Pengertian Engraving (Ukiran): Sejarah dan Macam-Macam Istilahnya

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Engraving Ukiran
Ilustrasi Gambar Pengertian Engraving (Ukiran)

Pengertian Engraving (Ukiran)

Apa itu Engraving (Ukiran) dalam seni? dan apa pengertian Engraving (Ukiran) itu? Engraving (Ukiran) adalah teknik seni grafis yang melibatkan membuat sayatan ke dalam pelat logam yang menahan tinta dan membentuk gambar yang dicetak

Desain Engraving secara manual diiris menjadi pelat Engraving (Ukiran) menggunakan burin, alat Engraving (Ukiran) seperti pahat yang sangat halus dengan ujung berbentuk permen. Burin membuat sayatan ke dalam logam pada berbagai sudut dan dengan berbagai tekanan yang menentukan jumlah tinta yang dapat ditahan garis karenanya variasi lebar dan gelap saat dicetak. Teknik Engraving (Ukiran) logam berasal dari zaman kuno sebagai metode mendekorasi objek. Namun baru pada tahun 1430 di Jerman piring-piring terukir mulai digunakan untuk membuat cetakan. Photoengraving adalah proses menggunakan asam untuk mengetsa gambar yang diproduksi secara foto ke piring logam yang kemudian dapat dicetak.

Sejarah Engraving (Ukiran)

Ilustrasi Gambar Pengertian Engraving Apa Itu Engraving Ukiran
Ilustrasi Gambar Sejarah Engraving (Ukiran)

Bukti pertama untuk pola Engraving (Ukiran) manusia adalah cangkang yang dipahat, berasal dari 540.000 hingga 430.000 tahun, dari Trinil, di Jawa, Indonesia, tempat Homo erectus pertama kali ditemukan. Pita yang menetas pada kulit telur burung unta yang digunakan sebagai wadah air yang ditemukan di Afrika Selatan di Penampungan Batu Diepkloof dan berasal dari Zaman Batu Tengah sekitar 60.000 SM adalah kasus Engraving (Ukiran) manusia berikutnya yang didokumentasikan. Engraving (Ukiran) pada tulang dan gading adalah teknik penting untuk Seni Paleolitik Muda, dan petroglif terukir yang lebih besar pada batu ditemukan dari banyak periode prasejarah dan budaya di seluruh dunia.

Macam-Macam Istilah Engraving (Ukiran)

Mengacu pada pengertian Engraving di atas, istilah lain yang sering digunakan untuk Engraving (Ukiran) adalah Copper Engraving (Ukiran Tembaga), Copper-Plate Engraving (Ukiran Plat Tembaga) atau Line Engraving (Ukiran Garis). Engraving (Ukiran) baja adalah teknik yang sama, pada baja atau pelat baja, dan sebagian besar digunakan untuk uang kertas, ilustrasi untuk buku, majalah dan cetakan reproduksi, kop surat dan penggunaan serupa dari sekitar 1790 hingga awal abad ke-20, ketika teknik ini menjadi kurang populer, kecuali uang kertas dan bentuk lain dari pencetakan keamanan. Terutama di masa lalu, “Engraving (Ukiran)” sering digunakan dengan sangat longgar untuk mencakup beberapa teknik seni grafis, sehingga banyak yang disebut Engraving (Ukiran) sebenarnya diproduksi oleh teknik yang sama sekali berbeda, seperti etsa atau mezzotint.

Baca Juga :  Ini Pengertian Informatika: Apa itu Informatics? Menurut Para Ahli, Sejarah dan Ruang Lingkupnya!

“Hand Engraving (Ukiran Tangan)” adalah istilah yang kadang-kadang digunakan untuk benda Engraving (Ukiran) selain dari pelat cetak, untuk menuliskan atau menghias perhiasan, senjata api, piala, pisau, dan barang-barang logam halus lainnya. Engraving (Ukiran) tradisional dalam seni grafis juga “diukir tangan”, menggunakan teknik yang sama untuk membuat garis di piring.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini mengenai pengertian Engraving (Ukiran) dalam Seni. Baca juga pengertian Seni Kami agar lebih memahaminya sebelum memulai belajar Grafis dalam Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar