Mari Pahami Pengertian Website: Menurut Para Ahli, Sejarah, Jenis dan Contoh Website!

0
Gambar Pengertian Website Apa Itu Pengertian Website Menurut Para Ahli Sejarah Unsur Unsur Manfaat Serta Jenis Dan Contoh Website
Gambar Pengertian Website Apa Itu Pengertian Website Menurut Para Ahli Sejarah Unsur Unsur Manfaat Serta Jenis Dan Contoh Website

Pengertian Apa Itu Website, Menurut Para Ahli, Apa itu Website? Sejarah, Unsur-Unsur Website, Manfaat serta Jenis dan Contohnya. Seperti yang sudah kita ketahui, sebuah Website adalah elemen terpenting yang ada di Internet. Terkait struktur dari Website sendiri, Central atau Pusat dari Website disebut dengan Home Page. Home Page biasanya adalah halaman pertama yang Anda lihat ketika Anda membuka sebuah Website. Home Page juga dapat disebut “Start Page” atau “Index Page”.

Website hadir dalam variasi yang hampir tak ada habisnya, termasuk situs Pendidikan, situs Berita, situs Por**, forum, situs Media Sosial, situs E-Commerce, dan lain sebagainya. Kata Website sering digunakan secara tidak konsisten dan terkadang berubah-rubah. Oleh karena itulah kali ini Kami akan membahas secara lengkap tentang Website. Baiklah, langsung saja, berikut ulasannya!

DAFTAR ISI:

Pengertian Website

Website adalah kumpulan halaman Web yang dapat diakses publik dan saling terkait yang berbagi satu nama domain. Situs web dapat dibuat dan dikelola oleh individu, grup, bisnis atau organisasi untuk melayani berbagai keperluan. Bersama-sama, semua situs web yang dapat diakses publik merupakan WWW (World Wide Web) berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Technopedia. Selain itu, Situs web juga dikenal sebagai keberadaan web.

Pengertian Website Menurut Para Ahli

Agar kita lebih memahami tentang apa itu pengertian Website, maka, kita tentu harus merujuk kepada pendapat beberapa ahli tentang definisi dan pengertian dari Website. Berikut ini adalah pengertian dan definisi apa itu Website:

1. Sibero

Menurut Sibero, terkait apa itu Website, Pengertian Website menurut Sibero adalah suatu sistem yang berkaitan dengan dokumen digunakan menjadi media untuk dapat menampilkan teks, gambar, multimedia dan (hal) lainnya kepada jaringan (yang ada pada) Internet.

2. Hidayat

Menurut Hidayat, tentang apa itu Website, Pengertian Website menurut Hidayat adalah kumpulan dari halaman-halaman Web yang terdapat didalam sebuah Domain dan (halaman web) itu mengandung informasi. Sebuah website biasanya dibangun di atas banyak halaman web yang kerjanya yaitu saling bekerjasama.

3. Yuhefizar

Menurut Yuhefizar, mengenai apa itu Website, Pengertian Website Yuhefizar adalah metode untuk menampilkan informasi di internet, termasuk teks, gambar, video dan suara serta interaktif yang memiliki kelebihan dan terhubung (Link atau Tautan) dari dokumen dengan dokumen lain (Hypertext) yang dapat diakses melalui Web Browser.

4. Gregorius

Menurut Gregorius, pengertian website merupakan kumpulan laman web yang saling terhubung dan juga file-filenya saling terkait. Web terdiri dari page, dan juga perpaduan page dinamakan homepage.

5. Hakim Lukmanul

Menurut Hakim Lukmanul, pengertian dan definisi website adalah sebuah fasilitas internet yang menghubungkan (antara) berbagai dokumen dalam lingkup lokal maupun lingkup jarak jauh. Dokumen yang ada dalam website disebut dengan Web Page dan Hyperlink dalam website memungkinkan untuk pengguna Website dapat berpindah-pindah dari satu halaman ke halamannya yang lain.

Apa itu Website?

Lalu, apa sebenarnya Website? seperti yang sudah Kami jelaskan tentang apa itu pengertian Website di atas, Situs Web atau Website adalah lokasi pusat dari berbagai halaman web yang semuanya terkait dan dapat diakses dengan mengunjungi halaman beranda situs web menggunakan browser.

Sebagai contoh, misalnya, URL alamat setelah Anda mengetikkan Situs Blog Belajar Teknologi Informasi di Google yaitu adalah:

https://rifqimulyawan.com

Dari beranda Kami, Anda bisa mendapatkan akses ke halaman web mana pun yang terdapat di situs web kami.

Sejarah Website

Dalam membahas mengenai Pengertian Website, Menurut Para Ahli dan penjelasan Apa itu Website, kita juga harus mengenal apa itu Sejarah awal dari Website. Langsung saja di bawah ini adalah Sejarah singkat awal dari Website hingga sekarang.

Tempat Lahirnya Web

Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan Inggris, menemukan World Wide Web (WWW) pada tahun 1989, saat bekerja di CERN. Web awalnya disusun dan dikembangkan untuk memenuhi permintaan berbagi informasi otomatis antara ilmuwan di universitas dan institut di seluruh dunia.

Bagaimana Awal Dimulai Web

Info.cern.ch adalah alamat situs web dan server Web pertama di dunia, yang berjalan pada komputer NeXT di CERN. Alamat halaman Web pertamanya yaitu adalah:

http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html

Halaman ini berisi tautan ke informasi tentang proyek WWW itu sendiri, termasuk deskripsi hiperteks, detail teknis untuk membuat server Web, dan tautan ke server Web lain saat tersedia.

Meluasnya Web hingga Sekarang

Hanya beberapa pengguna yang memiliki akses ke platform komputer NeXT di mana browser pertama berjalan, tetapi pengembangan segera dimulai pada browser yang lebih sederhana, “line-mode”, yang dapat berjalan pada sistem apa pun. Itu ditulis oleh Nicola Pellow selama penempatan pekerjaan siswanya di CERN. Pada Tahun 1991, Berners-Lee merilis perangkat lunak WWW-nya. Hal tersebut termasuk browser “line-mode”, perangkat lunak server Web dan perpustakaan untuk pengembang. Pada bulan Maret 1991, Softwarre (Perangkat Lunak) menjadi tersedia untuk kolega menggunakan komputer CERN. Beberapa bulan kemudian, pada Agustus 1991, dia mengumumkan perangkat lunak WWW di newsgroup internet dan minat pada proyek yang menyebar di seluruh dunia.

Baca Juga :  Pengertian Search Engine Marketing (SEM): Alat, Sektor dan Cara Kerja

Web Menjadi Global

Berkat upaya Paul Kunz dan Louise Addis, server Web pertama di Amerika Serikat mulai online pada Desember 1991, sekali lagi di laboratorium partikel fisika Stanford Linear Accelerator Center (SLAC) di California. Pada tahap ini, pada dasarnya hanya ada dua jenis browser. Salah satunya adalah versi pengembangan asli, yang canggih tetapi hanya tersedia di mesin NeXT. Yang lainnya adalah browser “line-mode”, yang mudah dipasang dan dijalankan pada platform apa pun tetapi terbatas dalam daya dan keramahan pengguna.

Standar Terbuka

Poin penting adalah bahwa web harus tetap menjadi standar terbuka bagi semua orang untuk digunakan dan tidak seorang pun boleh menguncinya ke dalam sistem berpemilik. Dalam semangat ini, CERN mengajukan proposal ke Komisi Uni Eropa di bawah program ESPRIT: “WebCore”. Tujuan dari proyek ini adalah untuk membentuk konsorsium internasional, bekerja sama dengan Institut Teknologi Massachusetts AS. Pada Tahun 1994, Berners-Lee meninggalkan CERN untuk bergabung dengan MIT dan mendirikan Konsorsium Web World Wide Web Internasional (W3C). Sementara itu, dengan persetujuan proyek LHC jelas terlihat, CERN memutuskan bahwa pengembangan web lebih lanjut adalah kegiatan di luar misi utama laboratorium.

Unsur-Unsur Website yang Baik

Ilustrasi Gambar Unsur Unsur Website Dalam Pengertian Apa Itu Website Dan Pengertiannya Menurut Para Ahli
Ilustrasi Gambar Unsur Unsur Website Dalam Pengertian Apa Itu Website Dan Pengertiannya Menurut Para Ahli

Setelah mengenal dan mengetahui apa itu Pengertian Website, Menurut Para Ahli dan penjelasan Apa itu Website di atas, kita juga harus mengetahui apa Unsur-unsur dari sebuah Website yang baik. Adapun Unsur-unsur dari Website yang baik adalah sebagai berikut:

1. Navigasi yang Baik

Halaman depan Anda harus dapat dengan cepat memandu pelanggan (potensial) Anda ke informasi yang mereka cari. Halaman Anda harus fokus pada sudut pandang pelanggan. Ingat, situs web Anda TIDAK sepenuhnya tentang Anda atau perusahaan Anda.

2. Call To Action yang Jelas

Apa itu CTA (Call To Action) atau Tindakan Aksi? CTA (Call To Action) adalah kombinasi kata-kata yang mendesak pembaca, pendengar, atau pemirsa pesan promosi penjualan untuk mengambil tindakan segera, seperti “Pesan Sekarang”, “Hubungi Sekarang”, atau “Klik Di Sini”. Panggilan untuk beraksi harus singkat dan jelas. CTA yang efektif untuk bertindak hanya membutuhkan antara dua hingga lima kata.

3. Bangun Kepercayaan

Desain adalah alasan utama mengapa orang tidak mempercayai situs web tertentu. Hal ini adalah poin yang sangat valid. Kami adalah spesies visual dan semua yang kita lihat berdampak pada emosi, keputusan, dan persepsi kita. Salah satu caranya yaitu dengan memiliki Responsive Web Design yang bagus untuk semua perangkat.

4. Layout yang Tepat

Bagaimana Anda menempatkan diri Anda dalam membaca halaman di situs web? Sebagian besar pengguna internet melihat halaman dalam pola berbentuk F. Lokasi yang dirancang secara horizontal mendorong pola membaca berbentuk Z. Karena pengunjung situs suka membaca sekilas tentang subjudul, poin-poin dan mereka hanya berkonsentrasi pada dua paragraf pertama, fokuskan desain situs web Anda dengan mempertimbangkan area-area ini.

5. SEO yang Bagus

Terkai dalam SEO (Search Engine Optimization), mendapatkan posisi teratas pada halaman hasil mesin pencari menerima mayoritas tayangan dan klik, sehingga peringkat di posisi teratas ini dapat menghasilkan peningkatan lalu lintas yang signifikan untuk situs web Anda.

6. Website yang Cepat

Ketika datang untuk membangun Traffic (Lalu Lintas) Pengunjung Website dan menjaga pengunjung di halaman Anda, memuat waktu memainkan peran utama. Berdasarkan Google Analytics, 40% dari pengguna Web meninggalkan halaman yang membutuhkan waktu lebih dari tiga detik untuk memuat. Rata-rata, situs web memerlukan waktu sekitar 2 detik untuk memuat, tetapi kurang dari satu detik optimal untuk melihat peningkatan lalu lintas yang besar.

7. Mobile friendly

Kita hidup di zaman serba Smartphone. Anda hampir tidak dapat makan malam dengan teman dan keluarga tanpa sebagian dari kita terus-menerus memeriksa ponsel kami. Seperti yang sudah Kami sebutkan di atas, agar memiliki website yang Mobile Friendly, kalian harus memiliki Responsive Web Design yang bagus untuk semua perangkat.

Manfaat Website

Ilustrai Gambar Manfaat Memiliki Websitie Dalam Pengertian Website Dan Penggertiannya Menurut Para Ahli
Ilustrai Gambar Manfaat Memiliki Websitie Dalam Pengertian Website Dan Penggertiannya Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui Apa itu Pengertian Website, Pengertian Website Menurut Para Ahli, Unsur-Unsur, Jenis dan Contoh Website di atas, kita juga harus tahu apa manfaat dari memiliki Website. Berikut ini adalah Manfaat dari memiliki Website:

a. Website Menyediakan Presentasi Visual

Tidak setiap organisasi dapat membeli iklan televisi, tetapi situs web menyediakan elemen visualisasi dan selalu tersedia bagi siapa saja yang memiliki akses Internet. Jika pelanggan memiliki pertanyaan yang dapat dijawab lebih baik di situs web daripada melalui telepon, ini adalah aset berharga bagi bauran pemasaran Anda.

b. Website dapat Ditemukan Melalui Mesin Pencari

Ada kemungkinan Anda menemukan situs web Kami melalui mesin pencari seperti Google. Antara 80-95 Persen dari semua lalu lintas situs web biasanya berasal dari mesin pencari. Anda dapat menargetkan pengunjung yang secara aktif mencari Anda, produk Anda, layanan Anda, atau informasi Anda. Sebuah Website adalah cara yang sangat efektif untuk mengiklankan kepada mereka yang sudah tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

c. Website Selalu Tersedia

Tidak ada media lain untuk dapat tersedia dalam 24 Jam dibandingkan dengan Website. Dengan biaya pengembangan situs web yang sederhana dan membuatnya online, tidak ada yang mendekati biaya efektif. Bahan cetakan mudah salah tempat. Iklan TV dan radio ditayangkan pada waktu yang ditentukan. Situs web dapat dikunjungi pada waktu yang nyaman bagi pengunjung, dan lebih menarik jika dirancang dengan benar.

d. Website Bersifat Interaktif

Beberapa tahun yang lalu, sebagian besar Website tidak lebih dari brosur elektronik. Potensi nyata mereka tidak disadari. Sekarang Website telah berubah secara dramatis. Pengunjung situs web memiliki kemampuan untuk mengontrol dan berinteraksi dengan situs web yang dirancang dengan baik. Anda dapat melakukan tur virtual, memutar objek untuk melihat semua sisi, memberikan umpan balik langsung, dan banyak lagi hal yang lainnya.

e. Website dapat Menargetkan Setiap Pengunjung Secara Khusus

Kebutuhan setiap pengunjung dipenuhi dengan desain situs web yang efektif. Dengan penargetan yang tepat, Anda mendapat perhatian karena mereka sudah tertarik. Dengan merencanakan situs web secara strategis, Anda dapat menyesuaikan setiap area dengan jenis pengunjung situs web yang dapat memanfaatkannya. Bahkan dimungkinkan untuk menyesuaikan halaman web dengan pengguna individual untuk menambah kenyamanan.

f. Website Mudah Diperbarui

Tidak seperti bahan cetak, situs web dapat diubah setiap menit jika diperlukan. Biaya produksi video yang mahal, dan waktu pengeditan yang dibutuhkan untuk iklan yang baik, membuat situs web menjadi lebih menarik. Selain itu, video dapat disediakan di situs web, dan materi cetak dapat disediakan untuk diunduh seketika di situs web.

g. Website Menghemat Biaya Pencetakan dan Pengiriman Surat

Dengan membuat bahan cetakan tersedia di situs web, itu menguntungkan Anda dan pengunjung situs web Anda. Mereka memiliki akses instan sehingga mereka tidak harus menunggu surat Anda tiba, dan Anda menghemat pencetakan dan pengiriman surat. Website Anda dapat memiliki dampak yang lebih besar karena Anda dapat mengilustrasikan hal-hal seperti gerakan dan animasi yang tidak dapat ditampilkan oleh materi cetak.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Yandex: Apa itu Yandex? Jenis Layanan dan Cara SEO untuk Yandex Search Engine!

h. Website dapat Meningkatkan Hubungan Pelanggan

Selain dari fakta bahwa ketika seorang pelanggan meminta Anda alamat Website Anda, mereka mengharapkan Anda memilikinya, ada banyak manfaat yang dapat ditawarkan situs web kepada hubungan pelanggan Anda. Beberapa adalah:

  • Pelanggan dapat membuat keputusan pembelian berdasarkan informasi; Jika mereka memutuskan antara Anda dan pesaing, situs web Anda dapat berarti perbedaan antara siapa yang mendapatkan bisnis.
  • Menyediakan cara bagi pelanggan untuk mendapatkan keuntungan setelah penjualan; Jika Anda memberikan informasi atau dukungan melalui situs web yang membuat mereka lebih senang membeli dari Anda, itu memperkuat bisnis Anda.
  • Memberikan Daftar Mailing; Maka Pelanggan dan pengunjung situs web Anda akan memberi Anda izin untuk menghubungi mereka tentang penawaran khusus atau hal-hal tambahan yang mungkin tertarik untuk mereka beli dari Anda.

Sebenarnya, ada banyak manfaat Website lagi selain yang kami sebutkan di sini, tetapi ini adalah gambaran umum yang bagus agar kita dapat memahaminya.

Jenis dan Contoh Website

Ilustrasi Gambar Jenis Dan Contoh Website Dalam Pengertian Apa Itu Website Dan Pengertiannya Menurut Para Ahli
Ilustrasi Gambar Jenis Dan Contoh Website Dalam Pengertian Apa Itu Website Dan Pengertiannya Menurut Para Ahli

Mengacu pada apa itu Pengertian Website, Menurut Para Ahli dan penjelasan Apa itu Website dan Sejarahnya di atas serta Unsur-Unsur Website di atas, terdapat miliaran Website di Internet saat ini yang dapat dipecah menjadi salah satu dari jenis kategori situs web berikut. Ingatlah bahwa ada kemungkinan salah satu Website tersebut masuk dalam lebih dari satu jenis kategoti berikut. Misalnya, situs web juga dapat berupa forum, webmail, blog, atau mesin pencari. Adapun beberapa Jenis Kategori Website adalah sebagai berikut:

  1. Website Arsip
  2. Website Blog (Weblog)
  3. Website Bisnis dan Situs Web Perusahaan
  4. Website Komunitas
  5. Website Konten dan Website Informasi
  6. Website Kencan
  7. Website E-Commerce
  8. Website Game
  9. Website Pemerintah
  10. Website Bantuan, Website Tanya Jawab
  11. Website Malicious (Berbahaya)
  12. Website Media Sharing
  13. Website Mirror
  14. Website Berita
  15. Website P2P dan Website Torrent
  16. Website Pribadi
  17. Website Kepribadian
  18. Website Review
  19. Website Sekolah
  20. Website Scraper (Peniru)
  21. Website Search Engine atau Mesin Pencari.
  22. Website Jejaring Sosial.
  23. Website Berita Sosial.
  24. Website Komik.
  25. Website Webmail.
  26. Website Wiki.

Tenang saja, di bawah ini akan Kami ulas secara detail masing-masing dari Jenis Kategori Website dan Contohnya. Simak uraiannya berikut.

1. Website Arsip

Website Arsip adalah situs yang menyimpan catatan konten dari satu atau lebih situs web lain. Contoh dari Website Arsip adalah Internetarchive.org yang merupakan contoh terbaik dari situs web arsip.

2. Website Blog (Weblog)

Blog adalah Website yang sering dibuat oleh seseorang untuk menyimpan daftar entri yang menarik minat mereka. Website Microblog atau Microblogging juga merupakan bentuk situs web blogging populer lainnya yang membatasi jumlah karakter yang dapat diposkan seseorang di setiap entri blog. Contohnya yaitu Twitter.com adalah contoh populer situs web jejaring sosial yang dapat menjadi tempat microblog.

3. Website Bisnis dan Website Perusahaan

Website bisnis atau situs web perusahaan dibuat untuk memberikan informasi akun dan akses ke pelanggan, mitra, klien, dan pelanggan potensial. Contohnya seperti Website Sitenesia.com dan Niagahoster.com.

4. Website Komunitas

Website Komunitas adalah situs web atau bagian dari situs web yang membantu menyatukan pengunjung yang mengunjungi situs menggunakan obrolan, forum, atau bentuk lain dari papan buletin. Contohnya adalah Website KasKus.co.id Indonesia.

5. Website Konten dan Website Informasi

Website Konten dan Website Informasi dibuat dengan tujuan menampilkan konten unik yang sering dikaitkan dengan kategori tertentu. Misalnya, Website Rifqimulyawan.com dapat dianggap sebagai situs konten yang merupakan situs dengan konten yang terkait Belajar Teknologi Informasi. Kategori lain dapat mencakup situs web politik yang memiliki konten yang berkaitan dengan politik atau pandangan politik atau situs web agama dengan informasi tentang agama tertentu.

6. Website Kencan

Website Kencan adalah situs yang didirikan untuk membantu menghubungkan orang-orang yang mungkin tertarik untuk bertemu orang lain atau berkencan dengan orang lain. Sebagian besar situs web kencan memerlukan sedikit biaya, memerlukan deskripsi tentang diri Anda sendiri, dan sering kali memiliki serangkaian pertanyaan untuk membantu menemukan orang yang paling sesuai dengan minat Anda. Contohnya adalah Website Dating.com.

7. Website E-Commerce

Website E-Commerce (Perdagangan Elektronik) adalah situs apa pun yang dibuat dengan tujuan untuk menjual barang atau layanan online. Amazon.com adalah contoh sempurna dari situs web E-Commerce. Situs web E-Commerce dapat dipecah lebih jauh menjadi salah satu subkategori, antara lain sebagai berikut:

a. Website Afiliasi

Website Afiliasi adalah situs web yang dibuat dengan tujuan untuk menjual produk pihak ketiga. Misalnya, Amazon memiliki program afiliasi yang memungkinkan siapa saja untuk menautkan ke situs mereka dan membuat komisi jika ada yang dibeli setelah tautan diklik. Situs web afiliasi tidak boleh disamakan dengan situs web E-Commerce. Contohnya adalah Ratakan.com

b. Website Lelang

Website Lelang adalah situs web yang memungkinkan orang lain untuk menjual barang atau jasa mereka. Misalnya, Ebay.com adalah salah satu situs lelang online paling terkenal. Lihat halaman lelang online kami untuk informasi dan contoh lebih lanjut.

c. Website Iklan

Website Iklan adalah situs yang memungkinkan siapa saja untuk membuat daftar barang atau jasa yang biasanya gratis atau dengan biaya kecil. Olx.com adalah contoh yang baik dari situs web iklan baris.

d. Website Crowdfunding

Website Crowdfunding adalah Website yang dibuat untuk membantu mendukung bisnis, orang, atau lainnya dengan melakukan pembayaran satu kali atau bulanan. Contoh yang bagus dari situs web crowdfunding adalah Kickstarter.com.

8. Website Game

Website Game adalah situs web apa pun yang menampilkan permainan yang dapat dimainkan di situs web. Seringkali game online ini dibuat menggunakan HTML5, Flash, atau Java. Website Game tidak boleh dikacaukan dengan situs web konten game yang memiliki konten yang relevan dengan game tanpa game yang sebenarnya untuk dimainkan. Contoh dari Website Game adalah Yugioh.com.

9. Website Pemerintah

Website Pemerintah adalah situs departemen, lokal, atau pemerintah negara bagian yang dibuat untuk membantu memberi informasi kepada publik tentang bisnis dan layanan pemerintah. Situs web pemerintah daerah juga dapat dibentuk untuk membantu mempromosikan pariwisata. Contoh dari Website Pemerintah adalah Indonesia.go.id.

10. Website Bantuan dan Tanya Jawab

Website bantuan dan situs tanya jawab adalah situs di mana setiap orang dapat mengirim pertanyaan tentang topik apa pun yang dapat dibayangkan dan di mana pengunjung situs tersebut dapat membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan itu. Contoh dari Website ini adalah Answer.Yahoo.com.

Baca Juga :  HTML Tag Adalah: Pengertian, Contoh, Perbedaannya dengan Elemen

11. Website Malicious

Website Malicious adalah situs web apa pun yang didirikan dengan tujuan menginfeksi komputer lain atau mengumpulkan data pribadi. Misalnya, situs web malware adalah situs yang dibuat dengan tujuan menginfeksi pengunjung dengan malware, spyware, atau trojan horse. Jenis situs ini terdapat unduhan yang terinfeksi, dan skrip yang mencuri cookie komputer yang Anda gunakan untuk masuk ke situs web Anda. Anda dapat menemukan daftar Website Malicioud di Situs Norton.com.

a. Website Phising

Situs web jahat umum lainnya termasuk Website Phishing. Situs-situs ini dirancang agar terlihat seperti situs resmi lainnya misalnya Situs tersebut mirip seperti Website Bank Anda dengan harapan bahwa mereka dapat menipu informasi sensitif seperti nama pengguna dan kata sandi Anda.

b. Website Hoax

Website Hoax atau Berita Palsu adalah jenis lain dari situs jahat yang dibuat untuk menjadi sumber berita yang sah dengan maksud membantu menyebarkan ketakutan dan kebohongan.

12. Website Media Sharing

Website Media Sharing adalah situs web apa pun yang berspesialisasi dalam memungkinkan pengunjung untuk berbagi satu atau lebih jenis media. Misalnya, YouTube adalah situs untuk berbagi media video, Soundcloud.com adalah situs untuk berbagi musik, Flickr.com adalah tempat untuk berbagi foto, dan Deviantart.com adalah halaman untuk berbagi seni.

13. Website Mirror

Website Mirror adalah duplikat lengkap dari situs web lain yang digunakan saat situs web menjadi kelebihan beban. Website Mirror membantu dengan kecepatan situs web di berbagai belahan dunia. Juga, meskipun serupa, situs mirror tidak boleh disamakan dengan Website Scraper atau CDN.

14. Website Berita

Website Berita adalah situs yang didedikasikan untuk memberikan berita lokal atau dunia terbaru. Website Berita juga dapat didedikasikan untuk topik tertentu. Misalnya, banyak situs web berita terkait komputer yang didedikasikan untuk berbicara tentang komputer terbaru dan berita terkait teknologi. Contoh dari Website Berita adalah Tribunnews.com.

15. Website P2P dan Website Torrent

Website P2P dan Website Torrent adalah situs yang dibuat untuk mencantumkan daftar torrent yang tersedia yang dapat diunduh menggunakan program berbagi file. Website Warez mirip dengan situs web torrent kecuali situs web itu menyimpan dan meng-host musik, video, dan perangkat lunak yang dapat diunduh siapa pun ke komputer mereka. Ketika merujuk ke situs web warez, situs itu menggambarkan situs tempat materi berhak cipta dan diunduh secara ilegal.

16. Website Pribadi

Website Pribadi adalah situs yang dibuat oleh seorang individu yang berbicara tentang kehidupan pribadi, keluarga, pengalaman hidup mereka, dan mungkin berisi riwayat hidup. Saat ini, banyak orang membuat situs web pribadi sebagai blog atau menggunakan situs jejaring sosial sebagai tempat untuk menyimpan informasi tentang diri mereka sendiri. Contoh dari Website Pribadi adalah Cristianoronaldo.com.

17. Website Kepribadian

Website Kepribadian adalah situs web apa pun yang mencakup individu seperti artis, selebriti, musisi, penulis, atau orang lain mana pun. Jenis-jenis situs web ini dapat diatur oleh orang yang berafiliasi dengan orang seperti publisitas atau agensi atau oleh penggemar kepribadian sesuatu. Contoh dari Website Kepribadian yaitu adalah Bieberfever.com.

18. Website Review

Website Review adalah situs apa pun yang berfokus pada ulasan tentang suatu produk atau layanan. Sebagai contoh, misalnya Yelp.com memungkinkan konsumen untuk meninjau bisnis di daerah mereka. Situs ulasan lain dapat meninjau hal-hal lain seperti film atau produk. Selain itu, banyak situs E-Commerce memiliki ulasan dari orang-orang yang telah membeli produk yang mereka jual.

19. Website Sekolah

Website Sekolah adalah situs yang dibuat untuk mewakili sekolah atau perguruan tinggi setempat. Situs sekolah memiliki ikhtisar sekolah dan memberi siswa dan orang tua tempat untuk masuk dan meninjau nilai dan informasi terkait sekolah lainnya. Contoh dari Website Sekolah adalah seperti Umbjm.ac.id.

20. Website Scraper

Website Scraper adalah situs web yang secara ilegal mencuri (mengikis) konten situs web lain. Melakukan hal ini dapat memungkinkan orang untuk menghasilkan pendapatan iklan jika lalu lintas yang cukup didorong ke situs web scraper. Namun, jenis situs ini bertentangan dengan semua KL pengiklan (ketentuan layanan) dan ketika tertangkap akan diblokir oleh perusahaan yang menyediakan iklan tersebut. Situs web pengikis tidak boleh dikacaukan dengan situs web cermin, yang merupakan salinan situs yang diatur dengan izin.

21. Website Search Engine atau Mesin Pencari

Website Search Engine atau Mesin Pencari adalah situs web yang didedikasikan untuk membantu orang menemukan informasi di Internet. Google.com adalah contoh terbaik dari situs web mesin pencari. Selain Google, Website Search Engine lainnya adalah Bing.com dan Yahoo.com.

22. Website Jejaring Sosial

Website Jejaring Sosial adalah Website yang menghubungkan pengguna dengan teman, keluarga, selebritas, grup, dan organisasi. Layanan ini biasanya gratis, dengan syarat bahwa situs web dapat mengumpulkan informasi tentang pengguna dan menjualnya kepada entitas domestik atau asing. Facebook.com dan Twitter.com adalah contoh yang baik dari situs web jejaring sosial.

23. Website Berita Sosial

Website Berita Sosial adalah situs yang menghasilkan konten dari para anggotanya dan setelah diposting, semua anggota lainnya dapat memberikan suara jika mereka menikmati atau menyukai cerita tersebut. Reddit.com adalah contoh situs web berita sosial yang memungkinkan semua orang memposting hampir semua hal. Reddit adalah tempat yang tepat untuk menemukan hal-hal yang paling menarik bagi Anda di Internet.

24. Website Webcomic

Website Webcomic adalah situs yang memposting strip komik harian, mingguan, atau bulanan. Contoh dari Website Webcomic adalah Webcomics.co.id

25. Website Webmail

Website Webmail adalah situs web yang dapat dilihat, dikirim, dan diterima seseorang tanpa memerlukan perangkat lunak. Contoh yang bagus dari program webmail adalah Gmail.com.

26. Website Wiki

Website Wiki adalah situs yang dibuat menggunakan perangkat lunak Wiki dan sering diedit dan diperbarui oleh lebih dari satu orang. Contoh terbaik dari Website Wiki adalah Wikipedia.com.

Kesimpulan

Jadi dari pembahasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa, Pengertian Website adalah lokasi pusat dari berbagai halaman web yang semuanya terkait dan dapat diakses dengan mengunjungi halaman beranda situs web menggunakan browser. Misalnya, URL (Uniform Resource Locator) alamat situs web Kami adalah https://rifqimulyawan.com.

Penutup

Itulah pembahasan Kami tentang Pengertian Apa Itu Website Dan Pengertiannya Menurut Para Ahli, Apa itu Website? Sejarah, Unsur-Unsur Website, Manfaat serta Jenis dan Contoh Website yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua dalam memahami apa itu Website. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar