Ini Penjelasan Pengertian HTTP dan HTTPS: Menurut Ahli, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan Kekurangannya!

0
Gambar Pengertian HTTP Dan HTTPS Menurut Para Ahli Fungsi Cara Kerja Perbedaan Serta Kelebihan Dan Kekurangannya
Gambar Pengertian HTTP Dan HTTPS Menurut Para Ahli Fungsi Cara Kerja Perbedaan Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Tahukan Kalian, Pengertian HTTP dan HTTPS? Apa itu HTTP dan HTTPS, Menurut Para Ahli, Fungsi, Cara Kerja, Perbedaan serta Kelebihan dan Kekurangan mereka? Tunggu, apa benar mereka memang ada dua? Ya! Kita sebagai pengguna biasanya jarang melihat dan memperhatikannya. Namun, perlu kalian ketahui bahwa, HTTP (atau, http://) dan HTTPS (https://) keduanya adalah pilihan untuk memulai URL, dan mereka menampilkan perbedaan penting dalam semua halaman web atau website yang Anda kunjungi setiap hari.

Benar! Bahkan jika Anda tidak terlalu tertarik untuk mencari tahu cara kerja HTTP dan HTTPS, Kami yakin ini akan memperluas wawasan Anda. Pertimbangkanlah hal ini merupakan pelajaran pertama Anda jika Anda tertarik mempelajari lebih lanjut tentang keamanan internet selain dari dasar yang harus kita ketahui terkait sistem keamanan komputer (baca pengertian sistem keamanan komputer disini). Berkenaan dengan hal tersebut, dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang penjelasan apa itu HTTP dan HTTPS. Baiklah langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian HTTP dan HTTPS

HTTP dan HTTP merupakan sesuatu yang berbeda, apalagi terkait sistem keamanan komputer, di bawah ini adalah penjelasan pengertian HTTP dan HTTPS masing-masing berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Keycdn.

a. HTTP

HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol. Saat Anda memasukkan http:// di bilah alamat di depan domain, dia memberi tahu web browser untuk dapat terhubung melalui HTTP. Ini menggunakan Transmission Control Protocol (TCP), yang umumnya melalui port 80, untuk mengirim dan menerima paket data melalui web.

Sederhananya TCP adalah protokol yang digunakan oleh klien dan server yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan situs web lain. Klien mengirim pesan permintaan ke server HTTP (setelah berjabat tangan dengan TCP) yang meng-host situs web, server kemudian membalas dengan pesan respons. Pesan respons tersebut berisi informasi status penyelesaian, seperti “HTTP/1.1 200 OK“.

b. HTTPS

HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure (juga disebut sebagai HTTP over TLS atau HTTP over SSL). Saat Anda memasukkan https:// di bilah alamat Anda di depan domain, itu memberitahu browser untuk terhubung melalui HTTPS.

Umumnya situs yang menjalankan HTTPS akan memiliki pengalihan sehingga bahkan jika Anda hanya mengetikkan http://, itu akan mengarahkan untuk mengirim melalui koneksi yang aman. HTTPS juga menggunakan TCP atau Transmission Control Protocol untuk mengirim dan menerima paket data, tetapi dia melakukannya melalui port 443, dalam koneksi yang dienkripsi oleh Transport Layer Security (TLS).

Apa itu HTTP dan HTTPS?

Jadi, apa itu sebenarnya HTTP dan HTTPS? HTTP merupakan adalah protokol aplikasi untuk sistem teknologi informasi yang terdistribusi, kolaboratif, dan hypermedia. HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah dasar komunikasi data untuk WWW atau World Wide Web yang berbentuk teks terstruktur dan menggunakan link yang logis atau hyperlink antar node yang mengandung teks.

Sedangkan HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure atau HTTP Secure pada dasarnya sama dengan HTTP, tetapi mereka mempunyai kelebihan tersendiri terkait sisi keamanannya. HTTPS menggunakan SSL (Secure Socket Layer) atau TLS (Transport Layer Security) sebagai sub layer bawah lapisan dari HTTP biasa.

Harus kalian ketahui bahwa, HTTP sudah digunakan sejak tahun 1990 yang sampai sekarang ini terus mengalami pembaruan versi dalam peningkatan fiturnya. Dibandingkan protokol lainnya misalnya FTP, IMAP, SMTP maupun POP3, HTTP adaah protokol yang paling sering digunakan dan merupakan yang paling populer hingga saat ini (tahun 2020).

Baca Juga :  Memahami Pengertian Color Value: Apa itu Nilai Warna? Bagian-Bagian (Hue, Value, Saturation) serta Kenapa itu Penting dalam Graphic Design!

Pengertian HTTP Menurut Para Ahli

Agar kita dapat lebih memahami tentang apa itu pengertian HTTP dan HTTPS, kita harus merujuk kepada pendapat para ahli dan pakar terkait definisi mereka tentang HTTP dan HTTPS.

Di bawah ini adalah beberapa pengertian HTTP dan HTTPS menurut para ahli yang harus kalian ketahui.

a. Oxford Dictionaries

Menurut Oxford Dictionaries, definisi HTTP adalah protokol terkait transfer data yang digunakan dalam WWW atau World Wide Web.

b. Wikipedia

Menurut Wikipedia, definisi HTTP adalah protokol aplikasi untuk sistem informasi yang terdistribusi, kolaboratif, dan hypermedia. HTTP merupakan dasar dalam komunikasi yang digunakan dalam World Wide Web.

c. Techtarget

Menurut Techtarget, HTTP adalah seperangkat aturan untuk mentransfer file baik yang berupa teks, gambar grafis, suara, video, dan juga file multimedia lainnya pada World Wide Web. HTTP merupakan protokol aplikasi yang berjalan di atas rangkaian protokol TCP/IP yang merupakan protokol dasar untuk internet.

Fungsi HTTP di Internet

Ilustrasi Gambar Apa Fungsi Protocol HTTP Dan HTTPS Dalam Membahas Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Apa Fungsi Protocol HTTP Dan HTTPS Dalam Membahas Pengertiannya

Mengacu pada penjelasan apa itu HTTP dan HTTPS di atas, sebenarnya HTTP mempunyai fungsi yang cukup sederhana, adapun fungsi HTTP maupun HTTPS adalah untuk menghubungkan komputer dengan komputer lainnya melalui koneksi internet. Disini, dapat kita ibaratkan HTTP sebagai perintah untuk dijalankan setiap personal Komputer agar dapat mengirim dan menerima data (baca pengertian data disini).

Terlepas dari pada hal tersebut di atas, HTTP pun juga berfungsi untuk memilih bagaimana data atau pesan dapat untuk ditransmisikan atau diformat menjadi bentuk lain yang dapat diterima web browser. Sehingga semua data yang diinginkan dari sisi client atau klien dapat di akses atau ditampilkan.

Oleh karena itu, HTTP akan selalu muncul pada semua alamat website saat kita membukanya di internet. Hal ini terjadi karena semua layanan website memakai protokol HTTP atau HTTPS agar mereka mampu berjalan.

Cara Kerja HTTP

Sebagaimana yang sudah Kami jelaskan dalam penjelasan arti HTTP dan HTTPS di atas, perlu kalian ketahui bahwa, pada dasarnya cara kerja protokol HTTP maupun HTTPS ini terbilang relatif sederhana.

Saat mereka (user atau pengguna) pengguna membuka sebuah alamat website (baca pengertian website disini) melalui sebuah web browser, HTTP akan menghubungkan pengguna menggunakan WWW dan juga juga sumber daya yang dikenal dan serng disebut dengan URL.

Selanjutnya HTTP akan masuk ke pada protocol dengan memakai TCP/IP, yang kemudian akan menampilkan data yang didapatkan ke dalam web browser. Setelah itu pengguna dapat melihat berbagai macam situs web dan isinya.

Berikut ini adalah gambaran cara kerja protokol dalam HTTP dalam mentransmisikan data secara singkat.

  • Komputer client atau klien atau HTTP klien akan menciptakan dan membuat sambungan dan juga mengirimkan permintaan dokumen kepada web server.
  • Kemudian selanjutnya HTTP server akan memproses permintaan tersebut dan HTTP klien menunggu respon yang diberikan.
  • Dan yang terakhir, web server akan merespon request atau permintaan melalui kode status data dan menutup sambungan saat proses permintaan selesai dan kemudian memberikan output.

Perbedaan HTTP dengan HTTPS

Gambar Perbedaan Protocol Atau Protokol HTTP Dan HTTPS Dalam Membahas Artinya
Gambar Perbedaan Protocol Atau Protokol HTTP Dan HTTPS Dalam Membahas Artinya

Walaupun pada dasarnya fungsi HTTP dan juga HTTPS ini adalah sama, namun terdapat disparitas atau perbedaan diantara keduanya. Secara singkat, perbedaan HTTP dan HTTPS adalah terkait sisi keamanannya, port yang digunakan HTTP dan HTTPS, dan pemakaian SSL.

Berikut ini adalah penjelasan dari perbedaan HTTP dan HTTPS yang perlu kalian ketahui.

1. Keamanan Transmisi Data

Perbedaan protocol HTTP dan HTPPS yang pertama adalah terkait dalam keamanan data yang ditransimisikannya. Dalam HTTP, data yang ditransimisikan tidak terjamin aman atau HTTP not-secure. Sedangkan HTTPS menaruh jaminan akan keamanan transmisi data tersebut.

Adapun 3 (tiga) aspek yang menjadi pertimbangan dalam transmisi data HTTPS adalah sebagai berikut:

  1. Autentikasi server
  2. Kerahasiaan data, dan
  3. Integritas data

2. Port yang Digunakan

Perbedaan selanjutnya antara HTTP dan HTTPS adalah port apa yang dipakai HTPP dan HTTPS. HTTP menggunakan port 80 secara default, sedangkan HTTPS memakai port 443.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Smart Technology: Apa itu Teknologi Pintar? Tujuan, Manfaat, Contoh dan Perkembangannya!

3. Penggunaan Secure Socker Layers (SSL)

Selain dari kedua perbedaannya di atas, HTTPS ini menggunakan SSL, ini adalah sebuah teknologi yang memungkinkan dilakukannya enkripsi data yang ditransmisikan dari server ke klien. Penggunaan SSL ini sangat berguna bagi situs-situs yang ingin menjaga kerahasiaan data penggunanya.

HTTPS banyak dipakai dalam situs-situs seperti e-commerce (baca pengertian e-commerce disini), perbankan, situs pendaftaran online, dan lain sebagainya yang membutuhkan sistem keamanan internet bagi para penggunanya.

Kelebihan dan Kekurangan HTTP

Ilustrasi Gambar Kelebihan Dan Kekurangan Dari Protocol Atau Protokol HTTP Dan HTTPS
Ilustrasi Gambar Kelebihan Dan Kekurangan Dari Protocol Atau Protokol HTTP Dan HTTPS

Dalam membahas mengenai HTTP dan HTTPS, perlu untuk diketahui bahwa, state atau keadaan HTTP adalah tidak tetap atau stateless. Masa pakai koneksi sesuai dengan urutan permintaan-respons tunggal.

Implementasi server HTTP murni memperlakukan setiap permintaan seolah-olah permintaan itu adalah permintaan baru. Halaman HTTP disimpan di komputer dan cache internet Anda. Halaman dimuat lebih cepat, tetapi disimpan pada sistem yang Anda sendiri berpotensi tidak memiliki kontrolnya, sebagai contoh misalnya seperti proxy caching oleh ISP (baca pengertian ISP disini). Di bawah ini akan Kami jelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan HTTP .

a. Kelebihan HTTP

Berikut ini adalah apa saja hal-hal yang menjadi kelebihan dari protocol atau protokol HTTP.

  • Platform dari HTTP adalah independen, yang memungkinkan porting lintas platform secara lurus.
  • Tidak diperlukan dukungan run-time untuk berjalan dengan baik, ini dapat digunakan melalui firewall, misalnya aplikasi global
  • HTTP tidak berorientasi koneksi, tidak sering terjadi overhead jaringan untuk membuat dan mempertahankan status sesi dan informasinya.
  • HTTP dapat diimplementasikan dengan protokol lain di internet, atau di jaringan lain.
  • Halaman HTTP disimpan di cache komputer dan internet, sehingga mudah diakses.

b. Kekurangan HTTP

Berikut ini adalah apa saja hal-hal yang menjadi Kekurangan dari protocol atau protokol HTTP.

  • Tidak ada privasi karena siapa pun dapat melihat konten.
  • Integritas data adalah masalah besar karena seseorang dapat mengubah konten. Itu sebabnya protokol HTTP adalah metode tidak aman karena tidak ada metode enkripsi yang digunakan.
  • Siapa pun yang mencegat server request atau permintaan server, mereka mendapatkan nama pengguna dan kata sandi.

HTTP tidak aman karena tidak ada metode enkripsi untuk itu. Jadi, hal tersebut dapat menjadi sasaran untuk mendapatkan informasi sensitif. Tidak ada otentikasi, jadi Anda tidak akan memiliki gagasan yang jelas dengan siapa Anda memulai komunikasi. Otentikasi dikirim dengan transparan, siapa pun yang mencegatnya dan dapat mengetahui nama pengguna dan apa password atau kata sandi yang digunakan.

Kelebihan dan Kekurangan HTTPS

Selain itu, kita juga harus mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan HTTPS. Di bawah ini akan Kami jelaskan beberapa kelebihan dan kekurangannya secara lengkap.

a. Kelebihan HTTPS

Berikut ini adalah apa saja hal-hal yang menjadi kelebihan dari protocol atau protokol HTTPS.

1. Enkripsi Data

Kelebihannya yang pertama adalah terkait enkripsi data. HTTP tidak mengenkripsi data saat mentransfer data antara klien dan server. Jika ada orang atau peretas yang menyadap di antara keduanya, data dapat terpapar ke peretas.

Sedangkan data yang ditransfer melalui HTTPS dienkripsi. Bahkan jika seorang hacker mendapatkan data saat proses transfer Data, mereka tidak dapat melakukan apa-apa karena data tersebut sudah dienkripsi.

2. Perlindungan Data

HTTP menyimpan cookie data pada sistem klien. Terutama jika Anda menggunakan HTTP dalam sebuah warnet atau di sistem publik mana pun, Anda meninggalkan data di ruang publik yang dianggap sebagai utas untuk mencuri data.

HTTPS tidak menyimpan segala jenis data (atau dapat menyimpan dalam jumlah yang sangat terbatas) pada sistem klien. Jadi HTTPS memastikan perlindungan data Anda.

3. Otentikasi Server

Jika Anda menggunakan HTTPS, Anda dapat melihat gembok (tanda kunci) di bilah alamat. Jika Anda mengkliknya, Anda dapat mengotentikasi server tersebut. Anda dapat memeriksa semua cookie yang disimpan di sistem Anda, sertifikat resmi, dan izin yang diizinkan untuk mengakses sumber daya sistem.

Baca Juga :  Ini Penjelasan Processor: Sejarah, Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Komponen dan Tips Memilih Merknya!

Jika sertifikat dan kebijakan situs web tidak cocok, pengguna akan mendapatkan pemberitahuan sebagai koneksi tanpa jaminan dan akan meminta izin Anda untuk melanjutkan lebih jauh. Dengan kata lain, HTTPS memberi Anda kesempatan untuk pergi sebelum Anda memberi data pribadi Anda apa pun ke server yang salah.

4. Handshake (Jabat Tangan) Sebelum Transfer Data

Protokol HTTP digunakan untuk mentransfer data tanpa handshake atau berjabat tangan. Dalam kasus HTTPS, berjabat tangan adalah hal yang perlu untuk dilakukan. Hal ini akan memastikan validasi semua transfer data dan komponen termasuk pengirim, penerima, dan semua komponen perantara.

Jika validasi berhasil, maka transfer data terjadi. Jika validasi gagal, itu membatalkan semua aktivitas transfer data.

5. Visibilitas Mesin Pencari

HTTPS mendapatkan lebih banyak preferensi daripada HTTP untuk visibilitas mesin pencari oleh Google (baca pengertian Google disini) dan mesin pencari lainnya. Jika Anda membangun suatu situs web dan menangani data penting seperti transfer uang, nama pengguna, dan kata sandi dan lain sebagainya, Anda harus mempertimbangkan menggunakan HTTPS daripada HTTP.

Satu-satunya kelemahan menggunakan HTTPS adalah overhead tambahan dari transfer data yang mencakup waktu untuk mengenkripsi dan mendekripsi data, input tajuk tambahan untuk data terenkripsi, berjabat tangan sebelum mentransfer data yang aktual.

Jadi, jika Anda membuat situs web yang memiliki konten statis atau jika tidak ada transfer data pribadi, Anda dapat memilih HTTP. Anda harus membayar untuk sertifikat SSL jika Anda menggunakan HTTPS.

b. Kekurangan HTTPS

Berikut ini adalah apa saja hal-hal yang menjadi kekurangan dari protocol atau protokol HTTPS.

  • Protokol HTTPS dapat melihat informasi rahasia dari halaman yang di-cache di browser.
  • Menggunakan HTTPS untuk permintaan web akan selalu lebih lambat daripada menggunakan HTTP.
  • Data SSL dapat dienkripsi hanya selama transmisi di jaringan. Jadi tidak bisa menghapus teks di memori browser.
  • HTTPS dapat meningkatkan overhead komputasi serta overhead jaringan dari sebuah organisasi atau perusahaan.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan Kami mengenai Pengertian HTTP dan HTTPS? Apa itu HTTP dan HTTPS, Menurut Para Ahli, Fungsi, Cara Kerja, Perbedaan serta Kelebihan dan Kekurangan mereka di atas, dapat kita simpulkan bahwa Hypertext Transfer Protocol atau HTTP. Sederhananya, aturan untuk mengirim dan menerima pesan berbasis teks. Seperti kita ketahui, komputer bekerja dalam bahasa 1 dan 0 yaitu bahasa biner. Oleh karena itu, setiap set 1 dan 0 berpotensi untuk membangun sesuatu.

Sedangkan Hyper Text Transfer Protocol Secure atau HTTPS adalah versi HTTP yang aman, protokol tempat data dikirim antara browser Anda dan situs web tempat Anda terhubung. “S” di akhir HTTPS adalah singkatan dari “secure“. Hal ini berarti semua komunikasi antara browser Anda dan situs web dienkripsi. HTTPS sering digunakan untuk melindungi transaksi online yang sangat rahasia seperti perbankan online dan formulir pemesanan belanja online.

Penutup

Demikianlah penjelasan yang dapat Kami bagikan kali ini yang membahas tentang Pengertian HTTP dan HTTPS? Apa itu HTTP dan HTTPS, Menurut Para Ahli, Fungsi, Cara Kerja, Perbedaan serta Kelebihan dan Kekurangan mereka. Semoga bermanfaat dalam menambah pengetahuan kalian semua. Jangan lupa berikan komentar Anda juga di bawah ini.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk diketahui teman-teman dan kerabat kalian. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar