Mengenal Pengertian Call To Action (CTA): Apa itu? Fungsi, Frasa, Cara Membuat, Contoh Kalimat dan Tips Membuatnya agar Efektif!

0
Gambar Pengertian Call To Action Apa itu CTA? Fungsi Frasa Cara Membuat Contoh Kalimat Serta Tips Membuatnya Agar Efektif
Gambar Pengertian Call To Action Apa itu CTA? Fungsi Frasa Cara Membuat Contoh Kalimat Serta Tips Membuatnya Agar Efektif

Tahukah Anda, Pengertian Call To Action, Apa itu CTA? Fungsi, Frasa, Cara Membuat, Contoh Kalimat serta Tips Membuatnya agar Efektif? Sebelumnya, izinkan Kami bertanya kepada kalian, apakah Anda menemukan bahwa prospek dan prospek Anda tidak mengambil langkah selanjutnya dalam proses penjualan Anda? Apakah itu berupa pembelian atau hanya permintaan informasi lebih lanjut? Masalahnya bisa berupa panggilan untuk bertindak atau yang biasa dikenal Call To Action yang salah atau tidak ada.

Perlu untuk kalian ketahui, biasanya panggilan untuk bertindak atau Call To Action ini sendiri, mereka menggunakan kata kerja untuk imperatif seperti “klik di sini, daftar, hubungi sekarang, dan kata-kata lainnya yang ditujukan untuk mendorong audiens (baca pengertian apa itu audience disini) untuk bergerak cepat. Berkenaan akan hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas tentang apa itu yang dimaksud dengan CTA atau Call To Action secara lebih detail dan lengkap. Baiklah langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Call To Action

Sering disingkat dengan CTA, ajakan untuk bertindak atau Call To Action adalah elemen yang termasuk dalam materi iklan apa pun dan digunakan untuk menginspirasi pengguna untuk bertindak, seperti melakukan pembelian, mengunduh materi, atau berpartisipasi dalam interaksi, antara lain berdasarkan simpulan Kami yang merujuk pada Situs Sendpulse.

Apa itu CTA?

Lalu, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan CTA? Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, ini adalah singkatan yang sering ditujukan untuk Call To Action dan merupakan panggilan untuk aksi atau ajakan untuk bertindak.

CTA adalah pernyataan yang dirancang untuk mendapatkan respons langsung dari orang yang membaca atau mendengarnya. Call To Action (CTA) digunakan dalam bisnis sebagai bagian dari strategi pemasaran untuk membuat target pasar Anda merespons melalui tindakan.

Mereka biasanya digunakan di akhir bagian, atau kadang-kadang di sepanjang promosi penjualan (dalam e-mail marketing) untuk memberi tahu calon klien atau pelanggan apa yang harus dilakukan selanjutnya jika mereka tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

Tampaknya jelas adalah hal yang penting untuk memberi tahu orang-orang apa langkah selanjutnya dalam berbisnis dengan Anda, tetapi kenyataannya adalah, banyak pemilik bisnis lokal tidak memiliki CTA atau Call To Action (ajakan untuk bertindak) yang bagus dan bahkan tidak ada sama sekali dalam bidang pemasaran dan penjualan mereka.

Kenapa? Hal ini biasanya terjadi karena beberapa alasan, seperti:

  • Pengusaha yakin bahwa prospek sudah mereka ketahui, sudah tahu apa yang harus dilakukan jika mereka tertarik untuk belajar atau ingin mengetahui lebih banyak tentang produk mereka, atau
  • Khawatir jika CTA atau Call To Action ini bisa menjadi menjengkelkan dan hanya akan mengganggu calon klien atau pelanggan mereka.
Baca Juga :  Membahas Pengertian Manajemen Media Online: Manfaat, Peran, Elemen dan Tools atau Alatnya!

Apa pun alasannya, tanpa menggunakan CTA atau Call To Action serta materi pemasaran Anda dapat berarti Anda kehilangan profit (keuntungan) Anda. Panggilan untuk bertindak sangat penting dalam mengarahkan prospek ke langkah selanjutnya dari saluran atau proses penjualan.

Fungsi Call To Action (CTA)

Ilustrasi Gambar Fungsi CTA Atau Call To Action Dalam Membahas Mengenai Pengertian Dan Artinya
Ilustrasi Gambar Fungsi CTA Atau Call To Action Dalam Membahas Mengenai Pengertian Dan Artinya

Dalam membahas mengenai apa itu arti CTA atau Call To Action, tahukah Anda apa fungsi mereka sebenarnya? Memang, penggunaan CTA yang paling jelas untuk ajakan bertindak adalah untuk penjualan, seperti “beli sekarang!” atau “buka sekarang,” namun proses penjualan bukan satu-satunya tempat ajakan untuk bertindak dapat membantu bisnis Anda.

Terutama jika Anda memiliki barang atau layanan dengan harga tinggi, yang membutuhkan waktu untuk mendorong seseorang untuk membeli, Call To Action (CTA) bertindak seperti peta jalan yang membantu menuju penjualan.

Sebagai contoh yang pada umumnya digunakan, misalnya seperti:

Telepon sekarang untuk mendapatkan diskon 50%

Call To Action (CTA) dapat digunakan untuk membangun daftar e-mail (baca pengertian e-mail disini) Anda, menambah follower atau pengikut media sosial Anda seperti kalimat “dapatkan lebih banyak tips dan kupon dengan mengikuti Kami di Facebook!” dan banyak lagi yang lainnya.

Pada dasarnya, Call To Action atau CTA ini berfungsi di seluruh website untuk menarik perhatian calon pelanggan potensial atau untuk mengubah calon pelanggan yang ada menjadi seorang pelanggan. Tujuan Call To Action secara harfiah adalah untuk membuat pengunjung mengambil tindakan tertentu.

Frasa CTA atau Call To Action

Call To Action atau CTA selalu terdapat kata-kata ajakan, adapun frasa yang biasa digun akan dalam ajakan untuk bertindak menggunakan kata kerja, seperti:

  • Daftar
  • Panggilan
  • Berlangganan
  • Donasi
  • Beli
  • Pesan
  • Bagikan
  • Follow atau mengikuti
  • Download
  • Klik disini untuk

Sedangkan salah satu teknik yang berguna dan terbukti biasanya efektif untuk membuat orang mengambil tindakan segera adalah dengan menambahkan rasa urgensi dan rasa takut ketinggalan, misalnya seperti:

  • Penawaran akan berakhir setelah bulan Ramadhan.
  • Penawaran terbatas hanya untuk beberapa hari.
  • Pesan sekarang sebelum stok persediaan habis!
  • Daftar sebelum tanggal 13 juli 2020 untuk mendaftar dengan harga khusus!

Cara Membuat Call To Action (CTA) Baik dan Benar

Setelah kita mengetahui pengertian ajakan untuk bertindak atau Call To Action, apa itu CTA, fungsi dan frasanya di atas, kita juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk membuatnya.

Berikut adalah cara membuat CTA atau Call To Action yang baik dan benar serta hal yang perlu dipertimbangkan untuk meningkatkan tingkat respons Anda.

1. Jangan Menebak

Cara membuat ajakan untuk bertindak yang baik pertama adalah jangan menebak dan menganggap orang sudah tahu apa yang harus dilakukan ketika mereka membaca iklan atau materi pemasaran Anda.

Baca Juga :  Ini Dia Pengertian Audiens: Apa itu Audience? Definisi, Fungsi, Jenis, Cara Menentukan dan Mendapatkannya!

Anda akan mendapatkan hasil yang lebih besar dengan menjadi jelas tentang apa yang harus dilakukan oleh calon pelanggan selanjutnya.

2. Harus Jelas

Pastikan setiap halaman website Anda, setiap percakapan penjualan, dan setiap bagian dari materi cetak bisnis Anda (seperti surat atau brosur langsung) berisi ajakan bertindak CTA atau Call To Action yang jelas dan mudah dikenali dan diidentifikasi oleh pengunjung.

3. Tetap Sederhana

Cara berikutnya yaitu adalah menampilkannya agar tetap nampak sederhana. Call To Action akan efektif jika tidak rumit serta tetap sederhana. Jangan membuat klien dan pelanggan potensial Anda melalui labirin atau melompat melalui lingkaran tersebut.

Meskipun pilihan penawaran Anda sudah bagus misalnya seperti “hubungi atau e-mail Kami”, jangan berikan mereka begitu banyak opsi lain atau membuat mereka sulit untuk menindaklanjuti apa yang Anda ingin mereka lakukan.

4. Prediksi Hasil Anda

Ketahui apa hasil akhir yang Anda inginkan. Buat tujuan akhir untuk setiap CTA atau Call To Action dan bagaimana ajakan bertindak tersebut sesuai dengan bagian lain dari rencana pemasaran Anda atau masukkan ke saluran penjualan Anda.

Misalnya, Anda mungkin memiliki panggilan untuk bertindak untuk mendapatkan download dengan mendaftar ke daftar e-mail Anda (anggap sebagai tujuan awal Anda).

Kemudian gunakan daftar e-mail itu untuk mengirim surat penjualan dengan CTA atau Call To Action yang memiliki kalimat beli sekarang. Perlu kalian ketahui bahwa berlangganan e-mail adalah langkah pertama dalam tujuan utama penjualan Anda.

Contoh Kalimat Call To Action

Setelah mengetahui pengertian CTA dan penjelasannya di atas, kita pasti sudah terbayang seperti apa contoh kalimatnya bukan?

Di bawah ini adalah beberapa contoh kalimat CTA atau Call To Action yang dapat Anda terapkan sekarang juga.

  • Hadiah gratis; 100 pendaftar pertama akan mendapatkan hadiah gratis. Daftar sebelum pendaftar melebihi kuota!
  • Uji coba gratis; Daftar di bulan juli untuk mendapatkan trial dan uji coba gratis 70 hari Kami.
  • Beli sekarang; Tunggu apa lagi, hemat uang Anda dengan membeli sekarang!
  • Kenaikan harga; Harga produk Kami akan dinaikkan pada tanggal 1 januari. Datang dan beli sekarang untuk mendapatkan harga yang lebih murah.
  • Upgrade otomatis; Jika Anda memesan dalam 30 hari ke depan, dapatkan upgrade otomatis ke paket premium.
  • Batas diskon; Pesan di akhir minggu untuk mendapatkan diskon 30%.
  • Penjualan intensif; Hanya hari ini, hadiri acara likuidasi Kami untuk mendapatkan diskon besar-besaran.

Tips Membuat Call To Action yang Efektif

Ilustrasi Gambar Tips Membuat CTA Atau Call To Action Yang Efektif
Ilustrasi Gambar Tips Membuat CTA Atau Call To Action Yang Efektif

Mengacu pada penjelasan tentang apa itu CTA atau Call To Action dan artinya di atas, adapun beberapa tips dalam membuat ajakan untuk bertindak yang efektif adalah sebagai berikut:

  • Jelaskan dengan jelas apa yang perlu dilakukan oleh klien atau pelanggan Anda untuk merespons yaitu seperti, subscribe di sini, hubungi sekarang untuk konsultasi gratis, pesan tempat Anda di webinar ini, beli sekarang, dan lain sebagainya.
  • Nyatakan dengan jelas apa yang akan didapat pelanggan dengan merespons misalnya seperti tips gratis tentang cara menghemat Rp. 50.000 ribu per minggu, konsultasi gratis, dan lain sebagainya.
  • Fokus pada manfaat dari mengambil tindakan CTA atau Call To Action seperti hemat sekarang, dapatkan support, kursus, gratis sekarang, dan lainnya.
  • Tawarkan alasan yang kuat bagi pelanggan untuk merespons sekarang atau berikan batas waktu. Misalnya seperti laporan ini gratis hanya untuk 24 jam ke depan.
  • Saat melakukan karya cetak atau media pemasaran online seperti website (baca pengertian website disini) atau e-mail, disarankan untuk membedakan ajakan bertindak dengan membuatnya menjadi terlihat lebih besar, dengan warna yang berbeda, serta menguraikannya dengan ruang ekstra. Jangan sampai mereka tersesat di bagian pemasaran atau konten lainnya.
Baca Juga :  Ini Dia Pengertian Content Curation (Kurasi Konten): Manfaat dan Macam-Macam Model dan Tips Melakukannya!

Selain itu, jangan lupa bahwa Anda dapat menggunakan Call To Action ini saat melakukan presentasi langsung misalnya seperti berapa banyak yang ingin Anda pesan?

Kesimpulan

Bagaimana, sudah jelas bukan? Baiklah, dari pembahasan dan penjelasan Pengertian Call To Action, Apa ituCTA? Fungsi, Frasa, Cara Membuat, Contoh Kalimat serta Tips Membuatnya agar Efektif di atas, dapat kita simpulkan bahwa panggilan atau ajakan untuk bertindak, Call To Action atau CTA adalah pernyataan yang dirancang untuk mendapatkan respons langsung dari orang yang membaca atau mendengarnya. Istilah ini adalah istilah pemasaran yang mengacu pada langkah berikutnya yang diinginkan pemasar atau pembaca untuk diambil oleh pemasar.

CTA dapat memiliki link (tautan) langsung ke penjualan. Sebagai contoh misalnya, mereka dapat menginstruksikan pembaca untuk mengklik tombol beli untuk menyelesaikan penjualan atau hanya memindahkan audiens lebih jauh ke arah menjadi konsumen barang atau jasa perusahaan itu.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini, yang membahas tentang penjelasan Pengertian Call To Action, Apa ituCTA? Fungsi, Frasa, Cara Membuat, Contoh Kalimat serta Tips Membuatnya agar Efektif. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua, terutama bagi teman-teman yang sedang mempelajari istilah-istilah teknologi yang harus diketahui dalam bejalar teknologi informasi.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar