Mengenal Pengertian Peopleware: Apa itu Peopleware? Sejarah, Tujuan dan Contohnya!

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Peopleware Apa Itu Pengertian Sejarah Tujuan Dan Contoh Peopleware
Ilustrasi Gambar Pengertian Peopleware Apa Itu Pengertian Sejarah Tujuan Dan Contoh Peopleware

Tahukah kalian, Apa itu Pengertian Peopleware?, Sejarah, Tujuan dan Contohnya? Benar, Sistem komputer terdiri dari seluruh perangkat komputer yang kita gunakan termasuk Perangkat Keras dan Perangkat Lunak. Komponen perangkat keras dan lunak mengkompilasi dan bekerja bersama untuk membentuk sistem komputer. Seperti yang sudah Kami jelaskan sebelumnya, terdapat banyak istilah dan kata yang berkaitan dengan Teknologi, salah satunya adalah Peopleware.

Secara umum, Pengertian Peopleware adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada salah satu dari tiga aspek inti dari teknologi komputer. Istilah Peopleware juga berkaitan dan juga disamakan dengan Brainware. Baiklah, di dalam postingan kali ini, Kami akan membahas mengenai Istilah Peopleware secara lengkap. Mari simak ulasannya!

Pengertian Peopleware

Peopleware adalah istilah yang mengacu pada peran manusia dalam Sistem Teknologi Informasi. Dalam banyak kasus, Peopleware membentuk semacam “segitiga konseptual” dengan perangkat keras dan perangkat lunak. Istilah ini merujuk pada bakat manusia sebagai semacam bagian dari proses Teknologi Informasi yang dikomodifikasi dan bagian penting dalam menyediakan berbagai model bisnis teknis dan sumber daya perencanaan lainnya berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Technopedia.

Apa itu Peopleware?

Ilustrasi Gambar Dari Pengertian Peopleware Apa Itu Pengertian Sejarah Tujuan Dan Contoh Peopleware
Ilustrasi Gambar Dari Pengertian Peopleware Apa Itu Pengertian Sejarah Tujuan Dan Contoh Peopleware

Lalu, apa itu Peopleware? Komputer beroperasi menggunakan kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak. Namun, tanpa interaksi pengguna, sebagian besar komputer akan menjadi mesin yang tidak berguna. Oleh karena itu, “Peopleware” kadang-kadang dianggap sebagai aspek ketiga yang memperhitungkan pentingnya manusia dalam proses komputasi.

Peopleware kurang nyata daripada perangkat keras atau perangkat lunak, karena dapat merujuk ke banyak hal berbeda. Peopleware termasuk orang perorangan, kelompok orang, tim proyek, bisnis, pengembang, dan pengguna akhir. Meskipun Peopleware dapat berarti banyak hal yang berbeda, Peopleware selalu merujuk pada orang yang mengembangkan atau menggunakan sistem komputer.

Baca Juga :  Pengertian Native App (Aplikasi Asli): Apa itu, Platform, Contoh, Toolsnya

Meskipun istilah ini mungkin tidak banyak digunakan sebagai “Hardware (Perangkat keras)” atau “Software (Perangkat Lunak)“, Peopleware adalah bagian penting dari teknologi komputer dan pengingat yang baik bahwa peran orang tidak boleh diabaikan oleh bisnis atau organisasi apa pun.

Sejarah Peopleware

Setelah mengetahui apa itu Peopleware di atas, kita juga harus mengetahui sedikit hal terkait dari Sejarah Peopleware. Adapun Sejarah Peopleware ini dimulai oleh orang bernama Peter G. Neumann.

Istilah Peopleware pertama kali digunakan oleh Peter G. Neumann pada Tahun 1977 dan secara independen diciptakan oleh Meilir Page-Jones pada tahun 1980, dipopulerkan dalam buku Peopleware: Productive Projects and Teams tahun 1987 oleh Tom DeMarco dan Timothy Lister. Peopleware mengacu pada peran orang dalam teknologi dan pengembangan perangkat keras atau perangkat lunak.

Tujuan Peopleware

Mengacu pada apa itu Pengertian Peopleware dan Sejarah Peopleware di atas, Peopleware adalah mereka yang diklasifikasikan di bawah payung luas peopleware biasanya memiliki sertifikasi kunci dalam bidang ini dan bidang spesialisasi terkait Informatika lainnya. Tujuan Penggunaan istilah Peopleware telah menyebabkan debat yang bersemangat tentang bagaimana perusahaan memandang bakat manusia. Terkait Tujuan Peopleware, Peopleware memainkan peran penting dengan tujuan pengembangan dan peningkatan sistem perangkat keras dan perangkat lunak, serta pemrograman, manajemen proyek, desain antarmuka, dan interaksi manusia-mesin.

Banyak spesialis Teknologi individu, Blogger dan lainnya melihat jenis klasifikasi ini adalah hal yang merendahkan, dan berpendapat bahwa pekerja manusia bukan sumber daya tetapi bagian independen dari struktur tim. Dengan demikian, klasifikasi Profesional sebagai Peopleware mempromosikan penyederhanaan yang dapat merusak hubungan perusahaan. Masalah ini cenderung menjadi lebih lazim di bidang TI karena budaya perusahaan sering berbenturan dengan minat pekerja dengan pengetahuan independen yang memiliki jenis bakat yang dibutuhkan bisnis untuk mencapai tujuan mereka.

Baca Juga :  Pengertian Mentions: Cara Melacak dan Tips Meresponnya dalam Media Sosial

Contoh Peopleware

Seperti yang sudah Kami jelaskan dalam penjelasan apa itu Peopleware, Sejarah dan Tujuan Peopleware di atas, Peopleware adalah mengacu pada pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang di industri komputer. Bersama dengan perangkat lunak dan perangkat keras, peopleware melengkapi tiga atribut dari teknologi komputer yang sangat dinamis. Adapun beberapa Contoh Peopleware adalah sebagai berikut:

1. Computer Engineers

Computer Engineers adalah orang yang biasanya terlibat dalam desain dan aplikasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan industri atau sektor tertentu. Computer Engineers terutama bertanggung jawab untuk pembaruan dalam perangkat lunak serta memberikan kustomisasi tambahan perangkat lunak saat ini untuk memastikan fungsionalitas sistem.

Selain itu, bidang robotika membutuhkan keahlian seorang Insinyur Komputer untuk meningkatkan desain dan fungsinya secara mahir.

2. Software Engineers

Software Engineers adalah orang yang bertanggung jawab atas desain dan pengembangan perangkat lunak komputer, serta pengujian dan evaluasinya. Mereka biasanya bekerja pada chip komputer untuk memastikan itu berfungsi dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

3. Spesialis Teknologi Informasi

Spesialis Teknologi Informasi adalah orang ditugaskan untuk merencanakan dan mengoordinasikan instalasi, operasi, pemecahan masalah, dan pemeliharaan perangkat lunak dan sistem perangkat keras komputer. Spesialis Teknologi Informasi memastikan bahwa program, prosedur, dan kebijakan keamanan yang diperlukan diimplementasikan untuk menjamin data perusahaan aman dan terlindungi.

4. Website Designer

Website Designer atau Desainer Situs Web adalah mereka yang terlibat dalam pembangunan skema navigasi situs web. Pekerjaan mereka juga termasuk mengumpulkan konten dan aplikasi online di internet. Website Designer juga bekerja pada Layout (Tata Letak) halaman Website serta penempatan strategis informasi yang berguna dan praktis tentang situs web. Terkadang, mereka juga bertanggung jawab untuk desain konseptual dan branding.

Baca Juga :  Pengertian HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller) di Komputer!

5. Teknisi Komputer

Teknisi Komputer adalah orang yang bertanggung jawab atas perbaikan dan pemeliharaan komputer dan servernya. Mereka juga membangun atau mengkonfigurasi perangkat keras baru serta menginstal dan memperbarui perangkat lunak. Mereka juga ditugaskan untuk menciptakan dan memelihara Jaringan Komputer atau Networking.

Kesimpulan

Jadi, dari pembahasan mengenai Apa itu Peopleware, Pengertian, Sejarah, Tujuan dan Contohnya di atas, dapat kita simpulkan bahwa, Peopleware adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada salah satu dari tiga aspek inti dari teknologi komputer, yaitu:

  • Hardware (Perangkat Keras)
  • Software (Perangkat Lunak)
  • Peopleware atau Brainware

Peopleware dapat merujuk pada apa pun yang berkaitan dengan peran orang dalam pengembangan atau penggunaan perangkat lunak komputer dan sistem perangkat keras, termasuk masalah seperti produktivitas pengembang, kerja tim, dinamika kelompok, psikologi pemrograman, manajemen proyek, faktor organisasi, manusia desain antarmuka, dan interaksi manusia-mesin.

Penutup

Demikianlah ulasan Kami kali ini yang membahas mengenai Apa itu Peopleware, Pengertian, Sejarah, Tujuan dan Contoh Peopleware. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua dalam memahaminya. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar