Memahami Pengertian ISP (Internet Service Provider): Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Contohnya!

0
Gambar Pengertian ISP Apa Itu Internet Service Provider Sejarah Fungsi Cara Kerja Jenis Kategori Layanan Dan Contohnya
Gambar Pengertian ISP Apa Itu Internet Service Provider Sejarah Fungsi Cara Kerja Jenis Kategori Layanan Dan Contohnya

Apa Sebenarnya, Pengertian ISP, Apa itu Internet Service Provide? Sejarah, Fungsi, Jenis, Kategori Layanan dan Contohnya? Benar, ISP merupakan singkatan dari Internet Service Provider, ini mewakili istilah industri untuk perusahaan yang dapat memberi Anda akses untuk menggunakan internet, yang berasal dari komputer. Jika Anda mendengar seseorang berbicara tentang internet dan mereka menyebut “provider“, mereka biasanya berbicara tentang ISP tersebut.

ISP Anda memungkinkan adaya akses pada internet. Dengan kata lain, Anda mungkin dapat memiliki komputer keren dengan modem bawaan hebat serta memiliki router untuk jaringan, tetapi tanpa berlangganan dengan ISP, Anda tidak akan memiliki koneksi ke Internet. Dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih lengkap dan detail mengenai apa itu ISP. Baiklah, langsung saja, beriku ini adalah penjelasannya!

Pengertian ISP

Merupakan singkatan dari Internet Service Provider, ISP adalah perusahaan yang menyediakan akses internet kepada pelanggan. Data dapat dikirim menggunakan beberapa teknologi, termasuk dial-up, DSL, modem kabel, nirkabel atau interkoneksi berkecepatan tinggi khusus berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Technopedia.

Apa itu Internet Service Provider?

Jadi, apa itu ISP sebenarnya? Disingkat dengan ISP atau PIJI (untuk negara Indonesia yang merupakan singkatan dari Penyedia Jasa Internet), Internet Service Provider adalah relasi atau produsen yang memberikan jasa layanan akses internet atau media komunikasi serta berita berbasis online dan lain sebagainya.

Internet Service Provider mempunyai jaringan yang luas, baik secara domestik dan juga secara internasional sehingga para penggunanya mampu untuk terkoneksi menggunakan jaringan internet dunia. Jaringan internet tadi merupakan media transmisi yang bisa mengalirkan data-data dari satu loka ke tempat lainnya. Media transmisi ini dapat berupa kabel, modem dan jalurnya, radio atau VSAT.

Sejarah Singkat ISP

Dalam membahas mengenai ISP, kita juga harus mengenal apa sejarah awal munculnya ISP atau Internet Service Provider ini. Begini, pada awalnya, internet (baca pengertian internet disini) dimulai sebagai jaringan tertutup antara laboratorium penelitian pemerintah dan universitas dan perguruan tinggi.

Ketika universitas dan perguruan tinggi mulai memberikan akses Internet ke staf pengajar dan karyawan lainnya, ISP diciptakan untuk menyediakan akses Internet kepada karyawan di rumah dan di tempat lain. ISP pertama dimulai pada tahun 1990 sebagai The World, yang berbasis di Brookline, Massachusetts.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Spam: Sejarah, Tujuan, Jenis, Istilah, Contoh, Dampak dan Cara Mengidentifikasinya!

Pelanggan individu dan bisnis membayar ISP untuk mengakses Internet. ISP saling terhubung satu sama lain di titik akses jaringan. Pada gilirannya, ISP membayar ISP lain yang lebih besar untuk akses internet mereka, yang pada gilirannya masih membayar ISP lain. Hal ini mengalir beberapa kali hingga transmisi mencapai operator tier 1, yang merupakan ISP yang dapat menjangkau setiap jaringan lain di Internet tanpa membeli transit IP atau membayar pembayaran. Namun, bukanlah hal yang mudah untuk menentukan status jaringan karena perjanjian bisnis untuk membayar pembayaran agar tidak diumumkan kepada publik.

Fungsi ISP (Internet Service Provider)

Ilustrasi Gambar Fungsi ISP Atau Internet Service Provider Dalam Membahas Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Fungsi ISP Atau Internet Service Provider Dalam Membahas Pengertiannya

Mengacu pada pengertian ISP atau Internet Service Provider di atas, pada dasarnya fungsinya adalah menjadi perusahaan penyedia layanan koneksi internet bagi masyarakat umum. Jika tidak ada produk Layanan ISP, mungkin kita tidak akan bisa menikmati akses jaringan internet seperti yang biasa kita rasakan sekarang ini.

Adapun beberapa fungsi dan peran ISP (Internet Service Provider) yang perlu kalian ketahui adalah sebagai berikut:

  • Sebagai perusahaan yang menyediakan layanan jasa koneksi internet.
  • Sebagai penghubung pengguna internet ke internet gateway.
  • ISP berperan sebagai perusahaan penyedia perangkat modem untuk koneksi dial-up internet.
  • Sebagai media penghubung pengguna jasa internet menggunakan layanan liputan yang terdapat pada WWW (World Wide Web).
  • Sebagai media yang membantu pengguna dalam keperluan download dan upload Data dari internet.
  • Dan lain sebagainya.

Cara Kerja ISP

Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Kerja ISP Atau Internet Service Provider Dalam Membahas Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Kerja ISP Atau Internet Service Provider Dalam Membahas Pengertiannya

Setelah mengetahui arti, sejarah dan fungsi ISP kita juga harus mengetahui bagaimana cara kerja mereka bukan? Ya! Singkatnya ISP (Internet Service Provider) dimulai setelah pihak pengguna layanan yang disediakan ISP melakukan permintaan akses Internet, kemudian ISP akan melakukan proses routing jaringan ke perangkat yang dimiliki pengguna, seperti access point, modem, dan handphone.

Setelah itu, pengguna dapat memakai dan menikmati akses internet dalam perangkat yang mereka miliki, selain itu, bahkan mereka dapat memilih tipe jaringan mana yang diinginkan dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Jenis-Jenis ISP (Internet Service Provider)

Berkenaan dengan penjelasan apa itu ISP di atas, adapun beberapa jenis-jenis layanan yang disediakan oleh ISP atau Internet Service Provider adalah sebagai berikut:

1. Dial-Up Connection

Jenis layanan ISP yang pertama adalah dial-up connection. Ini adalah jenis yang paling dipakai, terutama dalam usaha warnet atau warung internet, dimana biasaya penggunanya akan dikenakan biaya internet per-jam yang di hitung dalam billing.

Dial-up connection menggunakan modem dan kabel telepon untuk dapat terhubung ke internet. Umumnya akses dial-up ini dipakai untuk kebutuhan:

  • Personal dial-up
  • Corporate dial-up
  • LAN dial-up ISDN
  • Night server access
  • Dan lain sebagainya
Baca Juga :  Mari Memahami Pengertian Cartridge: Jenis, Fungsi dan Urutan Isi Warna Tinta Printernya!

2. Dedicated Connection

Berikutnya adalah jenis layanan dedicated connection. Ini mempunyai sifat yang menetap dimana pengguna akan terhubung menggunakan jaringan internet selama 24 jam penuh selama 7 Hari. Jenis ISP yang ke-2 (dua) adalah jenis yang paling umum digunakan dalam perusahaan yang memiliki jumlah karyawan dan komputer yang banyak.

3. Internet Hotspot

Layanan internet hotspot adalah layanan yang tidak menggunakan kabel dan berbeda dengan dial-up. Jenis layanan ISP dalam internet hotspot, biasanya dipakai pada kafe, bandara atau tempat dan lokasi umum lainnya. Jenis ini merupakan jenis yang sangat cocok digunakan untuk kalian yang menggeluti usaha rumahan.

4. Internet Wireless

Jenis internet wireless adalah layanan internet dari ISP yang digunakan tanpa kabel dan tanpa biaya telepon (kurang lebih sama seperti internet hotspot). Biaya yang dikenakan adalah hanya biaya dalam pemakaian internet saja.

5. Internet Mobile Access

Jenis layanan ISP berupa internet mobile access adalah untuk para pengguna perangkat mobile atau smartphone (baca pengertian smartphone disini) sehingga pada pengguna dapat mengakses internet melalui perangkat mereka. Jenis ISP ini merupakan yang paling banyak digunakan pada ponsel yang mendukung GSM maupun CDMA.

Kategori Layanan ISP

Pada umumnya, sebuah Internet Service Provider mengenakan biaya bulanan kepada para pengguna jasa yang mereka berikan. Layanan koneksi internet dari sebuah ISP ini dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu:

  1. Dial-up
  2. Broadband

Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing kategori layanan tersebut.

a. Dial-up

Koneksi dial-up (modem) ini umumnya tersedia dengan biaya yang murah dari perusahaan penyedia layanan internet. Media yang dipakai adalah kabel telepon biasa yang dipasang di tempat tinggal atau tempat kerja.

b. Broadband

Koneksi internet yang dari broadband (jalur lebar) ini merupakan jaringan internet nirkabel, ISDN, DSL, kabel modem, atau satelit. Umumnya koneksi internet broadband memiliki koneksi internet yang lebih cepat, tetapi cenderung lebih mahal.

Contoh ISP

Berdasarkan penjelasan apa itu ISP seperti yang sudah Kami jelaskan sebelumnya, ini merupakan sebuah penyedia jasa layanan yang memberikan sebuah organisasi, perusahaan atau individu dalam menggunakan internet.

Adapun beberapa contoh-contoh Internet Service Provider yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Hotspot: Sejarah, Jenis dan Perbedaan Hotspot dengan Wi-Fi dan Wireless!

1. Indiehome Telkom Speedy

Indiehome Telkom Speedy adalah anak dari perusahaan dari BUMN atau Badan Usaha Milik Negara Indonesia bidang telekomunikasi, yaitu PT. Telkom Indonesia. Indiehome Telkom Speedy adalah ISP yang dapat dikatakan adalah favorit dikalangan pengguna Internet karena mereka memberikan koneksi internet yang relatif stabil.

2. Provider Seluler

Provider seluler adalah ISP yang paling banyak digunakan oleh warga negara Indonesia dimana seluruh provider saat ini sudah menyediakan jasa ISP yang berbasis kuota internet (contohnya seperti Telkomsel, XL, 3, Smartfren, Indosat dan lain sebagainya). Ini pada umumnya digunakan dalam ponsel atau smartphone.

Kesimpulan

Jadi dari pembahasan dan penjelasan tentang Pengertian ISP, Apa itu Internet Service Provide? Sejarah, Fungsi, Jenis, Kategori Layanan dan Contohnya di atas, dapat kita simpulkan bahwa Internet Service Provider atau ISP adalah perusahaan yang menyediakan akses individu dan perusahaan lain ke internet dan layanan terkait lainnya. Mereka memiliki peralatan dan akses jalur telekomunikasi yang diperlukan untuk memiliki titik kehadiran di internet untuk area geografis yang dilayani.

ISP yang lebih besar memiliki leased line berkecepatan tinggi sendiri sehingga mereka tidak terlalu bergantung pada penyedia telekomunikasi dan dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan mereka. Di antara ISP nasional dan regional terbesar di dunia adalah seperti AT&T WorldNet, IBM Global Network, MCI, Netcom, UUNet, dan PSINet.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini yang membahas tentang Pengertian ISP, Apa itu Internet Service Provide? Sejarah, Fungsi, Jenis, Kategori Layanan dan Contohnya di negara Indonesia. Semoga ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan Kalian semua terutama dalam memahaminya.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar