Memahami Pengertian Algoritma: Tujuan dan Fungsi, Jenis, Ciri dan Karakteristik serta Contohnya!

0
Gambar Pengertian Algoritma Apa Itu Algorithm Tujuan Dan Fungsi Jenis Manfaat Ciri Karakteristik Serta Contohnya
Gambar Pengertian Algoritma Apa Itu Algorithm Tujuan Dan Fungsi Jenis Manfaat Ciri Karakteristik Serta Contohnya

Tahukah Kalian Pengertian Algoritma? Apa itu Algorithm? Tujuan, Fungsi, Jenis, Manfaat, Ciri dan Karakteristik serta Contohnya? Ya! Berbicara terkait algoritma, sebagai anak IT, tentu kata ini tidak terlepas dari bahasa pemrograman. Secara umum, algoritma sendiri mewakili langkah-langkah dalam pemecahan masalah. Sekarang, terutama di tahun 2020 ini, bahasa pemrograman semakin banyak dipelajari oleh orang-orang baik itu di bidang keperawatan, bangunan, pendidikan dan lain sebagainya.

Hal ini juga terkait dengan kemajuan zaman yang menjadikan teknologi sebagai hal yang penting untuk menunjang kemajuannya. Bagi kalian, para pembaca yang ingin mempelajari bahasa pemrograman, hal dasar yang harus kalian pahami adalah algoritma dari Bahasa Pemrograman tersebut. Baiklah, agar dapat memahami apa itu yang dimaksud dengan algoritma, mari kita bahas secara lebih detail dan lengkap di bawah ini!

Pengertian Algoritma

Algorithm (diucapkan AL-go-rith-um) atau algoritma adalah prosedur atau rumus untuk menyelesaikan masalah, berdasarkan pada melakukan serangkaian tindakan tertentu. Program yang ada pada komputer dapat dilihat sebagai algoritma yang rumit. Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma biasanya berarti prosedur kecil yang memecahkan masalah berulang berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Techtarget.

Algoritma banyak digunakan terutama dalam semua bidang teknologi informasi (baca pengertian teknologi informasi disini). Sebagai contoh, misalnya, algoritma search engine atau mesin pencari, yang mengambil string pencarian kata kunci dan operator sebagai input, mencari database terkait untuk halaman web yang relevan, dan menampilkan hasilnya.

Algoritme enkripsi mengubah data sesuai dengan tindakan yang ditentukan untuk melindunginya. Algoritme kunci rahasia, misalnya seperti Standar Enkripsi Data atau Data Encryption Standard (DES) departemen pertahanan yang ada di negara A.S. Amerika Serikat, mereka menggunakan kunci yang sama untuk mengenkripsi dan mendekripsi data.

Apa itu Algorithm?

Kata Algoritma berasal dari nama ahli matematika, Mohammed Ibn-Musa Al-Khwarizmi, yang merupakan bagian dari pengadilan kerajaan di Baghdad dan yang hidup dari sekitar 780 hingga 850. Karya Al-Khwarizmi adalah dimana kata aljabar juga berasal.

Algoritma adalah logika, metode dan tahapan “urutan” sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan. Algoritma, yang dapat juga diartikan sebagai urutan langkah yang sistematis dan logis. Dalam perkembangannya, Algoritma banyak dipakai terutama pada bidang komputer (baca pengertian komputer disini).

Secara spesifik, algoritma adalah sebuah metode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur, dituliskan secara matematis yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan komputer. Jadi berdasarkan definisi dari ini, dapat dikatakan algoritma merupakan langkah penyelesaian suatu masalah yang menghasilkan solusi dalam bentuk program komputer.

Tujuan dan Fungsi Algoritma

Ilustrasi Gambar Fungsi Dan Tujuan Algoritma Dalam Penjelasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Fungsi Dan Tujuan Algoritma Dalam Penjelasan Pengertiannya

Mengacu pada penjelasan apa yang dimaksud dengan algoritma di atas, ini dapat digambarkan sebagai prosedur atau formula untuk pemecahan masalah. Algoritma dapat digunakan secara luas di berbagai bidang, pemrograman komputer, matematika, dan kehidupan sehari-hari.

Algoritma, mempunyai tujuan dan fungsi yang berkaitan, adapun beberapa tujuan dan fungsi algoritma yang perlu kalian ketahui adalah sebagai berikut:

  • Memecahkan masalah rumit; Dengan menggunakan fungsi algoritma, maka akan lebih mudah untuk memecahkan masalah yang rumit.
  • Menjadikan masalah menjadi lebih sederhana; Dengan menggunakan fungsi algoritma, maka kita dapat menjadikan masalah yang besar menjadi Masalah yang lebih sederhana.
  • Algoritma dapat digunakan berulang kali; Tujuan dan fungsi algoritma juga dapat digunakan untuk penggunaan secara berulang atau lebih dari satu kali.
  • Memudahkan dalam pembuatan program; Algoritma dapat memudahkan kita untuk membuat program, salah satu cara untuk mempermudahnya yaitu dengan membuat flow chart terlebih dahulu sebelum membuat program.
  • Mengatasi masalah dengan logika; Dengan algoritma, maka kita dapat mengatasi segala masalah dengan logika.
  • Meminimalisir penulisan program yang berulang-ulang; Algoritma dapat digunakan untuk memudahkan kita menulis program yang berulang-ulang.
Baca Juga :  Ini Dia Pengertian WWW: Menurut Ahli, Cara Kerja, Perbedaannya dengan Internet serta Contohnya!

Terkait Algoritma Pemrograman, dalam membahas tujuannya secara khusus, semua ilmu komputer adalah tentang algoritma dan pemecahan masalah. Tujuan algoritma adalah memberikan proses atau serangkaian aturan yang harus diikuti dalam perhitungan atau operasi pemecahan masalah lainnya, terutama oleh komputer.

Maka dari itu, jika Anda ingin menambahkan dua angka dan untuk mendapatkan hasil, algoritma Anda harus menetapkan nama untuk setiap angka, memasukkan angka itu ke dalam setiap variabel, kemudian melakukan penambahan, menyimpan hasilnya di variabel lain.

Sebagai contoh, untuk benar-benar membuat kue es, lalu kemudian mencetak hasilnya. Di sana, Anda telah memecahkan masalah menggunakan algoritma yang dipraktikkan (di-aplikasikan) melalui serangkaian langkah berorientasi komputer generik yang akan mencapai dan menampilkan hasilnya.

Anda sebenarnya menggunakan algoritma setiap hari, meskipun Anda mungkin menyebutnya sebagai “kebiasaan”. Anda mungkin mengikuti pola kegiatan yang sama setiap hari saat bangun tidur. Untuk variasi kecil itu, Anda dapat menambahkan ekspresi kondisional ke algoritma Anda (jika ini hari sabtu atau hari libut, kemudian nyalakan TV dan tonton kartun). Meskipun kita sendiri biasanya tidak memanggil algoritma, mereka sebenarnya adalah pikiran manusia yang memecahkan masalah untuk bekerja tepat waktu.

Untuk penjelasan fungsinya secara khusus, mari kita bahas seperti ini, secara teknis, komputer menggunakan algoritma untuk membuat daftar instruksi terperinci dalam melakukan operasi. Misalnya, untuk menghitung gaji karyawan, komputer menggunakan algoritma. Untuk menyelesaikan tugas ini, data yang sesuai harus dimasukkan ke dalam sistem. Dalam hal efisiensi, berbagai algoritma dapat menyelesaikan operasi atau penyelesaian masalah dengan mudah dan cepat.

Algoritma juga digunakan untuk memanipulasi data (baca pengertian data disini) dengan berbagai cara, seperti memasukkan item data baru, mencari item tertentu atau menyortirnya. Algoritma adalah serangkaian instruksi terperinci untuk melakukan operasi atau memecahkan masalah. Dalam pendekatan non-teknis, Kami menggunakan algoritma dalam tugas sehari-hari, seperti resep untuk membuat nasi goreng dan lain sebagainya.

Algoritma adalah metode selangkah demi selangkah untuk menyelesaikan suatu masalah. Mereka biasanya digunakan untuk pemrosesan data, perhitungan dan operasi komputer dan matematika terkait lainnya. Karena definisi paling sederhana dari algoritma adalah langkah-langkah komputasi untuk mencapai hasil. Jadi secara khusus, fungsi algoritma adalah sebagai panduan untuk langkah perhitungan berulang.

Jenis-Jenis Algoritma

Dalam membahas mengenai apa itu algoritma, pastinya kita juga harus mengetahui apa saja jenis-jenis algoritma.

Algoritma dapat diklasifikasikan menjadi 3 jenis berdasarkan strukturnya. Adapun jenis algoritma berdasarkan strukturnya adalah sebagai berikut:

a. Sequence

Yang pertama adalah jenis urutan atau sequence. Jenis algoritma ini ditandai dengan serangkaian langkah, dan setiap langkah akan dieksekusi satu demi satu.

Baca Juga :  Pengertian RISC (Reduced Instruction Set Computer): Sejarah, Fitur Dasar dan Manfaatnya

b. Branching

Jenis algoritma yang berikutnya adalah branching atau percabangan. Jenis algoritma ini diwakili oleh masalah “jika-maka”. Jika suatu kondisi benar, output akan menjadi A, jika kondisinya salah, output akan menjadi B. Jenis algoritma ini juga dikenal sebagai “jenis seleksi”.

c. Loop

Yang terakhir adalah jenis loop atau perulangan. Untuk algoritma jenis ini, proses mungkin berulang kali dieksekusi dalam kondisi tertentu. Algoritma loop diwakili oleh masalah while dan for. Namun pastikan prosesnya akan berakhir setelah sejumlah loop dalam kondisi tersebut. Tipe algoritma ini juga dikenal sebagai “algoritma tipe pengulangan”.

Manfaat Algoritma

Selain dari apa yang sudah Kami jelaskan di atas, algoritma tentu juga mempunyai beberapa Manfaat. Secara sederhana manfaat algoritma adalah untuk dapat membantu seseorang dalam menyelesaikan suatu masalah berdasarkan pada pola pikirnya masing-masing.

Meski sama-sama dimulai dengan dan juga kata start dan diakhiri kata end. Algoritma bermanfaat dalam membantu berpikir secara sistematis dan terstrukur untuk menyelesaikan sebuah masalah, kasus dan lain sebagainya. Membuang hal-hal yang sebenarnya tidaklah dibutuhkan untuk mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat algoritma dalam pemrograman yang harus kalian ketahui:

  • Algoritma adalah representasi langkah yang bijaksana dari solusi untuk masalah yang diberikan, yang membuatnya bermanfaat agar lebih mudah dimengerti.
  • Algoritma menggunakan prosedur yang pasti.
  • Algoritma tidak tergantung pada bahasa pemrograman apa pun, sehingga mudah dipahami oleh siapa pun bahkan tanpa pengetahuan pemrograman.
  • Setiap langkah dalam suatu algoritma memiliki urutan logisnya sendiri sehingga mudah untuk di-debug.
  • Dengan menggunakan Algoritma, masalah rumit dapat dipecah menjadi potongan-potongan kecil atau langkah-langkah karenanya, lebih mudah bagi programmer untuk mengubahnya menjadi program yang sebenarnya.

Ciri dan Karakteristik Algoritma

Dalam membahas mengenai algoritma, ada ciri-ciri dan karakteristik yang membuat algoritma ini menjadi unik.

Adapun beberapa ciri dan karakteristik algoritma adalah sebagai berikut:

  • Presisi; Langkah-langkahnya dinyatakan secara tepat (ditentukan).
  • Unique; Hasil dari setiap langkah didefinisikan secara unik dan hanya bergantung pada input dan hasil dari langkah sebelumnya.
  • Finiteness; Algoritma berhenti setelah sejumlah instruksi terbatas dieksekusi.
  • Input; Algoritma menerima input.
  • Output; Algoritma menghasilkan output.
  • Generality; Algoritma berlaku untuk satu set input.

Contoh Algoritma

Ilustrasi Gambar Contoh Algoritma Dalam Penjelasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Contoh Algoritma Dalam Penjelasan Pengertiannya

Hal yang penting untuk dipahami dalam belajar memahami algoritma adalah bagaimana logika berpikir kita dalam cara untuk memecahkan masalah pemrograman yang akan dibuat.

Sebagai contoh, misalnya ada banyak permasalahan matematika yang mudah jika diselesaikan secara tertulis, tetapi akan menjadi cukup sulit jika kita terjemahkan ke dalam pemrograman. Dalam hal ini, algoritma dan logika pemrograman akan sangat penting dalam pemecahan masalah.

Untuk contoh algoritma dalam matematika seperti di bawah ini:

Algoritma untuk menghitung nilai y dari persamaan y = 3x + 8

Maka, Algoritmanya adalah:

  • Mulai
  • Tentukan nilai x
  • Hitung nilai y = 3x + 8
  • Cetak nilai x dan y
  • Selesai

Walaupun Algoritma bisa dibilang sebagai jantung, terutama jika terkait dalam ilmu komputer ataupun informatika (baca pengertian Informatika disini), tetapi jangan sampai beranggapan bahwa algoritma selalu identik dengan ilmu komputer saja ya teman-teman.

Dalam kehidupan sehari-hari kita, ada terdapat banyak proses yang terbuat dan terbentuk dari suatu algoritma. Misalnya seperti algoritma cara mudah memasak mie instan, cara membuat kue, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Programming: Tujuan, Jenis, Karakteristik, Elemen dan Perbedaannya dengan Coding!

Adapun jika kita buatkan sebuah algoritma dalam memasak mie, maka langkah-langkahnya akan menjadi seperti di bawah ini:

  1. Siapkan 1 bungkus mie instan, 400 ml air atau 2 gelas air, panci, mangkok dan sendok
  2. Masukkan 400 ml air atau 2 gelas air kedalam panci
  3. Masak air yang ada dalam panci
  4. Tunggu sampai Air mendidih
  5. Masukkan Mie Instan kedalam panci yang sudah berisi air yang mendidih
  6. Tunggu dan aduk sampai 3 menit
  7. Jika sudah matang masukkan bumbu mie instan
  8. Aduk hingga bumbu dan mie instan merata
  9. Sajikan mie untuk dimakan

Penyajian Algoritma

Namun penting untuk diketahui bahwa algoritma tidaklah tergantung oleh suatu bahasa pemrograman tertentu, artinya suatu algoritma harus dapat diwujudkan oleh bahasa pemrograman komputer apapun. Algoritma dapat disajikan menjadi dua bentuk yaitu:

  • Tulisan atau bahasa
  • Bentuk gambar

Untuk penyajian algoritma dalam bentuk tulisan, Anda harus menggunakan bahasa yang dapat dimengerti manusia dalam menyajikan langkah-langkah dari algoritma. Penyajiannya juga dapat dilakukan dengan menggunakan pseudocode.

Pseudocode ini berasal dari kata pseudo yang berarti “mirip atau menyerupai” dan code yang berarti “kode program”. Contoh dari bahasa pemrograman yang digunakan untuk menyatakan Pseudocode yaitu adalah BASIC, Pascal, C, dan lain sebagainya.

Sedangkan penyajian algoritma dalam bentuk gambar, penyajian dari algoritma tersebut sering disebut dengan diagram alir atau yang dikenal dengan Flow Chart.

Kesimpulan

Jadi, dari pembahasan lengkap dan detail mengenai Pengertian Algoritma, Apa itu Algorithm? Tujuan, Fungsi, Jenis, Manfaat, Ciri dan Karakteristik serta Contohnya di atas, dapat kita simpulkan bahwa, algoritma adalah urutan dari langkah-langkah yang harus dilakukan untuk output atau hasil yang diperlukan dari input tertentu yang diberikan.

Ada 3 fitur utama algoritma yaitu:

  • Tujuan penting dari suatu algoritma adalah untuk mendapatkan output yang spesifik
  • Algoritma melibatkan beberapa langkah yang berkelanjutan
  • Output muncul setelah algoritma menyelesaikan seluruh proses

Jadi pada dasarnya, semua algoritma bekerja secara logis sambil mengikuti langkah-langkah untuk mendapatkan output untuk input yang diberikan.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini yang membahas tentang Pengertian Algoritma, Apa itu Algorithm? Tujuan, Fungsi, Jenis, Manfaat, Ciri dan Karakteristik serta Contohnya. Semoga bisa bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua terutama dalam memahami algoritma.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini serta jangan lupa meninggalkan komentar Anda di bawah. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar