Mengenal Pengertian Sistem Keamanan Komputer: Menurut Ahli, Sejarah dan Jenis Ancamannya!

1
Gambar Pengertian Sistem Keamanan Komputer Apa Itu Computer Security Menurut Para Ahli Sejarah Jenis Dan Triad CIA Serta Cara Meningkatkannya
Gambar Pengertian Sistem Keamanan Komputer Apa Itu Computer Security Menurut Para Ahli Sejarah Jenis Dan Triad CIA Serta Cara Meningkatkannya

Sebernarnya, Apa Pengertian Sistem Keamanan Komputer, Apa itu Computer Security? Menurut Para Ahli, Sejarah, Jenis, TRIAD CIA dan Cara Meningkatkannya? Sistem Keamanan komputer juga dikenal sebagai cyber security atau IT security. Sistem keamanan komputer mewakili perlindungan sistem informasi dari pencurian atau kerusakan pada perangkat keras, perangkat lunak, dan informasi yang ada di dalamnya, serta dari gangguan atau kesalahan arah layanan yang mereka berikan.

Sekarang, bidang ini semakin menjadi hal yang penting karena meningkatnya ketergantungan pada sistem komputer di sebagian besar masyarakat. Sistem komputer kini mencakup beragam perangkat “pintar”, termasuk smartphone, smart TV dan perangkat kecil sebagai bagian dari internet of things dan networking atau jaringan yang tidak hanya mencakup internet dan jaringan data pribadi, tetapi juga blue-tooth, wi- fi dan jaringan nirkabel lainnya. Di bawah ini akan Kami ulas secara lengkap dan detail tentang apa itu Sistem Keamanan Komputer.

Pengertian Sistem Keamanan Komputer

Sistem Keamanan Komputer adalah perlindungan sistem komputer dan informasi dari bahaya, pencurian, dan penggunaan yang tidak sah. Perangkat keras komputer biasanya dilindungi dengan cara yang sama yang digunakan untuk melindungi peralatan berharga atau sensitif lainnya, yaitu, nomor seri, pintu dan kunci, dan alarm. Di sisi lain, perlindungan informasi dan akses sistem dicapai melalui taktik lain, beberapa di antaranya cukup rumit berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Britannica.

Secara umum, Sistem keamanan komputer disini adalah segala hal yang termasuk mengendalikan akses fisik ke perangkat keras, serta melindungi terhadap bahaya yang mungkin datang melalui akses jaringan, injeksi data dan kode dan karena malpraktek oleh operator, baik disengaja, tidak disengaja, atau karena mereka tertipu untuk menyimpang dari prosedur keamanan.

Apa itu Computer Security?

Keamanan komputer, atau Computer Security pada dasarnya adalah perlindungan sistem komputer dan informasi dari bahaya, pencurian, dan penggunaan yang tidak sah. Hal ini adalah proses mencegah dan mendeteksi penggunaan sistem komputer Anda secara tidak sah.

Seringkali orang mengacaukan keamanan komputer dengan istilah terkait lainnya seperti keamanan informasi dan keamanan siber. Salah satu cara untuk memastikan persamaan dan perbedaan di antara istilah-istilah ini adalah dengan menanyakan apa yang dijamin. Sebagai contoh,

  • Keamanan informasi mengamankan informasi dari akses, modifikasi dan penghapusan yang tidak sah
  • Keamanan Komputer atau computer security ini berarti mengamankan mesin mandiri dengan menjaganya agar tetap diperbarui dan ditambal
  • Cybersecurity didefinisikan sebagai melindungi sistem komputer, yang berkomunikasi melalui jaringan komputer
Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian EXE (.exe): Tujuan dan Cara Membuka File EXE

Penting untuk memahami perbedaan antara kata-kata ini, meskipun tidak harus ada konsensus yang jelas tentang arti dan sejauh mana mereka tumpang tindih atau dipertukarkan.

Pengertian Sistem Keamanan Komputer Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami tentang apa itu Sistem Keamanan Komputer, kita juga harus merujuk kepada pendapat beberapa ahli.

Adapun definisi Sistem Keamanan Komputer menurut para ahli adalah sebagai berikut.

1. John D. Howard

Dalam bukunya “An Analysis of security incidents on the internet”, menurut John D. Howard, dia menyatakan bahwa (sistem) keamanan komputer merupakan suatu tindakan pencegahan perangkat dari agresi pengguna personal komputer atau pengakses jaringan yang bukan atau tidak bertanggung jawab.

2. Gollmann

Pada tahun 1999, menurut Gollmann, dia menyatakan bahwa pengertian dari Keamanan komputer yaitu segala hal berhubungan dengan pencegahan diri atau perlindungan serta deteksi terhadap tindakan pengganggu yang tidak dikenali pada sistem komputer.

Sejarah Singkat Sistem Keamanan Komputer

Ilustrasi Gambar Sejarah Sistem Keamanan Komputer Dalam Dunia Teknologi Dalam Penjelasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Sejarah Sistem Keamanan Komputer Dalam Dunia Teknologi Dalam Penjelasan Pengertiannya

Dalam memahami apa itu Sistem Keamanan Komputer, kita juga harus mengetahui sedikit terkait dengan sejarah sistem keamanan komputer ini. Keamanan komputer menjadi semakin penting sejak akhir tahun 1960-an, ketika modem (perangkat yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi melalui saluran telepon) diperkenalkan.

Proliferasi komputer pribadi pada tahun 1980-an menambah masalah tersebut karena mereka memungkinkan peretas (pengguna komputer yang tidak bertanggung jawab) mengakses secara ilegal sistem komputer utama dari privasi rumah mereka.

Pengembangan teknik keamanan tingkat lanjut pun terus mengurangi ancaman semacam itu, meskipun penyempurnaan bersamaan dalam metode kejahatan komputer menimbulkan bahaya yang berkelanjutan.

Jenis Ancaman Keamanan Komputer

Ilustrasi Gambar Jenis Sistem Keamanan Komputer Dalam Membahas Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Jenis Sistem Keamanan Komputer Dalam Membahas Pengertiannya

Mengacu pada penjelasan pengertian Sistem Keamanan Komputer di atas, berikut ini adalah jenis-jenis ancaman yang ada pada sistem keamanan komputer yang ada pada zaman modern sekarang ini.

1. Trojan Horse

Trojan Horse adalah program jahat, dilampirkan dengan aplikasi yang menurut pengguna sah tetapi sebenarnya, berbahaya.

Setelah aplikasi yang disematkan trojan horse telah diunduh di komputer Anda, kuda trojan dapat melakukan apa saja mulai dari merekam kata sandi rahasia Anda dengan mencatat penekanan tombol yang dikenal sebagai pencatat keystroke hingga membajak kamera web Anda untuk menonton dan merekam seluruh gerakan Anda dalam bisnis.

Baca Juga :  Pengertian SERM (Search Engine Reputation Management) dan Fungsinya

Ancaman perbankan paling populer datang dari keluarga trojan horse adalah zeus dan spy eye.

2. Backdoor

Backdoor bukanlah malware, tetapi backdoor adalah proses menghasilkan jalur atau metode rahasia oleh penyadap untuk memotong semua layanan otentikasi biasa.

3. Botnet

Botnet adalah sekelompok komputer atau robot perangkat lunak atau bot yang menciptakan batalion komputer yang terinfeksi yang dikenal sebagai zombies ketika terhubung ke internet oleh pencetusnya.

Pencetus botnet ini mengontrol mereka dari jarak jauh. Botnet dapat menyebarkan semua jenis malware, mengirim e-mail spam dengan virus terlampir, menggunakan satu komputer untuk menginfeksi orang lain, dan lain lain.

4. Wabbits

Wabbits adalah ancaman yang mereplikasi diri sendiri tidak seperti virus atau worm. Wabbits tidak membahayakan Sistem Keamanan Komputer seperti virus sehingga tidak mereplikasi seperti worm. Contoh serangan wabbit adalah seperti fork bom.

5. Hacking

Istilah yang sangat bagus untuk pelanggaran keamanan adalah hacking. Hacking adalah tindakan yang diambil oleh beberapa orang anonim untuk mendapatkan akses tidak sah ke komputer.

Peretas menemukan kelemahan dalam pengaturan keamanan kami untuk mengakses informasi kami, memasang trojan horse untuk membuat backdoor agar menemukan informasi rahasia kita.

Triad CIA

Apa itu Triad CIA? dalam membahas Sistem Keamanan Komputer, kita juga harus mengenal apa itu Triad CIA. Jadi apa itu sebenarnya? baiklah, disini Kami akan menggambarkannya seperti tugas seorang manager IT security. Untuk menjaga kerahasiaan, dia harus memastikan bahwa informasi hanya tersedia untuk audiens yang dituju.

Kerahasiaan itu termasuk privasi informasi yang mungkin bersifat pribadi dan sensitif. Melindungi integritas data juga menjadi perhatian. Perusahaan membutuhkan kepastian bahwa informasi tidak menjadi tidak akurat karena perubahan yang tidak disengaja.

Akhirnya, dia akan bekerja dengan manajer IT untuk melindungi ketersediaan data (baca pengertian data disini), atau kemampuan orang yang diizinkan untuk mengakses komputer dan informasinya kapan pun diperlukan. Perlindungan terhadap kualitas-kualitas ini adalah tujuan utamanya sebagai manajer dari keamanan komputer. Kualitas-kualitas seperti inilah yang disebut Triad atau Trias CIA.

Triad CIA dalam sistem keamanan komputer berkaitan dengan tiga bidang utama, yaitu adalah sebagai berikut.

  • Confidentially (Kerahasiaan); Memastikan bahwa informasi hanya tersedia untuk audiens yang dituju
  • Integrity (Integritas); Melindungi informasi agar tidak dimodifikasi oleh pihak yang tidak berwenang
  • Availability atau (Ketersediaan); Melindungi informasi agar tidak dimodifikasi oleh pihak yang tidak berwenang
Baca Juga :  Apa Itu Pengertian CNR (Communication and Networking Riser): Sejarah, Tujuan dan Fungsinya

Dalam bahasa yang sederhana, keamanan komputer memastikan informasi dan komponen komputer dapat digunakan tetapi masih dilindungi dari orang atau perangkat lunak yang tidak boleh mengakses atau memodifikasinya.

Cara Menjaga dan Meningkatkan Sistem Keamanan Komputer

Ancaman sistem keamanan komputer menjadi inventif tanpa henti sekarang. Ada banyak kebutuhan bagi seseorang dalam menjaga dan meningkatkan keamanan untuk melindungi dari ancaman keamanan komputer yang kompleks dan terus berkembang ini dan agar tetap aman saat dalam keadaan Online.

Adapun beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga dan meningkatkan sistem keamanan komputer Anda adalah sebagai berikut.

  • Menginstal perangkat lunak antivirus dan keamanan yang terbaru
  • Mengaktifkan firewall Anda, karena firewall bertindak sebagai penjaga keamanan antara internet dan jaringan area lokal Anda
  • Tetap dapatkan informasi terbaru tentang perangkat lunak dan berita terbaru seputar perangkat Anda dan lakukan update atau pembaruan perangkat lunak segera setelah tersedia
  • Hindari melakukan klaim pada lampiran e-mail kecuali Anda tahu sumbernya
  • Mengubah password atau kata sandi secara teratur, menggunakan kombinasi unik dari angka, huruf, dan tipe case (huruf besar)
  • Gunakan internet dengan hati-hati
  • Luangkan waktu untuk meneliti aspek-aspek dasar sistem keamanan komputer Anda
  • Lakukan pemindaian sistem penuh harian atau minimal mingguan serta buat jadwal cadangan sistem berkala untuk memastikan data Anda dapat diambil jika terjadi sesuatu pada komputer Anda.

Kesimpulan

Jadi, dari pembahasan tentang Pengertian Sistem Keamanan Komputer, Apa itu Computer Security? Menurut Para Ahli, Sejarah, Jenis, TRIAD CIA dan Cara Meningkatkannya di atas, dapat kita simpulkan bahwa, Sistem Keamanan komputer adalah kontrol yang dibuat untuk memberikan kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan untuk semua komponen sistem komputer. Komponen-komponen ini termasuk data, perangkat lunak, perangkat keras, dan firmware.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini yang membahas mengenai Pengertian Sistem Keamanan Komputer, Apa itu Computer Security? Menurut Para Ahli, Sejarah, Jenis, TRIAD CIA serta Cara Menjaga dan Meningkatkan Keamananya. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua.

Jangan lupa untuk like, share dan subscribe blog dan youtube Kami serta tinggalkan Komentar Anda di bawah jika ada yang ingin Anda tanyakan. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

1 Komentar

Tinggalkan Komentar