Pengertian Website: Jenis, Manfaat, Unsur dan Contoh Website Secara Lengkap

0
Pengertian-Website
Apa itu pengertian Website?

Pengertian Website

Website adalah? Apa itu Website? Pengertian Website yaitu adalah suatu dokumen berupa deretan laman web yang saling terhubung dan isinya terdiri dariberbagai informasi berbentuk teks, bunyi, gambar, video, dan juga lainnya, dimana semua data tersebut disimpan kepada server hosting.

Untuk membuka sebuah website maka pengguna harus memiliki perangkat (komputer, smartphone) yang terkoneksi dengan dan juga internet atau intranet. Halaman website atau web umum berbentuk dokumen didalam format Hyper Text Markup Language (HTML), yang dapat diakses melalui HTTP atau HTTPS, suatu protokol yang membicarakan aneka macam informasi oleh server website bagi ditampilkan kepada para user atau pemakai melalui web browser.

Sebuah website memiliki alamat URL yang unik dan juga spesifik yang dianggap dengan dan juga domain. Misalnya:

Rifqimulyawan.Com, Google.Com, Facebook.Com, dan lain sebagainya.

Website mampu diakses dengan dan juga memakai browser dan juga koneksi internet. Namun, ada beberapa website yang bisa diakses memakai jaringan lokal (LAN).

Pengertian Website Menurut Para Ahli

Untuk lebih tahu apa pengertian website, maka kita dapat merujuk kepada pendapat beberapa pakar tentang definisi website. Berikut ini merupakan pengertian website berdasarkan para pakar:

1. Sibero

Menurut Sibero, pengertian website adalah suatu sistem yang berkaitan dengan dokumen digunakan menjadi media buat menampilkan teks, gambar, multimedia dan juga lainnya kepada jaringan internet.

2. Hidayat

Menurut hidayat, pengertian website merupakan holistik laman-halaman web yang terdapat didalam sebuah domain yang mengandung informasi. Sebuah website biasanya dibangun atas banyak laman web yang saling bekerjasama.

3. Yuhefizar

Menurut Yuhefizar, pengertian website adalah holistik halaman-halaman yang mengandung informasi yang terdapat pada sebuah domain. Sebuah website umumnya dibangun atas ada banyak dalam web yang saling terkait satu sama lain.

4. Gregorius

Menurut Gregorius, pengertian website merupakan kumpulan laman web yang saling terhubung dan juga file-filenya saling terkait. Web terdiri dari page, dan juga perpaduan page dinamakan homepage.

5. Hakim Lukmanul

Menurut Hakim Lukmanul, definisi website adalah fasilitas internet yang menghubungkan berbagai dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen dalam website diklaim dengan dan juga web halaman dan juga hyperlink dalam website memungkinkan pengguna bisa berpindah dari satu laman ke laman lain.

Baca Juga :  Pengertian Meta Element (HTML): Fungsi dan Contoh Meta Element

Jenis website

Jenis-jenis website ada 3 (tiga) macam diantaranya, bisa dibaca dibawah ini:

a. Website Statis

Website Statis adalah suatu website yang mempunyai halaman yang tidak berubah. Yang artinya adalah untuk melakukan sebah perubahan pada suatu halaman hanya bisa dilakukan secara manual yitu dengan cara mengedit kode-kode yang menjadi struktur dari website itu sendiri.

b. Website Dinamis

Website Dinamis adalah merupakan suatu website yang secara strukturnya diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain dimana utamanya yang bisa diakses oleh para pengguna (user) pada umumnya, juga telah disediakan halaman backend yaitu untuk mengedit kontent dari website tersebut. Contoh dari website dinamis seperti web berita yang didalamnya terdapat fasilitas berita, dan sebagainya.

c. Website Interaktif

Website Interaktif adalah suatu website yang memang pada saat ini memang terkenal. Contohnya website interaktif seperti forum dan blog. Di website ini para pengguna bisa berinteraksi dan juga beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka.

Manfaat website

Manfaat dari website biasanya sebagaian orang memiliki suatu alasan untuk membuat web itu sendiri, diantaranya:

  • Memperluas jangkauan promosisesuatu, dengan memiliki website maka produk kita lebih bisa dikenal oleh masyarakat khususnya pengguna internet.
  • Bisa menjadi media tanpa batas, sebab internet adalah media informasi yang tanpa batas. Dengan memiliki website kita berarti sama saja memiliki banayk karyawan yang mempromosikan produk kita selama 24 jam. Yang artinya diman website kita akan memberikan suatu informasi kepada calon konsumen selama 24 jam.
  • Promosi yang luas, internet adalah suatu media promosi terluas di dunia jika dilihat dari jangkauan area.
  • Media pengenalan perusahaan, Jika kita memeliki suatu perusahaan akan lebih mudah kita mengenalkan perusahaan lewat website, kerana jangkauannya internet yang luas dan pemakainya yang banyak, sehingga perusahaan kita akan dikenaloleh masyarakat banyak sehingga dapat mendatangkan calon konsumen dengan cara promosi produk lewat website.
  • Dan lain-lain.

Macam-macam domain website

Domain website, contohnya bisa di baca di bawah ini:

  • .co.id : Biasanya digunakan untuk badan usaha yang memiliki badan hukum sah.
  • .go.id : Khusus digunakan untuk Lembaga Pemerintahan  RI.
  • .ac.id : Dipakai untuk Lembaga Pendidikan.
  • .or.id: Dipakai untuk segala macam organisasi yang tidak termasuk kedalam kategori ”co.id”,”go.id”,”mil.id”, “ac.id” dan sebagainya.
  • .war.net.id : Dipaki untuk industri warung internet (warnet) yang ada di Indonesia
  • .sch.id: Dipakai khusus untuk Lembaga Pendidikan SD, SMP dan SMU atau SMK
  • .web.id: Biasanya digunakan untuk organisasi, badan usaha, ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di WWW.

Unsur-Unsur Website

Gambar Unsur Website Pengertian Website
Gambar Unsur dari Website

Di dalam sebuah website masih ada dua komponen krusial, yaitu Domain dan juga Hosting. Tanpa komponen ini maka website tidak bisa diakses.

Baca Juga :  Pengertian Folder dalam Komputer: Fungsi dan Cara Membuatnya Lengkap

a. Nama Domain

Nama domain merupakan nama unik sebuah website untuk mengidentifikasi nama server personal komputer di internet. Setiap website pasti mempunyai domain unik, contohnya Google.Com, Rifqimulyawan.Com, atau Facebook.Com.

Domain bisa disewa oleh perusahaan pengelola domain internet (registrar). Beberapa perusahaan registrar domain antara lain:

  • Godaddy.Com
  • Namecheap.Com
  • Name.Com
  • Masterweb.Com
  • Rumahweb.Com
  • Dan lainnya

b. Web Hosting

Web hosting adalah loka atau lokasi penyimpanan database (teks, bunyi, gambar, video, dan lain-lain) oleh sebuah website. Umumnya pemilik website menyewa jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server buat menempatkan informasi yang di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.

Beberapa perusahaan jasa web hosting antara lain:

  • Hawkhost.Com
  • Rumahweb.Com
  • Niagahoster.Co.Id
  • Hostinger.Co.Id
  • Dan lain-lain

c. Konten Website

Konten website adalah komponen yang sangat krusial dalam eksistensi website yang di internet. Tanpa adanya konten website tentunya tidaklah terdapat yang ditawarkan kepada pengunjung.

Konten website umumnya diciptakan atau dibentuk oleh si pemilik website, contohnya website berbentuk blog yang isinya merupakan artikel atau gambar sesuai dengan dan juga topik website tersebut.

Tetapi ada jua website yang kontennya diciptakan atau dibuat dari para penggunanya, baik itu konten berbentuk teks, gambar, atau video. Beberapa contoh website yang kontennya dibuat oleh penggunanya,

Media Sosial (YouTube.Com, Twitter.Com, Facebook.Com, dan lain-lain)
Situs forum (Bersosial.Com, Ads.Id, Forum.Idws.Id, dan lain-lain)

Contoh Website

Ilustrasi Contoh Website Pengertian Website
Ilustrasi Gambar Contoh Website

Berikut ini adalah beberapa contoh website sederhana tapi berisi konten yang sangat menarik. Lima dari 12 website di bawah ini adalah merupakan rancangan web yang menjadi favorit para desainer website yang professional.

1. The Great Discontent

Website ini sederhana tapi menarik dan dengan tampilan mewah bisa kita lihat dari The Great Discontent (Thegreatdiscontent.com), yaitu sebuah website yang sangat menginspirasi. Pilihan desainer website ternama, Tom Wong. Sangat simple dengan penampilan yang mewah untuk komposisi kelas atasnya. Konten dari website ini berisikan interview dari kesuksesan orang-orang yang berkecimpung dalam industri kreatif dengan nilai estetika secara visual yang luar biasa.

 2. Polygon

Untuk contoh website yang unik dan juga berkelas, Anda bisa melihatnya pada website Polygon (Polygon.com). Website ini features hingga reviewnya merupakan website untuk liputan seputar game terbaru. Website ini masih baru, hadir di tahun 2012.

Polygon sudah sangat terkenal serta digandrungi oleh para pencinta game di seluruh dunia, mulai dari yang amatir sampai yang professional. Estetika website ini sangat serasi dan berbobot. Lebih stylist juga dibandingkan website lainnya, ini pun digunakan oleh Tom Wong.

 3. Source

Untuk yang senang belajar dan sharing, maka Source (Source.opennews.org) adalah pilihannya. Source ini sendiri merupakan projek dari Knight Mozilla Open News. Merupakan website yang menjadi komunitas bagi seorang desainer, developer, dan jurnalis coder. Komentar yang akan Anda temukan didalam website ini sifatnya begitu aktif, begitu juga dengan tutorial yang disediakan di dalamnya.

Baca Juga :  Pengertian Big Data: Menurut Ahli, Sejarah, Cara Kerja dan Contohnya

4. NICAR

Untuk website yang tekun dan persistent, Anda bisa melihat NICAR (www.ire.org/nicar). NICAR ini mengajarkan kemampuan analisis dan jurnalistik serta menjadi tempat untuk penyimpanan data dan code terbesar sejak tahun 1989.

5. This is My Jam

Website ini sederhana tapi menarik dari para desainer website ternama adalah This is My Jam (Thisismyjam.com), cocok untuk mereka para seniman jenius. Website ini adalah merupakan media social dimana penggunanya bisa membagikan lagu, sederhana dengan tujuan menyampaikan music. Desainnya yang begitu bagus dan sangat jenius, terutama dalam eksekusinya.

6. 9gag & Reddit

Anda juga pasti sudah mengenal website 9gag (9gag.com). Website ini sendiri merupakan versi rapi dari Reddit (Reddit.com). Berisi postingan gambar yang aneh, humoris, dan unik telah Reddit kembangkan sejak tahun 2005. Sementara 9gag ini yang baru muncul di tahun 2009 mendulang sukses besar dengan meraih jutaan visitor per hari hingga saat ini.

7. We Choose The Moon

Website Wechoosethemoon.org adalah merupakan website yang menceritakan kejadian atau peristiwa secara detail. Menggunakan animasi 3D yang lengkap dengan foto, audio, video, dan statusnya.

8. Cleverbot

Website Cleverbot.com adalah merupakan website untuk kepentingan komunikasi dengan layanan messenger dan chatnya. Tapi, interaksi ini menggunakan robot atau makhluk digital. Mereka akan menjawab semua pertanyan Anda tanpa salah. Jawabannya sarkastik dan tidak jarang membuat Anda kesal. Jika sedang dalam keadaan mood yang baik dan ingin berteman dengan makhluk asing, maka website ini harus Anda kunjungi.

9. Google Street View Image Gallery

Website Google Street View Image Gallery ini akan mengajak Anda berkeliling dunia dengan koleksi fotonya. Anda akan segera menemukan tempat yang sebelumnya belum pernah terlintasi di pikiran Anda.

10. Monoface

Website Monoface ini adalah penuh dengan imajinasi yang lengkap dalam memberikan humornya kepada Anda. Anda bisa menggabungkan banyak wajah di website ini. Koleksinya banyak dengan pilihan menu modifikasi yang sempurna.

11. Arcade Atari

Arcade Atari (Atari.com/arcade) merupakan website untuk Anda yang rindu dengan games dari Atari. Atari Arcade ini akan mengajak Anda bernostalgia dalam memainka game yang klasik. Kini, website ini memodifikasi game klasik tersebut menjadi modern dan bisa Anda mainkan juga dengan gratis.

12. The Infinite Oz

Website ini (www.syfy.com) adalah merupakan ruang imajinasi tanpa batas. Anda akan dibawa ke dimensi lain secara menyenangkan. Efek yang diberikan dari segi sound nya yang keluar pada waktu yang tepat sangat sempurna. Membuat Anda betah berpetualan dengan website ini.

Demikianlah ulasan singkat kali ini mengenai pengertian website. Sekian dari sayan, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar