Kamus Penelitian, Riset, dan Jurnal: Daftar Kumpulan Istilah, Akronim, dan Terminologi yang Sering Digunakan yang Harus Diketahui!

Gambar Dari Kamus Penelitian Riset Dan Jurnal Daftar Kumpulan Istilah Akronim Dan Terminologi Yang Sering Digunakan Oleh Akademisi Peneliti Yang Harus Diketahui
Gambar Dari Kamus Penelitian Riset Dan Jurnal Daftar Kumpulan Istilah Akronim Dan Terminologi Yang Sering Digunakan Oleh Akademisi Peneliti Yang Harus Diketahui

Kamus Penelitian, Riset, dan Jurnal: Daftar Kumpulan Istilah, Akronim, dan Terminologi yang Sering Digunakan yang Harus Diketahui!

Ya, perlu kalian ketahui bahwa sebuah jurnal penelitian menyediakan sumber informasi dan pengetahuan yang berguna yang dapat dengan mudah ditemukan dan dibaca.

Pembaca tentunya dapat mencakup manajer di industri, peneliti, dan mahasiswa, baik untuk skripsi (baca selengkapnya terkait pengertian skripsi di sini) atau tesisnya.

Dengan menerbitkan papers terbaik yang tersedia, dan dengan memfokuskan isu-isu khusus pada topik-topik penting, penerbit jurnal penelitian (research journal) seringkali berusaha memenuhi kebutuhan akan informasi terkait, khususnya dengan menyediakan indeks dan pencarian online untuk membantu pembaca menemukan artikel.

Di era internet dan media sosial, kita masih menggunakan bentuk publikasi yang berasal dari tahun 1665? Seperti apa sebenarnya jurnal di abad di tahun 2023 ini?

Well, berdasarkan literasi yang Kami lakukan jurnal akademik belum berkembang sejak ditemukan 350 tahun yang lalu, di mana edisi pertama dari Philosophical Transactions of the Royal Society diterbitkan pada tahun 1665.

Sejak saat itu, jurnal telah didigitalkan dan sekarang menawarkan peluang lebih besar untuk komunikasi penelitian.

Komunitas akademik dan penelitian umumnya sangat konservatif tentang apa yang dibacanya dan bagaimana pandangan terkait mereka.

Maka dari itu, mengetahui akronim dan terminologinya sangat penting.

Langsung saja berikut kita bahas kamus istilah, akronim, terminologi, jargon, dan slang dalam penelitian, riset, dan jurnal.

Apa itu Penelitian, Riset, dan Jurnal?

Gambar Dari Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Penelitian Riset Research Dan Jurnal Atau Journal Makalah Atau Academic Paper
Gambar Dari Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Penelitian Riset Research Dan Jurnal Atau Journal Makalah Atau Academic Paper

Dikenal secara global dengan sebutan research, kata penelitian adalah pertimbangan studi yang cermat mengenai perhatian atau masalah tertentu dengan menggunakan metode ilmiah.

Menurut para ahli atau pakar sosiolog Amerika yang bernama Earl Robert Babbie, penelitian atau riset adalah penyelidikan sistematis untuk menggambarkan, menjelaskan, memprediksi, dan mengendalikan fenomena yang diamati yang melibatkan metode induktif dan deduktif.

Metode induktif menganalisis peristiwa yang diamati, sedangkan metode deduktif memverifikasi peristiwa yang diamati.

Pendekatan induktif dikaitkan dengan penelitian kualitatif, dan metode deduktif lebih sering dikaitkan dengan analisis kuantitatif.

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi pelanggan potensial dan baru, memahami pelanggan yang sudah ada, menetapkan tujuan pragmatis, mengembangkan strategi pasar yang produktif, mengatasi tantangan bisnis, menyusun rencana ekspansi bisnis, mengidentifikasi peluang bisnis baru, dan lain sebagainya.

Sedangkan journal atau jurnal sendiri adalah publikasi ilmiah yang berisi artikel yang ditulis oleh peneliti, profesor, dan pakar lainnya.

Jurnal atau research journal fokus pada disiplin atau bidang studi tertentu.

Tidak seperti surat kabar dan majalah, jurnal ditujukan untuk khalayak akademis atau teknis, bukan pembaca umum.

Kebanyakan artikel jurnal itu ditinjau oleh rekan sejawat (peer-review), merupakan penelitian yang asli, berfokus pada perkembangan saat ini, mengutip karya lain dan memiliki bibliografi, bisa di cetak, online atau keduanya (jurnal yang diterbitkan secara berkala seperti bulanan, triwulanan, dan lainnya biasanya diberi nomor urut).

Setiap salinan adalah masalah atau yang lebih dikenal dengan istilah issue yang merupakan satu set masalah ber-volume (biasanya setiap tahun adalah volume yang terpisah).

Seperti surat kabar dan majalah, jurnal juga disebut berkala atau serial.

Kamus Penelitian, Riset, dan Jurnal: Daftar Kumpulan Istilah, Akronim, dan Terminologi yang Sering Digunakan dalam Praktik Penulisan, Publikasi yang Harus Diketahui oleh Para Akademisi serta Peneliti

Gambar Kamus Penelitian Riset Dan Jurnal Daftar Kumpulan Istilah Akronim Dan Terminologi Di Dalam Bidangnya
Gambar Kamus Penelitian Riset Dan Jurnal Daftar Kumpulan Istilah Akronim Dan Terminologi Di Dalam Bidangnya

Berikut ini adalah kamus penelitian, riset, dan jurnal yang berisi kumpulan berbagai istilah-istilah, akronim, dan terminologi terkait praktik penulisan hingga publikasi mulai dari A-Z yang harus diketahui oleh para akademisi serta peneliti.

A

Abstract; Abstrak adalah ringkasan isi karya. Abstrak biasanya muncul di awal artikel ilmiah atau teknis. Basis data dan indeks sering berisi abstrak yang dapat membantu Anda memutuskan apakah suatu artikel relevan untuk tujuan Anda.

Annotated Bibliography; Daftar sumber yang memberikan informasi publikasi dan deskripsi singkat atau anotasi yang digunakan untuk setiap sumber. Setiap anotasi biasanya terdiri dari 3 (tiga) sampai 7 (tujuh) kalimat. Dalam beberapa bibliografi, anotasi hanya menjelaskan isi dan ruang lingkup sumbe. Di sisi lain, anotasinya juga mengevaluasi keandalan, mata uang, dan relevansi sumber dengan tujuan peneliti.

Anthology; Adalah kumpulan tulisan yang disusun menjadi sebuah buku. Pilihan dalam antologi biasanya dihubungkan dengan topik umum, periode waktu, atau kelompok penulis.

Archive; Kumpulan dokumen dan artefak, biasanya tidak dipublikasikan, yang merupakan catatan sejarah terorganisir dari suatu organisasi atau kehidupan individu. Banyak perpustakaan akademik menyimpan arsip institusi mereka dan mungkin juga memiliki bahan arsip lainnya.

Authentication; Proses verifikasi online yang memungkinkan pengguna mengakses sumber daya perpustakaan seperti database dari luar kampus. Otentikasi umumnya memerlukan login dengan ID kampus atau instansi terkait.

B

Bibliography; Ini adalah daftar sumber (referensi) yang biasanya muncul di akhir makalah penelitian, artikel, buku, atau bab dalam buku. Daftarnya mendokumentasikan sumber yang digunakan dalam pekerjaan dan menunjukkan sumber yang mungkin berguna untuk penelitian lebih lanjut. Entri memberikan informasi publikasi sehingga pembaca yang tertarik dapat melacak dan memeriksa sendiri sumbernya. Selain itu, ini juga merupakan daftar bacaan yang direkomendasikan pada topik tertentu, biasanya disortir ke dalam subkategori.

Blog; Blog (kependekan dari weblog) adalah situs yang berisi entri teks atau multimedia bertanggal yang biasanya ditulis dan dikelola oleh satu orang, dengan komentar yang dikontribusikan oleh pembaca. Meskipun beberapa blog adalah buku harian pribadi dan yang lainnya dikhususkan untuk politik partisan, banyak jurnalis dan akademisi memelihara blog yang mencakup topik yang menarik bagi para peneliti. Blog sering menyediakan tautan ke sumber lain.

Boolean Operators; Kata dan, atau, dan bukan (and, or, and not dengan simbol &, ||, !) yang digunakan dalam kueri penelusuran untuk menghubungkan konten dari dua kumpulan data atau lebih dengan cara yang berbeda. Saat istilah penelusuran digabungkan dengan and (&), hasil penelusuran hanya berisi item yang menyertakan semua istilah terkait yang memiliki kata kunci tersebut. Saat or (||) digunakan, hasilnya menyertakan item yang mengandung salah satu istilahnya. Sedangkan untuk and not (!) digunakan untuk mengecualikan item yang mengandung istilah terkait.

C

Call Number; Ini adalah kombinasi huruf dan angka yang menunjukkan di mana sebuah buku disimpan di rak perpustakaan. Nomor panggilan ditetapkan menggunakan sistem yang menempatkan buku-buku dengan subjek yang sama di samping satu sama lain untuk memudahkan penelusuran. Sebagian besar perpustakaan akademik menggunakan sistem Library of Congress (LC) yang merupakan perpustakaan umum biasanya menggunakan sistem desimal Dewey.

Baca Juga :  Apa Itu PO: Pengertian dan Macam-Macam PO dalam Online Shopping!

Catalog; Katalog adalah satu set catatan untuk informasi lokasi dan rincian lainnya tentang bahan yang dimiliki oleh perpustakaan. Sebagian besar katalog online (online catalog), meskipun perpustakaan mungkin memiliki semua atau sebagian dari katalognya pada kartu cetak. Katalog online biasanya dapat dicari berdasarkan penulis, judul, tajuk subjek, atau kata kunci, di mana hasil pencariannya memberikan deskripsi dasar item (buku, judul jurnal, video, atau lainnya) dan nomor panggilan.

Citation; Sitasi adalah referensi ke buku, artikel, halaman Web, atau sumber lain yang menyediakan informasi yang cukup tentang sumber untuk memungkinkan pembaca mengambilnya. Kutipan dalam makalah harus diberikan dalam format standar (seperti MLA, APA, Chicago , atau CSE), tergantung pada disiplin di mana makalah itu ditulis.

Citation Management Software; Sebuah program komputer (seperti Mendeley) yang menyimpan referensi bibliografi dan catatan dalam database pribadi dan yang dapat secara otomatis memformat bibliografi, daftar referensi, atau daftar karya yang dikutip berdasarkan gaya dokumentasi tertentu (MLA, APA, Chicago , CSE, misalnya). Program semacam itu dapat menghasilkan kutipan yang tidak akurat atau tidak lengkap, sehingga penulis harus mengoreksi semua hasil.

Citation Trail; Jaringan kutipan terbentuk ketika sebuah karya referensi mengacu pada sumber yang pada gilirannya merujuk ke sumber lain. Jejak citation trail ini merupakan proses yang digunakan oleh peneliti untuk melacak sumber tambahan pada suatu topik terkadang disebut mengikuti jalur “jejak kutipan” atau “jaringan kutipan atau citation network“.

Cite; Berarti lakukan sitasi (sitasikan), ini adalah kata kerja yang untuk memberikan referensi ke sumber. Selain itu, jika diartikan sebagai kata benda, pengertiannya merupakan bentuk singkat dari kutipan. (istilah ini sering dibingungkan dengan sebutan site seperti di situs website.

Corporate Author; Penulis korporat adalah organisasi, lembaga, lembaga, atau korporasi yang diidentifikasi sebagai pencipta suatu karya.

D

Database; Basis data dalam bidang penelitian, riset, dan jurnal adalah kumpulan informasi yang diorganisir untuk pencarian kembali. Di perpustakaan, database biasanya berisi referensi ke sumber yang dapat diperoleh kembali dengan berbagai cara. Basis data dapat berisi kutipan bibliografi, abstrak deskriptif, dokumen teks lengkap, atau kombinasinya.

Descriptors; Berarti deskriptor dalam bahasa Indonesia, ini adalah istilah-istilah yang diberikan oleh penyusun database untuk menjelaskan isi pokok dari suatu dokumen. Deskriptor dipilih agar semua pekerjaan pada topik tertentu dapat ditemukan dengan satu kata atau frasa, meskipun mungkin ada banyak cara berbeda untuk mengungkapkan ide yang sama. Misalnya, database PsycINFO menggunakan prestasi akademik sebagai deskriptor untuk membantu peneliti menemukan teks tentang topik pencapaian skolastik atau nilai rata-ratanya.

Digital Object Identifier (DOI); Juga disebut dengan kode DOI, ini merupakan kode persisten yang ditetapkan untuk materi online atau digital. DOI dapat dimasukkan ke situs web yang disebut penyelesai DOI (DOI resolver) atau digunakan dalam database untuk mengambil item.

Discipline; Disiplin dalam istilah penelitian, riset, dan jurnal adalah bidang studi akademik seperti teknologi, komputer, sejarah, psikologi, atau biologi. Seringkali, buku dan artikel yang diterbitkan oleh anggota suatu disiplin ilmu dan ditujukan untuk sarjana lain disebut literatur disiplin (literature of the discipline) yang terlihat tidak mengacu pada ekspresi sastra tetapi untuk publikasi penelitian di lapangan.

E

E-Paper; Biasanya mengacu pada paper yang didigitalkan (berupa file PDF), kertas elektronik adalah jenis tampilan khusus yang tidak membutuhkan listrik untuk menopang teks dan gambar yang ditampilkan. Sama seperti kertas asli, gambar yang ditampilkan menyerupai tinta di atas kertas (karena itulah namanya). Tidak seperti layar LCD atau OLED tradisional, layar ini tidak memancarkan cahaya tetapi memantulkan cahaya. Karakteristik ini membuat tampilan e-paper sangat nyaman untuk dibaca bahkan di bawah sinar matahari langsung. Tidak seperti layar LCD atau TFT, e-paper juga tidak memerlukan lampu latar.

F

Field; Fil adalah bidang studi dalam disiplin akademik. Selain itu, pengertian field dalam penelitian, riset, dan jurnal merupakan bagian tertentu dalam database tempat jenis informasi yang sama dicatat secara teratur. Satu bidang dalam database artikel mungkin berisi judul artikel, sementara bidang lain mungkin berisi nama jurnal tempat artikel tersebut berada. Beberapa mesin pencari memungkinkan pengguna membatasi pencarian ke satu atau beberapa bidang tertentu.

Full Text; Dokumen lengkap yang terdapat dalam database atau di situs Web. Di sini, gambar, ilustrasi, dan diagram dapat dihilangkan dari dokumen teks lengkapnya. Terlebih, karena beberapa database mencari dokumen teks lengkap, dan yang lain hanya mencari kutipan atau abstraknya. Dalam beberapa kasus peneliti dapat mengatur preferensi mereka sendiri.

H

Hit; Hasil dipanggil oleh pencarian database, situs web, atau internet. Ini juga mengacu pada berapa kali situs web terkait telah dikunjungi. Pemilik situs web melacak hits sebagai ukuran popularitas situs.

Holdings; Holdings adalah item persis yang dimiliki perpustakaan. Istilah ini biasanya mengacu pada isu-isu tertentu dari majalah atau jurnal di perpustakaan. Informasi ini sering tercantum dalam katalog perpustakaan sebagai pernyataan kepemilikan .

I

Index; Berarti indeks dalam bahasa Indonesia, dalam sebuah buku, ini merupakan daftar topik berdasarkan abjad dan halaman tempat informasi tentangnya dapat ditemukan. Indeks terletak di bagian belakang buku. Selain itu, publikasi yang mencantumkan artikel atau publikasi lain berdasarkan topik juga disebut dengan index. Selebihnya, ini adalah sebuah daftar abjad elemen yang dapat ditemukan dalam database.

Issue; Berarti masalah dalam bahasa Indonesia, kata issue adalah suatu terbitan dapat berupa suatu perbuatan atau suatu terbitan yang dibuat dari lembaran-lembaran cetakan yang dijilid menjadi suatu buku. Issue berbeda dengan volume, terlebih ketika istilah “Issue” digunakan sebagai tindakan, itu adalah bentuk penyediaan publikasi atau rilis resmi dari publikasi semacam.

J

Journal; Jurnal adalah jenis terbitan berkala yang biasanya dijual dengan berlangganan dan berisi artikel yang ditulis untuk pembaca khusus atau ilmiah.

K

Keywords; Kata kunci merupakan frasa atau sebuah kata yang digunakan untuk mencari database perpustakaan, situs web, atau internet. Pencarian kata kunci menemukan hasil dengan mencocokkan kata pencarian dengan item di sumber daya yang dicari. Pencarian kata kunci sering mengambil hasil luas melalui banyak bidang basis data. Namun, peneliti yang melakukan pencarian kata kunci menggunakan istilah yang berbeda dari yang digunakan oleh database tidak dapat mengambil semua informasi dalam database yang terkait dengan topik mereka. Sebagai contoh misalnya, pencarian menggunakan kata kunci dunia ketiga akan menemukan item yang mengandung istilah tersebut tetapi mungkin tidak menyertakan item terkait yang menggunakan istilah seperti teknologi, komputer, internet.

L

Library Catalog; Ini merupakan katalog perpustakaan. Lihat kembali pengertian katalog di atas.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Tujuan: Apa itu Tuju? Ini Pengertian, Makna dan Jenis-Jenisnya!

Licensed Database; Ini merupakan database yang berlisensi. Lihat pengertian subscription database di bawah.

Literature Review; Ulasan atau tinjauan literatur adalah artikel atau makalah yang menjelaskan penelitian yang dipublikasikan tentang topik tertentu. Tujuan dari tinjauan literatur (kadang-kadang disebut artikel ulasan atau review article) adalah untuk memilih publikasi paling penting tentang topik tersebut, mengurutkannya ke dalam kategori, dan mengomentarinya untuk memberikan gambaran singkat tentang penelitian terkemuka di bidang itu. Artikel yang diterbitkan sering menyertakan bagian tinjauan literatur untuk menempatkan penelitian mereka dalam konteks pekerjaan lain di lapangan.

M

Magazine; Ini merupakan jenis majalah yang berisi artikel yang biasanya ditulis untuk khalayak umum dan populer. Majalah dijual di kios koran atau dengan berlangganan dan mendapatkan sebagian dari pendapatan mereka melalui iklan.

Microform; Adalah suatu proses yang mereproduksi teks dalam ukuran yang sangat kecil pada film plastik yang disebut mikrofilm. Lembaran mikrofilm datar disebut microfiche. Kedua formulir harus dibaca pada mesin khusus yang memperbesar teks.

O

Online Catalog; Ini merupakan katalog online yang tersedia dan bisa diakses menggunakan internet. Lihat kembali arti katalog di atas sebelumnya.

OPAC (Online Public Access Catalog); Ini merupakan jenis tipe katalog online yang dapat diakses secara publik (tanpa mendaftar atau menjadi pengguna di suatu website atau jurnal publikasi).

P

Peer Review; Ini adalah bagian dari proses publikasi untuk publikasi ilmiah di mana sekelompok pakar atau ahli memeriksa dokumen untuk menentukan apakah layak dipublikasikan. Jurnal dan publikasi lainnya menggunakan proses peer review yang biasanya diatur sedemikian rupa sehingga reviewer tidak mengetahui siapa penulis dokumen tersebut (blind review) untuk menilai kualitas dan relevansi artikel.

Periodical; Publikasi yang diterbitkan secara berkala. Terbitan berkala dapat berupa majalah, jurnal, surat kabar, atau buletin.

Periodical Index; Ini adalah daftar semua artikel yang telah diterbitkan di majalah, jurnal, surat kabar, atau buletin atau dalam satu set terbitan berkala. Banyak indeks berkala telah diubah menjadi database online, meskipun banyak versi online terbatas pada beberapa dekade terakhir. Untuk akses ke semua tahun terbitan periodikal, Anda mungkin perlu melihat indeks cetak. Sebagai contoh misalnya seperti Bibliografi MLA yang mencakup publikasi sejak 1963 dalam versi daring, tetapi versi cetak kembali ke tahun 1921.

Plagiarism; Plagiasi adalah penggunaan sumber informasi tanpa atribut yang tidak dianggap sebagai pengetahuan umum. Secara umum, tindakan yang dianggap plagiarisme termasuk tidak mengutip kutipan atau ide pinjaman, tidak menyertakan bahasa pinjaman dalam tanda kutip, tidak mencantumkan ringkasan atau parafrase dengan kata-kata Anda sendiri, dan mengirimkan pekerjaan orang lain sebagai milik Anda.

Popular; Istilah populer dalam penelitian, riset, dan jurnal sering digunakan untuk merujuk pada sumber yang ditulis untuk khalayak umum.

Primary Source; Sumber utama atau sumber asli, seperti pidato, buku harian, novel, RUU legislatif, studi laboratorium, laporan penelitian lapangan, atau laporan saksi mata. Meskipun belum tentu lebih andal daripada sumber sekunder, sumber primer biasanya memiliki keuntungan terkait erat dengan informasi yang disampaikannya dan karena itu sering dianggap penting untuk penelitian, khususnya dalam sejarah. Dalam sains, laporan penelitian baru yang ditulis oleh para ilmuwan yang melakukannya dianggap sebagai sumber utama.

Professional Journal; Ini adalah jurnal yang berisi artikel ilmiah yang ditujukan kepada audiens profesional tertentu seperti dokter, pengacara, guru, insinyur, atau akuntan. Jurnal profesional berbeda dari publikasi perdagangan (trade journal), yang biasanya tidak menyertakan artikel penelitian mendalam.

R

Record; Merupakan entri dalam database atau katalog perpustakaan. Catatan atau record ini berisi detail tentang buku, artikel, atau sumber lain yang akan ditemukan pengguna di database.

Refeered Publication; Publikasi yang setiap pengirimannya disaring melalui proses tinjauan sejawat (peer review). Publikasi yang dirujuk dianggap otoritatif karena para ahli telah meninjau materi sebelum publikasi untuk menentukan kualitasnya.

Reference; Referensi merupakan sumber yang digunakan dalam penelitian dan disebutkan oleh peneliti dalam makalah atau artikel. Dalam lingkup perpustakaan, reference adalah bagian dari koleksi perpustakaan yang meliputi ensiklopedi, buku pegangan, direktori, dan terbitan lain yang memberikan gambaran umum, praktik umum, dan fakta yang bermanfaat. Selain itu, referensi juga dapat menunjukkan meja atau loket tempat pustakawan memberikan bantuan kepada peneliti.

Review Article; Ini adalah artikel yang berisi terkait tinjauan penelitian (juga dikenal dengan systematic literature review).

RSS; Merupakan singkatan dari rich site summary, ini adalah sistem untuk mengumpulkan dan melihat pembaruan terkini ke sumber web seperti blog atau situs berita. Pembaruan ini sering kali dikumpulkan melalui akun pribadi yang dibuat di situs seperti Bloglines atau pustaka Google.

S

Scholarly; Istilah, akronim, atau terminologi scholarly ini sering digunakan untuk mendeskripsikan buku, majalah, atau artikel yang ditulis untuk pembaca khusus akademisi atau peneliti. Sumber-sumber ini umumnya bergaya formal dan menyertakan referensi ke sumber terbitan lainnya.

Scholarly Journal; Sebuah jurnal yang terutama ditujukan kepada para sarjana, seringkali berfokus pada disiplin tertentu. Jurnal ilmiah sering kali merupakan publikasi referensi dan untuk beberapa tujuan dapat dianggap lebih otoritatif daripada majalah. Artikel dalam jurnal ilmiah biasanya cukup panjang, menggunakan bahasa khusus, berisi catatan kaki atau catatan akhir, dan ditulis oleh peneliti akademik, bukan oleh jurnalis.

Search Engine; Berarti mesin pencari dalam bahasa Indonesia, dalam penelitian, riset, dan jurnal, mesin pencari merupakan sebuah program yang memungkinkan pengguna untuk mencari materi di internet atau di situs web. Contoh dari mesin pencari untuk jurnal adalah seperti Google Scholar.

Secondary Source; Adalah sumber yang mengomentari, menganalisis, atau bergantung pada sumber primer. Artikel di surat kabar yang melaporkan penemuan ilmiah atau buku yang menganalisis karya penulis adalah sumber sekunder.

Serial; Ini merupakan istilah, akronim, atau terminologi dalam bidang penelitian, riset, dan jurnal yang digunakan di perpustakaan untuk mencakup semua terbitan yang muncul dalam satu seri seperti majalah, jurnal, surat kabar, dan buku yang diterbitkan secara teratur (seperti resensi tahunan). Lihat juga berkala.

Special Collection; Merupakan bagian dari perpustakaan yang dikhususkan untuk bahan yang tidak biasa atau berharga yang tidak dapat diperiksa, termasuk buku langka, karya seni, foto, poster, dan pamflet. Researchers atau para peneliti umumnya diharuskan menggunakan bahan langka ini di ruang baca dengan bantuan khusus. Banyak bahan langka sedang dipindai untuk akses yang lebih mudah melalui arsip atau repositori digital.

Baca Juga :  Apa itu Anime? Ini Pengertian, Genre, Istilah, Perbedaan, Cara Menggambar Anime dan Contohnya!

Subject Heading; Adalah kata atau frase yang ditetapkan ke item dalam database untuk menjelaskan konten item. Informasi konten ini dapat membantu peneliti mengevaluasi apakah sebuah buku atau artikel layak untuk diteliti lebih lanjut. Judul subjek juga menyarankan istilah atau frasa alternatif untuk digunakan dalam pencarian. Seperti yang sudah Kami terangkan di atas, sebagian besar katalog perpustakaan akademik menggunakan Library of Congress Subject Headings untuk mendeskripsikan subjek buku dalam katalognya. Database lain membuat daftar mereka sendiri, atau tesaurus, dari istilah deskriptif yang diterima. Di beberapa database, judul subjek disebut deskriptor.

Subscription Database; Adalah jenis macam tipe database yang dapat diakses hanya dengan membayar biaya langganan. Sebagian besar materi online yang disediakan perpustakaan secara gratis kepada pelanggannya dibayar oleh perpustakaan melalui langganan. Seringkali materi yang disediakan dalam basis data langganan lebih selektif dan terkontrol kualitasnya daripada sumber yang tersedia secara bebas di web. Karena basis data ini sering disediakan melalui perjanjian lisensi, kadang-kadang disebut sebagai basis data berlisensi (licensed database).

T

Tag; Berarti label dalam bahasa Indonesia, tag adalah kata atau frasa yang disediakan pengguna yang mendeskripsikan subjek dokumen, gambar, atau video. Tag sering digunakan di forum media sosial seperti Flickr. Tidak seperti judul subjek atau deskriptor yang digunakan dalam database, kata-kata dari tag sering kali ditentukan oleh masing-masing pengguna.

Thesaurus; Tesaurus adalah kumpulan kata dan sinonim. Dalam database, daftar judul subjek atau deskriptor yang digunakan dalam katalog atau database tertentu untuk menjelaskan pokok bahasan dari setiap item. Tesaurus berguna bagi para peneliti karena mengidentifikasi istilah mana di antara sinonim yang tersedia yang telah digunakan oleh penyusun basis data untuk menjelaskan suatu topik. Beberapa database menyediakan tesaurus yang dapat dicari yang membantu peneliti memilih istilah pencarian yang paling efektif sebelum mereka mulai mencari.

Trade Publications; Juga dikenal dengan istilah trade journal, ini merupakan jenis macam tipe publikasi berkala, seperti majalah atau buletin, meliput berita dan informasi khusus untuk anggota profesi atau industri tertentu. Tidak seperti jurnal ilmiah, publikasi perdagangan tidak menyertakan artikel penelitian mendalam.

Truncation; Dalam kueri mesin telusur atau basis data, versi singkat dari istilah penelusuran. Di beberapa mesin pencari dan database, istilah yang berarti terpotong ini ditambah simbol wildcard (seperti tanda * atau bintang atau tanda ? atau tanya) dapat digunakan untuk mencari semua variasi kata yang mungkin.

U

URL; Merupakan singkatan dari uniform resource locator; Sederhananya ini adalah alamat internet. Sebagian besar URL terdiri dari jenis protokol (seperti http), nama domain dan ekstensi (seperti keinsinyuran.com. sitenesia.com, urlwebsite.com, rmdigital.co.id., dan domain khusus seperti invitee.site ), dan rangkaian huruf atau angka untuk mengidentifikasi sumber daya atau halaman yang tepat di dalam domainnya. Banyak database elektronik memiliki URL panjang yang dihasilkan selama pencarian dan bervariasi setiap kali pencarian yang dilakukan. Dalam beberapa kasus, rekaman basis data mungkin berisi “URL persisten atau persistent URL” yang dapat digunakan untuk menemukan kembali item tersebut.

V

Volume; Volume dapat diartikan secara numerik atau fisik. Secara fisik, volume hanyalah halaman-halaman yang diikat menjadi satu dalam bentuk buku. Sedangkan pada aspek numerik, merupakan rangkaian lengkap dari isu-isu yang diikat menjadi satu membuat jurnal terbitan volume tahunan.

W

Wiki; Wiki adalah situs web kolaboratif dengan konten yang ditulis oleh banyak kontributor dan mungkin sering berubah. Wikipedia , sebuah ensiklopedia daring kolaboratif, adalah salah satu wiki yang paling sering digunakan.

Wildcard; Merupakan simbol yang digunakan untuk mengganti huruf atau kombinasi huruf apa pun dalam kata atau frasa pencarian. Istilah “Wildcard” dalam penelitian, riset, dan jurnal dapat mengganti satu huruf (seperti dalam m*n, untuk mencari kata pria dalam satu pencarian) atau sejumlah huruf (seperti dalam techno* untuk mencari kata technology). Simbol wildcard yang umum adalah tanda bintang (*), tanda tanya (?), dan tanda seru (!).

Kesimpulan

Oke baiklah, Kami pikir sudah cukup banyak sekarang beberapa istilah, akronim, terminologi, baik itu jargon dan slang dalam bidang penelitian atau riset.

Seperti yang kalian lihat, di atas adalah penjelasan dan ulasan mengenai Kamus Penelitian, Riset, dan Jurnal, Daftar Kumpulan Istilah, Akronim, dan Terminologi yang Sering Digunakan yang Harus Diketahui mulai dari A-Z.

Benar! Pentingnya jurnal dalam kehidupan akademis lebih dari sekadar menyediakan sarana komunikasi dan catatan permanen.

Artikel jurnal adalah hasil akhir dari sebagian besar dari penelitian, riset, dan kinerja serta produktivitas peneliti sebagian besar dinilai berdasarkan jumlah publikasi serta lokasi kemunculannya.

Jurnal telah tertanam kuat dalam infrastruktur akademik.

Yup! Mereka adalah pusat jalur karir, termasuk pendanaan dan janji temu.

Berdasarkan survei Kami para para peneliti, dapat Kami konfirmasi bahwa motto “‘memajukan karier” dan “mendapatkan pendanaan” adalah motivasi penting dalam menerbitkan karya mereka.

Penutup

Demikianlah pembahasan yang dapat Kami sampaikan dalam postingan Kami kali ini, di mana Kami membahas tentang Kamus Penelitian, Riset, dan Jurnal, Daftar Kumpulan Istilah, Akronim, dan Terminologi yang Sering Digunakan yang Harus Diketahui.

Semoga dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kalian semua dalam mempelajari artinya istlah, jargon, atau akronim bidang tersebut, khususnya jika kalian ingin memulai karir kalian sebagai akademisi, serta ingin mempublikasikan jurnal internasional atau nasional pertama kalian.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar