Memahami Pengertian Teknologi Informasi: Menurut Ahli, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Komponen, Peran dan Contohnya!

0
Gambar Apa Itu Pengertian Teknologi Informasi
Gambar Apa Itu Pengertian Teknologi Informasi

Tahukah Kalian, Pengertian Teknologi Informasi? Apa itu Information Technology? Menurut Para Ahli, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Komponen, Peran dan Contohnya? Memang, mungkin Anda akan kesulitan menemukan perusahaan yang setidaknya tidak bergantung sebagian pada komputer, software (perangkat lunak) dalam teknologi informasi, dan jaringan yang menghubungkan mereka selama tugas sehari-hari mereka. Sederhananya, sebagian besar bisnis dan organisasi akan hancur dan tak akan dapat berjalan tanpa berfungsinya sistem TI.

Istilah IT umumnya digunakan sebagai sinonim untuk komputer dan networking (jaringan) mereka, tetapi juga mencakup teknologi distribusi informasi lainnya, seperti televisi dan telepon pintar atau yang biasa kita kenal dengan smartphone. Pada dasarnya, teknologi informasi mengacu pada apa pun yang terkait dengan teknologi komputasi. Ya! Berkenaan akan hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu pengertian teknologi informasi. Baiklah, langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Teknologi Informasi

Disingkat dengan TI, teknologi informasi adalah penggunaan komputer, penyimpanan, jaringan, dan perangkat fisik lainnya, infrastruktur, dan proses untuk membuat, memproses, menyimpan, mengamankan, dan bertukar semua bentuk data elektronik berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Techtarget.

Biasanya, TI digunakan dalam konteks operasi perusahaan yang bertentangan dengan teknologi pribadi atau hiburan. Penggunaan komersial TI mencakup teknologi komputer dan telepon.

Apa itu Information Technology?

Lalu, apa yang dimaksud dengan information technology? Benar! Ini adalah istilah yang dikenal secara global yang mengacu pada teknologi informasi. Secara umum, information technology adalah sebuah studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem liputan berbasis komputer, khususnya hardware (perangkat keras) dan perangkat lunak aplikasi.

Dengan kata lain, teknologi informasi adalah berbagai fasilitas yang terdiri dari hardware dan software untuk mendukung dan mempertinggi kualitas informasi bagi masyarakan secara cepat dan juga berkualitas.

Teknologi Informasi bukan hanya penting menjadi alat komunikasi dalam perangkat elektronik saja, melainkan merupakan perangkat penting yang seharusnya dimiliki dalam usaha sebagai sebuah sarana dalam berkoordinasi dan melakukan pengarsipan dokumen-dokumen penting.

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu teknologi informasi, kita juga harus merujuk kepada pendapat para ahli terkait definisi dan penjelasan mereka tentang teknologi informasi.

Adapun beberapa definisi dan pengertian teknologi informasi menurut para ahli yang perlu kalian ketahui adalah sebagai berikut.

1. Mc. Kewon

Menurut Mc. Kewon, information technology atau teknologi informasi adalah seluruh bentuk dari teknologi yang digunakan dalam membangun, memperbarui, menyimpan serta memakai informasi kedalam segala bentuknya.

2. Haag dan Keen

Menurut Haag dan Keen, menurut mereka, pengertian teknologi informasi adalah seperangkat alat yang digunakan untuk membantu pekerjaan dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang terkait dengan pemrosesan informasi.

3. Martin

Menurut Martin terkait definisi teknologi informasi, mereka menjelaskan bahwa, TI tidak hanya terbatas pada hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) yang dipakai untuk memproses dan menyimpan informasi, namun juga meliputi teknologi dalam Komunikasi yang mengirimkan data dan informasi.

Baca Juga :  Ini Dia Pengertian Content Curation (Kurasi Konten): Manfaat dan Macam-Macam Model dan Tips Melakukannya!

4. Lucas

Menurut Lucas, pengertian teknologi informasi adalah segala bentuk dari teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan keterangan dalam bentuk elektronik.

5. Williams dan Sawyer

Menurut Williams dan Sawyer terkait definisi teknologi informasi, ini adalah teknologi yang menggabungkan komputer dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang dapat membawa data, seperti audio (suara) dan video.

6. Information Technology Association of America (ITAA)

Menurut ITAA terkait penjelasan teknologi informasi, mereka menjelaskan bahwa teknologi informasi adalah proses pengolahan, penyimpanan dan penyebaran informasi bergambar, vocal, teks dan numerik melalui mikro elektronik yang berbasis kombinasi telekomunikasi dan komputasi.

7. Wikipedia

Menurut situs Wikipedia, TI atau teknologi informasi secara bahasa adalah kata pada bidang teknologi apapun yang ada dalam kehidupan manusia yang memiliki manfaat untuk mengganti, membantu, mengkomunikasikan, menyimpan dan berbagi informasi.

Sejarah Teknologi Informasi

Ilustrasi Gambar Sejarah Teknologi Informasi Dalam Membahas Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Sejarah Teknologi Informasi Dalam Membahas Pengertiannya

Dalam membahas penjelasan teknologi informasi, pastinya, adalah merupakan hal yang penting untuk kita dalam mengetahui apa sejarah teknologi informasi ini bukan? Istilah teknologi informasi atau tepatnya information technology ini pertama kali diciptakan oleh Thomas L. Whisler dan Harold J. Leavitt dalam sebuah artikel yang ada di tahun 1958 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review.

Hanya saja, 50 tahun yang lalu, istilah ini jarang diketahui, kecuali oleh mereka yang bekerja di organisasi besar, seperti bank dan rumah sakit yang perlu menyimpan data. Pada saat itu, istilah I.T. hanya digunakan untuk menggambarkan proses menyimpan informasi. Pemrograman komputer dan software development atau pengembangan perangkat lunak ditangani oleh matematikawan dan ilmuwan komputer karena terlalu rumit untuk ditangani oleh profesional lain.

Pada saat itu, tidak ada gelar atau sertifikat dalam teknologi informasi dan bisnis tidak memerlukan departemen TI besar. Tidak ada jaringan yang saling terhubung, server farm, atau sistem komputer yang kompleks. telepon, faks, dan surat biasa adalah alat komunikasi utama.

Tujuan Teknologi Informasi

Setelah mengetahui, apa arti teknologi informasi, menurut para ahli dan sejarahnya di atas, kita juga harus mengetahui apa tujuannya. Secara umum, terdapat 3 (tiga) tujuan utama dari teknologi informasi.

Adapun tujuan utama dari teknologi informasi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Untuk membantu manusia dalam memecahkan berbagai masalah yang ada.
  2. Mendukung serta membuka kreativitas.
  3. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam menyelesaikan pekerjaan mereka.

Fungsi Teknologi Informasi

Ilustrasi Gambar Fungsi Teknologi Informasi Dalam Membahas Penjelasannya
Ilustrasi Gambar Fungsi Teknologi Informasi Dalam Membahas Penjelasannya

Mengacu pada penjelasan apa itu teknologi informasi dan sejarahnya di atas, secara umum terdapat 6 (enam) fungsi teknologi informasi terkait manfaatnya untuk manusia.

Adapun beberapa fungsi teknologi informasi yang perlu kalian ketahui tersebut adalah sebagai berikut.

1. Capturing (Merekam atau Menangkap)

Teknologi informasi dapat mengkompilasi catatan-catatan secara detail berdasarkan banyaknya aktivitas. Misalnya menerima input (masukan) dari keyboard, scanner, mic, dan lain sebagainya.

2. Processing (Mengolah)

Teknologi informasi dapat mengolah dan memproses data input (masukan) yang diterima yang kemudian diubah menjadi sebuah informasi baru. Pengolahan data ini bisa berupa bentuk konversi, analisis, perhitungan, sampai penggabungan dari berbagai bentuk informasi serta data (baca pengertian data disini).

3. Generating (Menghasilkan)

Teknologi informasi akan membentuk atau mengorganisir informasi ke dalam bentuk yang efektif. Misalnya seperti grafik, table atau tabel, perhitungan, dan lain sebagainya.

4. Storage (Menyimpan)

Teknologi informasi juga berfungsi untuk merekam informasi dan data ke dalam suatu media yang kemudian dapat untuk dipakai dalam berbagai keperluan lainnya. Misalnnya data yang disimpan ke dalam flashdisk, CD, dan Harddisk.

5. Retrival (Mencari Kembali)

Fungsi yang berikutnya adalah retrival. Artinya ini juga dapat mencari dan menelusuri kembali informasi dan data yang sudah pernah disimpan. Sebagai contoh, misalnya mencari data dari seorang klien perusahaan yang belum melakukan pembayaran tagihan.

6. Transmission atau (Transmisi)

Teknologi informasi dapat mengirimkan data serta informasi dari suatu lokasi ke lokasi yang lainnya dengan memanfaatkan perangkat jaringan komputer. Sebagai contoh, misalnya mengirim data pembelian ke tim atau bagian yang lain pada lokasi berbeda atau tidak sama.

Baca Juga :  Pengertian HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller) di Komputer!

Komponen Teknologi Informasi

Berdasarkan penjelasan dari teknologi informasi di atas, dalam aktivitasnya, teknologi informasi memiliki 5 (lima) komponen.

Adapun penjelasan tentang komponen keknologi informasi tersebut adalah sebagai berikut.

1. Hardware (Perangkat Keras)

Komponen yang pertama adalah hardware (perangkat keras). Ini adalah perangkat komputer yang digunakan oleh seorang operator atau brainware.

Selain itu, perlu kalian ketahui bahwa sebuah hardware terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

  • Processor atau prosesor
  • Memory card
  • Perangkat peripheral (input dan output)
  • Kabel data

2. Software (Perangkat Lunak)

Berikutnya ada software (perangkat lunak), ini adalah media yang menghubungkan antara perangkat komputer dan brainware yang merupakan seorang operator. Software bisa membantu untuk mengoptimalkan fungsi hardware dalam menerjemahkan berbagai macam instruksi yang diberikan dan dimasukkan oleh operator.

Software dapat dibagi menjadi 2 (dua), yaitu:

a. Software System

Bagian pertamanya adalah software system atau yang kita kenal dengan OS (Operating System). Dengan adanya OS ini, maka hardware dapat menjalankan software atau aplikasi untuk dapat digunakan serta dipakai oleh pengguna user atau operator.

Adapun beberapa OS yang terkenal saat ini antara lain adalah sebagai berikut:

  • Windows
  • Linux
  • Unix

b. Software Aplikasi

Software aplikasi adalah aplikasi pendukung yang berada dalam sebuah operating system untuk memaksimalkan kinerja perangkat Komputer.

Adapun beberapa software aplikasi yang populer saat ini antara lain adalah sebagai berikut:

  • Microsoft Office
  • Photoshop
  • CorelDraw
  • AutoCad
  • Dan lain sebagainya

3. Infoware

Infoware adalah sebuah dokumentasi dari sebuah data atau informasi (baca pengertian informasi disini).

4. Fireware

Firewire adalah media tempat penyimpanan yang tetap. Fungsinya yaitu sebagai lokasi untuk menyimpan berbagai macam data yang ada dalam sebuah komputer. Baca selengkapnya tentang pengertian firewire disini.

5. Brainware (User)

Brainware adalah komponen paling penting dari teknologi informasi. Tanpa adanya Brainware, maka komputer kita tidak akan dapat bekerja atau beroperasi, kenapa? Karena pada dasarnya fungsi perangkat komputer itu sendiri adalah sebagai alat penunjang kebutuhan seorang user. Anda dapat membaca penjelasan lengkap tentang pengertian brainware disini.

6. Peopleware

Peopleware juga merupakan salah satu komponennya yang tidak bisa dipisahkan, secara umum, ini adalah sama dengan brainware yaitu mengacu pada orang atau pengguna.

Peran Teknologi Informasi dalam Bisnis

Berdasarkan penjelasan di atas, maka secara langsung dan tidak langsung teknologi informasi berperan penting dalam kelangsungan bisnis atau perusahaan.

Adapun beberapa peran teknologi informasi dalam bisnis adalah sebagai berikut.

1. Mempermudah Komunikasi

E-mail adalah salah satu bentuk teknologi informasi yang saat ini merupakan sesuatu yang familiar sebagai alat untuk komunikasi. E-mail dalam bisnis dipakai sebuah sarana komunikasi antar karyawan, supplier serta pelanggan.

Penggunannya yang mudah membuat e-mail lebih efisien dan efektif. Seiring berjalannya waktu dan munculnya kata chatting sebagai alat komunikasi yang lebih cepat daripada e-mail (baca pengertian e-mail disini).

2. Manajemen Data

Pada pembahasan pengertian teknologi informasi sebelumnya, sudah Kami singgung disana bahwa salah satu keuntungannya adalah untuk pengarsipan dokumen. Dengan adanya database perusahaan, maka ketika ini bukan lagi dibutuhkan perpaduan dokumen-dokumen pada lemari file.

Pada berbagai bisnis profesional yang ada banyak seperti saat ini, seluruh pengarsipan dokumen dilakukan secara digital melalui perangkat penyimpanan.

3. Sistem Informasi Manajemen

Teknologi informasi mendukung sistem informasi manajemen perusahaan dimana alat ini berperan dalam melacak data penjualan, biaya dan taraf produksi perusahaan.

4. CRM (Customer Relationship Management)

Bisnis yang menerapkan teknologi informasi terbaru yang berguna untuk merancang dan mengelola hubungan dengan pelanggan. CRM (Customer Relationship Management) dapat mengambil setiap hubungan antara perusahaan dengan pelanggan sehingga, jika sewaktu-waktu perusahaan membutuhkan data pelanggan, maka data tersebut telah siap untuk digunakan karena sudah ter-record menggunakan baik.

Baca Juga :  Inilah Pengertian Version Control: Apa itu VCS? Tujuan, Cara Kerja, Jenis, Manfaat dan Contohnya serta Kenapa itu Penting?

Selain itu, CRM pula dapat memaksimalkan kepuasan pelanggan dengan adanya pelayanan yang cepat dari pihak perusahaan.

5. Bisnis dapat Beraktivitas Selama 24 Jam Sehari

Dengan adanya teknologi informasi, maka usaha Anda bisa beroperasi selama 24 jam. Dalam hal ini, bisnis yang Anda jalankan tidak akan terbatas pada tempat dan waktu saja.

Pemesanan produk pun dapat dilakukan selama 24 jam dimana hal ini berkaitan dengan apa itu yang disebut dengan kompetisi. Semakin mudah pelayanan yang Anda berikan maka perusahaan atau usaha Anda pun akan semakin mudah untuk dikenal masyarakat umum secara luas.

6. Munculnya Peluang E-Bussiness

Dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin maju, maka semakin meningkatkan peluang untuk mendorong kemajuan usaha. Dengan adanya e-bussiness atau yang biasa dikenal dengan e-commerce (baca pengertian e-commerce disini), maka kebutuhan akan waktu serta biaya menjadi lebih efisien. Ini memungkinkan Anda untuk melakukan dan berbinis secara online melalui internet.

7. Mengurangi Biaya Operasional dan Produksi

Dengan adanya kemajuan di bidang information technology, maka hal ini dapat membantu perusahaan dalam menerima keuntungan atau laba yang maksimal, tentunya dengan pengeluaran yang lebih sedikit.

Sehingga dengan penurunan biaya dalam operasional, maka perusahaan dapat menambah jumlah dalam produksi.

Contoh Teknologi Informasi

Ilustrasi Gambar Contoh Information Technology Dalam Membahas Penjelasannya
Ilustrasi Gambar Contoh Information Technology Dalam Membahas Penjelasannya

Selain mengenal dan memahami pengertian teknologi informasi, pastinya kita juga harus mengetahui apa saja contohnya bukan? Ya, baik Anda berada di tempat kerja konvensional atau pun tidak, Anda pasti akan bertemu dan menggunakan teknologi informasi dalam berbagai aspek kehidupan Anda.

Adapun beberapa contohnya yang mungkin Anda temui meliputi:

  • Peralatan telepon dan radio.
  • Perangkat lunak manajemen kinerja untuk mengelola penetapan tujuan dan tinjauan kinerja.
  • Perangkat lunak untuk pengolah kata dan spreadsheet.
  • Peralatan konferensi video.
  • PC, Personal Computer atau komputer pribadi.
  • Perangkat lunak manajemen konten untuk blogging dan kolaborasi.

Kesimpulan

Oke, berdasarkan penjelasan Pengertian Teknologi Informasi? Apa itu Information Technology? Menurut Para Ahli, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Komponen, Peran dan Contohnya di atas, dapat kita simpulkan bahwa information technology atau teknologi informasi yang sering diucapkan “T.I.” adalah segala hal yang mengacu kepada apa pun yang terkait dengan teknologi komputasi, seperti jaringan, perangkat keras, perangkat lunak, internet, atau orang yang bekerja dengan teknologi ini. Banyak perusahaan sekarang memiliki departemen TI untuk mengelola komputer, jaringan, dan bidang teknis lainnya dari bisnis mereka.

Pekerjaan TI termasuk pemrograman komputer, administrasi jaringan, teknik komputer, pengembangan web, dukungan teknis atau IT support, dan banyak pekerjaan terkait lainnya. Karena kita hidup di zaman “serba informasi”, teknologi informasi telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Hal tersebut berarti istilah “TI” ini sudah sangat sering digunakan.

Penutup

Demikianlah postingan dan ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas mengenai Pengertian Teknologi Informasi? Apa itu Information Technology? Menurut Para Ahli, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Komponen, Peran dan Contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua terutama dalam memahaminya.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini, jika kalian rasa ini dapat bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar