Ini Dia 10+ Ciri Smart Buyer dan Tips Cara Menjadi Pembeli Produk, Jasa, atau Layanan yang Pintar!

Gambar Dari Apa Saja Ciri Ciri Atau Karakteristik Smart Buyer Dan Bagaimana Tips Cara Untuk Menjadi Pembeli Produk Jasa Atau Layanan Yang Pintar Cerdas
Gambar Dari Apa Saja Ciri Ciri Atau Karakteristik Smart Buyer Dan Bagaimana Tips Cara Untuk Menjadi Pembeli Produk Jasa Atau Layanan Yang Pintar Cerdas

Apa Saja Ciri atau Karakteristik Smart Buyer dan Bagaimana Tips Cara untuk Menjadi Pembeli Produk, Jasa, atau Layanan yang Pintar?

Well, memang, kita seringkali dapat merasa terganggu pada pelanggan atau klien yang mengacau baik di marketplace atau e-commerce (baca apa itu e-commerce di sini).

Terkadang Kami pun juga tidak bisa menahan diri untuk marah.

Sebagai contoh misalnya, seorang klien yang mengunjungi situs web penyedia jasa layanan yang mengomel ketika harga yang mereka dapatkan tidak sesuai dengan diskon yang tertulis, atau paket yang mereka ambil tidak memiliki fitur yang diinginkan.

Ya, harusnya mereka paham bahwa hal tersebut akan menjadi tidak berharga.

Betul, sebagai pengguna, pelanggan atau pembeli yang baik yaitu kita akan perlu membaca keterangan yang tertera untuk mengetahui alasannya.

Semuanya membawa kita sebagai pengguna ke kualitas pertama dari konsumen, yaitu bahwa Anda memiliki semua opsi untuk melakukan pembelian.

Masing-masing orang dalam misi ini mengetahui berapa harga suatu barang, membaca garansi, dan tahu apa yang orang lain kritik sebelum mereka membeli barang itu.

Baiklah, berkenaan dengan hal tersebut, dalam postingan kali ini Kami akan membahas dan membagikan beberapa karakteristik atau ciri pembeli yang baik (smart buyer), khususnya ketika berbelanja secara online.

Mari kita simak ulasannya!

Pengguna Online Adalah Pelanggan yang Pintar

Ilustrasi Gambar Pengguna Online Adalah Pengguna Pembeli Dan Pelanggan Yang Pintar Cerdas
Ilustrasi Gambar Pengguna Online Adalah Pengguna Pembeli Dan Pelanggan Yang Pintar Cerdas

Betul! Ada bagian konsumen yang serius dalam berbelanja.

Anda dapat menemukan sebagian besar pembeli ini di setiap pasar di seluruh dunia.

Bagi mereka berbelanja bukan hanya sarana bersenang-senang, tetapi juga kumpulan dari banyak kegiatan yang penuh pertimbangan dan tenaga seperti negosiasi, mencari produk terbaik, memindai berbagai pasar, dan lain sebgainya.

Itu semua pastinya mengarah pada pembelian yang terinformasi dan cerdas (smart).

Memang, pelanggan normal lebih merupakan variasi dari pembeli impulsif dan belajar dengan metode coba-coba dibandingkan dengan seorang pembelanja yang cerdas biasanya mengambil keputusan yang tepat.

Mereka mencari kualitas terbaik dari produk yang terjangkau dalam jumlah yang mereka sediakan terkait harganya.

Mereka dengan cerdas membeli produk yang akan terus diperbaharui (di-update) dan mereka mungkin tidak selalu menyukai merek dan karenanya kadang-kadang bersedia membeli merek yang tidak bermerek atau tidak begitu populer karena mereka telah mengevaluasi produk dan oleh karena itu yakin akan kualitasnya.

Selain itu, mereka juga mencari toko dan melacak penawaran di seluruh toko untuk mendapatkan penawaran yang bagus untuk merek.

Tingkat Kecerdasan pembelanja tersebut dapat bervariasi dari konsumen ke konsumen, beberapa mungkin lebih beberapa mungkin kurang, tergantung pada banyak kendala yang ada.

Betul! Pada dasarnya Kami yakin bahwa setiap konsumen bercita-cita dan akhirnya ingin menjadi pembelanja yang cerdas.

Siapa yang tidak ingin membeli kualitas terbaik yang tersedia dengan harga tertentu? Iyakan?

10+ Ciri atau Karakteristik Smart Buyer (Pembeli yang Pintar) Ketika Membeli Produk, Jasa, atau Layanan Online dan Offline

Yup! Menjadi pembelanja yang cerdas membutuhkan lebih banyak waktu untuk belajar, menjelajah, dan berbelanja.

Sekarang, banyak bahkan ada banyak bisnis yang mencoba dan mengatasi masalah ini dan melayani pelanggan yang sedang atau ingin menjadi pembeli yang cerdas.

Baca Juga :  Matrix: Apa itu Matriks (Matrices)? Sejarah, Tujuan, Jenis dan Macam, Contoh serta Kenapa itu Penting!

Berdasarkan beberapa riset yang ada, secara garis besar, smart buyer (pembeli yang pintar atau cerdas) di seluruh dunia menunjukkan ciri-ciri dan karakteristik yang sangat mirip sebagai berikut.

1. Membeli Produk dengan Harga yang Ideal

Ciri dan karakteristik smart buyer atau pembeli yang pintar pertama yaitu adalah dengan membeli produk dengan harga yang ideal.

Memang, ini juga dapat menyebabkan pembelian massal.

Terkait ini, mereka biasanya mungkin membentuk kelompok untuk dapat membeli dalam jumlah besar dengan harga murah.

2. Searching atau Browsing Terkait Produk dan Penyedia Layanan

Berikutnya yaitu mereka biasanya sering mencari, searching/browsing terkait produk atau penyedia layanan.

Benar! Pembelanja cerdas adalah seorang penjelajah, pembelanja pintar terus-menerus mencari berbagai pasar dan toko untuk terus memperbarui penawaran produk (promo), peluncuran baru, harga, dan kualitas produk di berbagai pasar.

Oleh karena itu, mereka memiliki pengetahuan yang baik tentang pasar lokal.

Jika Anda bertanya padanya, dia akan memberi tahu Anda ke mana harus pergi untuk membeli apa untuk mendapatkan kualitas terbaik dengan harga tertentu.

Namun, terkait hal ini dia mungkin bukan pelanggan setia untuk toko tertentu.

Sebagai contoh misalnya, pelanggan Tokped juga bisa membeli di Buklap.

Akan tetapi pembelanja yang cerdas juga memanifestasikan sifat lain yang bertentangan dengan hal di atas, yaitu jika konsumen yang cerdas yakin dengan penjual atau merek tentang kualitas yang baik secara konsisten dan harga yang rendah, ada kemungkinan besar bahwa dia akan menjadi setia padanya.

Perlu kalian ketahui bahwa terbilang sulit untuk menyebut smart buyer sebagai pembeli terencana karena banyak dari pembeliannya didorong oleh penawaran bagus dan kupon yang muncul saat menelusuri pasar.

3. Menginginkan Kualitas dengan Harga yang Masuk Akal

Konsumen cerdas memiliki keinginan yang kuat untuk mengkonsumsi produk dengan kualitas terbaik dengan anggaran yang ideal (masuk akal) serta dengan jumlah yang tersedia dari mereka untuk dibelanjakan.

Konsumen yang cerdas berpikir bahwa jika brand atau merek yang mengenakan biaya premium yang tidak masuk akal untuk kualitas dan kualitas yang sama harus tersedia dengan harga yang lebih rendah.

Mereka tidak mau membayar premi yang tidak masuk akal yang dibebankan oleh beberapa merek dan percaya bahwa produk serupa ditawarkan dengan harga lebih rendah oleh merek lain, kebutuhannya adalah menelusuri pasar dan mencari tahu merek tersebut.

4. Tidak Mengejar Tren tetapi Menyukai Penjualan Diskon

Betul! Ini adalah dampak dari sifat yang dijelaskan pada poin ciri atau karakteristik dari smart shopper sebelumnya.

Pembeli cerdas tidak mengejar tren, namun mereka melacak penjualan diskon dan bahkan mengatur waktu pembelian mereka sesuai dengan penjualan akhir musim.

Mereka dapat membeli pakaian untuk keluarga mereka di akhir tahun, seperti bulan desember, jauh sebelum penjualan akhir musim di bulan munculnya produk.

Betul! Oleh karena itulah pembeli yang pintar mungkin tidak selalu ingin mengikuti tren, terlebih karena hal tersebut dapat mengundang pengeluaran yang lebih tinggi.

5. Tidak Membeli Produk, Jasa, atau Layanan Sebagai Pengalaman

Ciri atau karakteristik smart buyer selanjutnya yaitu mereka tidak menuntut pengalaman berbelanja.

Mereka mungkin mengerti bahwa konsumenlah yang harus membayar harga tambahan dari pengalaman berbelanja dan karenanya dia lebih suka pengalaman itu ditukar dengan diskon pada harga produk.

Produk bagus dengan harga terendah dalam lingkungan belanja dasar yang bebas embel-embel adalah proposisi yang sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan smart buyer.

6. Memperhatikan Nilai Setiap Rupiah/Dolar yang Dibelanjakan

Pelanggan yang cerdas menginginkan pengembalian maksimum untuk setiap mata uang (Rupiah atau Dolar) yang dia belanjakan.

Sebagai contoh misalnya, untuk fitur utama, mereka sudah membandingkannya dengan harga yang ada dalam pasaran.

Apakah sisa atau lebihan dari anggaran yang mereka keluarkan itu worth it?

Di sini, mereka dapat mengamati untuk apa saja yang mereka dapatkan selain fitur utama tersebut.

Baca Juga :  Inilah Pengertian Data Visualization: Apa itu Visualisasi Data? Sejarah, Tujuan, Fungsi, Jenis, Macam Kategori dan Contohnya serta Kenapa itu Penting!

7. Mewakili Banyak Orang

Pembelanja cerdas atau pintar bukanlah karena mereka memiliki sumber daya atau pendapatan yang dapat dibelanjakan lebih sedikit.

Sebaliknya, ciri atau karakteristik pembeli pintar/cerdas yang ke-7 (tujuh) ini layaknya milik semua lapisan masyarakat karena tindakan mereka mewakili banyak orang.

Dorongan yang menggarisbawahi hal di balik menjadi konsumen yang cerdas adalah poin nomor 6 (sebelumnya).

Yup! Inilah alasan mengapa pembeli kelas atas suka berbelanja dari dalam pasar kelas menengah atau menengah bawah suka pergi ke grosir tradisional atau toko yang diskon.

8. Suka dengan Variasi

Konsumen yang cerdas suka melihat keanekaragaman produk, jasa, atau layanan sebelum mengambil keputusan akhir pembelian.

Oleh karena itu selama pembelian kategori produk tertentu mereka lebih memilih untuk memindai pasar untuk dapat melihat lebih banyak variasi daripada yang tersedia di suatu toko.

Hal ini memungkinkan mereka untuk melihat produk dengan fitur yang berbeda dan mengevaluasi untuk mengetahui mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dalam item reguler atau standar pada umumnya, pembelanja yang cerdas cenderung menjadi loyal pada produk, merek, dan toko tertentu setelah dia yakin bahwa itu adalah yang terbaik dari yang lainnya dan memberikan kualitas terbaik dengan harga minimum.

Benar! Perilaku smart buyer benar-benar kontras dan dia bukan hanya mencari variasi di seluruh pasar, namun langsung pergi ke tempat di mana dia dapat menemukan produk pilihannya dengan harga minimum.

9. Ingin Tahu Detail Produk, Jasa, atau Layanan

Ciri karakteristik konsumen yang cerdas (smart) berikutnya yaitu mereka lebih suka mempelajari dan memahami tentang fitur produk, jasa, atau layanan.

Ini terkait apa saja parameter kualitas dan memiliki pengetahuan produk lebih dari konsumen normal.

Sumber informasi mereka adalah pasar, internet, literatur, admin toko, teman, keluarga, dan teman sebaya mereka.

Smart user atau buyer membangun kerangka evaluasi produk, jasa, atau layanannya sendiri berdasarkan pengetahuan yang telah dia kumpulkan.

Dia menggunakan kerangka evaluasi ini untuk membandingkan pilihan dan apakah harus membeli atau tidak pada pilihan akhirnya.

10. Suka Berbagi Informasi

Ciri atau karakteristik smart buyer terakhir yang dapat Kami jelaskan dalam postingan kali ini yaitu mereka senang berbagi informasi.

Pembeli cerdas senang berbagi pengetahuan mereka tentang pasar, toko, dan produk, sehingga sering menjadi pembawa opini.

Mereka seringkali dengan bijaksana memutuskan antara internet dan belanja di dalam toko.

Apa itu smart shopping? Well, untuk pembelanja cerdas, smart shopping (belanja cerdas) adalah belanja yang memenuhi semua kriteria pembeliannya seperti uang, kualitas, gaya, fitur yang disukai, sentuhan dan rasa, percobaan, sebelum melakukan pembelian.

Keduanya, internet dan belanja di dalam toko memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, oleh karena itu pembelanja yang cerdas dengan bijaksana memilih mode pembeliannya berdasarkan jenis produk dan prioritas kriterianya.

Tips Cara Menjadi Pembeli Produk, Jasa, atau Layanan yang Pintar (Smart Buyer/Shopping)

Gambar Bagaimana Tips Cara Menjadi Pembeli Produk Jasa Atau Layanan Yang Pintar Dalam Membahas Ciri Karakteristik Smart Buyer
Gambar Bagaimana Tips Cara Menjadi Pembeli Produk Jasa Atau Layanan Yang Pintar Dalam Membahas Ciri Karakteristik Smart Buyer

Lalu, apa saja kiat-kiat dan tips cara untuk menjadi smart buyer/shopper ketika membeli suatu produk, jasa, atau layanan?

Oke, khusus bagi kalian yang sedang membaca postingan Kami tentang jenis dan macam ciri karakteristik smart buyer kali ini dan kebetulan bingung dan sedang mencari apa saja kiat, tips cara menjadi pembeli yang pintar, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Mengapa? Tentu saja di sini Kami juga akan menjelaskan kiat-kiat dalam berubah menjadi pembeli yang cerdas untuk kalian!

Baiklah langsung saja, mari kita perhatikan beberapa poin-poin di bawah ini:

  • Pahami sistem yang ditawarkan; Memahami sistem adalah kunci untuk menghindari menjadi korban olehnya. Bisnis bukanlah amal! Mereka adalah mesin keuntungan yang dijalankan dengan baik. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut, di mana itu juga adalah tujuan utama perusahaan, dan itulah yang menggerakkan perekonomian kita. Betul! Tetapi adalah tugas Anda untuk melakukan analisa tentang apakah laba yang dihasilkan perusahaan tersebut layak untuk kalian.
  • Bersikap sopan; Well, kedengarannya berlawanan dengan intuisi, kesopanan adalah senjata paling ampuh Anda saat berurusan dengan perusahaan mana pun. Pelanggan yang cerdas tahu bahwa dia tidak boleh menunggu sampai ada masalah untuk menunjukkan sifat yang patut dicontoh tersebut. Benar! Dia akan selalu menerapkannya. Kesopanan memiliki efek magis pada penyedia layanan dan mereka memperlakukan Anda dengan hormat dan terkadang bahkan berusaha sekuat tenaga untuk memuaskan Anda. Tidakkah Anda lebih cenderung berpihak pada pelanggan yang memperlakukan Anda dengan hormat daripada pelanggan yang bertindak seolah-olah Anda adalah seorang yang bermasalah?
  • Selalu hemat; Uang tidak tumbuh di pohon, akan tetapi pelanggan terbaik tetap mencermati semua yang mereka peroleh. Orang-orang ini akan menghitung sebelum mereka membeli dan memiliki gagasan yang cukup bagus tentang apa yang akan mereka belanjakan sebelum mereka mencapai kasir.
  • Jadilah kreatif; Pelanggan yang cerdas telah belajar bahwa ada kekuatan dalam jumlah dan dapat menemukan info yang mereka butuhkan untuk membantu perjuangannya baik online maupun offline. Dia mengunjungi forum dan blog, tips perdagangan, dan situs kupon, khususnya untuk mendapatkan penawaran lebih lainnya yang mungkin.
  • Jadilah agar lebih aktif; Pelanggan terhormat yang baik tahu bahwa kadang-kadang bahkan perusahaan terbaik pun membutuhkan satu atau dua dorongan untuk melakukan hal yang benar. Dia tidak takut untuk bertanya, dia merasa itu haknya!
  • Ingatlah bahwa pembeli selalu benar; Secara keseluruhan, memang, pelanggan tidak selalu benar, walaupun hampir sepanjang waktu ketika dia telah melakukan penelitian atau riset dan memiliki latar belakang di pihaknya. Tips Kami, ingatlah bahwa kalian selalu benar dalam menentukan pembelian, terlepas dari syarat dan ketentuan yang ditawarkan pada produk, jasa, atau layanan.
Baca Juga :  Total Experience (TX): Pengertian, Apa itu Pengalaman Total? Sejarah, Macam Disiplin dan Pentingnya untuk Bisnis!

Kesimpulan

Baiklah, seperti yang telah kalian lihat, di atas adalah beberapa Ciri atau Karakteristik Smart Buyer dan Bagaimana Tips Cara untuk Menjadi Pembeli Produk, Jasa, atau Layanan yang Pintar.

Benar! Kalian dapat mengamati tanda-tanda tersebut di atas pada pelanggan atau penyedia di sekitar Anda.

Yup, walaupun terlalu sering, kita memikirkan apa yang seharusnya dilakukan bisnis untuk kita daripada berfokus pada perilaku kita sendiri.

Meskipun ini semua bisa menjadi sangat menarik untuk menunjukkan kesalahan seorang pelanggan, penting juga untuk membidik perilaku yang tepat untuk konsumen yang berhasil.

Terkait kiat-kiat atau tipsnya, lucunya, jika Anda sudah melakukan semua yang ada di daftar di atas dan tetap saja ditipu, artinya kalian harus ekstra dalam melakukan dan mempraktikkan semuanya.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Ciri atau Karakteristik Smart Buyer dan Bagaimana Tips Cara untuk Menjadi Pembeli Produk, Jasa, atau Layanan yang Pintar.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi dan bisnis online.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar