Memahami Apa Itu Pengertian Platform: Fungsi dan Contoh Platform

0
Gambar Apa Itu Platform Pengertian Platform Fungsi Dan Contoh Platform
Gambar Apa Itu Platform Pengertian Platform Fungsi Dan Contoh Platform

Sebenarnya, apa itu pengertian Platform? Secara umum, Platform adalah Hardware (Perangkat Keras) atau Software (Perangkat Lunak) yang mendasari suatu sistem. Misalnya, Platform mungkin dapat berupa Prosesor Intel 80486 yang menjalankan DOS Versi 6.0. Platform juga bisa berupa mesin UNIX pada jaringan Ethernet.

Platform mendefinisikan standar di mana suatu sistem dapat dikembangkan. Setelah Platform telah ditentukan, pengembang perangkat lunak atau Developer dapat menghasilkan perangkat lunak yang sesuai dan manajer dapat membeli perangkat keras dan Aplikasi yang sesuai. Istilah Platform ini sering digunakan sebagai sinonim dari Sistem Operasi.

Apa itu Platform?

Ketika masuk ke dalam dunia Teknologi dan Komputasi, Platform berperan sebagai fondasi dasar untuk pengembangan dan dukungan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak.

Semua yang dibuat di atas fondasi beroperasi bersama dalam kerangka yang sama. Dengan demikian, setiap Platform memiliki seperangkat aturan, standar, dan batasan yang menentukan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak apa yang dapat dibangun dan bagaimana masing-masing Platform harus bekerja. Ada 2 (dua) jenis Platform dalam bidang Teknologi, adapun jenis Platform tersebut adalah sebagai berikut.

1. Platform Hardware (Perangkat Keras)

Platform Hardware (Perangkat Keras) adalah Platform yang digunakan dalam hal terkait Perangkat Keras. Platform perangkat keras dapat berupa:

  • Seluruh Sistem (Perangkat)
  • Komponen individual
  • Interface (Antarmuka)

2. Platform Software (Perangkat Lunak)

Platform Software (Perangkat Lunak) adalah Platform yang digunakan dalam sesuatu yang berkaitan dengan Software atau Perangkat Lunak. Platform Perangkat Lunak ini lebih luas, namun lebih mudah untuk dihubungkan oleh pengguna. Karena lebih masuk akal, mengingat bahwa kita berinteraksi lebih umum dengan Perangkat Lunak yang berupa Aplikasi, meskipun perangkat keras (mis. Mouse, keyboard, monitor, layar sentuh) membantu menjembatani interaksi Kita. Kategori Umum Platform perangkat lunak termasuk dalam:

  • Software System atau Perangkat Lunak Sistem
  • Software Application atau Aplikasi Perangkat Lunak
Baca Juga :  Cara Reset Printer Canon MP237: Cara Simple Cepat dan Mudah (Work)

Pengertian Platform

Platform adalah sekelompok Teknologi yang digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan aplikasi, proses, atau teknologi lainnya. Dalam komputasi personal, Platform merupakan Perangkat Keras dasar (komputer) dan Perangkat Lunak (Sistem Operasi) tempat aplikasi perangkat lunak dapat dijalankan berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Technopedia.

Komputer menggunakan Unit pemrosesan pusat spesifik (CPU) yang dirancang untuk menjalankan kode bahasa mesin tertentu. Agar Komputer dapat menjalankan Aplikasi Perangkat Lunak, Aplikasi harus dalam bahasa mesin kode biner CPU tersebut. Dengan demikian, secara historis, Program Aplikasi yang ditulis untuk satu Platform tidak akan bekerja pada Platform yang berbeda.

Fungsi Platform

Mengacu pada apa itu pengertian Platform di atas, dalam Teknologi Informasi, Platform merupakan segala perangkat keras atau perangkat lunak yang fungsinya digunakan untuk meng-Host Aplikasi atau Service (Layanan). Platform aplikasi, misalnya, terdiri dari Perangkat Keras, Sistem Operasi, dan Program koordinasi yang menggunakan set instruksi untuk Prosesor atau Mikroprosesor tertentu. Dalam hal ini, Platform menciptakan fondasi yang memastikan kode objek akan dieksekusi dengan sukses.

Saat membeli Software (Perangkat Lunak) adalah merupakan hal yang penting dalam mengetahui untuk Platform apa Perangkat Lunak itu ditulis. Beberapa Software (Perangkat Lunak) adalah Platform mereka untuk berjalan pada satu Platform Windows atau Platform Mac, misalnya seperti Perangkat Lunak juga bisa Cross Platform, yang berarti pengembang bermaksud kode objek untuk dieksekusi di lebih dari satu platform (Win dan Mac). Perangkat Lunak juga dapat berupa Agnostic Platform, yang berarti Perangkat Lunak ini dirancang untuk berjalan pada kombinasi Sistem Operasi dan Arsitektur Prosesor apa pun dengan memasukkan Web Browser sebagai bagian dari Platform yang mendasarinya.

Baca Juga :  Cara Merubah Tampilan Android Menjadi Windows 10 Terbaru

Pengembang Perangkat Lunak yang ingin melihat bagaimana kode mereka berlaku dan bisa digunakan pada Platform yang berbeda dapat menggunakan Jenis Cloud Computing (Komputasi Awan) yang disebut Platform as a Service, atau PaaS. Sederhananya, penyedia Cloud Host berbagai kombinasi Platform Perangkat Keras dan Perangkat Lunak pada infrastrukturnya sendiri dan para Pengembang Perangkat lunak membayar untuk menggunakannya. Ini membebaskan Pengembang tersebut dari keharusan menginstal Perangkat Keras dan Perangkat Lunak di tempat mereka ketika mengembangkan dan menguji Aplikasi Baru.

Contoh Platform

Ilustrasi Gambar Apa Itu Platform Pengertian Platform Fungsi Dan Contoh Platform
Ilustrasi Gambar Apa Itu Platform Pengertian Platform Fungsi Dan Contoh Platform

Berdasarkan penjelasan apa itu pengertian Platform di atas, dalam dunia Komputer, “platform” biasanya mengacu pada Sistem Operasi Komputer. Adapun beberapa Contoh Platform adalah sebagai berikut:

a. Platform dalam Komputer

Contoh Platform dalam Komputer adalah seperti Komputer Dell yang menjalankan Windows 10 akan dianggap berjalan pada platform Windows. Di sisi lain seperti iMAC, berjalan pada platform Macintosh. Ini adalah cara yang lebih umum untuk merujuk ke Sistem Operasi Komputer daripada harus menentukan, misalnya, Windows 10 Professional SP 2, atau Mac OS X 10.3.5. Istilah Platform sering digunakan ketika merujuk pada Sistem Komputer seperti apa yang akan dijalankan oleh Program Perangkat Lunak tertentu.

b. Platform dalam Perusahaan

Contoh Platform dalam Perusahaan, misalnya seperti Karakteristik mendasar yang menentukan Server mungkin melibatkan jenis Prosesor, seperti Intel x86 atau x64 (32-Bit atau 64-Bit), tipe atau kinerja Memori ROM dan RAM, seperti DDR4; dan Interkoneksi Jaringan, seperti 1 GigE. Karakteristik fisik Server juga dapat mencakup faktor bentuk pemasangannya, seperti Rack atau Blade, atau faktor bentuk khusus, seperti desain Open Compute atau Open Rack.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan mengenai apa itu pengertian Platform di atas, dapat Kita simpulkan bahwa, Pengertian Platform adalah struktur yang memungkinkan banyak produk dibangun dalam kerangka Teknis yang sama. Perusahaan berinvestasi dalam Platform dengan harapan bahwa produk masa depan dapat dikembangkan lebih cepat dan lebih murah, daripada jika mereka membangunnya sendiri. Saat ini jauh lebih penting untuk memikirkan Platform sebagai Framework atau kerangka kerja bisnis.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian Alphanumeric (Alphameric): Fungsi, Cara Kerja dan Contohnya

Penutup

Demikianlah ulasan Kami kali ini yang membahas mengenai Pengertian Platform, Apa Itu Platform? Fungsi Platform dan Contoh Platform beserta pembahasannya secara lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Silahkan berikan pendapat Anda pada kolom Komentar di bawah ini atau Hubungi Kami pada Halaman Kontak untuk informasi lebih lanjut. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar