Apa itu Anime? Ini Pengertian, Genre, Istilah, Perbedaan, Cara Menggambar Anime dan Contohnya!

0
Ilustrasi Gambar Dari Pengertian Anime Dalam Apa Itu Anime Genre Istilah Perbedaan Manga Dan Anime Cara Menggambar Dan Contoh Gambarnya
Ilustrasi Gambar Dari Pengertian Anime Dalam Apa Itu Anime Genre Istilah Perbedaan Manga Dan Anime Cara Menggambar Dan Contoh Gambarnya

Sebenarnya, Apa itu Anime? Pengertian, Genre, Istilah, Perbedaan, Cara Menggambar Anime dan Contoh Gambarnya! Diucapkan ah-nee-may, secara umum, anime mewakili istilah untuk gaya buku komik Jepang dan animasi kartun video di mana karakter utama di dalamnya, biasanya memiliki mata seperti kelinci betina besar. Banyak website diluar sana yang dibuat khusus untuk mambahas anime terkait anime merupakan gaya yang lazim dalam buku komik atau manga jepang dan peminatnya pun juga terbilang banyak.

Di negara Jepang, buku komik adalah bentuk hiburan yang populer untuk orang dewasa maupun bagi pemirsa yang lebih muda. Alur cerita seringkali terlihat canggih dan kompleks serta meluas ke seri episodik. Tema atau genre anime yang umum termasuk ninja dan seni bela diri lainnya, cerita supernatural atau horor, romansa dan fiksi ilmiah termasuk robot dan kapal ruang angkasa. Spesial untuk karakter utama, termasuk robot, monster, atau orang jahat biasa, sering kali tidak memiliki kualitas mata yang tajam. Hmmmn, benar! Dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara detail dan lengkap mengenai apa itu anime. Berikut ini ulasannya!

Pengertian Anime

Ilustrasi Gambar Apa Itu Anime Dan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Anime Dan Pengertiannya

Anime adalah kata yang digunakan oleh orang-orang yang tinggal di luar negara Jepang untuk menggambarkan kartun atau animasi yang diproduksi di Jepang. Menggunakan kata anime dalam percakapan bahasa Indonesia atau Inggris sekalipun pada dasarnya sama dengan menggambarkan sesuatu sebagai serial kartun Jepang atau film animasi atau pertunjukan dari Jepang berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Lifewire.

Kata anime sendiri hanyalah kata Jepang untuk kartun atau animasi yang digunakan oleh orang-orang untuk menggambarkan semua kartun terlepas dari negara asalnya. Sebagai contoh, misalnya orang Jepang akan menganggap Naruto Shippuden dan Disney’s Frozen sebagai Anime, bukan sebagai sebuah genre yang berbeda.

Apa itu Anime?

Lalu, apa sebenarnya itu anime? Ini (アニメ dalam bahasa Jepang) dibaca: a-ni-me, bukan a-nim, anime adalah animasi khas Jepang, yang biasanya, mereka dicirikan melalui gambar-gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh didalam berbagai macam lokasi dan juga cerita, yang ditujukan kepada beragam jenis penonton. Biasanya Anime ini, dipengaruhi gaya gambar manga, yaitu komik khas Jepang.

Apa itu Manga?

Dalam membahas tentang anime, tentu tidak terlepas dari kata manga. Manga adalah buku komik Jepang, yang sering menjadi inspirasi untuk serial anime. Sementara di negara Amerika, manga hanya merujuk pada komik dari Jepang, “manga” hanyalah kata Jepang untuk buku komik.

Jadi di Jepang, semua komik secara teknis adalah manga. Jika Anda adalah penggemar anime dan buku komiknya, atau hanya sekedar gemar anime saja, pertimbangkan untuk menambahkan seri manga ke daftar bacaan Anda. Ada berbagai macam manga yang memikat serta menarik untuk dipilih.

Genre Anime

Ilustrasi Gambar Genre Genre Anime Dalam Membahas Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Genre Genre Anime Dalam Membahas Pengertiannya

Setelah mengenal dan mengetahui apa itu anime dan penjelasannya di atas, kita juga harus mengenal apa saja genre-genre Anime yang sering ada dalam film animasi anime.

Adapun beberapa genre anime yang ada dalam seri anime pada umumnya adalah sebagai berikut.

Baca Juga :  7+ Istilah dalam Growth Hacking yang Harus Anda Ketahui

1. Fantasy

Yang pertama adalah genre fantasy. Dalam Anime, ini adalah genre yang paling sering kita jumpai. Sebagai contoh, misalnya seperti pada Anime Doraemon, Naruto dan Onepiece.

2. Romance

Selanjutnya adalah genre romance. Dalam Anime, tidak jarang kita akan melihat adegan kiss atau adegan percintaan. Adegan tersebut merupakan anime ber-genre romance anime.

3. Harem

Genre harem biasanya di “gandeng” atau dibarengi dengan genre romance karena pada dasarnya genre ini melibatkan satu cowok yang disukai oleh tiga atau sampai empat cewek.

4. Shounen atau Shoujo (Bishoujo)

Selanjutnya, ada juga genre shounen atau shoujo (bishoujo). Pada genre shounen, kita dapat mengetahui bahwa karakter utama atau protagonisnya adalah cowok, sedangkan untuk genre shoujo, karakter utamanya cewek.

5. Supernatural

Kemudian ada juga genre supernatural, ini adalah jenis anime yang melibatkan magic atau sihir dan kekuatan supernatural lain sebagainya.

6. Ecchi dan Hentai

Yang terakhir adalah ecchi atau hentai. Orang biasanya menyebut genre ecchi sebagai hentai, karena ada scene seperti panty flashing atau dapat terbilang mesum karena terlihat dada cewek, jadi jangan salah, karena ecchi dan hentai adalah genre yang berbeda.

Istilah-Istilah Anime

Selain dari penjelasan yang sudah Kami sampaikan di atas, ada beberapa istilah-istilah dalam anime yang harus Anda pahami terutama dalam membahas dunia anime.

Adapun berbagai istilah-istilah yang terdapat dalam anime adalah sebagai berikut.

a. Chibi

Dalam anime, chibi berarti kecil atau cebol. Ini juga sering disebut dengan super–deformed. Istilah ini sering digunakan untuk karakter anime yang digambar dengan bentuk kerdil yang lucu dengan proporsi kepala lebih besar daripada badan.

b. Cosplay

Cosplay berasal dari gabungan kata costum dan play. Dalam anime, cosplay berarti hobi menggenakan pakaian beserta aksesoris wajah seperti yang dikenakan tokoh karakter yang ada dalam anime, manga, video, penyanyi atau musisi idola. Orang yang melakukan cosplay disebut cosplayer.

c. Fan Art

Fan Art adalah gambar kreasi dari karakter anime atau manga yang disukai oleh penggemar. Ini merupakan gambar karakter dari yang dihasilkan oleh para fans.

d. Fan Fic

Fan Fic adalah singkatan dari kata “fan” dan “fiction” yaitu adalah cerita karangan fans dengan menggunakan tokoh atau memodifikasi jalan cerita dari sebuah manga atau anime.

e. Fanservice

Istilah berikutnya adalah fanservice, ini adalah hal-hal yang ditujukan sebagai daya tarik karena disukai oleh para Fans namun tidak berhubungan dengan jalan cerita.

Fanservice untuk fans cowok seperti memperlihatkan bagian tubuh, seperti memperlihatkan karakter cewek yang sedang berganti baju, rok yang tersingkap, atau yang memakai bikini. Sedangkan fanservice untuk penggermar cewek seperti memperlihatkan karakter cowok yang bishonen.

f. Gosurori, GothLoli, Gothic Lolita

Istilah ini adalah sebuah trend fashion yang diinspirasi dari gaya berpakaian anak-anak zaman “victorian”.

g. Hikkikomori

Istilah hikkikomori artinya adalah menarik diri. Maksudnya adalah seseorang yang menolak untuk bersosialisasi. Istilah ini lekat dengan otaku.

h. Kawaii

Istilah Kawaii adalah Istilah yang berarti imut.

i. Lemon

Istilah lemon adalah istilah ditujukan kepada fan fic yang dibuat dan yang mengandung materi “dewasa” atau “H” (hentai).

j. Lolicon

Lolicon adalah singkatan dari lolita complex. Istilah ini menunjukkan obsesi terhadap karakter yang manis dan imut dan pada umumnya karakter tersebut bertubuh kecil seperti kanak-kanak namun tidak dibatasi oleh umur.

k. Mecha

Mecha berasal dari kata mechanical. Ini digunakan sebagai istilah dalam manga atau anime yang menampilkan karakter robot. Istilah ini paling lekat dan identik dengan anime seperti Gundam.

l. Moe

Moe adalah bahasa slang jepang yang berarti “daya tarik” dari karakter anime atau manga yang membuat seseorang sangat “ingin” melindungi karakter tersebut. Moe ini juga sering dipakai sebagai kata seru.

Baca Juga :  10 Contoh Artificial Intelligence (Produk) yang Anda Gunakan Sehari-Hari

m. Nijikon

Nijikon adalah singkatan dari nijigen komperekkusu. Ini merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menyebut seseorang yang terobsesi pada model karakter 2D (dimensi).

n. Otaku

Otaku adalah suatu istilah untuk menyebutkan seseorang yang terobsesi pada sesuatu, bahkan cenderung fanatik.

o. Otomen

Otomen adalah gabungan 2 kata yaitu otome yang berarti cewek muda dan men

yang berarti cowok. Ini merupakan definisi dari seorang berfisik cowok tapi hatinya selembut cewek.

p. OVA

OVA adalah singkatan dari Original Video Animation. Ini merupakan anime yang langsung dirilis dalam bentuk video dan tidak ditayangkan di bioskop atau di televisi terlebih dahulu. Kadang disebut juga OAV atau Original Animated Video.

r. Omake

Omake adalah istilah yang berarti tambahan.

s. Seiyuu

Seiyuu adalah dubber atau pengisi suara dalam bahasa Jepang.

t. Shotacon

Shotacon adalah singkatan dari shoutarou komperekkusu. Ini adalah istilah dalam bahasa Jepang yang menggambarkan ketertarikan pada anak lelaki dibawah umur (seperti istilah “brondong” dalam bahasa indonesia).

Sebagai contoh, misalnya dalam anime atau manga Mahou Sensei Negima, dimana tokoh utamanya Negi Springfield adalah bocah berusia 11 tahun di tengah-tengah siswi yang berusia 3-4 tahun di atasnya.

u. Tankoubon

Tankoubon adalah format manga yang berbentuk satu buku tersendiri yang biasa kita lihat (kalau Anda tidak paham, jika di indonesia maka akan dipakai istilah volume). Di Jepang, suatu manga di terbitkan per-chapter di majalah kumpulan manga seperti Nakayoshi atau Shounen Jump. Setelah itu baru dirilis tankoubon-nya jika judul tersebut dirasa sudah terkenal atau jumlah chapternya sudah mencukupi.

v. Tokusatsu

Tokusatsu adalah suatu istilah dalam bahasa jepang untuk spesial effect dan digunakan untuk menyebut film sci-fi, fantasi, horor, live action produksi jepang. Istilah ini mengacu pada film atau dorama live action super hero, seperti Kamen Rider, Ultraman, Super Sentai yang lebih banyak menggunakan efek.

w. Tsundere

Tsundere adalah istilah jepang dalam menyebutkan karakter yang pada awalnya galak, dingin, cuek atau sifat negatif lainnya. Namun berkembang dan berubah menjadi manja, rapuh, penyayang dan secara emosional sangat lemah dan ingin dilindungi.

x. Yandere

Istilah yang terakhir yang Kami bagikan disini adalah yandere. Ini adalah lawan dari istilah tsundere. Yandere adalah karakter yang mempunyai sifat manis, namun pada akhirnya berubah menjadi brutal dan sadis.

Perbedaan Anime dan Kartun

Selama ini orang-orang sering dan suka untuk menyamakan film yang berbau animasi (baca pengertian animasi disini) dengan kartun. Sebenarnya tidak semua film animasi itu disebut kartun, contohnya seperti anime, seperti yang sudah Kami singgung dalam pengertian anime di atas, anime adalah sebutan dari film animasi buatan Jepang.

Anime dan manga ini mempunyai audiens yang besar di Jepang, selain itu, mereka juga sangat dikenal di dunia, para distributor dapat me-release anime melewati siaran TV, ataupun juga siaran streaming melalui internet.

Mari kita bahas mengenai perbedaan antara anime dan kartun di bawah ini.

a. Anime

Yang pertama adalah Anime. Anime memiliki gambar yang khas, khususnya pada bentuk mata (terutama pada karakter wanita) yang digambarkan dengan besar, karena banyak yang menganggap mata yang besar pada wanita terlihat lebih “cute” atau imut, di negara Jepang sendiri, kata tersebut biasa disebut moe.

Contoh dari film anime adalah seperti serial Naruto, Gintama, Inuyasha, Doraemon, Shin-chan, dan lain sebagainya.

b. Cartoon atau Kartun

Sedangkan cartoon atau kartun,dipakai untuk menyebutkan film bentuk Animasi, memang pada awalnya film animasi yang dibuat di negara barat yang khususnya adalah Amerika.

Anime Jepang pun pada awalnya terinspirasi juga dari kartun buatan Amerika, namun karena memiliki ciri khas yang berbeda pada gambarnya, maka di Jepang tidak menggunakan isitlah cartoon atau kartun dalam animasinya melainkan dengan kata anime.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Definisi: Menurut Ahli, Tujuan, Ciri, Macam, Jenis dan Syaratnya!

Menurut Kami pribadi, apabila sebuah komik dan film animasi buatan Jepang, maka, akan Kami akan menyebutnya dengan anime, bukan cartoon atau kartun, tapi kalau animasi buatan selain Jepang maka, akan Kami sebut dengan cartoon atau kartun khususnya pada buatan Amerika seperti cartoon atau kartun Disney. Adapun contoh animasi film cartoon atau kartun adalah seperti Tom And Jerry, Spongebob, Mickey Mouse, Tokoh dari Walt Disney, dan lainnya.

Cara Mudah Menggambar Anime dari Manga

Hmmm, tahukah kalian cara mudah dalam menggambar anime dari manga. Ya! Disini Kami juga akan membagikan bagaimana cara mudahnya.

Berikut ini adalah cara mudah menggambar anime dari manga.

  1. Membuat template; Gambar sebuah template dari kepala manga. Gunakan ini sebagai titik awal untuk karakter manga Anda.
  2. Membuat rambut; Mulai dengan rambut manga. Rambut biasanya salah satu ciri yang secara langsung mengidentifikasi karakter sebagai gaya manga. Saat Anda merasa nyaman dengan langkah-langkah ini, beralihlah ke gaya yang lebih rumit, dan tambahkan kilau ke rambut dengan pola zig-zag.
  3. Tambahkan mata; Tambahkan mata bergaya manga. Seperti halnya rambut, mata adalah ciri khas yang langsung dikenali dari gambar manga.
  4. Tambahkan ekspresi wajah; Kemudian tambahkan beberapa ekspresi wajah ke wajah manga Anda. Ini dapat membantu mengomunikasikan emosi dalam karakter Anda, ekspresi sangat penting dalam menggambar manga.
  5. Gambar manga; Anda bisa melanjutkan dengan menggambar manga cowok atau cewek.
  6. Gambarkan eksresi sesuai keinginan Anda; Gambarkan manga, ubah ekspresi rambut, mata, dan wajah sesuai keinginan Anda.
  7. Gambar seluruh karakter; Cobalah menggambar seluruh karakter. Gabungkan wajah, gaya rambut, mata, dan ekspresi saat Anda bekerja.

Tutorial Cara Menggambar Anime dari Nol atau Stratch menggunakan Wacom Tablet

Untuk lebih lengkapnya terkait Cara Menggambar Anime, Anda dapat langsung melihat Video dari Sitenesia di bawah ini tentang Tutorial Cara Menggambar Anime dengan menggunakan Alat Gambar Wacom Tablet.

Cara Menggambar Anime dari Nol (Stratch)

Contoh Gambar Anime dan Manga

Agar lebih memahami penjelasan di atas, berikut ini Kami sediakan contoh gambar original anime dan manga dari Staf Editorial Kami.

Kredit: Apre Nadia Aisyah

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan dan penjelasan Apa itu Anime? Pengertian, Genre, Istilah, Perbedaan, Cara Menggambar Anime dan Contoh Gambarnya di atas, dapat kita simpulkan bahwa, Anime adalah bagaimana kita mengatakan kartun “animasi” dalam bahasa Jepang. Untuk orang Jepang, anime dapat berupa kartun apa saja, baik dibuat di Jepang atau tidak.

Di luar Jepang, istilah anime berarti “animasi buatan Jepang,” atau lebih luasnya lagi mereka merujutk pada setiap pertunjukan animasi atau film yang menggunakan aspek dari animasi gaya Jepang, seperti warna-warna cerah, panning dramatis, dan ekspresi wajah khas dan lain sebagainya.

Penutup

Demikianlah tulisan yang dapat Kami bagikan dalam postingan kali ini yang membahas tentang Apa itu Anime? Pengertian, Genre, Istilah, Perbedaan, Cara Menggambar Anime dan Contoh Gambarnya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua terutama dalam memahami artinya.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa bermanfaat. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar