Mengenal Apa Itu Pengertian Sandy Bridge: Sejarah, Manfaat dan Arsitektur Processornya

0
Gambar Pengertian Sandy Bridge Apa Itu Sandy Bridge Sejarah Manfaat Dan Arsitekturnya
Gambar Pengertian Sandy Bridge Apa Itu Sandy Bridge Sejarah Manfaat Dan Arsitekturnya

Sebenarnya apa itu pengertian Sandy Bridge? Sandy Bridge adalah nama kode untuk jenis prosesor atau Processor yang dikembangkan oleh Intel. Prosesor Sandy Bridge pertama dirilis pada 9 Januari 2011, dengan versi 22 nanometer (nm) dari prosesor Sandy Bridge, yang dikenal sebagai Ivy Bridge dirilis kemudian. Agar lebih memahami lebih dalam mengenai Sandy Bridge, langsung saja kita ulas lebih lanjut di bawah ini.

Pengertian Sandy Bridge

Sandy Bridge adalah arsitektur mikroprosesor yang dikembangkan oleh Intel Corporation dan dirilis setelah seri prosesor Nehalem menurut simpulan dari Technopedia. Prosesor Sandy Bridge ini menggabungkan prosesor Intel Core generasi kedua. Mikroprosesor berbasis Sandy Bridge pertama kali dirilis pada tahun 2011.

Sejarah Sandy Bridge

Dalam membahas mengenai Sandy Bridge, kita juga harus mengetahui sedikit terkait sejarah yang ada pada Sandy Bridge (Prosesor atau Processor). Prosesor Intel Sandy Bridge memulai debutnya pada awal 2011, dan sejak itu perusahaan telah merilis spektrum luas prosesor Sandy Bridge i3, i5 dan i7 untuk laptop, desktop, workstation, dan Komputer Server.

Nama kode untuk penerus Sandy Bridge adalah Ivy Bridge, yang diharapkan akan dirilis pada 2012. Ivy Bridge akan menggunakan proses die shrink 22nm dan diharapkan menawarkan peningkatan kinerja di atas Sandy Bridge dalam kisaran 20% sampai 30% (persen).

Manfaat Sandy Bridge

Manfaat dan Keuntungan utama dari Sandy Bridge adalah kinerja 17% lebih baik bila dibandingkan dengan prosesor Lynnfield (versi sebelumnya dari prosesor Core i5 dan i7 dan prosesor Xeon). Ini juga menampilkan sekitar dua kali kinerja grafis terintegrasi jika dibandingkan dengan prosesor Clarkdale (versi sebelumnya dari prosesor Core i3 dan i5).

Baca Juga :  Memahami Pengertian Data Architecture: Apa itu Data Architect? Menurut Para Ahli, Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Komponen serta Kenapa itu Penting!

Dengan Sandy Bridge, Intel telah mengikat kecepatan setiap bus (USB, SATA, PCI, PCI-E, inti CPU, Uncore, memori, dan lain sebagainya.) Ke generator jam internal tunggal yang mengeluarkan Base Clock dasar 100 MHz (BClk).

Arsitektur Sandy Bridge

Gambar Processor Pengertian Sandy Bridge Apa Itu Sandy Bridge Sejarah Manfaat Dan Arsitekturnya
Gambar Processor Pengertian Sandy Bridge Apa Itu Sandy Bridge Sejarah Manfaat Dan Arsitekturnya

Mengacu pada pengertian Sandy Bridge di atas, sebagai salah satu dari sekian banyak Komponen dalam Komputer, Sandy Bridge merupakan Mikroprosesor berbasis arsitektur Sandy Bridge terdiri dari satu atau lebih inti yang meningkatkan kinerja komputasi menggunakan hyperthreading (HT), di mana setiap inti dapat digunakan secara terpisah untuk fungsi atau proses komputasi tertentu. Arsitektur Sandy Bridge terdiri dari 1-2 miliar transistor gerbang ganda per prosesor dengan maksimum delapan core.

Sandy Bridge terdiri dari model prosesor seperti Core i3, Core i5, dan Core i7. Setiap prosesor memiliki laju kecepatan clock 1,6 Ghz hingga 3,3 Ghz, L3 Cache, kecepatan GPU hingga 1,3 Ghz dan fitur decoding video lanjutan dan fitur enkode.

Prosesor Core i3, i5, dan i7 terbaru adalah prosesor Sandy Bridge, yang menampilkan kemampuan dual-core, quad-core, dan bahkan six-core. Prosesor Sandy Bridge menggunakan tipe soket LGA 1155.

Kesimpulan

Jadi berdasarkan pembahasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa, Sandy Bridge adalah nama kode untuk keluarga prosesor Intel Core generasi kedua. Prosesor Sandy Bridge dibedakan dari prosesor Intel generasi sebelumnya dengan menampilkan semua core dari Prosesor atau Processor termasuk grafik yang ada pada satu chip, diproduksi menggunakan teknologi proses fabrikasi die shrink Intel 32nm (nanometer) dan menampilkan Intel Turbo Boost 2.0 untuk peningkatan kinerja.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian Sandy Bridge, Sejarah dan Manfaat menggunakan Sandy Bridge beserta pembahasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Jangan segan dalam berikan pendapat Anda pada kolom Komentar di bawah ini atau Hubungi Kami pada halaman Kontak untuk informasi lebih lanjut. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar