Mengenal Pengertian Kecerdasan Buatan: Menurut Para Ahli, Sejarah, Tujuan, Jenis dan Contohnya!

0
Gambar Pengertian Kecerdasan Buatan Apa Itu Artificial Intelligence AI Menurut Ahli Sejarah Tujuan Jenis Implementasi Penerapan Dan Contohnya
Gambar Pengertian Kecerdasan Buatan Apa Itu Artificial Intelligence AI Menurut Ahli Sejarah Tujuan Jenis Implementasi Penerapan Dan Contohnya

Tahukah Kalian Pengertian Kecerdasan Buatan, Apa itu Artificial Intelligence (AI), Menurut Para Ahli, Sejarah, Tujuan, Jenis, Implementasi dan Penerapan serta Contohnya? Sebenarnya, Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan ini bukanlah Teknologi, namun, pada titik tertentu, Kecerdasan Buatan dapat berupa serangkaian Teknologi yang akan datang di masa depan yang biasanya bermanifestasi menjelang akhir siklus Bidang Bisnis.

Ketika kebanyakan orang mendengar istilah ini, hal pertama yang biasanya mereka pikirkan adalah Robot. Hal tersebut mungkin karena banyaknya Film dan Novel berbujet besar yang membuat cerita tentang mesin mirip manusia yang mendatangkan malapetaka di Bumi. Tetapi tidak ada yang bisa lebih jauh dari kebenaran. Ya! Dalam postingan kali ini, Kami akan membahas tentang Pengertian Kecerdasan Buatan (AI) secara lengkap. Simak ulasannya berikut ini!

Pengertian Kecerdasan Buatan

Intelegensi Buatan atau Kecerdasan Buatan (AI) adalah segala hal yang mengacu pada Simulasi Kecerdasan Manusia dalam mesin yang diprogram untuk berpikir seperti manusia dan meniru tindakan mereka. Istilah ini juga dapat diterapkan pada mesin apa pun yang menunjukkan sifat-sifat yang terkait dengan pikiran manusia seperti pembelajaran dan pemecahan masalah. Karakteristik Kecerdasan Buatan adalah kemampuannya untuk merasionalisasi dan mengambil tindakan yang memiliki peluang terbaik untuk mencapai tujuan tertentu berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Investopedia.

Apa itu Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)?

Jadi, Apa itu Kecerdasan Buatan? Mengacu pada penjelasan Pengertian Kecerdasan Buatan di atas, secara sederhana, Kecerdasan Buatan adalah Teknik dan Ilmu untuk menciptakan suatu mesin menjadi cerdas, terutama terkait perangkat Komputer. Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) ini didasarkan pada prinsip bahwa kecerdasan manusia dapat didefinisikan sedemikian rupa sehingga mesin dapat dengan mudah menirunya dan menjalankan tugas, dari yang paling sederhana hingga yang lebih kompleks. Tujuannya meliputi pembelajaran, penalaran, dan persepsi.

Seiring kemajuan Teknologi Informasi, tolak ukur sebelumnya yang mendefinisikan bahwa Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) pun kini menjadi ketinggalan zaman. Sebagai contoh, mesin yang menghitung Fungsi Dasar atau mengenali teks melalui pengenalan karakter yang optimal tidak lagi dianggap sebagai Kecerdasan Buatan, karena Fungsi ini sekarang dianggap sebagai Fungsi Komputer yang melekat.

Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) terus berkembang untuk menguntungkan banyak industri yang berbeda. Mesin ditransfer menggunakan pendekatan lintas disiplin yang berbasis di Matematika, Ilmu Komputer, Linguistik, Psikologi, dan banyak lagi.

Pengertian Kecerdasan Buatan Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami tentang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI), kita harus merujuk kepada Pendapat Para Ahli terkait Pengertian dan Definisi mereka tentang Kecerdasan Buatan. Adapun beberapa Pengertian Kecerdasan Buatan Menurut Para Ahli adalah sebagai berikut:

1. Minsky

Menurut Minsky, Kecerdasan Buatan adalah suatu ilmu yang mempelajari cara menciptakan dan membuat perangkat Komputer untuk melakukan sesuatu seperti yang dilakukan oleh kita sebagai manusia.

2. H. A. Simon

Menurut H. A. Simon, Kecerdasan Buatan adalah Daerah Penelitian, Aplikasi dan Instruksi yang terkait dengan Pemrograman perangkat Komputer untuk melakukan sesuatu hal dalam pandangan hidup kita yaitu adalah sebagai manusia yang cerdas.

Baca Juga :  Pengertian SMS: Apa Itu SMS, Fungsi dan Manfaat Short Message Service

3. Encyclopedia Britannica

Berdasarkan Encyclopedia Britannica, Kecedasan Buatan adalah kemampuan Komputer Digital atau Robot yang dikendalikan Komputer untuk melakukan tugas-tugas yang umumnya dikaitkan dengan makhluk cerdas.

4. Stuart J. Russell dan Peter Norvig

Stuart J. Russell dan Peter Norvig, menurut mereka, Definisi Kecerdasan Buatan adalah Perangkat Komputer yang mampu memahami lingkungannya serta juga bisa melakukan tindakan yang memaksimalkan peluang keberhasilannya di lingkungan tersebut untuk beberapa tujuan.

Sejarah Kecerdasan Buatan

Setelah mengenal Apa itu Kecerdasan Buatan dan Pengertiannya Menurut Para Ahli di as, kita juga harus mengetahui paling tidak sedikit terkait Sejarah Kecerdasan Buatan. Kecerdasan Buatan ini memiliki banyak perkembangan dari tahun ke tahun. Berikut ini, Kami jelaskan Sejarah dari kecerdasan Buatan secara singkat berdasarkan tahunnya.

  • Era Komputer Elektro (1941)
  • Masa Persiapan AI (1943-1956)
  • Awal Perkembangan (1952-1969)
  • Perkembangan AI Melambat (1966-1974)
  • AI menjadi sebuah industry (1980-1988)
  • Kembali dan Berkembangnya Jaringan Saraf Tiruan (1986 – Sekarang)

Istilah Kecerdasan Buatan diciptakan pada Tahun 1956, tetapi AI sudah menjadi lebih populer sekarang ini berkat peningkatan Volume Data, Algoritma yang canggih, dan peningkatan daya komputasi dan penyimpanan. Penelitian AI awal pada Tahun 1950-an mengeksplorasi topik-topik seperti pemecahan masalah dan metode simbolik. Pada Tahun 1960-an, Departemen Pertahanan AS tertarik pada jenis pekerjaan ini dan mulai melatih Komputer untuk meniru penalaran dasar manusia hingga berkembang di seluruh Dunia.

Tujuan Kecerdasan Buatan

Ilustrasi Gambar Tujuan Kecerdasan Buatan Atau Artificial Intelligence AI Dalam Pembahasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Tujuan Kecerdasan Buatan Atau Artificial Intelligence AI Dalam Pembahasan Pengertiannya

Dalam membahas mengenai Kecerdasan Buatan, pastinya kita juga harus mengetahui Tujuan Kecerdasan Buatan ini. Kecerdasan Buatan bertujuan untuk membuat Komputer meniru beberapa Fungsi Otak Manusia. Seperti Kecerdasan Buatan dalam Suara (Soundbyte), dimana idenya tidak lebih rumit dari itu. Secara praktisnya, hal ini berarti Tujuan AI atau Kecerdasan Buatan adalah untuk membuat hidup manusia lebih nyaman.

Salah satu Tujuan Utama Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah untuk menggantikan manusia dalam situasi tertentu di mana manusia rentan terhadap kesalahan. Seperti mengendarai mobil atau menerbangkan pesawat, karena 90% Kecelakaan Fatal disebabkan oleh kesalahan manusia.

Jenis-jenis Kecerdasan Buatan

Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Kecerdasan Buatan Atau Artificial Intelligence AI Dalam Pembahasan Pengertian Kecerdasan Buatan
Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Kecerdasan Buatan Atau Artificial Intelligence AI Dalam Pembahasan Pengertian Kecerdasan Buatan

Kecerdasan Buatan tidak selalu harus berbentuk Robot yang menyerupai manusia. Terkait hal tersebut, adalah merupakan hal yang penting untuk Anda dalam mengetahui apa saja Jenis Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI). Jenis Kecerdasan Buatan ini terbagi menjadi 4 (Empat) Jenis, hal ini sesuai dengan penjelasan seorang Asisten Profesor bernama Arend Hintze. Adapun beberapa Jenis AI tersebut adalah sebagai berikut:

a. Reactive Machines

Jenis Kecerdasan Buatan yang pertama yaitu adalah Reactive Machines atau Mesin reaktif. Contohnya adalah Deep Blue, Program Catur IBM yang mengalahkan Garry Kasparov pada 1990-an. Deep Blue dapat mengidentifikasi bagian-bagian di Papan Catur dan membuat prediksi, tetapi tidak memiliki ingatan dan tidak dapat menggunakan pengalaman Masa Lalu untuk memberi tahu yang berikutnya. Hal ini menganalisis langkah yang mungkin, menganalisis diri sendiri dan lawannya serta memilih langkah yang paling Strategis. Deep Blue dan GoogleGOGO dirancang untuk tujuan yang sempit dan tidak dapat dengan mudah diterapkan pada situasi lain.

b. Limited Memory

Jenis berikutnya yaitu adalah Limited Memory atau Memori Terbatas. Sistem Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) ini dapat menggunakan pengalaman masa lalu untuk menginformasikan keputusan masa depan. Beberapa Fungsi pengambilan keputusan seperti dalam Mobil Self-Driving dirancang dengan cara ini. Pengamatan menginformasikan tindakan yang terjadi di masa depan yang tidak terlalu jauh, seperti jalur penggantian mobil. Pengamatan ini tidak disimpan secara permanen.

c. Theory of Mind

Istilah Psikologi Theory of Mind atau Teori Pikiran ini mengacu pada pemahaman bahwa orang lain memiliki keyakinan, keinginan, dan niat mereka sendiri yang memengaruhi keputusan yang mereka buat. Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) Jenis ini belum ada hingga sekarang ini.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Digital Marketing: Apa itu Pemasaran Digital? Sejarah, Fungsi, Manfaat, Strategi dan Macam Contohnya!

d. Self-Awareness

Jenis yang terakhir yaitu adalah Self Awareness atau Kesadaran Diri. Dalam kategori ini, Sistem Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) memiliki rasa diri dan juga memiliki kesadaran. Mesin dengan kesadaran diri memahami keadaan mereka saat ini dan dapat menggunakan Informasi untuk menyimpulkan apa yang orang lain rasakan. AI jenis sudah ada terutama pada Robot terbaru keluaran 2019 seperti Robot Sophia.

Implementasi dan Penerapan Kecerdasan Buatan

Ilustrasi Gambar Implementasi Dan Penerapan Kecerdasan Buatan Atau Artificial Intelligence Dalam Membahas Pengertian Kecerdasan Buatan
Ilustrasi Gambar Implementasi Dan Penerapan Kecerdasan Buatan Atau Artificial Intelligence Dalam Membahas Pengertian Kecerdasan Buatan

Lalu, Apa saja Implementasi Kecerdasan Buatan yang ada? Mengacu pada Penjelasan Pengertian Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan Tujuannya di atas, adapun beberapa Implementasi dan Penerapan Kecerdasan Buatan diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Sistem Keuangan

Implementasi dan Penerapan Kecerdasan Buatan yaitu adalah pada Sistem Keuangan. Beberapa Bank, sekarang menggunakan Teknologi Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk menangani berbagai kegiatan di Bank. Mereka menangani pekerjaan seperti operasi keuangan, investasi uang dalam saham, mengelola properti yang berbeda dan banyak lagi yang lainnya. Dengan menggunakan Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence untuk menangani aktivitas ini, maka Bank sudah dapat mengalahkan Manusia dalam tantangan perdagangan. Menggunakan AI di bank membantu Bank untuk menangani pelanggan mereka dan memberi mereka solusi dengan cepat.

b. Ilmu Kedokteran

Teknologi Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) mengubah wajah Ilmu Kedokteran. Ada sejumlah Application (Aplikasi) di mana AI digunakan dan memberikan nilai luar biasa. Dalam Ilmu Kedokteran, AI digunakan untuk menciptakan Asisten Perawatan Kesehatan Pribadi Virtual. Mereka digunakan untuk Penelitian dan Analitik. Bahkan Bot Healthcare juga diperkenalkan untuk memberikan dukungan terhadap pelanggan. Robot digunakan untuk menjadwalkan janji di rumah sakit. Dan yang paling penting mereka memberi bantuan dalam 24/7 hari.

c. Industri Alat Berat

Saat ini di sebagian besar Perusahaan Manufaktur Besar, AI digunakan di beberapa Unit Produksinya. Mereka digunakan sebagai Robot yang memberikan bentuk berbeda pada suatu Objek, yang memindahkan objek dari satu tempat ke tempat lain dan lain sebagainya.

Selain Implementasi dan Penerapan Kecerdasan Buatan pada Industri Alat Berat, mereka juga digunakan dalam Sistem Manajemen. Mereka digunakan untuk menyimpan catatan Karyawan, digunakan untuk mengekstrak Data yang benar untuk pengambilan keputusan perusahaan. Menggunakan AI dalam industri besar membantu mereka untuk menyelesaikan tugas mereka tepat waktu dan membantu Bisnis untuk mendapatkan Generasi Pemimpin yang tepat.

d. Transportasi Udara

Salah satu Transportasi yang paling Sistematis adalah Transportasi Udara. Dan tanpa Transportasi Udara mungkin AI tidak bisa berkembang dan bertahan saat ini. Mesin yang digunakan dalam Rencana untuk melakukan Fungsi yang berbeda dijalankan berdasarkan Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence

(AI). Semua kegiatan yang dilakukan untuk mengendalikan Transportasi Udara didasarkan pada Teknologi ini. Ada beberapa Software (Perangkat Lunak) yang dirancang pada Platform ini untuk memberikan Penerbangan yang lebih baik kepada penumpang dan merasa bebas dari bahaya.

e. Game atau Zona Permainan

Implementasi dan Penerapan Kecerdasan Buatan yang terakhir yaitu adalah pada Game atau Zona Permainan. Game Komputer dan TV mendapatkan lebih banyak Pengembangan dan Update atau Pembaruan di bidangnya. Ya, walaupun ada suatu masa ketika “Super Mario” dianggap sebagai Game terbaik. Tetapi saat ini ada banyak Bot permainan yang diperkenalkan dan Anda tidak perlu mempertimbangkan orang lain untuk harus bermain dengan Bot Anda. Sebaliknya, Bot yang dikembangkanlah yang akan bermain dengan Anda.

Baca Juga :  Penjelasan Pengertian Hardening: Apa itu Server dan System Hardening? Tujuan, Jenis dan Macam, Manfaat, Standar, Langkah serta Caranya!

Contoh Kecerdasan Buatan

Terkait pembahasan Pengertian Kecerdasan Buatan di atas, lalu apa saja Contoh Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) ini? Berikut ini akan Kami berikan beberapa Contoh Kecerdasan yang perlu kalian ketahui.

1. SIRI

Contoh Kecerdasan Buatan yang pertama adalah SIRI yang merupakan salah satu Voice Assistants yang dibuat dari perusahaan Apple untuk produk Smartphone, Laptop, dan Desktop mereka. Interface SIRI merupakan Komputer dengan aktivasi Bunyi yang ramah, kita menggunakannya untu berrinteraksi terkait kegiatan sehari-hari. SIRI dapat membantu kita dalam mencari informasi, memberikan arahan, membuat penjadwalan, mengirim pesan dan masih banyak lagi yang lainnya. SIRI menggunakan Teknologi Machine Learning sehingga dapat menjadi semakin Pintar serta memprediksi lebih baik melalui pertanyaan dan permintaan yang kita berikan.

2. Alexa

Alexa adalah satu dari Voice Assistants milik perusahaan Amazon yang disematkan dalam peralatan pintar seperti Smart-Lamp, Smart-Speaker, Smart-Watch, Smart-Tv serta Smartphone. Alexa dibentuk untuk menjadi inti dari integrase tempat tinggal cerdas atau yang biasa dikenal dengan Smart Home. Alexa daapt menafsirkan pembicaraan dari berbagai sudut sebuah ruangan (Alexa berada) dan menerjemakannya menjadi perintah yang dapat membantu kita dalam menjelajah Web untuk Informasi, membuat jadwal, mengatur alarm, mendengarkan musik dan banyak hal lainnya.

3. Tesla

Tesla adalah salah satu perusahaan Otomotif yang menanamkan Kecerdasan Buatan pada beberapa Produk Mobilnya. Salah satu Fitur AI populer pada kendaraan beroda empat milik Tesla yaitu adalah mereka memungkinkan kendaraan beroda empat dikemudikan secara otomatis. Selain itu Aplikasi yang terdapat pada Mobil Tesla ini juga dapat di-Update secara Over-the-Air.

4. Pengenal Wajah Facebook

Contoh Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang terakhir ini yaitu adalah Pengenal Wajah Facebook. Facebook menggunakan sembilan lapisan dalam Jaringan Saraf Tiruan mereka dengan lebih dari 120 Juta Parameter untuk menandai orang didalam foto secara otomatis. Jaringan Saraf Tiruan tersebut dilatih menggunakan lebih dari 4 Juta Data Gambar Wajah sehingga dapat memiliki tingkat akurasi sebanyak 97%.

Kesimpulan

Jadi, dari pembahasan dan penjelasan mengenai Pengertian Kecerdasan Buatan, Apa itu Artificial Intelligence (AI), Menurut Para Ahli, Sejarah, Tujuan, Jenis, Implementasi dan Penerapan serta Contohnya di atas, dapat kita simpulkan bahwa, Kecerdasan Buatan adalah Cabang Ilmu Komputer yang bertujuan untuk menciptakan mesin cerdas yang telah menjadi bagian penting dari Industri Teknologi.

Penelitian yang terkait dengan Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) ini terbilang sangat teknis dan khusus. Masalah inti dari kecerdasan buatan meliputi pemrograman komputer untuk sifat-sifat tertentu seperti Pengetahuan, Pemikiran, Penyelesaian masalah, Persepsi, Belajar, Perencanaan dan Kemampuan untuk memanipulasi dan memindahkan objek.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami berikan dalam postingan kali ini yang membahas mengenai Pengertian Kecerdasan Buatan, Apa itu Artificial Intelligence (AI), Menurut Para Ahli, Sejarah, Tujuan, Jenis, Implementasi dan Penerapan serta Contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar