Informatika: Pengertian, Apa itu Informatics? Menurut Para Ahli, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Macam Ruang Lingkup, serta Pentingnya!

Gambar Pengertian Informatika Apa Itu Informatics Menurut Para Ahli Sejarah Dan Ruang Lingkupnya
Gambar Pengertian Informatika Apa Itu Informatics Menurut Para Ahli Sejarah Dan Ruang Lingkupnya

Tahukah Kalian, Pengertian Informatika, Apa itu Informatics? Menurut Para Ahli, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Macam Ruang Lingkup, serta Pentingnya?

Benar sekali! Terkait istilah kata informatika, pada dasarnya mereka adalah ilmu yang berhubungan dengan informasi.

Seperti yang kita ketahui, sebuah informasi dapat direkam atau ditransmisikan, hal ini termasuk seperti tanda, atau sebagai sinyal (gelombang).

Perlu untuk diketahui bahwa bidang yang satu ini mempertimbangkan interaksi antara sistem informasi dan user atau pengguna, serta pembangunan antarmuka antara keduanya, seperti User Interface (UI).

Karena begitu banyak informasi (baca lebih lengkap tentang pengertian informasi di sini) yang dapat disimpan secara digital, maka kita pun dapat memanipulasinya dengan menggunakan perangkat komputer.

Juga, karena banyaknya informasi yang ada, komputasi seringkali merupakan satu-satunya cara untuk membuat informasi tersebut bermanfaat bagi umat manusia.

Berkenaan akan hal itu, pada postingan kali ini, Kami akan membahas tentang apa itu informatika atau informatics dengan penjelasannya secara lebih detail dan lengkap termasuk sejarah, tujuan, dan pentingnya.

Langsung saja, mari kita simak terus ulasannya di bawah ini!

Pengertian Informatika

Informatika adalah studi tentang perilaku dan struktur sistem apa pun yang menghasilkan, menyimpan, memproses dan kemudian menyajikan informasi berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Technopedia.

Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, pada dasarnya ini adalah ilmu informasi (information science).

Bidang ini mempertimbangkan interaksi antara information system dan user, serta pembangunan antarmuka antara keduanya, seperti antarmuka pengguna.

Apa itu Informatics?

Lalu, apa itu yang dimaksud dengan informatics?

Berarti informatika dalam bahasa Indonesia, informatics adalah segala hal yang mencakup struktur, sifat, dan juga hubungan dari beberapa sistem yang dipakai dalam mengumpulkan data, memproses dan menyimpan output pemrosesan data, serta menampilkannya didalam bentuk informasi.

Sedangkan bidang ilmu yang termasuk dalam bidang informatika, itu mencakup beberapa macam bidang termasuk:

  • Ilmu komputer
  • Ilmu informasi
  • Sistem informasi
  • Teknik komputer
  • Program atau aplikasi informasi (yang terdapat dalam sistem informasi manajemen)

Aspek dari informatika sebenarnya lebih luas dari sekedar sistem informasi berbasis komputer saja, kerena masih banyak informasi yang tidak dapat serta juga belum bisa diproses dengan perangkat komputer yang dapat dimasukkan ke dalam aspek informatics atau informatika ini.

Informatika memiliki konsep dasar, teori, dan software development (perkembangan perangkat lunak) mereka tersendiri.

Ini dapat mendukung hal yang berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk mengenai dampak serta akibat sosial dari teknologi informasi yang ada pada umumnya.

Penggunaan informasi yang ada di dalam beberapa bidang lainnya, sebagai contoh misalnya seperti bioinformatika, informatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan merupakan beberapa contoh yang lain oleh bidang informatika.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Static Web Page: Apa itu Website Statis? Cara Kerja, Manfaat, Contoh dan Perbedaannya dengan Dynamic (Dinamis)!

Pengertian Informatika Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami tentang apa itu informatika, maka kita harus merujuk kepada pendapat para pakar dan ahli terkait definisi mereka tentang informatika.

Di bawah ini adalah beberapa pengertian informatika menurut para ahli yang harus kalian ketahui.

1. Philippe Dreyfus dan l`Academie Francaise

Menurut Philippe Dreyfus dan l`Academie Francaise, dalam pendefinisian kata informatika, atau informatics adalah kumpulan disiplin ilmu (scientific discipline) dan disiplin teknik (engineering discipline) dimana secara khusus mereka menyangkut transformasi atau pengolahan oleh “fakta simbolik” (data atau informasi), yang terutama menggunakan fasilitas mesin-mesin otomatis seperti komputer.

2. Wikipedia

Menurut Wikipedia, informatika merupakan cabang dari rekayasa informasi.

Ini melibatkan praktik pengolahan informasi dan rekayasa sistem informasi dan sebagai bidang akademik dimana ini adalah bentuk dari ilmu informasi yang diterapkan.

Bidang ini mempertimbangkan interaksi antara manusia dan informasi di samping pembangunan antarmuka, organisasi, teknologi dan sistem.

Dengan demikian, bidang informatika ini adalah bidang sangat luas dan mencakup banyak subspesialisasi, termasuk disiplin ilmu komputer, sistem informasi, teknologi informasi, dan juga statistik.

3. KBBI (2016)

Mengutip di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), informatika adalah ilmu tentang pengumpulan, pengklasifikasian, aktivitas simpan, keluaran, dan penyebaran pengetahuan yang di-record.

Masih mengutip KBBI, di sana juga dijelaskan bahwa itu mengacu pada beberapa hal terkait informasi.

4. Tim Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)

Sementara itu, menurut Tim Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), khususnya pada halaman 3, informatika merupakan jenis lingkup ilmu berkenaan dengan studi rancangan, dan development dalam sistem komputasi, serta beberapa prinsip yang menjadi dasar perancangan dan pengembangannya.

Sejarah Awal Informatika

Ilustrasi Gambar Sejarah Informatika Atau Informatics Dalam Pembahasan Dan Penjelasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Sejarah Informatika Atau Informatics Dalam Pembahasan Dan Penjelasan Pengertiannya

Membahas tentang informatika, tentu saja adalah merupakan hal yang penting untuk Anda dalam mengetahui sejarah informatika itu sendiri bukan?

Ya! Istilah informatika pertama kali diciptakan oleh seseorang ilmuwan perangkat komputer jerman yang bernama Karl Steinbuch pada tahun 1957 melalui paper atau makalah yang diterbitkannya yang berjudul:

"Informatics: Automatic Information Processing"

Kata “informatika” lalu digunakan secara bergantian dengan kala ilmu komputer, karena dari asal kata jermannya sendiri yaitu “informatik atau die informatik” umumnya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai ilmu komputer atau komputasi.

Pada tahun 1994, University of Edinburgh di Skotlandia membentuk gerombolan yang (sekarang adalah merupakan sekolah informatika) dan menaruh makna awam informatika sebagai “studi mengenai struktur, algoritma, perilaku, dan interaksi sistem komputasi alami dan juga buatan.”

Makna tersebut dipakai secara luas di Inggris hingga sekarang, terutama di tahun 2022 seperti sekarang ini.

Tujuan Informatika serta Apa Saja Fungsinya

Untuk dapat lebih memahami tentang apa itu yang dimaksud dengan informatika atau istilah informatics secara lebih dalam, maka tentunya kita juga perlu mengetahui apa tujuan serta fungsinya.

Benar! Informatika adalah masa depan, mereka merupakan jembatan menuju semua hal yang bermanfaat.

Informatika memanfaatkan kekuatan dan kemungkinan teknologi digital, di mana tujuan utamanya adalah untuk mengubah data dan informasi menjadi pengetahuan yang digunakan orang setiap hari.

Yup! Fokus kuat pada penggunaan komputasi oleh manusia ini membantu orang berinteraksi dengan teknologi dengan cara terbaik dan seefisien mungkin.

Baca Juga :  Memahami Pengertian CSS: Apa itu CSS Specificity? Sejarah, Tujuan, Cara Kerja, Manfaat, Jenis dan Contoh serta Cara Menggunakannya!

Informatika sebenarnya, dalam hal ini tentu saja akan membuat segalanya bekerja lebih baik.

Untuk fungsi informatika sendiri, mereka dapat disampaikan bersamaan dengan penelitian mutakhir atau yang terbaru termasuk dalam:

  • Pembangunan atau pembuatan alat dan aplikasi komputasi yang inovatif.
  • Asistensi dalam berinteraksi secara intuitif dengan teknologi.
  • Melakukan penjelajahan cara informatika membentuk hubungan kita, organisasi kita, dan dunia kita.

Jenis dan Macam-Macam Ruang Lingkup dalam Informatika

Ilustrasi Gambar Ruang Lingkup Informatika Dalam Pembahasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Ruang Lingkup Informatika Dalam Pembahasan Pengertiannya

Mengacu pada pembahasan apa itu informatics atau informatika dan sejarahnya di atas, dalam ruang lingkup yang lebih luas, informatika dapat meliputi beberapa aspek.

Adapun beberapa jenis dan macam-macam aspek dari ruang lingkup informatika yang perlu kalian ketahui antara lain adalah sebagai berikut.

a. Teori Informasi (Information Theory)

Rung lingkup informatika yang pertama adalah teori informasi atau yang dikenal dengan istilah information theory.

Ini adalah teori yang mempelajari konsep matematis dari suatu informasi sebagai bagian darinya.

b. Ilmu Informasi (Information Science)

Kemudian ada ilmu informasi atau yang dikenal dengan information science.

Ini adalah ilmu yang mengusut atau membahas tentang cara pengumpulan, penjabaran, manipulasi penyimpanan, pengaksesan, dan penyebarluasan informasi untuk keperluan sosial dan juga kemasyarakatan secara menyeluruh.

c. Ilmu komputer dan Teknik Komputer (Computer Science and Engineering)

Berikutnya, yaitu ilmu komputer dan teknik komputer atau yang dikenal dengan computer science and engineering.

Jenis macam tipe aspek ini adalah ruang lingkup informatika yang menyelidiki mengenai pemrosesan, pengarsipan, dan juga penyebaran informasi dengan menggunakan teknologi informasi serta juga pemrograman yang berbasis komputer.

d. Sistem Informasi (Information System)

Sistem informasi atau yang dikenal dengan information system adalah ruang lingkup informatika yang mempelajari mengenai teknik pengembangan suatu sistem untuk mengolah berbagai macam Informasi yang ada.

e. Ilmu Keamanan Informasi (Information Security Science)

Ilmu keamanan informasi atau information security science adalah ruang lingkup informatika yang mempelajari tentang kajian proses mengamankan serta juga melindungi data terhadap apa yang ada pada sistem atau komputer.

Ini juga dikenal dan sering dikaitkan dengan sistem keamanan komputer.

f. Informatika Sosial (Social Informatics)

Ruang lingkup informatika yang terakhir adalah informatika sosial atau social informatics.

Ini merupakan ruang lingkup informatika yang mempelajari aspek sosial dari TIK dan ICT (baca penjelasan apa itu ICT disini) dalam perubahan sosial dan juga organisasional, penggunaan teknologi dalam konteks sosial, dan cara dalam kelembagaan teknologi informasi sosial yang dipengaruhi oleh kekuatan sosial serta praktik-praktik sosial dan juga kemasyarakatan.

Selebihnya, kalian dapat baca pembahasan terkait dari Kami yang mengulas lebih lanjut terkait apa itu social informatics atau informatika sosial di sini.

Kenapa Informatika Penting dan Mengapa Kita Membutuhkannya?

Ilustrasi Gambar Pengertian Dan Kenapa Informatika Merupakan Hal Yang Penting Serta Mengapa Kita Membutuhkannya
Ilustrasi Gambar Pengertian Dan Kenapa Informatika Merupakan Hal Yang Penting Serta Mengapa Kita Membutuhkannya

Oke, jadi, kenapa informatics itu merupakan hal yang penting dan mengapa kita memerlukan informatika?

Bagi kalian yang sedang membaca postingan Kami di sini dan kebetulan sedang mencari apa saja pentingnya serta kenapa kita membutuhkannya, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Mengapa? Yup! Tentu saja dalam postingan kali ini Kami juga akan membahas pentingnya informatika serta alasan kita membutuhkannya selain dari pengertian dan artinya.

Baca Juga :  Inilah Penjelasan Pengertian Cloud Computing: Apa itu Komputasi Awan? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam, Manfaat, Karakteristik serta Perbedaannya dengan Web Hosting!

Well, teknologi informasi mendorong inovasi dan inovasi adalah jalan menuju kesuksesan di berbagai bidang, sebagai contoh misalnya dalam bidang bisnis.

Inovasi dalam bisnis memiliki dampak yang sama dengan uap pada revolusi industri.

Faktanya, sulit untuk membayangkan bisnis apa pun yang tidak diuntungkan oleh revolusi digital.

Bahkan sesuatu yang praktis seperti pertanian menggunakan komputer.

Petani menggunakan komputer untuk catatan produksi, perencanaan keuangan, penelitian tentang masalah teknis, dan pengadaan.

Saat ini formula sukses perlu mendorong inovasi dengan teknologi informasi.

Jadi, hal pertama yang coba kita pikirkan untuk lebih maju di era industri sekarang adalah bagaimana membuat pilihan perekrutan Information Technology (IT) yang cerdas.

Benar! Tanpa tulang punggung teknologi informasi, bidang-bidang tidak akan berjalan jauh dan tidak dapat mengimbangi zaman yang maju.

Selebihnya, perlu untuk diketahui bahwa informatika menjadi sangat penting karena, dalam 10 tahun terakhir, komputer, perangkat lunak, dan teknologi informasi yang kuat telah dikembangkan untuk memungkinkan berbagai macam organisasi untuk mengotomatisasi beberapa pekerjaan pengambilan keputusan, untuk meningkatkan kualitas perawatan dan pengendalian biaya, dan untuk berhasil dikelola.

Kesimpulan

Oke, Kami pikir sudah cukup jelas sekarang untuk pembahasan mengenai Pengertian Informatika, Apa itu Informatics? Menurut Para Ahli, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Macam Ruang Lingkup, serta Pentingnya.

Seperti yang dapat kalian lihat dalam penjelasan dan penguraian pengertiannya di atas, dapat kita simpulkan bahwa informatics atau informatika adalah penggunaan pendekatan data-sentris untuk memecahkan masalah yang kompleks.

Bidang transdisipliner ini menyatukan ahli komputer, dokter, ilmuwan, profesor, peneliti, dan lain sebagainyanya dalam mengejar inovasi informasi dan ilmu kehidupan.

Memang, masih belum ada makna universal untuk informatika karena berbagai organisasi, pendidikan atau lainnya, memiliki makna sendiri untuk kata tersebut.

Walaupun semua memiliki cara yang berbeda dalam mendefinisikannya, namun tentu pada intinya mereka tetap berpegang pada inti yang sama dengan studi dan penerapan teknologi dan informasi dalam prosesnya.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan dalam postingan Kami kali ini, dimana Kami membahas tentang Pengertian Informatika, Apa itu Informatics? Menurut Para Ahli, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Macam Ruang Lingkup, serta Pentingnya.

Semoga ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat menambah wawasan kita semua terutama dalam memahami arti dari istilah informatics serta pentingnya informatika dalam berbagai bidang yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini, jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian semua. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar