Teknologi Adalah: Pengertian, Manfaat, Jenis, Contoh Teknologi Lengkap

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Teknologi
Ilustrasi Gambar Pengertian Teknologi

Pengertian Teknologi adalah

Apa itu Teknologi? Sebelum itu, Perkembangan zaman saat ini yang semakin modern telah mengubah pola hidup manusia menjadi lebih dinamis. Dimana manusia terus berupaya menemukan inovasi-inovasi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal itulah yang menyebabkan terciptanya teknologi. Lalu, apa sebenarnya pengertian teknologi itu?

Tanpa disadari, teknologi telah membawa pengaruh besar terhadap kehidupan manusia. Bagaimana tidak, hampir dalam seluruh bidang kehidupan manusia memerlukan teknologi. Salah satu dari hal nyata yang membuktikan perkembangan teknologi adalah adanya internet.

Dahulu, untuk memperoleh suatu informasi hanya dapat diperoleh melalui surat kabar. Namun sekarang, internet telah memberikan perubahan yang besar yang membawa manusia ke zaman digital. Dengan adanya internet, Anda dapat mengakses informasi apapun dari seluruh penjuru dunia. Selain itu juga, internet juga dapat membantu Anda untuk berkomunikasi dengan banyak orang dan tanpa terhalang jarak dan waktu.

Berbagai teknologi yang tersedia pada saat ini diciptakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan segala pekerjaan dalam waktu yang singkat. Sejauh ini, ada apa saja jenis teknologi yang Anda ketahui?.

Nah dalam artikel kali ini akan dijelaskan dengan detail mengenai pengertian teknologi, manfaat yang diperoleh dengan adanya teknologi beserta jenis-jenis teknologi yang berkembang saat ini. Langsung saja ke pembahasan pertama mengenai pengertian teknologi berikut ini.

Apa Itu Teknologi?

Apa yang dimaksud dengan teknologi (technology)? Secara umumnya, pengertian teknologi adalah ilmu pengetahuan yang menilik tentang keterampilan pada membentuk indera, metode pengolahan, dan juga ekstraksi benda, untuk membantu merampungkan berbagai permasalahan dan juga pekerjaan manusia sehari-hari.

Ada pula yang menjelaskan bahwa arti teknologi adalah seluruh sarana dan prasarana yang diciptakan dari manusia buat menyediakan banyak sekali barang yang diperlukan bagi keberlangsungan dan juga ketenangan hidup manusia itu sendiri. Secara etimologis, istilah “teknologi” berasal dari dari bahasa Yunani, yaitu “technologia” dimana istilah tech berarti keahlian dan logia berarti pengetahuan.

Dulunya makna teknologi hanya terbatas pada benda-benda yang mempunyai wujud, misalnya mesin dan juga peralatan. Tetapi makna teknologi mengalami ekspansi dan juga tidak hanya terbatas dalam benda berwujud saja akan tetapi jua benda yang tidak berwujud, misalnya metode, ilmu pengetahuan, aplikasi, dan lain-lain. Sehingga pengertian teknologi merupakan suatu cara, proses, indera, mesin, aktivitas ataupun gagasan yang dibuat untuk mempermudah aneka macam aktivitas manusia.

Baca Juga :  Pengertian Networking (Jaringan): Manfaat dan Jenisnya Secara Lengkap!

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti teknologi, maka kita bisa merujuk pada pendapat beberapa pakar berikut adalah:

1. Iskandar Alisyahbana

Menurut Iskandar Alisyahbana, pengertian teknologi merupakan cara melakukan sesuatu buat memenuhi kebutuhan manusia dengan dan juga donasi indera dan akal, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau mebuat lebih sakti anggota tubuh, pancaindra, dan otak manusia.

2. Manuel Castells

Menurut Manuel Castells, pengertian teknologi merupakan suatu indera, anggaran, dan juga mekanisme penerapan pengetahuan ilmiah agar pekerjaan tertentu dalam syarat yang dapat memungkinkan pengulangan.

3. Gary J. Anglin

Menurut Gary J. Anglin, arti teknologi merupakan penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan mensistem buat memecahkan perkara manusia.

4. Jacques Ellil

Menurut Jacques Ellil, pengertian teknologi adalah holistik metode yang secara rasional menunjuk dan mempunyai ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia.

5. Merriam Webster

Menurut Merriam Webster, pengertian teknologi merupakan penerapan pengetahuan simpel khususnya yang ada di bidang eksklusifnya serta cara menuntaskan tugas terutama menggunakan proses teknis, metode atau pengetahuan dan aspek spesifik oleh bidang usaha tertentu.

Manfaat Teknologi

Ilustrasi Gambar Pengertian Teknologi
Ilustrasi Gambar Manfaat Teknologi

Penemuan teknologi ini telah mengalami perkembangan yang pesat pada setiap tahunnya. Berbagai macam alat atau mesin yang terdapat saat ini merupakan hasil dari perkembangan teknologi. Alat-alat tersebut diciptakan dan dilengkapi dengan kegunaannya masing-masing. Teknologi yang semakin canggih itu pula lah yang membuat manusia terus menunjukkan keterampilan dan memberikan inovasi untuk menciptakan teknologi yang lebih baru.

Dengan adanya penemuan teknologi ini, dapat memberikan banyak manfaat terhadap kehidupan manusia. Salah satunya adalah menyediakan kemudahan dan kecepatan dalam menyelesaikan seluruh permasalahan yang dihadapi. Selain itu juga, masih terdapat beberapa manfaat teknologi lainnya yang akan dijelaskan dibawah ini.

1. Bidang Pendidikan

Sebelum berkembangnya teknologi internet ini, sistem pembelajaran dilakukan secara konvensional yaitu pengajar yang memberikan materi secara face to face di hadapan siswa. Namun, sejak adanya internet ini dapat diciptakan sistem pembelajaran yang lebih modern atau dikenal dengan e-learning system.

Dimana para pengajar tidak harus berada di hadapan siswa untuk memberikan materi tetapi dapat dilakukan secara maya dengan menggunakan sistem tersebut. Dengan sistem itu, para pengajar lebih mudah dalam memberikan penilaian terhadap pemahaman dari setiap siswa.

2. Dibidang Transportasi

Perkembangan teknologi juga mempengaruhi dunia transportasi. Bayangkan sedikit saja, sebelum adanya kendaraan seperti sepeda motor, bus, mobil dan sebagainya maka untuk berkunjung ke suatu lokasi maka Anda harus berjalan kaki untuk menempuhnya. Tetapi, dengan adanya kendaraan pada saat ini Anda dapat melakukan perjalanan ke berbagai lokasi di dunia dengan begitu mudah dan cepat.

Baca Juga :  Pengertian Intranet: Sejarah Intranet, Fungsi dan Manfaatnya Lengkap

3. Bidang Kedokteran

Pada saat ini, penggunaan teknologi dibidang kedokteran juga telah berkembang dengan pesat. Bagaimana untuk tidak, Anda tidak perlu melakukan cek rutin ke rumah sakit setiap kali memeriksa kesehatan. Karena, pada saat ini sudah tersedia berbagai aplikasi yang dikembangkan untuk menjawab semua keluhan mengenai kesehatan Anda. Jawaban tersebut juga ditangani langsung oleh para dokter professional.

4. Bidang Komunikasi

Sekarang ini juga sudah banyak teknologi yang digunakan sebagai media komunikasi, seperti handphone, tablet, smartphone atau lainnya. Seluruh teknologi tersebut di atas diciptakan untuk memberikan kemudahan bagi manusia untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus bertatap muka langsung. Bahkan, Anda dapat melakukan komunikasi dengan orang yang berbeda wilayah dengan cepat dan biaya yang dibutuhkan juga sangat kecil.

5. Bidang Bisnis

Apakah Anda mengenal ATM (Automated Teller Machine)? Benar, ATM itu merupakan mesin yang memberikan pelayanan kepada nasabah untuk melakukan segala jenis transaksi dengan mudah dan cepat. Mesin ini juga menjadi sebagai salah satu bukti perkembangan teknologi yang dioperasikan secara otomatis dengan menggunakan komputer.

Jenis Teknologi

Ilustrasi Gambar Pengertian Teknologi
Ilustrasi Gambar Jenis-Jenis Teknologi

Saat ini, berbagai jenis teknologi juga terus bermunculan seiring dengan perkembangan zaman. Berikut ini akan lebih dijelaskan mengenai jenis-jenis teknologi yang berkembang hingga saat ini.

1. Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi dapat kita diartikan sebagai suatu perangkat yang memungkinkan setiap individu untuk saling mengirimkan atau menerima informasi ataupun data kepada orang lain.

Perkembangan teknologi komunikasi ini ditandai dengan adanya perangkat telepon genggam yang awalnya menggunakan sinyal analog yang terus berkembang dan berubah menggunakan sinyal digital. Beberapa contoh yang termasuk kedalam teknologi komunikasi yaitu adalah handphone, fax, telegram, email dan aplikasi chatting lainnya.

2. Teknologi Informasi

Teknologi informasi (Information technology) atau biasa yang disebut dengan TI atau IT merupakan teknologi yang membantu Anda dalam memberikan berbagai informasi dalam waktu yang cepat. Sebenarnya, teknologi informasi, ia sudah ada sejak dahulu, seperti kentongan yang digunakan untuk menyampaikan suatu informasi.

Namun, seiring dengan berkembangnya zaman ini, kentongan telah digantikan dengan suatu teknologi yang lebih modern namun tidak menghilangkan nilai dari teknologi terdahulu. Beberapa contoh dari teknologi informasi terkini yaitu adalah televisi, radio, komputer, notebook dan sebagainya.

3. Teknologi Transportasi

Teknologi transportasi, ia berhubungan dengan alat transportasi yang membantu Anda untuk melakukan perjalanan ke lokasi yang dituju dalam waktu yang cepat. Perkembangan teknologi transportasi ini dimulai dengan dimanfaatkannya tenaga hewan, seperti kuda hingga diciptakannya teknologi yang dioperasikan dengan mesin yang fungsinya juga sama dengan teknologi sebelumnya.

4. Teknologi Medis

Teknologi medis ini sendiri berkaitan dengan dunia kedokteran, dimana teknologi medis ini berkembang dengan memanfaatkan teknologi komputer. Perkembangan dari teknologi di dunia kedokteran ini banyak digunakan untuk membantu para dokter mendiagnosa penyakit yang diderita pasien dan membantu dalam melakukan penelitian. Beberapa contoh dari bentuk teknologi medis ini yaitu adalah CT-Scan, mikroskop dan berbagai alat bedah lainnya.

Baca Juga :  Pengertian Clickbait: Ciri, Jenis Clickbait dan Dampaknya Secara Lengkap

5. Teknologi Pendidikan

Teknologi pendidikan merupakan teknologi yang berhubungan dengan dunia pendidikan dimana kegiatannya memanfaatkan alat bantu eksklusif. Beberapa yang termasuk pada teknologi pendidikan diantaranya; metode pengajaran terkini, alat-alat laboratorium sekolah, komputer, OHP, dan lainnya.

6. Teknologi Konstruksi

Teknologi konstruksi adalah suatu teknologi yang bersangkutan dengan struktur bangunan. Beberapa yang termasuk yang di dalamnya antara lain; metode kerja, aplikasi gambar struktur (AutoCAD), indera-alat berat, dan juga lain sebagainya.

7. Teknologi Pangan

Manusia telah mulai bercocok tanam dalam masa pra-sejarah. Tetapi semuanya dilakukan dengan cara yang ala kadarnya. Dalam artian belum seefektif kini. Kini dengan adanya teknologi, teknik bercocok tanam telah berkembang jadi lebih tinggi. Sehingga dapat menaikkan produksi output cocok tanam itu sendiri.

Contoh Teknologi Modern

Sebuah contoh modern yaitu adalah bangkitnya teknologi komunikasi, yang mana ia memperkecil hambatan bagi interaksi pada sesama manusia, dan sebagai hasilnya, telah membantu melahirkan sub-sub kebudayaan baru, bangkitnya budaya dunia maya yang juga berbasis pada perkembangan dari Internet dan juga komputer. Berikut ini adalah beberapa contoh teknologi baru yang ada yang di dunia saat ini. Baik yang masih dikembangkan atau yang sudah digunakan dari rakyat luas.

1. Drone Atau Pesawat Tanpa Awak

Drone atau pesawat tanpa awak sangat terkenal beberapa tahun belakangan ini. Selain menjadi hobi, drone pula banyak dimanfaatkan agar banyak hal. Misalnya agar pengiriman barang, pemetaan suatu wilayah, dan masih banyak lagi.

2. Virtual Reality

Virtual Reality atau seringkali dianggap dengan VR adalah teknologi yang menggabungkan antara realitas (global konkret) dengan dan juga virtual. Teknologi ini umum dimanfaatkan oleh para pengembang video game. Tapi teknologi ini juga ada banyak dimanfaatkan yang di bidang lain misalnya pendidikan, kedokteran, dan juga masih banyak lagi.

Penutup

Jadi, pengertian teknologi adalah ilmu pengetahuan yang menilik tentang keterampilan pada membentuk indera, metode pengolahan, dan juga ekstraksi benda, untuk membantu merampungkan berbagai permasalahan dan juga pekerjaan manusia sehari-hari. Itulah tadi pembahasan mengenai pengertian teknologi, manfaat teknologi beserta jenis-jenis teknologi yang berkembang saat ini. Penulis berharap Anda bukan hanya mampu menyebutkan istilah teknologi saja dengan begitu mudah tanpa memahami esensi dari teknologi tersebut. Dengan begitu, Anda dapat memahami manfaat yang ditimbulkan dari teknologi itu dan dapat menggunakan teknologi dengan sebagus-bagusnya. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar