Pengertian Responsive Web Design: Dasar, Prinsip dan Manfaatnya

0
Gambar Pengertian Responsive Web Design Apa Itu Responsive Web Design Pengertian Responsive Web Design
Gambar Pengertian Responsive Web Design (Desain Web Responsif)

Pengertian Responsive Web Design (Desain Web Responsif) Adalah

Apa itu Responsive Web Design (Desain Web Responsif)? Responsive Web Design (Desain Web Responsif) adalah pendekatan yang menyarankan bahwa desain dan pengembangan harus menanggapi perilaku dan lingkungan pengguna berdasarkan ukuran layar, platform, dan orientasi.

Responsive Web Design (Desain Web Responsif) terdiri dari campuran grid dan tata letak yang fleksibel, gambar, dan penggunaan kueri media CSS yang cerdas. Saat pengguna beralih dari laptop ke iPad, Website harus secara otomatis beralih untuk mengakomodasi resolusi, ukuran gambar, dan kemampuan skrip. Seseorang mungkin juga harus mempertimbangkan pengaturan pada perangkat mereka seperti jika mereka memiliki VPN untuk iOS di iPad mereka, misalnya, situs web tidak boleh memblokir akses pengguna ke halaman. Dengan kata lain, situs web harus memiliki teknologi untuk secara otomatis menanggapi preferensi pengguna. Ini akan menghilangkan kebutuhan untuk fase desain dan pengembangan yang berbeda untuk setiap gadget baru di pasar.

Dasar-dasar Responsive Design (Desain Responsif)

Mengacu pada pengertian Responsive Web Design (Desain Web Responsif) di atas, ada beberapa dasar dalam Responsive Design (Desain Responsif) yaitu adalah sebagai berikut:

a. Breakpoints

Kueri media CSS3 membuat batas bersyarat di mana lebar browser jenis perangkat tertentu kemudian akan memicu gaya alternatif.

Baca Juga :  Pengertian Crack: Fungsi, Cara Kerja Crack dan Cara Menggunakannya

b. Fluidity

Penskalaan cairan dapat dicapai dengan beberapa cara berbeda, tetapi akan selalu melibatkan persentase atau nilai-nilai mereka untuk memungkinkan wadah untuk skala dalam batas-batas elemen induknya, dan akhirnya Web Browser. Penskalaan cairan diperlukan untuk mencapai daya tanggap di antara breakpoint, untuk memaksimalkan real estat Anda, serta untuk mempertahankan aliran kolom dalam kisi responsif.

c. Desain

Layout grid juga dapat digunakan di seluruh situs web, termasuk sidebar dan konten tubuh. Akibatnya, banyak situs web dirancang pada kisi-kisi, mengalir dari kiri ke kanan, dari atas ke bawah (seperti bahasa tertulis Jerman dan Latin).

Prinsip Responsive Web Design (Desain Web Responsif)

Sebagaimana penjelasan Kami mengenai pengertian Responsive Web Design (Desain Web Responsif) di atas, adapun prinsip Responsive Web Design (Desain Web Responsif) adalah sebagai berikut:

1. Grids Harus Fleksibel

Inti dari Responsive Design (Desain Responsif) terletak pada memiliki tata letak kotak fluida. Tata letak ini memanfaatkan ukuran relatif yang sesuai dengan konten web dengan ukuran layar apa pun yang sesuai. Ukuran relatif di sini berarti bahwa tidak ada kerangka kerja kotak statis yang diimplementasikan. Pengembang sebaliknya memposisikan konten menggunakan CSS.

2. Breakpoint

Breakpoints juga disebut permintaan media. Mereka digunakan untuk menjalankan gaya yang berbeda sesuai dengan kemampuan perangkat pengguna. Ini memungkinkan situs web untuk mendeteksi perangkat yang digunakan dan menata halaman dengan tepat. Pertanyaan media dengan demikian mengontrol tinggi, lebar, tinggi perangkat, rasio aspek dan orientasi di antara banyak faktor lainnya.

3. Fleksibilitas Gambar dan Media

Dengan mempertahankan fleksibilitas ini, foto dan media lain di situs Anda dapat beradaptasi dan memuat secara berbeda berdasarkan perangkat apa yang dimiliki pengguna. Ini dicapai dengan menggunakan CSS overflow atau scaling. Fleksibilitas ini memungkinkan gambar menyusut atau mengembang secara dinamis sehingga sesuai dengan wadahnya.

Baca Juga :  Pengertian Email Marketing: Tujuan, Keuntungan dan Tips Melakukannya!

4. Peningkatan Progresif

Prinsip peningkatan progresif berfokus pada fungsi paling penting dari situs web atau aplikasi web. Ini mendorong pengembang untuk memulai dengan meletakkan elemen dasar terlebih dahulu, sehingga situs web dapat diakses, bahkan dari peramban yang paling sederhana dan paling dasar. Setelah ini tercapai, fitur, gaya, dan interaktivitas yang lebih maju kemudian dapat ditambahkan ke situs secara bertahap, menggunakan CSS, JavaScript atau Framework JavaScript, SVG Flash dan sejenisnya.

5. Merancang untuk perangkat seluler dari tahap paling awal (Mobile first)

Berbeda dengan umum, pendekatan ini memprioritaskan sisi seluler situs web dan aplikasi web. Karenanya istilah “mobile first”. Dengan kata lain, “mobile first” menunjukkan bahwa pengembang harus selalu membuat versi mobile dari produk mereka terlebih dahulu, dan tentunya, membangunnya untuk desktop.

6. Grid Modular Halaman

Grid halaman modular adalah “kerangka” desain yang tidak terlihat, sistem panduan horizontal dan vertikal yang membantu mengarahkan dan meluruskan elemen individu dari komposisi. Untuk menghasilkan kisi-kisi modular, kerangka kerja CSS (seperti Bootstrap) yang biasa digunakan dibuat untuk menyederhanakan pekerjaan pembuat halaman, kecepatan pengembangan dan menghilangkan jumlah kesalahan tata letak yang semaksimal mungkin.

Manfaat Responsive Web Design (Desain Web Responsif)

Gambar Fungsi Responsive Web Design Apa Itu Responsive Web Design Pengertian Responsive Web Design
Gambar Manfaat Responsive Web Design (Desain Web Responsif)

Sebuah survei yang dilakukan oleh “pusat penelitian PWE” pada Mei 2017 menunjukkan bahwa sekitar enam dari sepuluh orang dewasa A.S. (58%) menerima berita di perangkat seluler, sementara hanya 39% mendapatkan berita di komputer desktop atau laptop. Terlebih lagi, pada April 2018 Google mengumumkan indeks mobile-first. Ini adalah fakta yang menunjukkan bagaimana kepemilikan ponsel telah berkembang pesat baru-baru ini, melampaui gabungan desktop dan laptop. Ini berarti bahwa semua bisnis yang mulai meningkatkan kehadiran ponsel mereka pasti akan mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs mereka dan sebagai hasilnya memulai pertumbuhan jangka panjang.

Kelebihan dan Kekurangan Responsive Web Design (Desain Web Responsif)

Berdasarkan pengertian Responsive Web Design (Desain Web Responsif) di atas, adapun kelebihan dan kekurangan Responsive Web Design (Desain Web Responsif) adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Pengertian Raster Image: Format, Resolusi, Pengukuran dan Cara Edit

a. Kelebihan Responsive Web Design (Desain Web Responsif)

Responsive Design (Desain Responsif) memenuhi persyaratan algoritme pencarian dan faktanya, meningkatkan kemungkinan situs ditampilkan di tempat pertama saat kueri pencarian dimasukkan di google. Membangun Situs Web Responsif, yang dioptimalkan untuk perangkat seluler berarti mendapatkan lebih banyak pengunjung, memiliki halaman pemuatan cepat dengan semua gambar dan video yang disertakan, dan memotong lebih banyak biaya, karena tidak ada versi tambahan dari situs yang akan dibuat untuk ponsel.

Ini memaksimalkan Pengalaman Pengguna dan meningkatkan kepercayaan mereka pada situs, itu juga mencegah dari membuat duplikat konten sambil menyederhanakan proses optimasi SEO.

Singkatnya, Responsive Design (Desain Responsif) adalah revolusi yang telah lama dinanti di bidang pengembangan web. Namun, meskipun mengembangkan situs web responsif adalah hal yang ideal, penting untuk tidak mengabaikan kekurangannya.

b. Kekurangan Responsive Web Design (Desain Web Responsif)

Salah satu kekurangan utama dari Responsive Web Design (Desain Web Responsif) adalah kompleksitas dan kesulitan dalam menciptakan proyek virtual adaptif. Selain itu, pengembang melihat beban kerja mereka meningkat seiring waktu, karena perangkat baru dengan resolusi layar yang berbeda dirilis setiap tahun. Pengembang harus melakukan banyak pengujian, memastikan bahwa proses pemuatan halaman tidak melambat, dan sekali lagi memastikan bahwa situs ditampilkan dan berjalan dengan lancar di setiap perangkat. Semua langkah yang disebutkan di atas memang memakan waktu dan dalam hal ini dianggap sebagai kerugian.

Penutup

Demikianlah tulisan Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian Responsive Web Design (Desain Web Responsif), Apa itu Responsive Web Design (Desain Web Responsif) dan penjelasannya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi yang harus diketahui dalam belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar