Inilah Pengertian Proxy Server: Menurut Ahli, Cara Kerja, Fungsi, Jenis-Jenis dan Manfaatnya!

0
Gambar Pengertian Proxy Server Apa Itu Web Proxy Menurut Para Ahli Cara Kerja Fungsi Jenis Jenis Dan Manfaatnya
Gambar Pengertian Proxy Server Apa Itu Web Proxy Menurut Para Ahli Cara Kerja Fungsi Jenis Jenis Dan Manfaatnya

Tahukan Anda, Pengertian Proxy Server, Apa itu Web Proxy? Menurut Para Ahli, Cara Kerja, Fungsi, Jenis dan Manfaatnya? Ya, seperti yang kita ketahui, proxy server merupakan alat utama yang menjaga kita agar dapat tetap menjadi anonim saat menjelajahi web. Ini bekerja sebagai perantara di antara perangkat pengguna, baik ponsel, tablet atau PC, dan server tempat mereka meminta informasi. Biasanya, perusahaan menggunakan proxy secara luas untuk mengelola dan mengamankan jaringan perusahaan.

Namun perlu kalian ketahui bahwa, proxy tidak pernah dirancang khusus untuk menghadapi ancaman keamanan modern atau teknologi, seperti perangkat seluler dan internet. Seperti namanya, alat ini bertindak sebagai proxy atas nama pengguna dan menutupi identitas mereka yang sebenarnya dengan mengirimkan informasi palsu ke server target. Proxy server mencegah server untuk menemukan siapa yang meminta informasi, termasuk lokasi asal permintaan itu. Terkait hal tersebut di atas, dalam tulisan kali ini, Kami akan membahas tentang apa itu proxy server secara lengkap dan detail. Mari, simak terus ulasannya!

Pengertian Proxy Server

Bertindak sebagai gerbang antara Anda dan internet. Proxy server adalah server perantara yang memisahkan pengguna akhir dari situs web yang mereka telusuri. Server proxy menyediakan berbagai tingkat fungsionalitas, keamanan, dan privasi tergantung pada kasus penggunaan Anda, kebutuhan, atau kebijakan perusahaan berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Varonis Blog.

Jika Anda menggunakan server proxy, maka lalu lintas internet mengalir melalui server proxy dalam perjalanan ke alamat yang Anda minta. Permintaan tersebut kemudian kembali melalui server proxy yang sama (ada pengecualian untuk aturan ini), dan kemudian server proxy meneruskan data yang diterima dari situs web kepada Anda.

Apa itu Proxy Server?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Proxy Server Dan Web Proxy
Ilustrasi Gambar Apa Itu Proxy Server Dan Web Proxy

Seperti yang sudah Kami singgung di atas, proxy server adalah suatu server komputer yang menyediakan layanan untuk meneruskan permintaan dari user ke server lainnya yang berada di internet. Dengan adanya ini maka, sebuah komputer bisa dihubungkan dengan komputer lainnya sebagai perantara melalui internet.

Pada umumnya proxy server, digunakan untuk mengamankan jaringan komputer pribadi yang terhubung pada jaringan publik. Biasanya server ini diletakkan di antara aplikasi server dan juga aplikasi client, dimana aplikasi klien ini adalah berupa web browser (baca pengertian web browser disini), FTP client dan lain sebagainya. Selain itu, aplikasi server ini adalah berupa server FTP dan web server.

Apa itu Web Proxy?

Web proxy adalah komputer server yang dapat bertindak sebagai komputer yang lainnya. Web proxy berfungsi untuk melakukan permintaan terhadap konten dari jaringan internet dan juga intranet.

Secara umum, web proxy ini dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Menyembunyikan alamat IP komputer
  • Mengakses situs yang diblokir oleh ISP (baca pengertian ISP disini)
  • Memblokir akses ke situs sensitif atau berbahaya
  • Menyaring cookies yang tidak diinginkan
  • Meningkatkan keamanan dan privacy pengguna internet
Baca Juga :  Mengenal Pengertian User-Generated Content (UGC): Manfaat, Jenis serta Cara Membuat dan Membangunnya yang Baik dan Benar!

Pengertian Proxy Server Menurut Ahli

Agar lebih memahami tentang definisi proxy server, maka kita harus merujuk kepada pendapat para ahli terkait definisi mereka.

Di bawah ini adalah beberapa pengertian proxy server menurut para ahli yang perlu kalian ketahui:

1. Wagito (2007)

Menurut Wagito, proxy server adalah server yang diletakkan di antara sebuah aplikasi client dan aplikasi server yang dihubungi. Aplikasi client tersebut bisa berupa browser, klien FTP, dan lain sebagainya. Sedangkan aplikasi server itu dapat berupa server web, server FTP, dan lain sebagainya. (Wagito, 2007)

Proxy server yang berada di antara aplikasi client dan aplikasi server tersebut dapat digunakan sebagai pengendali ataupun monotoring lalu-lintas paket data yang melewati.

2. Webopedia

Menurut Webopedia, server proxy adalah server yang duduk di antara aplikasi klien, seperti browser Web, dan server asli. Ini memotong semua permintaan ke server asli untuk melihat apakah itu dapat memenuhi permintaan itu sendiri. Jika tidak, itu meneruskan permintaan ke server asli.

3. Wikipedia

Menurut Wikipedia, definisi server proxy adalah aplikasi atau alat server yang bertindak sebagai perantara permintaan dari klien yang mencari sumber daya dari server yang menyediakan sumber daya tersebut.

Cara Kerja Proxy Server

Setelah memahami arti dari proxy server, kita juga harus tahu bagaimana cara kerja dari proxy server ini. Baiklah, akan Kami jelaskan seperti ini, setiap komputer di internet perlu memiliki alamat protokol internet atau yang biasa disebut dengan IP unik. Pikirkan alamat IP ini sebagai alamat jalan komputer Anda.

Sama seperti kantor pos tahu untuk mengirimkan surat Anda ke alamat jalan Anda, internet juga tahu cara mengirim data (baca pengertian data disini) yang benar ke komputer yang benar dengan alamat IP.

Proxy server pada dasarnya adalah komputer di internet dengan alamat IP sendiri yang diketahui komputer Anda. Saat Anda mengirim permintaan web, permintaan Anda pergi ke proxy server terlebih dahulu. Server dari proxy tersebut kemudian membuat permintaan seb atas nama Anda, mengumpulkan respon dari server web, dan meneruskan data halaman website (baca pengertian website disini) agar Anda dapat melihat halaman di browser Anda.

Fungsi Proxy Server

Dari penjelasan tentang apa itu, definisi proxy Server menurut para ahli serta cara kerjanya di atas, adapun beberapa fungsi proxy server yang harus kalian ketahui adalah sebagai berikut:

1. Connection Sharer

Fungsi pertama proxy server adalah sebagai connection sharer atau sharing. Proxy server berfungsi secara teknis untuk menjadi sebuah gateaway (gerbang) yang berperan untuk membatasi penggunaan jaringan lokal dan juga jaringan luar.

Sehingga jika jaringan komputer perusahaan menanamkan program proxy server maka, akan dapat mengakses sambungan gateway dari jaringan lokal ke jaringan internet dengan cara bersamaan.

2. Fungsi Filtering

Berikutnya dalah fungsi filtering, proxy server bertindak seperti firewall sebagai media penyaringan atau filtering sebuah jaringan internet dimana setiap paket-paket data yang ditransmisikan dan akan di-scan dan juga di-filter untuk mengurangi kegagalan.

Tujuan lainnya yaitu juga untuk melindungi jaringan lokal perusahaan dari serangan luar seperti retasan dan dapat membantu meminimalisir serangan virus dan malware yang merugikan.

3. Fungsi Caching

Yang terakhir adalah caching. Dengan adanya proxy server, maka akan dapat menyimpan objek dan data yang pernah di cari atau search atau juga diminta user pada saat browsing menggunakan aplikasi internet. Misalnya saat ketika Anda melakukan pencarian pada situs tertentu maka data-data tersebut akan disimpan didalam bentuk cache

.

Semua data yang diminta dan juga diakses akan disimpan pada proxy server, sehingga dari fungsi caching ini proxy server untuk dimanfaatkan untuk mendeteksi dokumen-dokumen apa saja yang sering diakses di komputer.

Baca Juga :  Pengertian QoS (Quality of Service): Parameter, Cara Kerja dan Cara Menerapkannya

Jenis-Jenis Proxy Server

Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Proxy Server Dalam Membahas Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Proxy Server Dalam Membahas Pengertiannya

Mengacu pada penjelasan di atas, berdasarkan karakteristiknya, jenis-jenis proxy server ini dapat terbagi menjadi 4 (empat) macam sebagai berikut:

  1. Anonymous proxy (anonim)
  2. High anonymity proxy
  3. Transparent proxy
  4. Reverse proxy

Di bawah ini adalah penjelasan masing-masing dari jenis proxy server di atas secara lengkap dan detail.

a. Anonymous Proxy

Anonymous Proxy adalah jenis proxy yang memberikan informasi mengenai komputer pengguna (secara anonim). Saat pengguna melakukan request atau permintaan pada sebuah website, maka website itu tidak akan mengetahui alamat IP pribadi dari si pengguna, mereka hanya mengetahui IP proxy saja.

b. High Anonymity Proxy

Jenis proxy server yang ke-2 (dua) yaitu high anonymity proxy. Jenis ini adalah jenis proxy yang tidak mengidentifikasikan dirinya sebagai proxy server dan tidak menyediakan alamat IP original. Proxy ini menggunakan header REMOTE_ADDR dengan sebuah alamat IP menuju proxy server, sehingga dari pengguna akan terlihat bahwa proxy server-nya berperan sebagai klien.

c. Transparent Proxy

Transparent proxy adalah jenis proxy yang melanjutkan permintaan pengguna ke sumber yang diinginkan tanpa mengungkap Informasi komputer si pengguna (secara transparan). Pada umumnya jenis proxy ini banyak dipakai pada komputer perusahaan yang ada di perkantoran.

d. Reverse Proxy

Yang terakhir adalah reverse proxy. Ini adalah jenis proxy yang digunakan untuk mencegah klien terhubung dengan data atau informasi sensitif (fungsinya membalik). Juga, ketika caching pada proxy jenis ini diaktifkan, maka trafik jaringan atau networking pun akan menurun.

Manfaat Proxy Server

Ilustrasi Gambar Manfaat Proxy Server Dalam Membahas Penjelasannya
Ilustrasi Gambar Manfaat Proxy Server Dalam Membahas Penjelasannya

Selain dari apa yang sudah Kami jelaskan pada arti proxy server, web proxy, menurut para ahli, cara kerja, fungsi dan jenisnya di atas, maka kita dapat mengetahui apa saja manfaat menggunakan proxy server ini.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat proxy server yang harus kalian ketahui.

1. Mengontrol Penggunaan Internet

Baik itu untuk karyawan atau anak-anak yang menggunakan internet, organisasi dan orang tua dapat menyiapkan server proxy untuk mengontrol dan memantau bagaimana karyawan atau anak-anak mereka menggunakan internet.

Sebagian besar organisasi tidak ingin Anda melihat situs web tertentu pada waktu perusahaan, dan mereka dapat mengkonfigurasi proxy server untuk menolak akses ke situs tertentu, alih-alih mengarahkan Anda dengan catatan bagus yang meminta Anda untuk tidak melihat situs tersebut dalam perusahaan.

2. Penghematan Bandwidth dan Peningkatan Kecepatan

Organisasi atau individu juga bisa mendapatkan kinerja jaringan yang lebih baik secara keseluruhan dengan proxy server yang bagus. Proxy server dapat meng-cache (menyimpan salinan situs web secara lokal) situs web populer.

Sebagai contoh misalnya, ketika Anda meminta alamat website rifqimulyawan.com, proxy server akan memeriksa untuk melihat apakah alamat tersebut memiliki salinan situs terbaru, dan kemudian mengirimkan kepada Anda salinan yang disimpan.

Artinya, adalah bahwa ketika ratusan orang menekan rifqimulyawan.com pada saat yang sama dari proxy server yang sama, proxy hanya mengirim satu permintaan ke situs rifqimulyawan.com. Hal ini akan menghemat bandwidth untuk perusahaan dan meningkatkan kinerja jaringan.

Baca Juga :  Mari Pahami Pengertian Teknologi: Apa itu? Definisi, Menurut Ahli, Manfaat Jenis dan Contohnya !

3. Manfaat Privasi

Individu dan organisasi sama-sama menggunakan proxy server untuk menjelajahi internet secara lebih pribadi. Beberapa proxy server akan mengubah alamat IP dan informasi pengenal lainnya yang berisi permintaan web.

Hal ini berarti server tujuan tidak tahu siapa yang sebenarnya membuat permintaan asli, yang membantu menjaga informasi pribadi dan kebiasaan menjelajah Anda lebih pribadi.

4. Keamanan yang Ditingkatkan

Proxy Server akan memberikan manfaat terkait sistem keamanan komputer (baca pengertian sistem keamanan komputer disini) selain manfaat privasi. Anda dapat mengonfigurasi server proksi Anda untuk mengenkripsi permintaan web Anda agar tidak mengintip dari membaca transaksi Anda. Anda juga dapat mencegah situs malware yang dikenal dari akses apa pun melalui server proxy.

Selain itu, organisasi dapat memasangkan proxy server mereka dengan VPN (Virtual Private Network), sehingga pengguna jarak jauh selalu mengakses internet melalui proxy perusahaan. Dengan menggunakan VPN, perusahaan dapat mengontrol dan memverifikasi bahwa pengguna mereka memiliki akses ke sumber daya (e-mail, data internal) yang mereka butuhkan, sambil menyediakan koneksi yang aman bagi pengguna untuk melindungi data perusahaan.

5. Memberi Akses ke Sumber Daya yang Dibatasi

Proxy Server memungkinkan pengguna untuk menghindari pembatasan atau pemblokiran konten yang diberlakukan oleh perusahaan atau pemerintah. Beberapa pemerintah di seluruh dunia secara ketat memonitor dan membatasi akses warga mereka ke internet, dan proxy server menawarkan warga mereka akses ke internet tanpa sensor.

Kesimpulan

Jadi dari pembahasan mengenai Pengertian Proxy Server, Apa itu Web Proxy? Menurut Para Ahli, Cara Kerja, Fungsi, Jenis dan Manfaatnya di atas, dapat kita simpulkan bahwa, pada dasarnya, server proxy adalah komputer lain yang berfungsi sebagai hub di mana permintaan internet diproses. Dengan menghubungkan melalui salah satu server ini, komputer Anda mengirimkan permintaan Anda ke server yang kemudian memproses permintaan Anda dan mengembalikan apa yang Anda inginkan. Dengan cara ini berfungsi sebagai perantara antara mesin Anda dan komputer lainnya di internet.

Proxy digunakan untuk berbagai alasan seperti untuk memfilter konten web, untuk pergi sekitar pembatasan seperti blok pemerintah atau orang tua, untuk menyaring unduhan dan unggahan dan untuk memberikan anonimitas saat berselancar di internet.

Penutup

Demikianlah, itulah penjelasan yang dapat Kami bagikan kali ini yang membahas tentang Pengertian Proxy Server, Apa itu Web Proxy? Menurut Para Ahli, Cara Kerja, Fungsi, Jenis dan Manfaatnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua dalam memahaminya.

Mari bagikan artikel atau tulisan Kami disini untuk menambah wawasan teman dan kerabat kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar