Computer Network: Apa itu Jaringan Komputer? Sejarah, Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Macam serta Kelebihan dan Kekurangannya!

0
Gambar Pengertian Computer Network Apa Itu Jaringan Komputer Networking Sejarah Tujuan Fungsi Cara Kerja Jenis Tipe Jaringan Macam Koneksi Kelebihan Kekurangan Serta Peluang Kerjanya
Gambar Pengertian Computer Network Apa Itu Jaringan Komputer Networking Sejarah Tujuan Fungsi Cara Kerja Jenis Tipe Jaringan Macam Koneksi Kelebihan Kekurangan Serta Peluang Kerjanya

Mengenal Pengertian Computer Network, Apa itu Jaringan Komputer? Sejarah, Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Jenis Tipe, Macam Koneksi serta Kelebihan dan Kekurangannya!

Benar, seperti yang sering Kami singgung sebelumnya, background atau latar belakang kemampuan matematika yang solid itu sangatlah berharga dalam semua bidang ilmu komputer dan teknik lainnya.

Selain kalkulus atau calculus (baca pengertian calculus disini), pengetahuan penting dalam jaringan dan komunikasi komputer terbilang banyak.

Ya, mereka meliputi aljabar linier, probabilitas dan statistik, persamaan diferensial, analisis numerik dan lain sebagainya selain keterampilan pemrograman yang baik (diluar komunikasi tingkat rendah, masalah perangkat keras).

Namun protokol jaringan dan perangkat lunak memerlukan latar belakang pemrograman yang solid.

Berkenaan akan hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih lengkap dan detail tentang apa itu pengertian computer network.

Langsung saja, mari kita simak ulasannya berikut.

Pengertian Computer Network

Berarti jaringan komputer (dalam bahasa Indonesia), computer network merupakan dasar komunikasi di bidang Information Technology (IT) yang digunakan dalam berbagai macam cara dan dapat mencakup berbagai jenis jaringan.

Computer network adalah sekumpulan komputer yang saling terhubung sehingga dapat saling berbagi informasi.

Berdasarkan sumber dari Situs Fieldengineer, adapun contoh paling awal dari jaringan komputer berasal dari tahun 1960-an, dan mereka telah berkembang pesat dalam setengah abad sejak saat itu.

Apa itu Jaringan Komputer (Networking)?

Gambar Apa Itu Jaringan Komputer Atau Networking Sejarah Tujuan Dan Fungsi Serta Cara Kerjanya
Gambar Apa Itu Jaringan Komputer Atau Networking Sejarah Tujuan Dan Fungsi Serta Cara Kerjanya

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan jaringan komputer atau networking itu?

Ya, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, istilah ini lebih dikenal dengan sebutan computer network secara global.

Sederhananya, pengertian jaringan komputer adalah studi tentang bagaimana komputer dapat dihubungkan untuk berbagi data.

Terkait dengan sejarah awalnya sendiri, konsep menghubungkan komputer ini sudah ada sejak tahun 1960-an, ketika departemen pertahanan memimpin upaya pertama untuk membuat jaringan komputer yang dengan susah payah menghubungkan beberapa komputer di seluruh negara Amerika Serikat.

Ya, sejak itu, jaringan wireless (nirkabel) telah lepas landas dan jaringan sekarang dianggap penting.

Ini juga merupakan bagian penting dari computing (komputasi).

Sebuah komputer yang berkalan tanpa jaringan, bisa dibilang, hanya suatu benda yang memiliki sedikit kegunaan, terutama dalam kehidupan sehari-hari.

Kalian dapat membaca selengkapnya postingan Kami yang membahas tentang networking disini.

Sejarah Computer Network atau Jaringan Komputer

Agar kita semua dapat lebih memahami tentang apa itu arti dan pengertian computer network, tentunya kita juga harus mengetahui sejarahnya bukan?

Oke, disini Kami akan berbicara lebih banyak tentang bagaimana mereka dibuat dalam evolusi jaringan komputer selangkah demi selangkah, mulai dari komputer mainframe awal dan seterusnya.

Ya, sebuah komputer paling awal, mereka tidak memiliki jaringan, mereka hanya monolit yang mengolah angka melalui komponen mekanis dan listrik dasar.

Kemudian, perlahan, seiring perkembangan teknologi (baca pengertian teknologi disini) dalam computer network, banyak penemuan cara menghubungkan satu komputer fisik ke komputer lainnya.

Walaupun, konsep jaringan tersebut sudah ada sejak tahun 1960.

Untuk computer network atau jaringan komputer awal mulanya sendiri yang terbilang lebih sederhana adalah situasi di mana komputer individu dan workstation serta server terhubung satu per satu, pertama dengan Ethernet dan kabel lainnya, lalu kemudian melalui teknologi koneksi wireless atau nirkabel.

Pada awalnya, koneksi mesin-ke-mesin tersebut adalah satu-satunya jenis jaringan yang tersedia.

Network atau jaringan komputer tradisional melihat setiap bagian hardware (perangkat keras) fisik sebagai simpul dalam infrastruktur yang terhubung (connected).

Untuk mempengaruhi jenis jaringan awal ini, para engineer (insinyur) menggunakan berbagai topologi jaringan fisik.

Seperti topologi bus dalam computer network yang menghubungkan semua node ke saluran dimensi tunggal, atau topologi bintang atau star (baca pengertian topologi star disini) yang mengirimkan traffic (lalu lintas) ke dan dari setiap node, ke hub pusat di tengah.

Juga, seperti topologi cincin mengirim token secara lateral di antara lingkaran node, dengan atau tanpa hub.

Betul! Semua topologi ini menyajikan metode kontrol dan model konektivitas yang berbeda untuk jenis jaringan perangkat keras yang sama, di mana komputer pertama kali belajar untuk “berbicara” satu sama lain dan berbagi data dan sumber daya.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian RDBMS: Apa itu? Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Manfaat, Fitur, Contoh serta Daftar Aplikasi dan Perbedaannya dengan DBMS!

Pada tahun 1990-an, jenis jaringan komputer mutakhir yang diadopsi oleh institusi kaya seperti perusahaan dan universitas, itu sudah dapat menampilkan satu set pengenal “drive virtual”, di mana pengguna di workstation dapat membukanya.

Sebagai contoh misalnya, “drive Z” untuk mengakses data sumber daya yang bertempat di hard drive komputer lain yang terhubung.

Seiring waktu, hardware (perangkat keras) terus berkembang.

Contohnya misalnya, perusahan besar jaringan komputer seperti Cisco membuat sakelar jaringan yang canggih dan pengaturan penanganan simpul yang canggih.

Kemudian dunia teknologi meledak dengan maraknya jaringan virtual seperti yang dapat kita lihat terutama di tahun 2021 sekarang ini.

Tujuan dan Fungsi Computer Network

Dalam membahas tentang arti dari computer network, juga merupakan hal yang penting bagi Kami untuk menjelaskan terkait tujuan dan fungsinya.

Ya! Tujuan utama jaringan komputer (computer network) yaitu mereka digunakan untuk melaksanakan sejumlah besar tugas melalui berbagi informasi.

Kemudian, untuk fungsi computer network, adapun beberapa hal, dimana jaringan digunakan meliputi sebagai berikut:

  • Berkomunikasi menggunakan e-mail, video, pesan instan, dan metode lainnya dengan internet.
  • Berbagi perangkat seperti printer, pemindai, dan mesin copy.
  • Berbagi file atau file sharing.
  • Berbagi software (perangkat lunak) dan program operasi pada sistem jarak jauh.
  • Memungkinkan pengguna jaringan untuk mengakses dan memelihara informasi dengan mudah.

Seperti yang kita lihat, computer network melibatkan banyak hal yang bersatu, namun terlepas daripada tujuan dan fungsinya di atas, ada banyak tantangan dan masalah penting yang seringkali harus dipecahkan di bidang jaringan, seperti:

  • Menskalakan perangkat keras dan perangkat lunak ke kecepatan yang sangat tinggi (misalnya seperti 100+ Gbps) beserta penerapan Router dan sakelarnya.
  • Interaksi efektif computer network dengan pengguna seperti teknologi web (baca selengkapnya tentang pengertian teknologi web disini).
  • Perlindungan dan keamanan privasi dalam Firewall, perangkat lunak antivirus.
  • Memenuhi permintaan nirkabel (wireless) yang terus meningkat seperti Smartphone.
  • Menskalakan jumlah peserta hingga miliaran seperti penerapan dan aplikasi sensor, Internet Of Things (IOT).
  • Menjaga ekonomi internet yang sehat di antara penyedia layanan atau ISP (Internet Service Provider).
  • Mengatasi fenomena sosial serta menjaga sambungan atau koneksi tetap smooth (mulus) ke perangkat pengguna.

Cara Kerja Jaringan Komputer atau Computer Network

Setelah kita mengetahui arti dan pengertian jaringan komputer, sejarah serta tujuan dan fungsi computer network di atas, selanjutnya kita juga harus memahami bagaimana prinsip dan cara kerjanya.

Benar! Kumpulan daripada perangkat khusus seperti sakelar, Router, dan Access Point (AP), mereka membentuk fondasi jaringan komputer.

Switch menghubungkan dan membantu mengamankan komputer, printer, server dan perangkat lain secara internal ke jaringan di home atau organisasi.

Titik akses, AP atau Access Point adalah Switch yang menghubungkan perangkat ke jaringan tanpa menggunakan kabel (wireless).

Sedangkan Router, dia menghubungkan jaringan ke jaringan lain dan bertindak serta bekerja sebagai dispatcher.

Mereka menganalisis data untuk dikirim melalui jaringan, memilih rute terbaik untuk itu, dan mengirimkannya dalam perjalanannya.

Router menghubungkan rumah dan bisnis Anda ke dunia serta membantu melindungi informasi dari ancaman security (keamanan) luar.

Meskipun AP dan Router terbilang berbeda dalam beberapa hal, namun satu perbedaan utamanya adalah bagaimana mereka mengidentifikasi perangkat akhir (end device).

Access Point (AP) yang berada pada layer 2 (dua) secara unik mengidentifikasi perangkat melalui alamat atau MAC address.

Router yang berada pada layer 3 (tiga) secara unik mengidentifikasi koneksi jaringan perangkat dengan alamat atau IP address (lihat cara cek alamat IP address disini) yang ditetapkan jaringan.

Saat ini, sebagian besar sakelar (Switch) menyertakan beberapa tingkat fungsionalitas perutean.

Alamat atau MAC dan IP address secara unik menentukan perangkat dan koneksi jaringan, di dalam jaringan.

Alamat MAC adalah nomor yang ditetapkan ke kartu antarmuka jaringan atau Network Interface Card (NIC) oleh produsen perangkat.

Kemudian, alamat atau IP address adalah nomor yang ditetapkan ke koneksi jaringan.

Kalian dapat membaca selengkapnya tentang 7 OSI layer serta macam-macam perangkat jaringan komputer disini untuk lebih memahaminya.

Jenis Tipe Jaringan Komputer (Computer Network)

Ilustrasi Gambar Jenis Tipe Jaringan Dan Macam Koneksi Dari Komputer Atau Computer Network Serta Kelebihan Kekurangannya
Ilustrasi Gambar Jenis Tipe Jaringan Dan Macam Koneksi Dari Komputer Atau Computer Network Serta Kelebihan Kekurangannya

Dalam mambahas tentang pengertian computer network, pastinya hal tersebut tidak terlepas dari apa saja jenis-jenis tipe jaringan komputer.

Seperti yang sudah Kami terangkan tentang cara kerjanya di atas, ada banyak jenis jaringan, yang dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda dan oleh jenis orang dan organisasi yang berbeda.

Oke langsung saja, berikut ini adalah beberapa jenis tipe jaringan yang mungkin sudah sering Anda temui:

  • Local Area Network (LAN); Jaringan area lokal atau LAN adalah jaringan yang menghubungkan komputer dalam area terbatas seperti di sekolah, kantor atau bahkan di rumah.
  • Personal Area Networks (PAN); Jaringan area pribadi atau PAN adalah jaringan yang didasarkan pada ruang kerja individu. Perangkat individu merupakan pusat jaringannya dengan perangkat lain yang terhubung dengannya. Selain itu, ada juga jaringan area pribadi wireless (nirkabel).
  • Home Area Network (HAN);‍ Jaringan area rumah atau HAN menghubungkan perangkat dalam lingkungan rumah. Ini mungkin termasuk komputer pribadi, tablet, smartphone, printer, TV dan perangkat lainnya.
  • Wide Area Networks (WAN);‍ Jaringan area luas atau WAN adalah jaringan yang mencakup wilayah geografis yang lebih luas, biasanya dengan radius lebih dari satu kilometer.
  • Jaringan kampus atau campus networks;‍ Jaringan kampus merupakan LAN atau kumpulan LAN yang terhubung yang digunakan oleh lembaga pemerintah, universitas, perusahaan, atau organisasi serupa dan biasanya merupakan jaringan yang melintasi sekumpulan bangunan yang berdekatan.
  • Metropolitan Area Networks (MAN); ‍Jaringan area metropolitan atau MAN adalah jaringan yang membentang di suatu wilayah seluas wilayah metropolitan. MAN merupakan rangkaian LAN yang terhubung di sebuah kota, yang mungkin juga terhubung ke WAN.
  • Personal Enterprise Networks; ‍Jaringan pribadi perusahaan digunakan oleh perusahaan untuk menghubungkan berbagai situsnya sehingga lokasi yang berbeda dapat berbagi resource (sumber daya).
  • Internetworks;‍ Internetworks menghubungkan jaringan yang berbeda untuk membangun jaringan yang lebih besar. Istilah internetworking sering digunakan untuk menggambarkan pembangunan jaringan global yang besar.
  • Backbone Network (BBN);‍ Ini merupakan backbone atau tulang punggung jaringan, yaitu bagian dari jaringan yang menghubungkan berbagai bagian dan menyediakan jalur untuk pertukaran informasi.
  • Global Area Network (GAN);‍ Jaringan area global atau GAN adalah jaringan di seluruh dunia yang menghubungkan jaringan di seluruh dunia, seperti internet.
Baca Juga :  GooTrek! Ini Dia Tips Memulai Blogging bagi Pemula dan Bagaimana Caranya Memulai Bisnis Ngeblog!

Macam-Macam Koneksi Computer Network

Selain jenis-jenis tipe jaringannya, lalu, seperti apa saja koneksinya?

Benar! Selain dari apa yang sudah Kami jelaskan di atas tentang pengertian computer network, ada juga berbagai jenis koneksi jaringan yang menyangkut bagaimana elemen-elemen dalam jaringan terhubung satu sama lain.

Topologi seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer, dengan model ring (cincin) menjadi jenis yang paling umum karena Ethernet sudah mendukung internet, jaringan area lokal, dan jaringan area luas.

Di bawah ini merupakan macam-macam jenis koneksi computer network atau jaringan komputer yang harus kalian ketahui.

a. Network Topology

Macam koneksi yang pertama yaitu network topology atau topologi jaringan, ini mengacu pada bagaimana berbagai node, perangkat, dan koneksi di jaringan Anda diatur secara fisik atau logis dalam hubungannya satu sama lain.

Untuk memahami koneksinya, pikirkan jaringan Anda sebagai sebuah kota, dan topologi sebagai peta jalannya.

Seperti halnya banyak cara untuk mengatur dan memelihara sebuah kota (seperti memastikan jalan raya dan jalan raya dapat memfasilitasi perjalanan antara bagian kota yang mendapatkan lalu lintas paling banyak), ada beberapa cara untuk mengatur jaringan.

Ya, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan dan bergantung pada kebutuhan perusahaan atau organisasi Anda, pengaturan tertentu dapat memberi Anda tingkat konektivitas dan security (keamanan) yang lebih tinggi.

Di bawah ini adalah jenis dan macam network topology atau topologi jaringan yang harus kalian ketahui:

  • Star Topology
  • Bus Topology
  • Ring Topology
  • Tree Topology
  • Mesh Topology
  • Hybrid Topology

b. Network Protocol

Koneksi berikutnya yaitu network protocol atau protokol jaringan.

Ini adalah bahasa yang digunakan perangkat komputer untuk berkomunikasi.

Protokol yang didukung jaringan komputer menawarkan cara lain untuk mendefinisikan dan mengelompokkannya.

c. Koneksi Wired dan Wireless

Jenis macam koneksi computer network terakhir yang dapat Kami jelaskan disini yaitu koneksi wired dan wireless.

Benar! Banyak protokol yang dapat bekerja dengan jaringan kabel (wired) dan nirkabel (wireless).

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, teknologi nirkabel atau wireless technology telah berkembang dan menjadi jauh lebih populer.

Wi-Fi dan teknologi nirkabel lainnya, kini telah menjadi pilihan favorit untuk membangun jaringan komputer.

Kelebihan dan Kekurangan Computer Network (Jaringan Komputer)

Lalu, apa saja manfaat atau kelebihan serta kekurangan yang terdapat dalam computer network atau jaringan komputer ini?

Benar! Semua hal yang merupakan ciptaan manusia, tentunya tidak akan pernah dapat menjadi sesuatu yang sempurna, sebagaimana halnya dengan computer network.

Dalam subbagian ini, Kami juga akan menambahkan beberapa hal yang menjadi keuntungan dan kerugian dalam menggunakan jaringan komputer.

Mari kita simak terus untuk kelebihan dan kekurangan computer network di bawah ini.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Native App (Mobile): Apa itu Aplikasi Asli? Cara Kerja, Jenis Platform, Macam Tools dan Contohnya serta Kelebihan dan Kekurangannya!

a. Kelebihan Computer Network

Berikut ini poin-poin yang merupakan manfaat atau kelebihan dasar dalam menggunakan computer network:

  • Membantu Anda terhubung dengan beberapa komputer bersama-sama untuk mengirim dan menerima informasi saat mengakses jaringan.
  • Membantu Anda berbagi printer, scanner (pemindai), dan e-mail (baca pengertian e-mail disini).
  • Membantu Anda berbagi informasi dengan kecepatan terbilang sangat tinggi.
  • Komunikasi elektronik lebih efisien dan lebih murah dibandingkan tanpa jaringan.

b. Kekurangan Computer Network

Di bawah ini adalah apa saja yang menjadi kerugian atau kekurangan menggunakan jaringan komputer:

  • Investasi untuk hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) mungkin terbilang mahal untuk pengaturan awalnya.
  • Jika Anda tidak mengambil tindakan pencegahan security (keamanan) yang tepat seperti enkripsi file, firewall, maka data Anda akan berisiko.
  • Beberapa komponen desain jaringan mungkin tidak dapat bertahan selama bertahun-tahun, dan akan menjadi tidak berguna atau tidak berfungsi serta perlu diganti.
  • Membutuhkan waktu untuk administrasinya yang konstan.
  • Kegagalan server yang sering terjadi serta masalah kesalahan kabel dan masalah teknis lainnya yang benar-benar harus di-manage dengan baik.

Peluang Internship (Magang) dan Kerja pada Lingkup Jaringan Komputer

Berbicara tentang peluang internship atau magang dan kerja dalam bidang (lingkup) computer network, Kami pribadi dapat mengatakan bahwa mereka berkisar dari pengujian dan pemecahan masalah jaringan sederhana hingga penelitian backend dan pengembangan protokol dan komponen jaringan.

Benar! Dalam dunia IT, banyak peluang berbasis hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) tersedia.

Walaupun pada umumnya peluang magang dan kerja bidang software (perangkat lunak) lebih banyak.

Dalam internship, biasanya, sebagian besar magang ditugaskan untuk tugas tertentu di perusahaan dan diharapkan selesai dalam jangka waktu beberapa bulan.

Yup! Karena menjadi sama pentingnya dengan komputasi, solusi jaringan secara aktif dicari oleh industri, pemerintah, dan militer.

Ada banyak perusahaan jaringan inti yang menghasilkan solusi murni dalam jaringan komputer (computer network).

Namun, setiap perusahaan IT atau perangkat lunak saat ini seringkali membutuhkan para pakar atau ahli dalam jaringan.

Dan biasanya, sebuah perusahaan IT memiliki divisi komunikasi dan jaringan sebagai salah satu divisi terbesarnya.

Kesimpulan

Baiklah, Kami pikir sudah cukup jelas untuk sekarang.

Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan Pengertian Computer Network, Apa itu Jaringan Komputer? Sejarah, Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Jenis Tipe, Macam Koneksi serta Kelebihan dan Kekurangannya di atas, dapat kita simpulkan bahwa jaringan komputer atau computer network adalah sekelompok 2 (dua) atau lebih sistem komputer yang saling berhubungan.

Ya! Anda dapat membuat koneksi jaringannya menggunakan media kabel atau media nirkabel.

Setiap jaringan melibatkan hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) yang menghubungkan komputer dan peralatannya.

Anda dapat melakukan banyak hal dengan jaringan komputer, seperti menghubungkan ke komputer dan periferal lain.

Namun, dengan itu Anda juga dapat melakukan lebih banyak hal negatif (buruk) lainnya.

Pada intinya, jaringan komputer atau computer network hanyalah sekumpulan peralatan komputer yang terhubung dengan kabel, serat optik, atau tautan wireless (nirkabel) sehingga berbagai perangkat terpisahnya (dikenal sebagai node) dapat “communicate atau berbicara” satu sama lain dan bertukar data (informasi terkomputerisasi).

Penutup

Demikianlah tulisan dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian Computer Network, Apa itu Jaringan Komputer? Sejarah, Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Jenis Tipe, Macam Koneksi serta Kelebihan dan Kekurangannya.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi jaringan atau networking.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tidak ada kiriman yang ditampilkan

Tinggalkan Komentar