Mengenal Pengertian SOAP (Web Service): Apa itu SOA? Cara Kerja, Manfaat, Bagian dan API, Kelebihan Kekurangan serta Perbedaannya dengan REST!

0
Gambar Pengertian SOAP Apa Itu Simple Object Access Protocol Dan SOA Cara Kerja Manfaat Bagian Dan API Kelebihan Kekurangan Serta Perbedaannya Dengan REST
Gambar Pengertian SOAP Apa Itu Simple Object Access Protocol Dan SOA Cara Kerja Manfaat Bagian Dan API Kelebihan Kekurangan Serta Perbedaannya Dengan REST

Tahukah Kalian, Pengertian SOAP? Apa itu Simple Object Access Protocol dan SOA? Cara Kerja, Manfaat, Bagian dan API, Kelebihan Kekurangan serta Perbedaannya dengan REST? Ya, salah satu metode yang digunakan untuk mengatasi adanya kompleksitas pertukaran data yaitu adalah dengan menggunakan XML (Extensible Markup Language) sebagai bahasa perantara untuk bertukar data antara aplikasi. Setiap bahasa pemrograman dapat memahami bahasa markup XML, maka dari itu dia digunakan sebagai media yang mendasari untuk pertukaran data.

Namun, perlu kalian ketahui bahwa tidak ada spesifikasi standar tentang penggunaan bahasa markup XML di semua bahasa pemrograman untuk masalah pertukaran data (baca pengertian data disini). Di situlah SOAP masuk, ini dirancang untuk dapat bekerja dengan XML melalui HTTP dan memiliki semacam spesifikasi yang dapat digunakan di semua aplikasi. Terkait hal tersebut di atas, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu pengertian SOAP atau Simple Object Access Protocol ini. Langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian SOAP

Merupakan singkatan dari Simple Object Access Protocol, SOAP adalah protokol berbasis XML untuk mengakses layanan web melalui HTTP berdasarkan simpulan Kami yang mengacu pada sumber dari Situs Guru99.

SOAP memiliki beberapa spesifikasi yang dapat digunakan di semua aplikasi dan dikenal sebagai protokol akses objek sederhana (sering disingkat dengan SOAP v1.2).

Ini merupakan sebuah protokol atau dengan kata lain adalah definisi tentang bagaimana layanan web berbicara satu sama lain atau berbicara dengan aplikasi klien yang memanggil mereka.

Apa itu Simple Object Access Protocol?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Simple Object Access Protocol Dan SOA Dalam Membahas Pengertian SOAP
Ilustrasi Gambar Apa Itu Simple Object Access Protocol Dan SOA Dalam Membahas Pengertian SOAP

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan Simple Object Access Protocol ini? Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, ini lebih dikenal dengan (hanya) SOAP dalam istilah global.

Simple Object Access Protocol adalah protokol pesan yang memungkinkan elemen terdistribusi aplikasi untuk berkomunikasi, SOAP dapat dijalankan melalui berbagai jenis protokol tingkat rendah, termasuk HTTP (Hypertext Transfer Protocol) yang terkait dengan web.

SOAP dikembangkan sebagai bahasa perantara sehingga aplikasi yang dibangun pada berbagai bahasa pemrograman dapat saling berbicara dengan mudah dan menghindari upaya pengembangan yang ekstrem.

SOAP mendefinisikan struktur header yang mengidentifikasi tindakan-tindakan yang diharapkan dilakukan oleh berbagai node SOAP pada message, di samping struktur payload untuk membawa informasi.

Konsep pemberian rute pesan melalui serangkaian node yang melakukan fungsi berbeda adalah bagaimana SOAP dapat mendukung hal-hal seperti addressing (pengalamatan), security (keamanan) dan format-independensi.

Pada dasarnya, header mengidentifikasi role (peran), yang pada gilirannya menyediakan fitur SOA yang kemudian diarahkan oleh SOAP.

Merangkai pesan melalui urutan langkah merupakan hal yang tidak biasa di lingkungan pengembangan microservice-centric saat ini.

Apa itu SOA?

Dari penjelasan di atas, ada juga istilah SOA, ini merupakan singkatan dari Service-Oriented Architecture, SOA adalah pola desain arsitektur perusahaan yang menekankan penggunaan kembali komponen dan layanan, dan membutuhkan kopling longgar dari layanan.

SOA tidak harus berbasis perpesanan XML, tetapi sering kali demikian, dan SOAP dan WSDL adalah standar XML spesifik yang digunakan untuk meneruskan informasi dengan cara yang diatur dengan baik dan masing-masing mendefinisikan antarmuka layanan web.

Layaknya Java dan JavaScript, mereka terlihat mirip, namun sebenarnya tidak.

Baca Juga :  Ini Pengertian Crisis Management: Cara Kerja, Jenis, Ruang Lingkup, Contoh dan Cara Mengatasinya!

Cara Kerja SOAP (Simple Object Access Protocol)

Agar lebih memahami tentang apa itu pengertian SOAP atau Simple Object Access Protocol, maka kita juga harus mengetahui bagaimana prinsip dan cara kerja mereka bukan?

Benar! SOAP menggunakan model request/response HTTP standar.

Cara kerjanya dapat Kami deskripsikan seperti klien membungkus method call (panggilan metode) dalam SOAP/XML, yang kemudian diposting melalui HTTP ke server.

Permintaan XML tersebut diuraikan untuk membaca nama metode dan parameter yang diteruskan dan didelegasikan untuk diproses.

Respons XML kemudian dikirim kembali ke klien, dimana itu berisi return value (nilai kembali) atau fault data (data kesalahan) dari pemanggilan metode.

Akhirnya, klien dapat mem-parsing respons XML untuk memanfaatkan nilai kembalinya.

Server tersebut menggunakan “listener atau pendengar” untuk memproses permintaan SOAP.

Listener tersebut hanyalah kode server di URL (baca pengertian URL disini) yang ditentukan untuk melakkan parse terhadap permintaan XML, membuat panggilan prosedur, dan membungkus hasilnya dalam XML untuk dikirim sebagai respons.

HTTP bukan satu-satunya protokol transfer yang didukung SOAP. Dalam versi SOAP 1.1, spesifikasi diperluas untuk mencakup protokol transfer lain seperti Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), File Transfer Protocol (FTP), atau protokol lain yang dapat mentransfer teks.

Protokol lain tersebut dapat digunakan untuk melakukan panggilan SOAP yang tidak sinkron, artinya aplikasi klien dapat meminta layanan SOAP tetapi tidak harus menunggu respons dari server (baca pengertian server disini).

Manfaat SOAP atau Simple Object Access Protocol

Setelah kita mengetahui pengertian SOAP dan cara kerjanya di atas, mari kita lanjutkan untuk membahas apa saja manfaat menggunakan Simple Object Access Protocol (web service) ini.

Seperti yang sudah Kami singgung pada penjelasan di atas, SOAP (web service) adalah protokol yang digunakan untuk melakukan exchange (pertukaran) data antar aplikasi.

Adapun beberapa keuntungan dan menfaat dalam menggunakan SOAP (Simple Object Access Protocol) yang harus kalian ketahui adalah sebagai berikut:

  • Saat mengembangkan web services (layanan web), Anda perlu memiliki beberapa bahasa yang dapat digunakan untuk layanan web agar dapat berbicara dengan aplikasi klien. SOAP adalah media sempurna yang dikembangkan untuk mencapai tujuan ini. Protokol ini juga direkomendasikan oleh konsorsium W3C yang merupakan badan pengatur untuk semua standar web.
  • SOAP adalah protokol lightweight (ringan) yang digunakan untuk pertukaran data antar aplikasi. Perhatikan kata kunci “light” terutama karena SOAP didasarkan pada bahasa XML yang dengan sendirinya merupakan bahasa pertukaran data yang ringan, maka SOAP sebagai protokol yang juga termasuk dalam kategori yang sama.
  • SOAP dirancang untuk menjadi platform independen dan juga dirancang untuk menjadi sistem operasi yang independen. Jadi, protokol SOAP dapat bekerja aplikasi berbasis bahasa pemrograman apa pun pada platform Windows dan Linux.
  • Simple Object Access Protocol bekerja pada protokol HTTP yang merupakan protokol default yang digunakan oleh semua aplikasi web. Oleh karena itu, tidak ada semacam penyesuaian yang diperlukan untuk menjalankan web service (layanan web) yang dibangun pada protokol SOAP untuk bekerja di World Wide Web (WWW).

Bagian dan API dari SOAP

Ilustrasi Gambar Bagian Dan API SOAP Dalam Pembahasan Arti Dan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Bagian Dan API SOAP Dalam Pembahasan Arti Dan Pengertiannya

Selain membahas tentang apa arti dan pengertiannya, disini Kami juga akan menjelaskan sedikit tentang bagian dan API dari Simple Object Access Protocol ini.

SOAP memicu peningkatan pesat “web service atau layanan web,” yang memiliki potensi untuk mengubah wajah pengembangan aplikasi di internet.

Perlu kalian ketahui bahwa web services adalah modul berbasis Internet yang melakukan tugas bisnis tertentu.

Layanan ini menerbitkan antarmuka yang digunakan untuk berinteraksi dengannya di Web Service Description Language

(WSDL), dan aplikasi lain dapat meminta layanan dengan membuat panggilan SOAP.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Web Engineering: Apa itu Rekayasa Web dan Engineer? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Contoh serta Perbedaannya!

Terkait bagiannya sendiri, adapun bagian dari SOAP (Empelove) berisi 2 (dua) jenis, yaitu adalah sebagai berikut:

  1. Header; Ini adalah opsional yang menyediakan informasi tentang otentikasi, pengodean data, atau bagaimana penerima pesan SOAP harus memproses pesan.
  2. Body; bagian yang berisi pesan. Pesan-pesan ini dapat didefinisikan menggunakan spesifikasi WSDL.

SOAP biasanya menggunakan HTTP, tetapi protokol lain seperti Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) pun juga dapat digunakan. Simple Object Access Protocol dapat digunakan untuk bertukar dokumen lengkap atau untuk memanggil prosedur jarak jauh.

SOAP merupakan protokol yang hampir selalu digunakan dalam konteks kerangka web service atau SOA.

Terkait API-nya, dengan demikian Application Programming Interface atau antarmuka pemrograman aplikasi SOAP biasanya disembunyikan oleh antarmuka tingkat tinggi untuk SOA.

Banyak tools atau alat middleware SOA API yang tersedia untuk hampir semua bahasa pemrograman modern.

Sebagai contoh misalnya, seperti Microsoft yang menawarkan berbagai .NET SOAP atau SOA tools.

Kelebihan dan Kekurangan SOAP

Selain membahas tentang apa itu SOAP (Simple Object Access Protocol), disini Kami juga akan menjelaskan tentang keuntungan dan kerugian dalam menggunakannya.

Namun sebelumnya, perlu kalian ingat bahwa SOAP merupakan bagian integral dari arsitektur berorientasi layanan atau SOA dan spesifikasi web service (layanan web) yang terkait dengan SOA.

Karena memungkinkan pengirim untuk membuat rute pesan berdasarkan layanan logis yang harus diterapkan pada pesan dalam perjalanan ke tujuannya.

Maka, dia memungkinkan dirinya sendiri untuk menyediakan koneksi yang aman dan sesuai, mengontrol akses, menawarkan pengiriman yang andal dan kegagalan pemulihan, dan mendukung penemuan layanan dinamis. Di bawah ini akan Kami jelaskan secara lebih rinci tentang kelebihan dan kekurangan SOAP.

a. Kelebihan SOAP

Berikut ini adalah apa saja yang menjadi kelebihan dari SOAP atau Simple Object Access Protocol:

  • Pesan SOAP didefinisikan pada level tinggi dalam XML, tetapi sebagian besar aplikasi SOAP menggunakan bahasa WSDL, yang ditulis dalam markup XML. Struktur XML dari SOAP membuatnya berguna untuk aplikasi yang mengharapkan informasi mereka disediakan dalam bentuk XML, dan fakta bahwa SOAP dapat menggunakan berbagai protokol jaringan, termasuk HTTP, berarti dia dapat dengan mudah melewati firewall, di mana protokol lain mungkin membutuhkan akomodasi khusus.
  • Struktur data SOAP didasarkan pada XML, yang mirip dalam banyak hal dengan HTML yang digunakan untuk mendefinisikan halaman web. Seperti HTML, XLM sebagian besar dapat dibaca oleh manusia, yang membuatnya cukup mudah untuk memahami pesan SOAP, tetapi juga membuat pesan relatif besar dibandingkan dengan Common Object Request Broker Architecture (CORBA) dan protokol Remote Procedure Call (RPC) yang akan mengakomodasi data biner.
  • Terkait keamanannya, SOAP mendefinisikan keamanannya sendiri yang dikenal sebagai web service security.
  • SOAP juga terbilang independen dalam bahasa dan platform, layanan web SOAP dapat ditulis dalam bahasa pemrograman apa pun dan dieksekusi di platform apa pun.

b. Kekurangan SOAP

Berikut ini adalah apa saja yang menjadi kekurangan dari SOAP atau Simple Object Access Protocol:

  • Kerugian terbesar dari SOAP (dan SOA secara keseluruhan) adalah bahwa itu adalah protokol kelas berat untuk arsitektur kelas berat. Gagasan pesan yang melewati serangkaian node untuk diproses oleh masing-masing tampaknya mencampur protokol dan model arsitektur bus layanan untuk software (perangkat lunak), dan tidak satu pun dari keduanya dianggap optimal untuk pengembangan berbasis layanan mikro seperti yang populer digunakan saat ini.
  • Terkait speed, mereka juga terbilang lambat, SOAP menggunakan format XML yang harus diuraikan untuk dibaca. Ini mendefinisikan banyak standar yang harus diikuti saat mengembangkan aplikasi SOAP. Jadi, SOAP dapat dikatakan lambat dan mengkonsumsi lebih banyak bandwidth dan sumber daya.
  • Yang terakhir adalah Simple Object Access Protocol tergantung dengan WSDL. SOAP menggunakan WSDL dan tidak memiliki mekanisme lain untuk menemukan sebuah service (layanan).
Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian Protokol Jaringan: Sejarah, Cara Kerja, Jenis dan 7 OSI Layer!

Perbedaan SOAP dengan REST

Lalu, apa yang membedakan antara SOAP dengan REST ini? Jika kalian yang sedang membaca tulisan Kami disini dan kebetulan sedang bertanya-tanya tentang perbedaannya sendiri, maka kalian berada di tempat yang tepat! Karena Kami juga akan membahas tentang perbedaannya.

Sebagaimana yang sudah Kami jelaskan dalam pengertian dan artinya di atas, SOAP dirancang untuk memecah aplikasi monolitik tradisional menjadi multi-komponen, dimana itu berupa bentuk terdistribusi tanpa kehilangan keamanan dan kontrol.

Sebaliknya, REpresentational State Transfer (REST) adalah model interaksi komputasi terdistribusi berdasarkan protokol HTTP dan cara kara kerja web server untuk mendukung client (klien).

REST dijalankan melalui HTTP, dan hampir selalu menjadi dasar untuk pengembangan dan komunikasi layanan-mikro modern.

REASTful APIs menggunakan permintaan HTTP untuk melakukan get, put, post dan delete data.

REST/HTTP ini terbilang sederhana, fleksibel, ringan, dan menawarkan sedikit cara bertukar informasi.

SOAP juga dapat menggunakan HTTP, namun dia menghubungkan elemen-elemen dari seperangkat alat komputasi terdistribusi yang kompleks (web service dan framework SOA) serta komponen aplikasi dan ini membentuk bagian dari kerangka kerja yang berorientasi layanan total.

Kesimpulan

Oke, jadi dari penjelasan dan pembahasan Pengertian SOAP? Apa itu Simple Object Access Protocol dan SOA? Cara Kerja, Manfaat, Bagian dan API, Kelebihan Kekurangan serta Perbedaannya dengan REST di atas, dapat kita simpulkan bahwa Simple Object Access Protocol atau SOAP adalah protokol berbasis XML yang dikomunikasikan melalui HTTP. Bagian opsional yang terakhir dari spesifikasi SOAP Protocol menentukan seperti apa tampilan pesan HTTP yang berisi pesan SOAP. Terkait apa yang dapat kita lakukan dengan pesan SOAP adalah mengirimkan objek dan data kompleks melalui kabel dan agar operasi ini berhasil, maka kita perlu menggunakan SOAP.

Ini tidak seperti pola yang terdapat pada REST yang hanya mendukung format data XML dan sangat mengikuti standar yang telah ditetapkan seperti struktur pesan, seperangkat aturan penyandian, dan konvensi untuk memberikan permintaan dan tanggapan prosedur.

Penutup

Demikianlah tulisan yang dapat Kami bagikan dalam postingan yang membahas tentang Simple Object Access Protocol kali ini. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui istilah-istilah teknologi yang harus diketahui dalam belajar teknologi informasi.

Silahkan share artikel atau tulisan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua jika kalian rasa ini bermanfaat. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar