Mengenal Pengertian Picture: Apa itu Image? Cara Kerja, Jenis dan Macam, Contoh serta Perbedaannya!

0
Gambar Pengertian Picture Apa Itu Image Cara Kerja Dan Metode Penyimpanan Jenis Dan Macam Format Contoh Serta Apa Perbedaan Dari Katanya
Gambar Pengertian Picture Apa Itu Image Cara Kerja Dan Metode Penyimpanan Jenis Dan Macam Format Contoh Serta Apa Perbedaan Dari Katanya

Tahukah Anda Ada, Pengertian Picture, Apa itu Image? Cara Kerja, Jenis dan Macam, Contoh serta Perbedaannya! Ya, ada banyak cara yang berbeda untuk menambahkan atau memasukkan picture atau gambar lain ke dalam komputer. Setelah picture atau gambar digital dan disimpan ke komputer Anda sebagai file (baca selengkapnya apa arti file disini) gambar, mereka pun dapat diedit, disimpan, dan dibagikan dengan orang lain.

Pada komputer Windows, file image disimpan ke folder “My Pictures” atau “Pictures” secara default. Jika Anda telah mengunduh gambar dari internet, itu akan disimpan di folder unduhan Anda. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan picture atau image sendiri? Baiklah, terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu pengertian picture (image). Langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Picture

Sering disebut dengan pic dan image, picture adalah tangkapan visual dari suatu objek.

Sebuah gambar atau picture ini dapat dibuat menggunakan perangkat seperti kamera digital, pemindai, smartphone, atau merupakan karya seni yang dibuat di komputer berdasarkan simpulan Kami yang mengacu pada sumber Situs Computerhope.

Sebagai contoh misalnya seperti foto yang terdapat di subbagian contoh picture atau image adalah contoh bagus dari sesuatu yang dapat dianggap sebagai gambar.

Jika picture atau objek visual dibuat di komputer dan tidak ditangkap oleh perangkat lain, biasanya mereka disebut dengan clip art, grafik, ilustrasi, render, atau screen capture (tangkapan layar).

Apa itu Image?

Lalu, apa itu yang dimaksud dengan image?

Benar, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, secara umum, pengertian kata image ini adalah sama dengan picture walaupun mereka secara khusus tidaklah sama.

Ke-2 (dua) kata di atas, berarti gambar dalam bahasa Indonesia.

Image, digital image, atau still image (gambar diam) adalah representasi biner dari informasi visual, seperti drawing, pictures, graphics, logos, frames atau bingkai video individu.

Gambar digital dapat disimpan secara elektronik di perangkat penyimpanan apa pun.

Menurut para ahli dan pakar seperti dari Wikipedia, image adalah sebuah artefak yang menggambarkan persepsi visual, contohnya seperti foto atau gambar dua dimensi lainnya.

Ini biasanya menyerupai subjek dan biasanya berupa objek fisik.

Dengan demikian image memberikan gambaran tentangnya.

Dalam konteks pemrosesan sinyal dalam dunia teknologi informasi, image adalah amplitudo warna yang didistribusikan.

Cara Kerja dan Metode Menyimpan Picture atau Image

Agar lebih memahami tentang apa itu arti dan pengertian picture atau image, pastinya kita juga harus mengetahui bagaimana cara kerja mereka hingga dapat disimpan, serta apa saja metodenya.

Benar, seperti yang sudah Kami singgung di atas, terdapat berbagai cara untuk menambahkan (memasukkan) picture atau image (gambar) lain ke dalam komputer hingga mereka dapat diedit.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Meta Element: Apa itu Meta Tag? Fungsi, Jenis dan Contoh serta Tips dan Cara Menggunakannya untuk SEO!

Perlu kalian ketahui, terkait sejarahnya sendiri, adapun sejak tahun 1957, ketika seorang yang bernama Russell Kirsch menangkap dan menyimpan gambar digital pertama, picture (gambar) yang berukuran 176×176 piksel dari bayi laki-lakinya, teknologi telah berkembang pesat hingga di tahun 2020 seperti sekarang ini.

Hampir semua dari kita membawa kamera di saku masing-masing.

Benar, kemampuan kamera untuk mengambil picture (image) ini terbilang lebih kuat daripada kamera digital mana pun yang tersedia untuk konsumen dalam 2 (dua) puluh tahun yang lalu.

Daya komputasi, storage (media penyimpanan), dan bandwidth jaringan juga telah berkembang secara dramatis sejak saat itu.

Mereka memfasilitasi cara-cara baru untuk menangkap, merevisi, dan membagikan hal-hal yang kita lihat secara digital.

Di bawah ini adalah beberapa cara kerja dan metode bagaimana picture (image) atau gambar dapat ditambahkan ke dalam perangkat komputer yang harus kalian ketahui.

1. Kamera Digital dan Smartphone

Salah satu metode paling umum untuk menambahkan gambar ke komputer adalah dengan kamera digital atau smartphone.

Setelah Anda mengambil gambar dengan salah satu perangkat ini, perangkat tersebut dapat disambungkan ke komputer menggunakan kabel USB yang sesuai.

Jika memiliki kartu SD yang dapat dilepas dan komputer Anda memiliki card reader (pembaca kartu), maka itu dapat mentransfer picture (image) atau gambar dari perangkat.

Gambar yang diambil dengan salah satu perangkat ini paling sering disimpan dengan format .jpeg.

Kamera SLR juga dapat menyimpan gambar sebagai file .raw.

Selain itu, kamera digital yang lebih baru, dan beberapa perangkat Android dan iOS yang lebih baru, mungkin juga mendukung format file gambar .heif.

Jika Anda menggunakan smartphone untuk mengambil gambar, Anda dapat menggunakan layanan cloud untuk secara otomatis menyelaraskan foto Anda ke perangkat lain, seperti komputer desktop, laptop, dan tablet.

Sebagai contoh misalnya, di perangkat iOS, seperti iPhone dan iPad, Anda dapat menyelaraskan foto ke iMac secara otomatis menggunakan iCloud.

2. Scanner

Metode umum lainnya untuk menambahkan gambar ke komputer Anda adalah melalui penggunaan pemindai atau scanner.

Scanner dapat mengambil salinan cetak dari gambar, slide, buku, atau majalah dan menyimpannya sebagai file gambar di komputer Anda.

Contohnya seperti kamera, dimana format file picture (image) default biasanya adalah .jpeg.

3. USB Flash Drive, CD, DVD, Disket atau Floppy Diskette

Cara kerja dan metode menyimpan picture (image) berikutnya adalah dengan USB flash drive, CD, DVD, disket atau floppy diskette.

Benar, jika gambar sudah disimpan, gambar pun dapat disalin ke media apapun (seperti misalnya pada CD, DVD, flash drive, atau disket) dan kemudian dipindahkan ke komputer Anda.

4. Screenshot

Kemudian yaitu dengan metode screenshoot.

Jika Anda ingin membuat gambar dari sesuatu yang Anda lihat di layar, maka Anda pun dapat mengambil tangkapan layar.

5. Unduh dan Download Gambar atau Picture (Image)

Cara kerja untuk menyimpan gambar yang terakhir adalah dengan unduh dan download.

Ya, kebanyakan gambar yang Anda lihat di internet dapat diunduh dari situs web dan disimpan secara langsung ke komputer Anda.

Jenis dan Macam-Macam Format Picture atau Image

Gambar Jenis Dan Macam Macam Format Picture Atau Image Beserta Contohnya
Gambar Jenis Dan Macam Macam Format Picture Atau Image Beserta Contohnya

Setelah kita mengetahui arti dan pengertian picture atau image serta cara kerja dan metode menyimpannya di atas, adalah merupakan hal yang penting juga bagi Kami untuk menjelaskan apa saja jenis dan macam-macam formatnya.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Server: Sejarah, Cara Kerja, Fungsi, Jenis dan Karakteristiknya!

Sekali lagi, perlu Kami tekankan disini bahwa picture (image) adalah representasi visual dari sesuatu.

Dalam teknologi informasi, istilah tersebut memiliki beberapa fungsi dan kegunaan layaknya dunia nyata.

Adapun beberapa jenis dan macam-macam format picture

(image) dalam komputer adalah sebagai berikut.

a. JPEG

JPEG (dibaca JAY-peg) adalah file gambar grafik yang diproduksi sesuai dengan standar dari singkatan Joint Photographic Experts Group.

Grup tersebut adalah kumpulan sekelompok pakar dan ahli ISO/IEC yang mengembangkan dan mempertahankan standar untuk rangkaian algoritma (baca arti dan pengertian algoritma menurut para ahli disini) kompresi untuk file picture (image) komputer.

Perlu kalian ingat, JPEG biasanya memiliki ekstensi file .jpg.

b. GIF

Jenis format berikutnya yaitu adalah GIF (diucapkan JIF oleh kebanyakan orang).

Termasuk perancangnya sendiri mengucapkan GIF dengan huruf G keras dengan sebagian orang lainnya.

GIF adalah singkatan dari Graphics Interchange Format.

GIF menggunakan tipe data raster 2D dan dikodekan dalam biner.

File GIF biasanya memiliki ekstensi .gif.

c. GIF89a

GIF89a adalah gambar GIF animasi, diformat sesuai dengan GIF versi 89a.

Adapun salah satu format keunggulan utama adalah kemampuan untuk membuat gambar animasi yang dapat diputar setelah dikirim ke halaman penampil yang bergerak.

Sebagai contoh misalnya, ikon berputar-putar atau spanduk dengan tangan yang melambai atau huruf yang secara ajaib menjadi lebih besar.

GIF89a juga dapat ditentukan untuk presentasi GIF yang bertautan (memiliki link).

d. PNG

PNG (dibaca ping) merupakan singkatan dari Portable Network Graphics, yaitu adalah format file untuk kompresi gambar yang dirancang untuk memberikan sejumlah perbaikan atas format GIF.

Layaknya seperti GIF, file PNG dikompresi dalam mode lossless (yang artinya semua informasi gambar dipulihkan saat file didekompresi saat dilihat).

Format file PNG biasanya memiliki ekstensi .png.

e. SVG

SVG adalah Scalable Vector Graphics, yang merupakan deskripsi gambar sebagai aplikasi XML.

Program apa pun seperti browser yang mengenali XML dapat menampilkan gambar menggunakan informasi yang disediakan dalam format SVG.

Skalabilitas atau scalable artinya file dapat dilihat di layar komputer dengan berbagai ukuran dan resolusi, baik layar kecil smartphone atau layar lebar besar di PC.

File SVG biasanya memiliki ekstensi .svg.

f. TIFF

TIFF yang merupakan singkatan dari Tag Image File Format adalah format umum untuk pertukaran gambar grafik raster (bitmap) antar program aplikasi, termasuk yang digunakan untuk picture (image) scanner.

Format file TIFF ini dapat diidentifikasi sebagai file dengan akhiran nama file .tiff atau .tif.

Contoh Pictures atau Images

Terkait penjelasan arti dan apa itu picture (image) di atas, pastinya kita juga harus mengetahui seperti apa contoh mereka bukan?

Oke baiklah, untuk menjelaskan contoh dari apa itu picture atau image dalam postingan kali ini, Kami akan membagikan sedikit koleksi dari gambar komputer (computer picture) Kami.

Seperti yang sudah kita ketahui, komputer telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir.

Mulai dari bentuknya yang mengisi ruangan hingga desain ramping dan ramping yang hampir bisa masuk ke saku Anda.

Mari kita lihat beberapa contoh picture atau image model komputer lama dan baru sembari mempelajari tentang semua fitur dan tipe yang berbeda dari mesin yang luar biasa ini.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Webmaster: Apa itu Webmaster Tools? Fungsi, Jenis dan Macam Skill serta Caranya Menghasilkan Uang!

Perbedaan Picture dengan Image?

Apakah kalian bingung tentang apa yang membedakan dari kata picture dan image?

Jika benar, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Mengapa? Tentu saja karena Kami akan menjelaskan perbedaannya disini!

Apabila kalian sudah membaca penjelasan Kami sebelumnya, dimana Kami menyebutkan secara khusus bahwa arti picture dan image ini berbeda, maka disinilah Kami akan menjelaskannya.

Begini, ketika digunakan sebagai kata benda, picture berarti representasi dari apa pun (sebagai orang, lanskap, bangunan) di atas kanvas, kertas, atau permukaan lainnya, dengan menggambar, melukis, mencetak, fotografi, dan lain sebagainya.

Sedangkan image berarti representasi optik atau lainnya dari objek nyata.

Bagaimana cukup sederhana bukan?

Untuk lebih memahami perbedaannya, akan Kami jelaskan dengan contohnya, seperti jika digunakan sebagai kata kerja, picture berarti mewakili dalam atau dengan gambar sedangkan image berarti mewakili dengan gambar atau simbol.

Contoh kata picture sebagai kata benda:

“Saya mengambil picture (foto) tempat beribadah.”

Contoh image sebagai kata benda:

“Sebagian besar emulator konsol game tidak disertai dengan image ROM karena alasan hak cipta.”

Kesimpulan

Baiklah, Kami rasa sudah cukup jelas untuk sekarang. Jadi berdasarkan penjelasan dan pembahasan Pengertian Picture, Apa itu Image? Cara Kerja, Jenis dan Macam, Contoh serta Perbedaannya di atas, dapat kita simpulkan bahwa gambar, image atau picture adalah sekelompok (kumpulan) titik berwarna pada permukaan flat (datar) yang terlihat sama dengan yang lain. Sebagai contoh misalnya, sebuah gambar bisa terlihat sama seperti sebuah benda atau makhluk hidup.

Gambar, image dan picture juga dapat berupa gambaran tangan, lukisan atau foto. Orang yang membuat gambar seperti itu disebut seniman, fotografer atau pelukis (art). Gambar sangat membantu dimana mereka mengandung lebih banyak informasi dari pada teks atau kata. Kadang-kadang orang mengatakan bahwa gambar memiliki arti ribuan kata. Picture, image dan diagram dapat digunakan untuk menjelaskan bagaimana melakukan sesuatu, dan dengan demikian gambar adalah sejenis alat.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan dalam postingan artikel kali ini, dimana Kami membahas mengenai Pengertian Picture, Apa itu Image? Cara Kerja, Jenis dan Macam, Contoh serta Perbedaannya. Semoga apa yang telah Kami sampaikan disini dapat bermanfaat serta juga menambah wawasan kalian semua dalam belajar tentang dunia teknologi informasi.

Jangan lupa like, share dan subscribe blog serta YouTube Kami untuk berbagai macam informasi dunia IT yang mengedukasi lainnya. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar