Mengenal Pengertian Smart Home: Fungsi, Manfaat, Karekteristik, Kelebihan dan Kekurangannya!

0
Gambar Pengertian Smart Home Apa Itu Rumah Pintar Atau Cerdas Fungsi Manfaat Karakteristik Kelebihan Dan Kekurangan Serta Perkembangannya
Gambar Pengertian Smart Home Apa Itu Rumah Pintar Atau Cerdas Fungsi Manfaat Karakteristik Kelebihan Dan Kekurangan Serta Perkembangannya

Tahukah Anda Pengertian Smart Home, Apa itu Rumah Pintar? Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan serta Perkembangannya? Ya! Jika Anda harus bergegas kembali pulang ke rumah untuk memeriksa apakah Anda mematikan air, atau mematikan pemanas, Anda pasti akan mengetahui bagaimana pentingnya Rumah yang cerdas atau yang kini biasa disebut dengan Smart Home.

Bagi beberapa pemilik rumah, mengubah rumah menjadi Rumah Pintar atau Smart Home bisa semudah membeli Speaker yang terhubung. Bagi yang lain, ini dapat melibatkan menghubungkan beberapa produk yang berbeda, termasuk Speaker, Kamera, Komputer, Smartphone, Televisi, Sistem Keamanan, Peralatan, dan banyak lagi, sehingga menciptakan semacam Hub Rumah Pintar. Ya! Dalam postingan ini, Kami akan membahas secara lengkap tentang Pengertian Smart Home. Berikut ini ulasannya!

Pengertian Smart Home

Smart Home adalah pengaturan rumah yang nyaman di mana Peralatan dan Perangkat dapat secara otomatis dikendalikan dari jarak jauh dari tempat yang terhubung Internet di dunia menggunakan Ponsel atau Perangkat Jaringan Komputer lainnya. Rumah Pintar memiliki perangkatnya yang saling terhubung melalui Internet, dan pengguna dapat mengontrol fungsi-fungsi seperti akses keamanan ke Rumah, Suhu, Pencahayaan, dan Home Theatre. Istilah terkait termasuk Home Automation (Otomatisasi Rumah) dan Smart Building (Bangunan Pintar).

Apa itu Rumah Pintar atau Smarthome?

Jadi, Apa itu Rumah Pintar atau Smarthome? Rumah Pintar atau Smarthome adalah bagian daripada perkembangan dan inovasi IOT (Internet of Things), di mana seluruh barang atau peralatan sehari-hari yang akrab dengan kehidupan sehari-hari dibuat menjadi “Pintar” karena integrasi Teknologi yang berbentuk seperti Chip serba bisa. Dalam hal ini, Internet of Things akan hadir dalam wujud perangkat dan peralatan yang biasa ditemui di rumah.

Smart Home atau Smart House (Rumah Cerdas) adalah istilah yang biasa dipakai untuk membuat tempat tinggal yang mempunyai Peralatan, Pencahayaan, Pemanas, Lemari Pendingin, AC, TV, Sistem Audio dan Video Hiburan, Keamanan, serta juga Sistem Kamera yang dapat berkomunikasi satu sama dengan lainnya yang bisa untuk dikendalikan jarak jauh, dari lokasi manapun melalui Smarthphone atau Internet. Dengan adanya Teknologi Smart Home ini, maka akan memungkinkan pemilik tempat tinggal dapat mengontrol keadaan dan keamanan rumahnya dengan hanya menggunakan satu alat (Pengendali) saja.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Hardware: Menurut Ahli, Fungsi, Jenis, Klasifikasi dan Contohnya!

Fungsi Smart Home

Setelah mengetahui Apa Pengertian Smart Home, kita juga harus mengetahui apa Fungsi Smart Home ini. Dengan menggunakan Teknologi yang terdapat di dalam rumah, Anda dapat mengontrol dan melihat apa yang sedang terjadi di rumah Anda, bahkan ketika Anda tidak di sana menggunakan Smartphone, Tablet, atau terkadang Komputer. Sebagai contoh, misalnya seperti jika Anda baru saja mendapatkan beberapa Anak Kucing baru dan ingin memastikan bagaimana keadaan mereka, dengan Fungsi Smart Home, Anda dapat memasang Kamera Rumah yang memungkinkan Anda untuk memeriksa peliharaan Anda kapan pun Anda mau.

Smart Home juga berfungsi untuk membuat perbedaan besar dalam biaya Tagihan Utilitas Anda, karena sekarang tidak perlu untuk mebuang uang karena lupa mematikan Pemanas ketika Anda berangkat kerja. Dengan memantau Pemanas, Air, dan Listrik Anda, maka Anda pun dapat mengehemat pengeluaran Anda.

Rumah Pintar juga bisa melindungi hal yang paling rentan di masyarakat. Beberapa Perangkat dapat memicu peringatan jika Orang Tua gagal meminum Obatnya, Terjatuh, atau Berperilaku di luar rutinitas normalnya. Seperti University of Surrey yang telah menciptakan “Laboratorium Hidup” untuk menguji bagaimana Teknologi ini akan membantu orang dengan Demensia.

Manfaat Smart Home

Ilustrasi Gambar Manfaat Smart Home Dalam Penjelasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Manfaat Smart Home Dalam Penjelasan Pengertiannya

Berdasarkan penjelasan dan Pengertian Smart Home di atas, adapun Manfaat Smart Home yang perlu kalian ketahui, yaitu adalah sebagai berikut:

1. Mudah Digunakan

Smart Home tidak hanya diterapkan pada rumah saja, melainkan tempat tinggal taraf atas misalnya Apartemen. Dengan bertambah banyaknya penghuni tempat tinggal seperti Apartemen, Smart Home menjadi lebih Mudah Digunakan, Anda bahkan tidak perlu repot-repot untuk mengontrol peralatan yang terdapat di dalamnya.

2. Menjamin Keamanan

Dengan memakai Teknologi Smart Home, Anda tidak perlu risih lagi pada keadaan tempat tinggal saat Anda tidur ataupun berada di luar rumah. Smart Home, umumnya dilengkapi dengan hak akses pada pintu untuk masuk ke didalam tempat tinggal, sebagai contoh, misalnya seperti Sidik Jari, Pendeteksi Retina, Password ataupun RFID. Selain itu, Smart Home akan lebih Menjamin Keamanan Anda dengan kamera CCTV dan juga Alarm yang akan terpicu jika Keamanan rumah kita ditembus.

3. Ramah Lingkungan dan Energi

Fitur penting dan utama yang muncul dari Smart Home ini adalah Perlindungan pada Sumber Daya yang terbatas di bumi atau bisa kita sebut dengan Ramah Lingkungan dan Energi. Semakin banyak orang menjadi sadar akan kemampuan menciptakan rumah mereka benar-benar cerdas serta juga ramah lingkungan (Green atau Hijau) dengan memanfaatkan pengendali tempat tinggal yang terintegrasi dengan semua Sub-Sistem tempat tinggal untuk meningkatkan Penghematan dengan mengendalikan Pencahayaan, Penutup Jendela, HVAC, Irigasi dengan memantau penggunaannya.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Smart Technology: Apa itu Teknologi Pintar? Tujuan, Manfaat, Contoh dan Perkembangannya!

Karakteristik Smart Home

Gambar Karakteristik Smart Home Dalam Pembahasan Pengertian Smart Home
Gambar Karakteristik Smart Home Dalam Pembahasan Pengertian Smart Home

Mengacu pada penjelasan Pengertian Smart Home dan Fungsinya di atas, Peralatan Smart Home dilengkapi dengan belajar mandiri di mana mereka dapat membantu jadwal pemilik rumah dan menyesuaikan sesuai kebutuhan. Rumah Pintar atau Smarthome yang diaktifkan dengan kontrol pencahayaan pemilik rumah untuk menggunakan listrik dan mendapat manfaat dari Penghematan Energi. Beberapa sistem otomasi rumah milik pemilik rumah jika ada gerakan yang diambil di rumah kompilasi sedang pergi, dan beberapa dapat memanggil pemadam kebakaran jika terjadi yang akan terjadi. Setelah peralatan pintar terhubung, kita akan melihat sebuah Teknologi Internet of Things (IoT).

Karakteristik Utama Smart Home yaitu adalah mereka dapat menampilkan sistem yang nirkabel atau tanpa kabel. Sistem nirkabel ramah biaya dan lebih mudah untuk dipasang sementara sistem berkabel dianggap lebih andal dan lebih sulit diretas atau di-Hack. Meskipun sistem kabel juga lebih mahal dari pilihan nirkabel, dengan memasang sistem kabel juga dapat meningkatkan nilai jual kembali rumah Anda. Secara umum, di bawah ini adalah beberapa Karakteristik dari Smart Home yang perlu kalian ketahui:

  • Smart Home memiliki Infrastruktur Jaringan yang hebat dan kuat
  • Memiliki Kumpulan Perintah ke Gaya Hidup
  • Instalasi yang Profesional dan Layanan yang berjalan terus menerus

Kelebihan dan Kekurangan Smart Home

Ilusrtasi Gambar Kelebihan Dan Kekurangan Smart Home Atau Smart House
Ilusrtasi Gambar Kelebihan Dan Kekurangan Smart Home Atau Smart House

Smart Home yang merupakan buatan Manusia, tentu memiliki banyak Kelebihan dan Kekurangannya. Mengacu pada Pengertian Smart Home di atas, Rumah Pintar adalah Rumah yang dilengkapi dengan Teknologi yang memungkinkan komunikasi antara Perangkat Pintar dan lebih banyak kontrol di rumah Anda.

Keuntungan dan Kelebihannya termasuk seperti Efisiensi Energi, Kustomisasi dan kemudahan penggunaan sementara kerugian termasuk Biaya dan ketergantungan Internet. Di bawah ini akan Kami jelaskan secara rinci dengan menggunakan Tabel terkait apa saja Kelebihan dan Kekurangan Smart Home yang perlu untuk Anda ketahui.

KelebihanKekurangan
Hemat EnergiBiaya
Kenyamanan Hands-FreeKetergantungan Internet
Keamanan yang DitingkatkanPengaturan dan Konfigurasi
Hemat Waktu dengan Tugas OtomatisLebih Banyak Ancaman Keamanan Teknis
Kustomisasi (Mudah untuk kita sesuaikan dengan keinginan kita)Protokol yang berbeda (Z-Wave, Zigbee dan lain sebagainya).

Perkembangan Smart Home di Indonesia

Smart Home hadir untuk memudahkan para penghuni tempat tinggal, terutama dalam mengatur segala hal yang berhubungan dengan kenyamanan diri sebagai penghuni tempat tinggal, mulai dari masalah keamanan hingga masalah akses peralatan yang dibuat lebih interaktif serta mampu “Dikontrol atau Controlled” melalui satu alat saja, yaitu adalah Aplikasi yang biasanya digunakan pada Smartphone atau Perangkat sejenis lainnya.

Baca Juga :  Inilah Pengertian Digital Signature: Apa itu Tanda Tangan Digital? Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Contoh dan Bagaimana Cara Membuatnya?!

Smart Home di Indonesia, pada saat ini masih didalam tahap perkenalan dan juga pembiasaan ke rakyat. Smart Home, mulai memasuki ranah Komunitas Terkecil dan terintim yaitu adalah sebuah Keluarga yang pastinya bukanlah hal yang mudah. Adanya perbedaan umur serta budaya dalam memakai Teknologi dan Internet di Indonesia dapat mempersulit Sistem Smart Home untuk masuk dan dapat diterima dengan mudah oleh keluarga-keluarga yang ada Indonesia.

Sistem yang serba otomatis ini, pada dasarnya memang dapat membingungkan para pengguna, yang terbagi antara yang berpengalaman (seperti Generasi Milenial yang lebih Muda) dan yang belum pernah membiasakan diri dengan Internet (pada rentang usia yang lebih tua). Hal ini, tentunya akan menjadi tantangan tersendiri terutama untuk Teknologi Smart Home di Indonesia memulai jalannya di dalam sasaran Market atau Pasarnya.

Kesimpulan

Jadi, dari Pembahasan mengenai Pengertian Smart Home, Apa itu Rumah Pintar atau Smarthome? Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan serta Perkembangannya di Indonesia di atas, dapat kita simpulkan bahwa, Smart Home adalah Istilah yang digunakan untuk menggambarkan rumah yang berisi Jaringan Komunikasi yang menghubungkan peralatan yang berbeda dan memungkinkan mereka untuk dikendalikan, dimonitor dan diakses dari jarak jauh. Smart Home memiliki Perangkat Pintar yang terhubung ke Internet dan memiliki Application (Aplikasi) Ponsel Pintar yang memungkinkan Anda untuk mengakses dan mengontrolnya dari jarak jauh melalui Wi-Fi.

Penutup

Demikianlah ulasan Kami kali ini yang membahas mengenai Pengertian Smart Home, Apa itu Rumah Pintar atau Smarthome? Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan serta Perkembangannya di Indonesia. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar