Mengenal Perangkat Jaringan Komputer: Pengertian, Jenis dan Macam serta Penjelasannya!

0
Gambar Alat Atau Perangkat Jaringan Komputer Pengertian Apa Itu Perangkat Jaringan Komputer Jenis Macam Dan Penjelasannya Beserta Gambarnya
Gambar Alat Atau Perangkat Jaringan Komputer Pengertian Apa Itu Perangkat Jaringan Komputer Jenis Macam Dan Penjelasannya Beserta Gambarnya

Tahukah kalian, Apa saja Alat atau Perangkat Jaringan Komputer, Pengertian, Apa itu? Jenis, Macam dan Penjelasannya? Benar! Perangkat jaringan merupakan alat atau sebuah perangkat yang diperlukan oleh sebuah jaringan, agar jaringan tersebut dapat saling behubungan satu dengan yang lainnya dalam berbagi sumber daya. Ini mewakili perangkat yang digunakan untuk mengatur jaringan LAN yang merupakan jenis perangkat jaringan yang paling umum digunakan oleh publik

Agar dapat membangun jaringan yang kuat dan mempertahankannya, Anda perlu memahami apa saja perangkat jaringan yang membentuknya. Ya! Dalam tulisan kali ini Kami akan membahas mengenai berbagai alat-alat yang ada dalam sebuah network atau jaringan secara lengkap beserta dengan gambarnya. Baiklah, langsung saja, berikut ini adalah ulasan dan penjelasannya!

Pengertian Perangkat Jaringan

Sebelum mengenal perangkat atau alat jaringan komputer, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu pengertian perangkat jaringan. Sering dikenal dengan nerworking hardware atau perangkat keras jaringan, perangkat jaringan adalah perangkat fisik yang diperlukan untuk komunikasi dan interaksi antara perangkat keras pada jaringan komputer.

Apa itu Perangkat Jaringan Komputer?

Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, perangkat jaringan komputer dikenal dengan nama yang berbeda seperti perangkat jaringan, perangkat keras jaringan, peralatan jaringan dll. Namun, semua nama tersebut memiliki arti yang sama namun memiliki tujuan yang berbeda.

Perangkat jaringan yang berbeda memiliki peran yang berbeda untuk dimainkan dalam jaringan komputer. Perangkat jaringan ini juga berfungsi pada segmen berbeda dari jaringan komputer yang melakukan berbagai pekerjaan.

Perangkat yang paling umum dan penting adalah Network Interface Card (NIC), Hub, Switch, Router, Bridge, Modem, Proxy, dan Gateway.

Jenis dan Macam-Macam Perangkat Jaringan Komputer dan Penjelasannya

Berikut ini adalah beberapa alat-alat perangkat jaringan komputer yang umumnya sering digunakan:

  • Hub
  • Switch
  • Router
  • Bridge
  • Network Gateway
  • Modem
  • Repeater
  • (AP) Access Point
  • NIC (Network Interface Card)
  • Kabel Jaringan
  • Konektor
  • Crimping Tool
  • Tester

Tenang, karena kalian sudah berada di tempat yang tepat, di bawah ini akan Kami berikan penjelasan lengkap beserta gambarnya dari masing-masing alat perangkat jaringan tersebut.

1. Hub

Gambar Device Atau Alat Jaringan Komputer Hub
Gambar Device Atau Alat Jaringan Komputer Hub

Alat perangkat jaringan komputer yang pertama adalah hub. Hub adalah alat yang menghubungkan beberapa perangkat lainnya secara bersamaan. Hub juga bertindak sebagai pengulang karena menguatkan sinyal yang memburuk setelah melakukan perjalanan jarak jauh melalui kabel penghubung.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian Address Bus, Fungsi dan Cara Kerjanya pada Komputer

Hub merupakan alat yang paling sederhana dalam rangkaian perangkat penghubung jaringan karena menghubungkan komponen LAN dengan protokol yang identik. Hub dapat digunakan dengan data digital dan analog, asalkan pengaturannya sudah dikonfigurasi untuk mempersiapkan pemformatan data (baca pengertian data disini) yang masuk.

Sebagai contoh, misalnya, jika data yang masuk dalam format digital, hub harus meneruskannya sebagai paket. Namun, jika data yang masuk adalah analog, maka hub meneruskannya dalam bentuk sinyal.

2. Switch

Gambar Switch
Gambar Device Atau Alat Jaringan Komputer Switch

Berikutnya adalah switch. Apa itu switch? Pada umumnya memiliki peran yang lebih cerdas daripada hub. Switch adalah perangkat multiport yang meningkatkan efisiensi jaringan. Alat ini mempertahankan informasi routing terbatas tentang node dalam jaringan internal, dan memungkinkan koneksi ke sistem seperti hub atau router.

Secara umum, switch dapat membaca alamat perangkat keras dari paket yang masuk untuk mengirimkannya ke tujuan yang sesuai. Dengan menggunakan sakelar meningkatkan efisiensi jaringan melalui hub atau router karena kemampuan sirkuit virtual, switch juga meningkatkan keamanan jaringan karena sirkuit virtual lebih sulit untuk diperiksa dengan monitor jaringan.

Anda dapat menganggap switch sebagai perangkat yang memiliki beberapa kemampuan router dan hub terbaik yang digabungkan.

3. Router

Gambar Router
Gambar Device Atau Alat Jaringan Komputer Router

Router adalah alat jaringan yang membantu mengirimkan paket ke tujuan mereka dengan memetakan jalur melalui lautan perangkat jaringan yang saling terhubung menggunakan topologi jaringan yang berbeda. Alat ini merupakan perangkat yang menyimpan informasi tentang jaringan yang terhubung dengan mereka.

Sebagian besar router dapat dikonfigurasi untuk beroperasi sebagai Firewall Packet-Filtering dan menggunakan ACL (Access Control List). Router adalah alat yang diperlukan karena LAN dan WAN menggunakan protokol jaringan yang berbeda. Router seperti itu dikenal sebagai router perbatasan. Mereka berfungsi sebagai koneksi luar LAN ke WAN, dan mereka beroperasi di perbatasan jaringan Anda.

4. Bridge

Gambar Bridge
Gambar Device Atau Alat Jaringan Komputer Bridge

Bridge adalah alat perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan dua host atau lebih atau segmen jaringan secara bersamaan. Peran dasar bridge dalam arsitektur jaringan adalah menyimpan dan meneruskan bingkai di antara berbagai segmen yang dihubungkan oleh Bridge.

Mereka menggunakan alamat hardware atau perangkat keras Media Access Control (MAC) untuk mentransfer frame. Dengan melihat alamat MAC perangkat yang terhubung ke setiap segmen, bridge dapat meneruskan data atau memblokirnya agar tidak melintas. Bridge juga dapat digunakan untuk menghubungkan dua LAN fisik ke LAN logis yang lebih besar.

Baca Juga :  Pengertian SM Bus (SMBus Controller): Sejarah dan Fungsinya pada Komputer

Bridge hanya berfungsi pada lapisan fisik dan data link model OSI. Bridge digunakan untuk membagi jaringan yang lebih besar menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dengan duduk di antara dua segmen jaringan fisik dan mengelola aliran data di antara keduanya.

5. Network Gateway

Gambar Device Atau Alat Jaringan Komputer Network Gateway
Gambar Device Atau Alat Jaringan Komputer Network Gateway

Network gateway adalah perangkat jaringan yang biasanya bekerja pada lapisan Transport and Session model OSI. Pada lapisan transport dan lapisan yang ada di atasnya, ada banyak protokol dan standar dari vendor yang berbeda, gateway digunakan untuk menghadapinya.

Gateway menyediakan terjemahan antara teknologi jaringan seperti Open System Interconnection (OSI) dan Transmission Control Protocol atau Internet Protocol (TCP/IP). Karena itulah, gateway menghubungkan dua atau lebih jaringan otonom, masing-masing dengan algoritma peruteannya sendiri, protokol, topologi, layanan nama domain, dan prosedur dan kebijakan administrasi jaringan.

Gateway melakukan semua fungsi router dan banyak lagi. Fungsi yang melakukan terjemahan antara berbagai teknologi jaringan disebut sebagai Protocol converter.

6. Modem

Gambar Device Atau Alat Jaringan Komputer Modem
Gambar Device Atau Alat Jaringan Komputer Modem

Merupakan singkatan dari modulator-demolator, modem adalah perangkat lainnya yang digunakan untuk mengirimkan sinyal digital melalui saluran telepon analog. Dengan demikian, sinyal digital dikonversi oleh modem menjadi sinyal analog dari frekuensi yang berbeda dan dikirim ke modem di lokasi penerima.

Reciever modem atau modem penerima melakukan transformasi terbalik dan memberikan output digital ke perangkat yang terhubung ke modem, biasanya komputer. Data digital biasanya ditransfer ke atau dari modem melalui saluran serial melalui antarmuka standar industri yaitu, RS-232. Modem berfungsi pada lapisan fisik dan data link.

7. Repeater

Gambar Device Atau Alat Jaringan Komputer Repeater
Gambar Device Atau Alat Jaringan Komputer Repeater

Repeater adalah perangkat elektronik jaringan yang menguatkan sinyal yang diterimanya. Anda dapat menganggap repeater sebagai perangkat yang menerima sinyal dan mentransmisikannya pada level yang lebih tinggi atau daya yang lebih tinggi sehingga sinyal dapat menempuh jarak yang lebih jauh, lebih dari 100 meter untuk kabel LAN standar. Pengulang bekerja pada lapisan Fisik.

8. AP (Access Point)

Gambar Device Atau Alat Jaringan Komputer AP Atau Access Point
Gambar Device Atau Alat Jaringan Komputer AP Atau Access Point

Sementara access point secara teknis dapat melibatkan koneksi kabel atau nirkabel, itu biasanya berarti perangkat nirkabel. Disingkat dengan AP, Access Point adalah perangkat jaringan lainnya yang bekerja pada lapisan OSI kedua, yaitu lapisan data link, dan dapat beroperasi baik sebagai bridge yang menghubungkan jaringan kabel standar ke perangkat nirkabel atau sebagai router yang mengirimkan transmisi data dari satu titik akses ke titik akses lainnya.

AP menggunakan mode jaringan infrastruktur nirkabel atau wireless untuk menyediakan titik koneksi antara WLAN dan LAN Ethernet berkabel. Mereka juga memiliki beberapa port, memberi Anda cara untuk memperluas jaringan untuk mendukung klien tambahan.

Baca Juga :  Pengertian User Research (Riset Pengguna): Jenis, Dasar dan Metode

AP tambahan digunakan untuk memungkinkan akses ke lebih banyak klien nirkabel dan untuk memperluas jangkauan jaringan nirkabel. Setiap AP dibatasi oleh jangkauan transmisinya, jarak yang ditempuh klien dari AP dan masih mendapatkan sinyal yang dapat digunakan dan kecepatan proses data.

9. NIC (Network Interface Card)

Gambar Device Atau Alat Jaringan Komputer NIC Atau Network Interface Card
Gambar Device Atau Alat Jaringan Komputer NIC Atau Network Interface Card

Disingkat dengan NIC, Network Interface Card adalah kartu jaringan yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Cara kerjanya yaitu adalah mengubah aliran data paralel dalam sebuah bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan.

10. Kabel Jaringan

Gambar Kabel Jaringan Komputer
Gambar Kabel Jaringan Komputer

Kabel jaringan adalah salah satu perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan perangkat yang satu dengan yang lainnya.

Terdapa 3 (tiga) jenis kabel jaringan yang sering digunakan dalam jaringan komputer, yaitu adalah sebagai berikut:

  1. Kabel coaxial
  2. Kabel UTP
  3. Kabel fiber optik

11. Konektor

Gambar Konektor Kabel Jaringan Komputer
Gambar Konektor Kabel Jaringan Komputer

Konektor adalah perangkat jaringan yang digunakan sebagai penghubung kabel. Konektor terpasang pada ujung kabel. Sedangkan, konektor kabel jaringan dapat berupa konektor.

Di bawah ini adalah beberapa jenis konektor yang sering digunakan.

  • BNC
  • RJ 45
  • ST

12. Crimping Tool

Gambar Alat Crimping Tank Crimping
Gambar Alat Crimping Tank Crimping

Apa itu crimping tool? Crimping tool adalah peralatan (alat) jaringan yang dapat digunakan untuk memasang konektor pada kabel jaringan agar dapat dihubungkan dalam membentuk jaringan.

13. Tester

Gambar Alat Jaringan Komputer Tester
Gambar Alat Jaringan Komputer Tester

Perangkat jaringan komputer yang terakhir adalah tester. Apa itu tester? Kabel tester atau tester adalah alat yang digunakan untuk mengukur dan mengecek sambungan kabel jaringan. Dengan alat ini kita dapat mengetahui apakah Kabel Jaringan yang telah digunakan tersambung dengan baik atau tidak.

Kesimpulan

Di atas, adalah segala macam Alat atau Perangkat Jaringan Komputer, Pengertian, Apa itu? Jenis, Macam dan Penjelasannya. Dengan memiliki pemahaman yang kuat tentang jenis perangkat jaringan komputer yang tersedia dapat membantu Anda mendesain dan membangun jaringan yang aman dan melayani organisasi Anda dengan baik.

Namun, untuk memastikan Sistem Keamanan Komputer dan ketersediaan jaringan Anda yang berkelanjutan, Anda harus memantau dengan cermat perangkat dan aktivitas jaringan Anda di sekitar mereka, sehingga Anda dapat dengan cepat menemukan masalah perangkat keras, masalah konfigurasi dan serangan.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapatKami bagikan dalam postingan kali ini yang membahas mengenai Alat atau Perangkat Jaringan Komputer, Pengertian, Apa itu? Jenis, Macam dan Penjelasannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa bermanfaat serta jangan lupa meninggalkan komentar Anda di bawah ini. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar