Pengertian Skripsi: Menurut Para Ahli, Tujuan, Karakteristik dan Jenis Skripsi

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Skripsi Apa Itu Skripsi Definisi Skripsi Tujuan Jenis Karakteristik Dan Syarat Skripsi
Ilustrasi Gambar Pengertian Skripsi Apa Itu Skripsi Definisi Skripsi Tujuan Jenis Karakteristik Dan Syarat Skripsi

Tahukah kalian Apa itu Skripsi dan pengertiannya? Secara umum, Pengertian Skripsi merupakan sebuah karya ilmiah pada bidang studi yang ditulis oleh seorang Mahasiswa dari Program Sarjana (S-1) pada semester kuliah bidang studi. Karya ilmiah (Skripsi) ini adalah salah satu dari berbagai persyaratan untuk menyelesaikan studi program yang di ambil oleh Mahasiswa.

Skripsi dapat ditulis berdasarkan hasil penelitian dari lapangan, hasil pengembangan atau hasil kajian pustaka. Penulisan skripsi ini merupakan bagian dari kegiatan dari pendalaman displin ilmu melalui kegiatan tulis-menulis bagi Mahasiswa tersebut. Dan Bahkan, karena pentingnya kegiatan Skripsi ini, kadar dari kelulusan atau ketuntasan program S-1 ini ditentukan berdasarkan kualitas hasil skripsi yang disusun oleh Mahasiswa. Kenapa seperti itu? Baiklah kali ini Kami akan mengulas mengenai apa itu pengertian Skripsi secara lengkap. Berikut ulasannya.

Pengertian Skripsi

Pengertian Skripsi adalah Karya Tulis Ilmiah yang berdasarkan hasil dari penelitian lapangan atau studi kepustakaan yang disusun oleh Mahasiswa sesuai dengan bidang studinya sebagai Tugas Akhir dalam studi formalnya (akademik) dalam sebuah Perguruan Tinggi.

Skripsi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

skrip.si

  • karangan ilmiah yang wajib ditulis oleh Mahasiswa sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademisnya; contoh ia menyusun — selama hampir lima bulan

Pengertian Skripsi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami tentang apa itu skripsi, kita harus merujuk pada pendapat dan definisi Skripsi menurut para ahli. Adapun beberapa definisi Skripsi menurut para ahli adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Dejavu: Menurut Ahli, Macam-Macam dan Penyebabnya!

1. Maryaeni

Masnur Muslich Maryaeni, menurut Masnus skripsi merupakan karya akhir atau karya puncak yang dianggap bisa dan dapat memberikan indikator kadar pemahaman atau kadar ketercapaian displin dari ilmu Mahasiswa yang bersangkutan.

2. Munslich Mansnur

Menurut Munslich Mansnur, Skripsi adalah karya ilmiah yang ditulis Mahasiswa program Sarjana S-1 yang membahas topik atau bidang tertentu berdasarkan hasil kajian pustaka yang ditulis oleh para ahli, hasil penelitian lapangan, atau hasil pengembangan (eksperimen). (2009: 4)

3. Rahyono Fx

Menurut Rahyono Fx, Skripsi adalah laporan tertulis dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa dengan bimbingan Dosen Pembimbing untuk dipertahankan dihadapan para Penguji Skripsi dan sebagai syarat untuk memperoleh derajat Sarjana (S-1). (2010:23)

4. Wikipedia

Menurut situs Wikipedia, Skripsi adalah sebuah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan sebuah atau suatu Karya Tulis Ilmiah yang berupa paparan tulisan dari hasil penelitian sarjana S-1 yang membahas permasalahan dan fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidahnya yang berlaku.

Tujuan dan Kegunaan Skripsi

Berdasarkan uraian apa itu Skripsi dan Definisi Skripsi di atas, adapun tujuan dari Skripsi adalah untuk menyediakan dan menyajikan hasil-hasil temuan penelitian secara ilmiah dan dapat berguna bagi pengembangan ilmu dan sebuah kepentingan praktis dari bidng studi yang di ambil oleh Mahasiswa dalam sebuah Perguruan Tinggi.

Karakteristik Skripsi

Mengacu pada definisi Skripsi, apa itu skripsi dan tujuan skripsi di atas, Skripsi yang disusun oleh Mahasiswa harus memiliki sifat yang unik. Adapun Karakteristik Skripsi adalah sebagai berikut:

  1. Merupakan hasil karya Original (asli), bukan dari Copy-paste, jiplakan, baik sebagian atau secara keseluruhan (biasanya Mahasiswa membuat surat pernyataan diatas kertas yang bersegel dilengkapi dan bermaterai Rp. 6.000)
  2. Memiliki hubungan atau Relevansi dengan Bidang Studi atau Program Studi Mahasiswa
  3. Memiliki manfaat teoritis atau praktis dari Skripsi
  4. Sesuai dan berdasarkan dengan kaidah-kaidah keilmuan
  5. Menggunakan dan menggunakan Bahasa Indonesia yang baku, rapi, baik dan benar berdasarkan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan)
Baca Juga :  Hidup Adalah: Pengertian Hidup, Jenis dan Arti Hidup dalam Islam

Syarat Pembuatan Skripsi

Selain definisi Skripsi dan pengertian Skripsi di atas, adapun beberapa syarat umum untuk melakukan penyusunan Skripsi adalah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa yang ingin membuat Skripsi harus minimal telah lulus Mata Kuliah dari sebuah Perguruan Tinggi yang bebannya 110 SKS (bisa lebih)
  2. Jika ada nilai D tidak boleh dari 20% serta tidak boleh ada nilai E
  3. Telah lulus Mata Kuliah kejurusan yang sesuai dengan Program Studi Mahasiswa
  4. Dan lain sebagainya (sesuai dengan kebijakan yang diberikan oleh Perguruan Tinggi)

Jenis-Jenis Skripsi

Gambar Pengertian Skripsi Apa Itu Skripsi Definisi Skripsi Tujuan Jenis Karakteristik Dan Syarat Skripsi
Gambar Pengertian Skripsi Apa Itu Skripsi Definisi Skripsi Tujuan Jenis Karakteristik Dan Syarat Skripsi

Mengacu kepada Definisi Skripsi dan penjelasan apa itu Skripsi di atas, adapun beberapa jenis Skripsi antara lain adalah sebagai berikut:

a. Skripsi berdasarkan Hasil Kajian Pustaka

Jenis skripsi yang pertama adalah skripsi berdasarkan hasil kajian pustaka. Kajian pustaka adalah kajian atau pembahasan dari suatu topik yang dilakukan untuk memecahkan sebuah masalah yang berpijak daripada pengkajian kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan (berhubungan). Bahan-bahan dari pustaka ini diposisikan sebagai sumber dari ide atau inspirasi yang dapat membangkitkan gagasan atau pemikiran yang lain. Oleh karena itu, pola pikir deduktif sering diterapkan di dalam skripsi dari jenis kajian pustaka ini.

b. Skripsi berdasarkan Hasil Penelitian Lapangan

Jensi Skripsi yang kedua yaitu Skripsi berdasarkan Hasil Penelitian Lapangan. Penelitian lapangan yaitu adalah jenis penelitian yang berorentasi pada pengumpulan dari Data Empiris dilapangan. Skripsi jenis penelitian lapangan ini terbagi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu:

  1. Skripsi penelitian lapangan Kuantitatif
  2. Skripsi penelitian lapangan Kualitatif

c. Skripsi berdasarkan Hasil Pengembangan

Yang terakhir yaitu Skripsi berdasarkan hasil pengembangan. Penelitian pengembangan adalah perancangan dari kegiatan untuk memecahkan permasalahan-permasalahan aktual dengan memanfaatkan teori-teori, konsep-konsep, dan prinsip-prinsip atau temuan-temuan yang penelitian yang relevan. Perbedaanya dengan Skripsi berdasarkan hasil penelitian lapangan yaitu, skripsi berjenis penelitian lapangan berupaya menguji jawaban yang diajukan terhadap suatu masalah sedangkan skripsi berjenis pengembangan berupaya menerapkan pemecahan suatu masalah.

Baca Juga :  Kenapa Bulan Februari Hanya 28 atau 29 Hari? Ini Jawaban dan Penjelasannya yang Benar!

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan definisi dan pembahasan Skripsi di atas, Skripsi adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S-1 yang membahas suatu permasalahan atau fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.

Penutup

Demikianlah ulasan Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian Skripsi, Definisi dan pengertian Skripsi menurut para ahli, tujuan Skripsi, karakteristik dari Skripsi, syarat pembuatan Skripsi dan jenis-jenis Skripsi beserta pembahasannya secara lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua. Silahkan berikan pendapat Anda pada kolom Komentar di bawah ini atau Hubungi Kami pada halaman Kontak untuk informasi lebih lanjut. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar