang, pertanyaan ini adalah pertanyaan yang cukup sulit dijawab, terutama mencakup bagaimana cara berpikir atau bekerja, dimana istilah tersebut dikenal sebagai growth hacking mindset. Seorang hacker pertumbuhan menetapkan tujuan di atas sarana, menumbuhkan metrik penting adalah tujuan utamanya setelah yang sekunder (seperti saluran, teknik, atau alat).

Dalam lanskap digital yang berkembang dengan kecepatan yang mengejutkan, pemasar dihadapkan dengan spektrum terminologi yang berkembang. Itulah mengapa sangat penting bagi peretas pertumbuhan untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan yang luas. Growth hacking bukan hanya konsep tidak berwujud, faktanya, hal ini sangat sederhana. Terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu yang dimaksud dengan growth hacking beserta pengertiannya. Baiklah langsung saja, mari kita simak ulasannya berikut ini!

Pengertian Growth Hacking

Berarti Hacking pertumbuhan atau peretasan pertumbuhan, growth hacking adalah bidang baru dan kombinasi pemasaran, data, dan teknologi berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari situs growwithward.

Seorang hacker pertumbuhan menjalankan eksperimen berdasarkan metodologi berbasis proses untuk menumbuhkan jumlah pelanggan. Hacking pertumbuhan ini terbilang sangat ideal untuk pemula, karena keterbatasan anggaran dan sumber daya, tetapi juga cocok untuk perusahaan yang lebih besar.

Apa itu Peretasan Petumbuhan?

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan peretasan pertumbuhan? Istilah yang lebih dikenal dengan growth hacking yang berarti pertumbuhan peretasan (dalam bahasa Indonesia) ini adalah istilah umum untuk strategi yang hanya berfokus pada pertumbuhan.

Ini biasanya digunakan dalam kaitannya dengan startup tahap awal yang membutuhkan pertumbuhan besar dalam waktu singkat dengan anggaran kecil.

Target dari strategi growth hacking (peretasan pertumbuhan) umumnya untuk memperoleh sebanyak mungkin pengguna atau pelanggan sambil menghabiskan sesedikit mungkin. Terkait sejarahnya sendiri, adapun istilah “growth hackng” ini diciptakan oleh pakar atau ahli bernama Sean Ellis, yang merupakan pendiri dan CEO Growthhackers, pada tahun 2010.

Apa itu Growth Hacker?

Berdasarkan penjelasan apa itu pengertian growth hacking di atas, growth hacker adalah seseorang yang menggunakan strategi kreatif berbiaya rendah untuk membantu bisnis memperoleh dan mempertahankan pelanggan.

Selain itu, kadang-kadang growth hacking (peretas pertumbuhan) ini juga disebut growth marketer (pemasaran pertumbuhan), tetapi peretas pertumbuhan bukan hanya pemasar.

Siapa pun yang terlibat dalam suatu produk atau layanan, termasuk manajer dan insinyur produk, dapat menjadi peretas pertumbuhan.

Peretas pertumbuhan atau yang disebut dengan growth hacker ini cenderung obsesif, rasa ingin tahu, dan analitis seperti:

  • Hanya fokus pada strategi yang terkait dengan pertumbuhan bisnis.
  • Mereka berhipotesis, memprioritaskan dan menguji strategi pertumbuhan yang inovatif.
  • Mereka menganalisis dan menguji untuk melihat apa yang berfungsi.
  • Peretas pertumbuhan ideal tahu bagaimana mengatur prioritas pertumbuhan, mengidentifikasi saluran untuk akuisisi pelanggan, mengukur keberhasilan, dan skala pertumbuhannya.
Baca Juga :  Mengenal Pengertian HMU: Sejarah, Ekspresi dan Contoh Penggunaannya dalam Media Sosial!

Tujuan Growth Hacking

Setelah mengetahui apa itu pengertian dari growth hacking di atas, kita juga perlu mengetahui apa sebenarnya tujuan dari istilah ini bukan?

Ya! Seperti yang sudah Kami jelaskan sebelumnya, hacking pertumbuhan atau growth hacking ini merupakan penggunaan taktik digital marketing (pemasaran digital) yang hemat sumber daya dan biaya untuk membantu menumbuhkan serta mempertahankan basis pengguna aktif, menjual produk, dan mendapatkan paparan.

Pikirkan “hack atau peretasan” ini seperti dalam istilah lifehack (peretasan kehidupan) yang artinya adalah pintasan kecil yang membuat hidup Anda lebih mudah, daripada potongan kode buruk yang dapat merusak komputer (baca pengertian komputer disini) dan kehidupan Anda.

Terkait tujuannya, growth hacking, mereka biasanya dikaitkan dengan perusahaan baru dan usaha kecil, yaitu organisasi yang tidak memiliki banyak anggaran (uang) untuk cadangan (berbisnis) tetapi membutuhkan hasilnya dengan cara cepat.

Namun, penerapan tujuannya sendiri adalah konsep yang dapat diskalakan yang berlaku untuk setiap bisnis online yang ingin mempertahankan pertumbuhan dan penyimpanan basis pengguna yang aktif.

Cara Kerja Growth Hacking (Peretasan Pertumbuhan)

Ilustrasi Gambar Cara Kerja Growth Hacking Atau Peretasan Pertumbuhan Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya
Ilustrasi Gambar Cara Kerja Growth Hacking Atau Peretasan Pertumbuhan Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya

Kemudian, bagaimana cara kerja growth hacking (peretasan pertumbuhan)? Untuk setiap perusahaan, hal ini tentang mencari tahu mengapa Anda tumbuh, dan mencari cara untuk mewujudkannya dengan cara yang sengaja.

Banyak perusahaan pemula (startup) menggunakan “pirate funnel” atau “saluran bajak laut” seperti yang dijelaskan seorang ahli dan pakar marketing yaitu Dave Mcclure sebagai resep untuk pertumbuhan.

Ini termasuk akuisisi, aktivasi, retensi, rujukan, dan pendapatan atau Acquisition, Activation, Retention, Referral, dan Revenue (AARRR). Dan yang lainnya termasuk meningkatkan kesadaran sebagai bagian kunci dari peretasan pertumbuhan.

Intinya, prinsik kerjanya adalah untuk mendapatkan traffic (lalu lintas) dan pengunjung website, mengubah pengunjung menjadi pengguna, dan mempertahankan pengguna tersebut sebagai pelanggan yang bahagia.

Eksperimen dan pengujian growth hacking, selalu mendorong batas dengan strategi akuisisi tidak konvensional. Peretas pertumbuhan atau growth hacker, mereka tidak takut untuk bekerja di sekitar sistem.

Manfaat Growth Hacking

Agar lebih memahami tentang pengertian growth hacking atau peretasan pertumbuhan dan artinya, pastinya kita juga harus memahami betul apa saja manfaat yang kita (sebagai pemilik bisnis) dapatkan.

Adapun beberapa manfaat dari growth hacking yang perlu kalian pahami dan ketahui adalah sebagai berikut:

1. Return of Investment (ROI) yang Terbukti

Manfaat daripada penggunaan growth hacking yang pertama adalah Return of Investment (ROI) yang terbukti. Dengan menggunakan data untuk menginformasikan setiap keputusan yang Anda buat, dan melacak kinerja peretasan secara akurat.

Anda dapat dengan mudah melihat strategi peretasan pertumbuhan mana yang berkinerja seperti yang Anda harapkan, dan mana yang tidak. Bertekunlah dengan orang-orang yang menunjukkan janji untuk akuisisi pelanggan, dan buang orang-orang yang tidak (melakukannya).

2. Berbiaya Rendah

Manfaat selanjutnya yaitu adalah berbiaya rendah. Sesuai sifatnya, peretasan pertumbuhan atau growth hacking ini dirancang untuk menggunakan sumber daya apa pun yang Anda miliki dengan cara yang ekonomis.

Hal ini berarti menggunakan taktik seperti memastikan halaman arahan meningkatkan praktik terbaik SEO (baca pengertian SEO disini) untuk mendapat peringkat tinggi di mesin pencari untuk keyword (kata kunci) penting.

Baca Juga :  7+ Istilah dalam Growth Hacking yang Harus Anda Ketahui

Selain itu juga seperti menulis konten yang berdampak seperti studi kasus dan kemudian melakukan sharing (berbagi) secara luas di saluran media sosial utama adalah taktik yang bagus.

Pengujian A/B atau A/B testing yang luas dan berulang bisa sangat kuat untuk mengumpulkan data pengguna dengan cepat. Meskipun proses pengujiannya mungkin terbilang cukup panjang sebelum mencapai hasil emas itu, growth hacking tidak memiliki biaya tradisional yang terkait dengannya yang dilakukan oleh metodologi lain seperti content marketing (pemasaran konten) atau iklan.

3. Sumber Daya yang Rendah

Manfaat growth hacking yang terakhir adalah penggunaan sumber daya yang rendah. Hacks perkembangan atau growth hacking sering dikembangkan dan diimplementasikan oleh satu orang di tim produk atau teknik, dan tidak memerlukan seluruh tim pemasaran untuk mengeksekusi.

Strategi Growth Hacking (Peretasan Pertumbuhan)

Ilustrasi Gambar Strategi Dan Contoh Growth Hacking Dalam Membahas Penjelasan Pengertian Peretasan Pertumbuhan
Ilustrasi Gambar Strategi Dan Contoh Growth Hacking Dalam Membahas Penjelasan Pengertian Peretasan Pertumbuhan

Setelah kita mengetahu apa arti growth hacking dan growth hacker, tujuan dan manfaatnya di atas, disini Kami juga akan membahas tentang apa saja strategi yang dapat diterapkan di dalamnya.

Mengacu pada pembahasan growth hacking di atas sebagian besar strategi peretasan pertumbuhan jatuh ke dalam 3 (tiga) bidang utama meliputi:

  1. Pemasaran konten
  2. Pemasaran produk
  3. Iklan

Bergantung pada taktik yang digunakan, content marketing atau pemasaran konten (baca selengkapnya tentang pengertian content marketing disini) dapat menjadi cara yang berbiaya rendah untuk mengeluarkan berita tentang produk Anda.

Adapun beberapa kegiatan yang terdapat dalam content marketing pada umumnya termasuk:

  • Memulai blog dan menciptakan konten yang berharga dan dapat dibagikan.
  • Penulis tamu atau guest blogging.
  • Membuat konten media sosial.
  • Menulis e-book dan panduan.
  • Membuat podcasting.
  • Menjalankan webinar.
  • Menjalankan kontes dan hadiah atau giveaway.
  • Membuat blogger untuk me-review (meninjau) produk Anda.
  • Bergabung dengan forum, grup, dan subreddits yang relevan.
  • Pemasaran influencer.
  • Menggunakan pemasaran e-mail atau e-mail marketing untuk membangun koneksi yang lebih kuat dengan pengguna.
  • Meningkatkan visibilitas konten dengan Search Engine Optimization (SEO).
  • Terdaftar di e-commerce (pasar) dan situs yang relevan.

Sedangkan product marketing (pemasaran produk), mereka mencakup teknik untuk membuat produk Anda lebih menarik, dan membangun basis pengguna, seperti:

  • Memanfaatkan rasa takut ketinggalan (fomo) dengan menggunakan sistem pendaftaran undangan khusus.
  • Gamifying, proses orientasi pengguna untuk membuatnya lebih menyenangkan, dan menawarkan hadiah.
  • Menawarkan insentif untuk rujukan yang menguntungkan rujukan dan pengguna baru.
  • Affiliate marketing atau pemasaran afiliasi, yang juga akan menggunakan taktik pertumbuhan pemasaran konten.
  • Peretas pertumbuhan juga dapat menggunakan iklan media sosial dan iklan bayar per klik atau Pay Per Click (PPC) untuk mempromosikan bisnis mereka.

Contoh Growth Hacking (pertumbuhan peretasan)

Kemudian untuk contohnya sendiri, berikut ini adalah beberapa contoh growth hacking terkenal yang telah berhasil menghasilkan pendapatan besar untuk perusahaan teknologi teratas:

  • Hotmail; Menawarkan untuk mendapatkan e-mail gratis Anda di hotmail, dengan tautan ke halaman pendaftaran yang secara otomatis ditambahkan ke pengguna.
  • LinkedIn; Memberi pengesahan sekali klik untuk koneksi yang ada.
  • YouTube; Memudahkan orang untuk membagikan video YouTube di situs mereka sendiri dengan memberikan kode embedding (sematan).
  • Twitter; Mereka memberi e-mail pemberitahuan otomatis.
  • Dropbox; Menawarkan skema untuk merujuk teman yang diberi insentif untuk mendapatkan pengguna baru.
  • Airbnb; Mem-posting-silang semua daftar baru di website Craigslist secara gratis.
Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian EXE (.exe): Tujuan dan Cara Membuka File EXE

Perlu kalian garis bawahi bahwa praktik growth hacking ini adalah dengan menguji apa yang berhasil serta membuang apa yang tidak menjadi jantung dari peretasan pertumbuhan yang sukses (dan masih banyak lagi).

Melalui proses hipotesis, pengujian, dan pemurnian yang konsisten, peretasan dapat mendorong pertumbuhan bisnis agar dapat ditemukan.

Cara Memulai Pertumbuhan atau Growth Hacking

Terlepas daripada apa yang sudah Kami jelaskan di atas, harus kalian ketahui, terutama bagi Anda (pemilik bisnis), adapun cara perusahaan dapat memulai melakukan growth hacking atau peretasan pertumbuhan adalah sebagai berikut:

Pertama-tama, buat produk Anda dan uji untuk memastikan orang menginginkannya, serta bersedialah membayar untuk hal tersebut.

Ini akan membantu Anda mengumpulkan data (baca pengertian data disini) sehingga Anda memahami user persona pembeli utama Anda dan dapat menargetkan taktik pemasaran pertumbuhan yang sesuai.

Perbarui produk Anda secara berkala, dan terus dapatkan umpan balik pelanggan sehingga Anda selalu tahu jika Anda berada di jalur yang benar.

Pada saat yang sama, pasarkan produk Anda untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan, serta lacak keberhasilan hasil-hasil tersebut. Pengujian A/B dan teknik optimasi konversi lainnya merupakan hal yang sangat penting untuk peretasan pertumbuhan atau growth hacking yang efektif.

Kesimpulan

Oke, Kami rasa sudah cukup jelas sekarang untuk pembahasannya. Jadi dari penjelasan Pengertian Growth Hacking, Apa itu Peretasan Pertumbuhan dan Growth Hacker? Tujuan, Cara Kerja, Manfaat, Strategi, Contoh dan Bagaimana Cara Memulainya di atas, dapat kita simpulkan bahwa peretasan pertumbuhan atau growth hacking adalah strategi pemasaran yang menggunakan eksperimen cepat di berbagai saluran dan jalur pengembangan produk untuk menentukan cara paling efektif untuk skala dan menumbuhkan bisnis.

Tidak seperti pemasaran konvensional, peretasan pertumbuhan berfokus pada tujuan, hasil, dan profitabilitas, bukan pada proses, sehingga tidak selalu mengikuti metodologi. Seorang growth hacker biasanya kurang khawatir tentang langkah-langkah yang harus diambil atau tools (alat-alat) yang harus digunakan, dan lebih tertarik menggunakan pemikiran analitis untuk mengidentifikasi peluang pertumbuhan.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan dalam postingan kali ini, dimana Kami membahas tentang Pengertian Growth Hacking, Apa itu Peretasan Pertumbuhan dan Growth Hacker? Tujuan, Cara Kerja, Manfaat, Strategi, Contoh dan Bagaimana Cara Memulainya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua terutama dalam mengetahui dan memahami istilah-istilah teknologi yang ada dalam dunia digital marketing.

Silahkan bagikan artikel dan tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman, kerabat serta rekan bisnis Anda semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar