Mengenal Pengertian Address Bus: Apa itu Bus Alamat dan Control? Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Contoh serta Perbedaannya dengan Data Bus pada Komputer!

0
Gambar Pengertian Address Bus Apa Itu Bus Alamat Tujuan Dan Fungsi Cara Kerja Contoh Populer Serta Perbedaannya Dengan Data Bus Pada Perangkat Komputer
Gambar Pengertian Address Bus Apa Itu Bus Alamat Tujuan Dan Fungsi Cara Kerja Contoh Populer Serta Perbedaannya Dengan Data Bus Pada Perangkat Komputer

Tahukah Anda, Pengertian Address Bus, Apa itu Bus Alamat dan Control? Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Contoh serta Perbedaannya Data Bus pada Komputer! Ya, baik itu operasi read atau operasi write, CPU menghitung alamat dari data yang diperlukan dan mengirimkannya ke bus data untuk pelaksanaan operasi yang diperlukan. Jumlah maksimum lokasi memori yang dapat diakses dalam sistem ditentukan oleh jumlah baris bus alamat. Bus alamat dengan n baris dapat dialamatkan di paling banyak lokasi 2n secara langsung. Dengan demikian bus alamat sebesar 16-bit dapat memungkinkan akses 2 memori 16 bit atau 64 KB.

Ketika mengacu pada komputer, Address Bus adalah koneksi data antara 2 (dua) perangkat atau lebih yang terhubung ke komputer. Misalnya, bus memungkinkan prosesor komputer untuk berkomunikasi dengan memori atau kartu video dengan memori. Anda dapat menganggapnya sebagai transportasi umum atau bus sekolah. Bus disini bukan akronim untuk apa pun. Bus yang ada dalam Komputer biasanya disebut dan dikenal sebagai Address Bus, Data Bus, atau Local Bus. Terkait hal itu, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lengkap dan detail tentang apa itu pengertian Address Bus. Baiklah langsung saja, berikut ini ulasannya!

Pengertian Address Bus

Alamat atau Address Bus adalah arsitektur bus komputer yang digunakan untuk mentransfer data antar perangkat yang diidentifikasi oleh alamat perangkat keras memori fisik (alamat fisik).

Mereka disimpan dalam bentuk angka binary (biner) untuk memungkinkan bus data mengakses memory storage (penyimpanan memori) dimana hal ini sesuai dengan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Technopedia.

Bus dalam dunia teknologi komputer berisi banyak kabel (saluran sinyal) yang berisi informasi pengalamatan yang menggambarkan lokasi memori tempat data yang sedang dikirim atau tempat data itu diambil.

Setiap kabel di bus membawa sedikit atau beberapa informasi, saja yang berarti semakin banyak kabel bus memiliki lebih banyak informasi yang dapat dialami atau dibawanya.

Sebagai contoh misalnya, komputer dengan bus alamat 32-bit dapat menangani memori yang berukuran 4 GB, dan komputer dengan bus 36-bit dapat menangani memori yang berukuran64 GB.

Apa itu Bus Alamat?

Ilustrasi Gambar Pengertian Apa Itu Alamat Atau Bus Address Dan Kontrol Atau Bus Control
Ilustrasi Gambar Pengertian Apa Itu Alamat Atau Bus Address Dan Kontrol Atau Bus Control

Jadi apa itu yang dimaksud dengan bus alamat? Ya, seperti yang sudah Kami jelaskan dalam pengertiannya di atas, ini lebih dikenal dengan sebutan Address Bus terutama ketika mengacu pada hardware (perangkat keras).

Bus alamat adalah saluran internal yang mengirimkan lokasi RAM dari data yang sedang diproses atau instruksi yang sedang diambil.

Jumlah baris (kabel) di bus alamat menentukan jumlah maksimum RAM yang dapat diakses langsung oleh CPU karena setiap baris membawa 1 (satu) bit alamat.

Terkait sejarahnya sendiri, pada tahun 1981, PC IBM memiliki batasan RAM sebesar satu megabyte (MB) karena bus alamatnya memiliki 20 baris, dan 20 bit tersebut mewakili angka 1.048.576 dalam biner.

Baca Juga :  Apa Itu Pengertian Industri 4.0: Menurut Para Ahli, Komponen dan Prinsipnya

Apa itu Control atau Bus Kontrol?

Kemudian, ada juga control atau bus kontrol, ini adalah bus yang berisi berbagai jalur individu.

Mereka membawa sinyal sinkronisasi yang digunakan untuk melakukan control (kontrol) ke berbagai perangkat periferal terhubung ke CPU.

Sinyal umum yang ditransfer ke bus kontrol dari CPU ke perangkat dan sebaliknya adalah pembacaan memori, penulisan memori, read I/O, write I/O, dan lain sebagainya.

Perlu kalian ketahui bahwa sebuah sinyal dirancang, dengan mengingat, filosofi desain mikroprosesor dan persyaratan berbagai perangkat yang terhubung ke CPU.

Jadi, perlu kalian ketahui bahwa jenis mikroprosesor yang berbeda memiliki sinyal kontrol yang berbeda pula.

Tujuan dan Fungsi Address Bus

Dalam membahas mengenai apa itu pengertian dan arti Address Bus, pastinya kita juga harus mengetahui untuk apa saja tujuan dan fungsinya bukan?

Ya, perlu kalian ketahui bahwa terkait tujuannya sendiri, Address atau Bus alamat ini digunakan oleh CPU atau perangkat yang mendukung akses memori langsung atau Direct Memory Access(DMA) untuk menemukan alamat fisik guna mengkomunikasikan perintah read/write.

Benar, semua bus alamat dibaca dan ditulis oleh CPU atau DMA dalam bentuk bit.

Lalu untuk fungsinya sendiri, Address Bus berfungsi sebagai pencari alamat fisik untuk communicate atau melakukan komunikasi command tulis dan baca.

Sebuah bus (baik itu local, data dan control bus) mampu menjadi bus paralel atau serial.

Sekarang ini, semua komputer menggunakan 2 (dua) jenis bus, bus internal atau bus lokal dan bus eksternal, juga disebut bus ekspansi atau expansion bus.

Bus internal memungkinkan komunikasi antara komponen internal seperti kartu video dan memori.

Sedangkan external atau bus eksternal mampu berkomunikasi dengan komponen eksternal seperti perangkat USB atau SCSI.

Komputer atau kecepatan bus perangkat tercantum dalam bentuk ukuran MHz, misalnya, FSB 100 MHz.

Lalu, throughput bus diukur dalam bit per detik atau megabyte per detik.

Cara Kerja Address Bus

Gambar Cara Kerja Address Bus Dalam Membahas Apa Itu Bus Alamat Tujuan Dan Fungsi Serta Contoh Dan Perbedaannya Dengan Data Bus
Gambar Cara Kerja Address Bus Dalam Membahas Apa Itu Bus Alamat Tujuan Dan Fungsi Serta Contoh Dan Perbedaannya Dengan Data Bus

Setelah kita mengetahui apa itu Address atau alamat bus, serta control atau kontrol bus di atas, maka adalah merupakan hal yang penting juga bagi kita untuk mengetahui seperti apa prinsip dan cara kerjanya.

Benar, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, Address Bus ini merupakan bagian dari arsitektur bus sistem, yang dikembangkan untuk mengurangi biaya dan meningkatkan integrasi modular.

Walaupun kebanyakan komputer modern menggunakan berbagai bus individual untuk tugas-tugas tertentu.

Komputer individual berisi System Bus, yang memiliki fungsi untuk menghubungkan komponen utama sistem komputer dan memiliki 3 (tiga) elemen utama, di mana Address Bus adalah 1 (satu), bersama dengan bus data dan bus kontrol.

Address Bus diukur berdasarkan jumlah memori yang dapat diambil sistem.

Sistem dengan Address Bus 32-bit dapat mengatasi 4 gibibytes ruang memori.

Komputer yang lebih baru seperti keluaran di tahun 2020 sekarang ini menggunakan Address Bus 64-bit dengan sistem operasi pendukung dapat menangani 16 exbibytes lokasi memori, yang sebenarnya merupakan ukuran yang unlimited

atau tidak terbatas.

Kumpulan kabel yang menghubungkan Central Processing Unit (CPU) dengan memori utama yang digunakan untuk mengidentifikasi lokasi tertentu (alamat) dalam memori utama.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian SOAP (Web Service): Apa itu SOA? Cara Kerja, Manfaat, Bagian dan API, Kelebihan Kekurangan serta Perbedaannya dengan REST!

Lebar Address Bus (yaitu, jumlah kabel) menentukan berapa banyak lokasi memori unik yang dapat ditangani.

Selain itu, perlu kalian ketahui bahwa PC Windows dan Macintosh modern memiliki sebanyak 36 address line atau garis alamat, yang memungkinkan mereka secara teoritis untuk mengakses 64 GB (gigabytes) memori utama.

Namun, sebenarnya jumlah memori yang dapat diakses tersebut biasanya jauh lebih sedikit daripada batas teoritis ini karena keterbatasan chipset dan motherboard.

Contoh Address Bus Komputer yang Populer

Agar lebih memahami tentang apa itu pengertian dan arti alamat atau Address Bus, maka kita juga harus mengetahui apa saja contoh perangkatnya yang paling populer.

Benar, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, bus alamat yang Kami maksud disini memiliki fungsi dan mereka digunakan oleh CPU untuk mengirim alamat lokasi memori atau port input/output yang akan diakses saat itu juga.

Ini adalah bus searah yaitu alamat dapat ditransfer dalam satu arah saja dan itu adalah CPU dari port atau lokasi yang diperlukan.

Saat ini, banyak bus yang tidak lagi digunakan atau tidak digunakan seperti saat pertama komputer ditemukan.

Oke baiklah, di bawah ini adalah daftar bus yang banyak digunakan dan bagaimana mereka digunakan dengan komputer:

  • ESATA dan SATA; Ini merupakan hard drive komputer dan drive disk.
  • PCIe; Adalah expansion card atau kartu ekspansi komputer dan kartu video.
  • USB; Adalah bagian periferal komputer.

Perbedaan Address Bus dengan Data Bus

Lalu, apa yang membedakan Address Bus dengan Data Bus?

Ya, jika kalian yang kebetulan sedang membaca postingan Kami disini dan kebetulan sedang bertanya-tanya tentang apa perbedaannya, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat!

Mengapa? Tentu saja karena Kami juga akan menjelaskan terkait perbedaannya dengan Data Bus.

Oke, sebelumnya perlu kalian terlebih dahulu terkait pengertian bahwa apa yang dimaksud dengan Data Bus adalah bus yang membantu mentransfer data antara berbagai komponen.

Ini mencakup komponen perangkat keras terkait seperti kabel dan serat atau fiber optik (baca pengertian fiber optik disini).

Untuk ukurannya sendiri, bus data dapat terdiri dari 8, 32, 64, dan lain sebagainya.

Jalur mereka adalah terpisah.

Jumlah garisnya mengacu pada lebar bus data, dimana ini membantu menentukan kecepatan transfer data.

Oleh karena itu, lebar bus data menentukan kinerja sistem, tetapi untuk menambah jumlah jalur memerlukan biaya yang terbilang mahal.

Bus lain selain bus alamat dan bus data adalah bus kontrol yang merupakan bus 2 (dua) arah dan yang mengirimkan sinyal control (kontrol) dari satu komponen ke komponen lainnya.

Perbedaan utama antara Address Bus (bus alamat) dan bus data adalah bus alamat hanya membantu mentransfer alamat memori sementara bus data membantu mengirim dan menerima data (baca selengkapnya tentang apa itu data disini).

Hal ini artinya, bus alamat digunakan untuk menentukan alamat fisik dalam memori sementara bus data digunakan untuk mengirimkan data di antara komponen di kedua arah.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Blog: Apa itu? Definisi, Sejarah, Tujuan dan Struktur Dasar Blog!

Oleh karena itu, bus alamat dapat dikatakan unidirectional sedangkan bus data adalah 2 (dua) arah.

Benar, seperti yang kita ketahui, ada 3 (tiga) komponen utama dalam sistem komputer, mereka adalah Central Processing Unit (CPU), memory units dan input serta perangkat output.

CPU merupakan unit utama yang memproses data.

Memori menyimpan data yang diperlukan untuk diproses.

Perangkat input dan output memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan komputer.

Dan mekanisme masing-masing komponen untuk saling berkomunikasi adalah bus architecture (arsitektur bus).

Bus architecture adalah sistem komunikasi elektronik, yang membawa informasi melalui jalur elektronik yang disebut jalur sirkuit.

Betul, bus sistem terbagi menjadi 3 (tiga) jenis yang disebut Address Bus (bus alamat), Data Bus, dan Bus Control.

Kesimpulan

Bagaimana, sudah cukup jelas bukan? Baiklah, berdasarkan penjelasan dan pembahasan Pengertian Address Bus, Apa itu Bus Alamat dan Control? Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Contoh serta Perbedaannya Data Bus pada Komputer di atas, dapat disimpulkan bahwa alamat ata Address Bus adalah kumpulan kabel yang menghubungkan CPU dengan memori utama yang digunakan untuk mengidentifikasi lokasi (alamat) tertentu di memori utama. Lebar bus alamat (yaitu, jumlah kabelnya) menentukan berapa banyak lokasi memori unik yang dapat dialamatkan. PC dan Macintosh modern memiliki sebanyak 36 baris alamat, yang memungkinkan mereka secara teoritis mengakses 64 GB (gigabyte) memori utama.

Perlu Kami tekankan disini bahwa, sebenarnya jumlah memori yang dapat diakses biasanya jauh lebih sedikit dari batas teoritis ini karena keterbatasan chipset dan motherboard yang dimilikinya. Address Bus merupakan salah satu dari arsitektur bus komputer yang digunakan untuk mentransfer data antar perangkat, dimana device atau perangkat tersebut diidentifikasi oleh alamat hardware dari physical atau memori fisik (alamat fisik).

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas mengenai Pengertian Address Bus, Apa itu Bus Alamat dan Control? Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Contoh serta Perbedaannya Data Bus pada Komputer. Semoga apa yang telah Kami terangkan disini dapat bermanfaat serta menambah wawasan kita semua terutama dalam mengenal komponen yang ada pada hardware (perangkat keras) komputer.

Jangan lupa like, share dan subscribe blog serta YouTube Kami terutama kita kalian merasa postingan ini bermanfaat untuk teman, kerabat serta rekan belajar kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar