Mengenal Pengertian Negosiasi: Menurut Ahli, Tujuan, Cara Kerja, Manfaat, Jenis dan Contohnya!

0
Gambar Dalam Penjelasan Apa Itu Pengertian Negosiasi Menurut Para Ahli Tujuan Cara Kerja Manfaat Jenis Dan Contoh Serta Kemampuan Dasarnya
Gambar Dalam Penjelasan Apa Itu Pengertian Negosiasi Menurut Para Ahli Tujuan Cara Kerja Manfaat Jenis Dan Contoh Serta Kemampuan Dasarnya

Tahukah kalian, Apa Pengertian Negosiasi, Menurut Para Ahli, Tujuan, Cara Kerja, Manfaat, Jenis dan Contoh serta Kemampuan dalam Bernegosiasi? Ya! Mungkin ada banyak orang takut atau tidak berani bernegosiasi dan tidak mengakui bahwa mereka bernegosiasi secara teratur, bahkan setiap hari. Sebagian besar dari kita menghadapi negosiasi formal sepanjang kehidupan pribadi dan profesional kita, mendiskusikan syarat-syarat tawaran kerja dengan seorang perekrut, menawar harga mobil baru, menuntaskan kontrak dengan pemasok dan lain sebagainya.

Lalu, ada juga negosiasi yang dilakukan seperti melakukan perundingan yang terbilang lebih informal dan tidak terlalu jelas yang kita lakukan setiap hari, misalnya seperti membujuk seorang balita untuk memakan kacang polongnya, menyelesaikan konflik dengan rekan kerjanya, atau meyakinkan klien untuk menerima pengiriman yang terlambat serta lain sebagainya. Oke! Terkait hal tersebut di atas, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas tentang apa itu negosiasi secara lebih detail dan lengkap. Langsung saja, di bawah ini adalah ulasannya.

Pengertian Negosiasi

Negosiasi adalah suatu bentuk hubungan sosial antara beberapa pihak yang bertujuan untuk mencapai sebuah kesepakatan bersama dimana hubungan sosial tersebut dianggap menguntungkan pihak-pihak yang bernegosiasi. Orang yang melakukan aktivitas negosiasi disebut dengan negosiator.

Secara etimologi, istilah negosiasi ini berasal dari bahasa Inggris yaitu “to negotiate” dan juga “to be negotiating” dimana arti dari kata itu adalah mengungkapkan, merundingkan, atau menawar. Kata tersebut juga kemudian mempunyai turunan lain yaitu adalah “negotiation” yang artinya adalah menjelaskan kegiatan, membicarakan atau merundingkan sesuatu dengan pihak lain dalam mencapai sebuah kesepakatan.

Aktivitas dan kata negosiasi sering digunakan yang dalam berbagai bidang kehidupan, biasanya menyangkut masalah banyak orang. Sebagai contoh, misalnya di dalam dunia disnis dan organisasi, tentu setiap kegiatan yang ada pada bidang ini tidak pernah terlepad daripada kata negosiasi.

Pengertian Negosiasi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami tentang apa itu negosiasi, kita juga harus merujuk kepada pendapat para pakar atau ahli terkait definisi mereka tentang itu.

Adapun beberapa pengertian negosiasi menurut para ahli yang perlu kalian ketahui, adalah sebagai berikut.

1. Kamus Oxford

Menurut Kamus Oxford, negosiasi adalah suatu cara yang didalamnya dilakukan upaya mencapai konvensi melalui diskusi formal.

Negosiasi ini dilakukan oleh dua belah pihak atau lebih, dimana masing-masing daripada pihak tersebut memiliki pendapat atau tujuan yang berbeda dan terjadi proses tawar-menawar dalam mencapai konvensi.

2. Situs Skillyouneed

Menurut Situs Skillyouneed, negosiasi adalah metode yang digunakan orang untuk menyelesaikan perbedaan. Ini adalah proses di mana kompromi atau kesepakatan dicapai sambil menghindari argumen dan perselisihan.

3. Investopedia

Menurut Investopedia, definisi negosiasi adalah diskusi strategis yang menyelesaikan masalah dengan cara yang diterima oleh kedua belah pihak.

Dalam negosiasi, masing-masing pihak mencoba membujuk yang lain untuk setuju dengan sudut pandangnya. Dengan bernegosiasi, semua pihak yang terlibat berusaha menghindari perdebatan tetapi setuju untuk mencapai beberapa bentuk kompromi.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Server: Sejarah, Cara Kerja, Fungsi, Jenis dan Karakteristiknya!

Tujuan Negosiasi

Ilustrasi Gambar Tujuan Bernegosiasi Dalam Pembahasan Dan Penjelasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Tujuan Bernegosiasi Dalam Pembahasan Dan Penjelasan Pengertiannya

Mengacu pada penjelasan tentang negosiasi di atas, adapun dalam setiap aktivitasnya, biasanya selalu ada tujuan yang ingin dicapai dari pihak yang ingin melakukan negosiasi. Lalu apa saja tujuan dari negosiasi sebenarnya?

Berikut ini adalah beberapa tujuan negosiasi yang harus Anda ketahui.

  1. Negosiasi dilakukan untuk mencapai suatu kesepakatan yang dipercaya menguntungkan semua pihak yang melakukannya.
  2. Untuk merampungkan suatu masalah serta menemukan solusi dari masalah yang tengah dihadapi oleh para pihak yang bernegosiasi.
  3. Negosiasi bertujuan untuk mencapai suatu syarat yang saling menguntungkan untuk para pihak yang bernegosiasi, dimana semuanya saling menerima manfaat atau win-win solution. Sebagai contoh, misalnya seperti aktivitas negosiasi usaha antara suatu perusahaan dengan perusahaan yang lainnya, tentu sangat bermanfaat dalam meningkatkan pasar, dimana tujuan negosiasi mereka adalah untuk meningkatkan angka penjualan.

Cara Kerja Negosiasi

Ilustrasi Gambar Cara Kerja Negosiasi Dalam Pengertian Bernegosiasi
Ilustrasi Gambar Cara Kerja Negosiasi Dalam Pengertian Bernegosiasi

Membahas mengenai apa itu negosiasi, adalah merupakan hal yang penting untuk kalian dalam mengetahui bagaimana cara kerja negosiasi. Benar! Ini seringkali melibatkan 2 (dua) atau lebih pihak yang bersatu untuk mencapai tujuan akhir melalui kompromi atau resolusi yang disetujui untuk semua pihak yang terlibat.

Satu pihak akan mengedepankan keadaannya, sementara yang lain akan menerima kondisi yang disajikan atau berlawanan dengan keadaannya sendiri. Proses ini berlanjut sampai kedua belah pihak tersebut menyetujui resolusi.

Peserta negosiasi harus belajar sebanyak mungkin tentang posisi pihak lain sebelum negosiasi dimulai termasuk apa kekuatan dan kelemahan dari posisi itu, bagaimana mempersiapkan diri untuk mempertahankan posisi mereka, dan setiap argumen tandingan yang mungkin akan dibuat oleh pihak lain.

Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk negosiasi berlangsung tergantung pada keadaan dan kondisi. Negosiasi dapat berlangsung hanya beberapa menit, atau, dalam kasus yang lebih kompleks, bisa jadi lebih lama. Misalnya, pembeli dan penjual dapat bernegosiasi selama beberapa menit atau jam untuk penjualan mobil.

Juga, pemerintah 2 (dua) negara atau lebih mungkin membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk menegosiasikan ketentuan-ketentuan perjanjian perdagangan.

Manfaat Negosiasi

Setelah memahami penjelasan negosiasi dan tujuannya di atas, kita juga harus mengetahui apa saja manfaat dari negosiasi.

Adapun beberapa manfaat dalam melakukan negosiasi adalah sebagai berikut:

  1. Terciptanya sebuah jalinan kerjasama yang ada antara pihak yang satu dengan dan pihak yang lainnya dalam mencapai tujuan masing-masing.
  2. Timbulnya sikap saling pengertian antara masing-masing pihak yang melakukan negosiasi, terkait kesepakatan yang akan diambil dan apa saja dampaknya bagi seluruh pihak.
  3. Negosiasi bermanfaat agar terciptanya sebuah kesepakatan bersama, dimana kesepakatan tersebut pasti akan saling menguntungkan.
  4. Terciptanya suatu hubungan yang positif antara pihak-pihak yang melakukan negosiasi dan sehingga jalinan kerjasama mereka pun akan menghasilkan hasil dan dampak yang lebih luas bagi ada banyak orang.

Jenis dan Contoh Negosiasi

Ilustrasi Gambar Jenis Dan Contoh Negosiasi Dalam Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Jenis Dan Contoh Negosiasi Dalam Pengertiannya

Selain memberikan penjelasan negosiasi, disini Kami juga akan membahas tentang apa saja jenis dan contoh negosiasi. Memang, sebagian besar hasil negosiasi akan jatuh ke dalam salah satu dari 2 (dua) Kategori, yaitu adalah menang-menang atau menang-kalah.

Dengan memahami berbagai jenis negosiasi yang mungkin Anda temui, Anda dapat menentukan keterampilan yang paling relevan untuk peran Anda dan bekerja untuk meningkatkannya.

Baiklah, di bawah ini adalah beberapa jenis negosiasi dan contohnya yang harus kalian ketahui.

a. Negosiasi Distributif

Yang pertama adalah negosiasi distributif yang juga disebut tawar menawar distributif, bentuk atau jenis negosiasi ini terjadi ketika ada sumber daya dalam jumlah terbatas dan masing-masing pihak mengasumsikan jika mereka kehilangan sesuatu.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Topologi Bus: Cara Kerja, Ciri, Kelebihan Kekurangannya serta Contohnya!

Pihak lain akan mendapatkan sesuatu, alih-alih masing-masing pihak berusaha mencapai kesepakatan berdasarkan minat dan kebutuhan mereka, masing-masing pihak berupaya untuk mendapatkan lebih dari yang lain.

Berikut ini adalah contoh dari negosiasi distributif.

Contohnya seperti klien yang mungkin merasa jika penyedia tidak menurunkan harga untuk layanan, mereka akan membayar terlalu banyak, dan penyedia layanan mungkin merasa jika menurunkan harga mereka, mereka akan kehilangan uang.

b. Negosiasi Integratif

Jenis berikutnya adalah negosiasi integratif ini sering disebut sebagai “win-win,” negosiasi integratif terjadi ketika semua orang mendapat manfaat dari perjanjian.

Untuk mencapai kesepakatan integratif, masing-masing pihak menerima beberapa nilai. Proses negosiasi integratif mungkin memakan waktu lebih lama karena kedua belah pihak harus merasa sepenuhnya puas sebelum mencapai kesepakatan.

Di bawah ini adalah ilustrasi contoh negosiasi integratif.

Contohnya misalnya, jika klien percaya penyedia harus mengurangi biaya layanan mereka menjadi Rp. 80 juta, dan penyedia percaya mereka mempertahankan biaya layanan mereka pada Rp. 100 juta, kedua belah pihak pun dapat bernegosiasi untuk layanan Rp. 90 juta. Dalam hal ini, kedua belah pihak “memenangkan” Rp. 10 juta.

c. Negosiasi Manajemen

Jenis negosiasi berikutnya adalah negosiasi manajemen. Bernegosiasi dengan manajemen seringkali bisa membuat stres. Dalam beberapa kasus, karyawan mungkin merasa tidak nyaman berbagi keinginan dan kebutuhan mereka dengan seseorang di posisi yang lebih senior. Namun, Anda akan sering menghadapi jenis negosiasi semacam ini selama mencari pekerjaan dan proses perekrutan.

Di bawah ini adalah contoh negosiasi manajemen yang harus kalian ketahui.

Contohnya seperti Anda mungkin harus menegosiasikan gaji Anda, tunjangan dan tugas pekerjaan. Masing-masing elemen ini dapat secara langsung memengaruhi kepuasan kerja Anda, jadi penting untuk mengatasinya. Selain itu, menegosiasikan faktor-faktor ini memberi Anda kesempatan untuk menunjukkan keterampilan komunikasi Anda kepada atasan Anda. Anda mungkin juga harus bernegosiasi dengan manajemen di posisi Anda saat ini ketika mengevaluasi kembali kontrak kerja Anda atau meminta kenaikan gaji.

d. Negosiasi Rekan Kerja

Negosiasi rekan kerja biasanya tergantung pada pekerjaan Anda, Anda mungkin harus bernegosiasi dengan rekan kerja Anda. Banyak posisi membutuhkan kerja tim yang erat dan tanpa keterampilan negosiasi yang kuat, Anda mungkin menghadapi ketidakseimbangan dalam distribusi pekerjaan. Keterampilan negosiasi memungkinkan rekan kerja untuk mengembangkan rencana yang bermanfaat bagi seluruh tim.

Di bawah ini adalah contoh dari jenis negosiasi rekan kerja ini.

Contohnya adalah seperti saat Anda yang mungkin juga harus bernegosiasi ketika menyelesaikan konflik di tempat kerja.

e. Negosiasi Vendor

Jenis negosiasi vendor, beberapa karyawan mengelola vendor eksternal, dan peringkat kinerja mereka mungkin dipengaruhi oleh cara mereka bernegosiasi. Selain itu, kemampuan untuk mencapai kesepakatan dengan penyedia layanan dapat memengaruhi hubungan profesional Anda dan kesuksesan bisnis secara umum.

Berikut adalah contoh negosiasi vendor yang dapat Kami ilustrasikan.

Contohnya adalah seperti saat Anda bernegosiasi dalam penyedia layanan ISP yang digunakan oleh bisnis Anda. Anda melakukan negosiasi untuk mencapat kesepakatan dengan mereka serta Anda juga berusaha untuk tetap menjaga kerahasiaan dan keamanan data (baca pengertian data disini) Anda.

Baca Juga :  Inilah Pengertian Makna: Jenis-Jenis dan Contoh Makna Kata dalam Bahasa Indonesia!

Kemampuan Dasar Bernegosiasi

Membahas mengenai apa itu negosiasi, perlu Anda ketahui, sebelum melakukan negosiasi, seluruh negosiator, wajib memahami tentang filosofi dalam bernegosiasi.

Adapun dasar dalam melakukan negosiasi yang paling utama adalah bahwa kesepakatan yang diambil setelah diputuskan tersebut akan menguntungkan seluruh pihak, atau bisa dikatakan seperti “seluruh orang menang”.

Hal tersebut tentunya dapat dicapai dengan mempertimbangkan semua aspek negosiasi yang ada dari berbagai macam sudut pandang. Adapun beberapa kemampuan dasar bernegosiasi adalah sebagai berikut.

  • Seorang negosiator haru tajam dalam berpikir.
  • Selanjutnya yaitu harus sabar.
  • Dapat mengikuti keadaan dan situasi.
  • Memiliki daya tahan.
  • Mempuyai kemampuan pengenalan yang baik.
  • Kemampuan konsentrasi.
  • Mempunyai kemampuan artikulasi.
  • Mempunya selera humor yang baik.

Selain itu, ada juga berapa hal penting yang harus diperhatikan oleh seorang negosiator pada saat melakukan proses negosiasi. Adapun beberapa hal penting tersebut adalah sebagai berikut:

  • Dalam menyampaikan pendapat, seorang negosiator harus menyampaikannya dengan menyertai alasan, berita, atau contoh yang mudah gampang dimengerti oleh pihak lain.
  • Pendapat wajib disampaikan dengan volume suara yang sesuai, intonasi dan pemilihan kata pun juga harus tepat.
  • Penyampaian pendapat harus dilakukan dengan sopan, lancar serta jelas.
  • Seorang negosiator tidak akan mudah menerima atau pun menolak pendapat daripada pihak lain, setelah melalui berbagai pertimbangan yang ada.

Kesimpulan

Jadi, berdasarkan daripada penjelasan Pengertian Negosiasi, Menurut Para Ahli, Tujuan, Cara Kerja, Manfaat, Jenis dan Contoh serta Kemampuan dalam Bernegosiasi di atas dapat kita simpulkan bahwa negosiasi adalah proses terbuka bagi dua pihak untuk menemukan solusi yang dapat diterima untuk konflik yang rumit. Biasanya, ada beberapa kondisi khusus di mana negosiasi akan mencapai hasil terbaik, seperti:

  • Ketika konflik terdiri dari dua atau lebih pihak atau kelompok.
  • Konflik kepentingan utama terjadi antara kedua belah pihak.
  • Semua pihak merasa bahwa negosiasi akan menghasilkan hasil yang lebih baik.
  • Semua pihak ingin bekerja sama, alih-alih memiliki situasi konflik yang tidak berfungsi.

Penutup

Demikianlah tulisan dan ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini yang membahas tentang Pengertian Negosiasi, Menurut Para Ahli, Tujuan, Cara Kerja, Manfaat, Jenis dan Contoh serta Kemampuan dalam Bernegosiasi. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua serta dapat menambah wawasan kalian semua dalam memahami artinya.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar